Sosialisasi Peduli Sahabat: Ujian Atas Kesungguhan dan Keyakinan

Kesungguhan dan keyakinan belum dapat dikatakan sebagai kesungguhan dan keyakinan sebelum mendapatkan ujiannya.
Itu niscaya. Saya dan teman-teman Panitia Sosialisasi Peduli Sahabat Makassar baru saja menjalaninya. Aneka peristiwa yang melatarbelakangi kedatangan Mas Sinyo Egie dari Jogja ke Makassar menjadi bukti adanya ujian akan kesungguhan dan keyakinan kami.



Yang paling dahsyat adalah ketika tiba-tiba di hari Senin, dari bandara Adisucipto, Mas Sinyo menelepon, "Kak, salah beli tiket, ya? Ini tiketnya hari Selasa."

DEG. Selasa? Iyakah?

Daan ternyata memang salah beli tiket! Yang seharusnya yang dibeli tiket hari Senin, ini belinya untuk flight hari Selasa. Nara sumbernya sudah mau naik pesawat, ini malah harus mengurus ganti tiket dulu.

Duh, duh.

Beragam kemungkinan buruk tiba-tiba berkelebat dalam benak. Apa kata dunia kalau itu semua terjadi? Kegiatan di masjid, Senin malam sudah tersebar informasinya. Begitu pun kegiatan utama kami di hari Selasa pagi. Masa nara sumbernya berangkat Selasa pagi? Keadaan emosi saya tidak bisa dilukiskan dalam satu kata. Saya berada dalam keadaan antara ingin menangis dan ingin tertawa terbahak-bahak karena kekonyolan fatal ini. Saya adalah orang pertama yang akan digantung kalau kemungkinan-kemungkinan buruk itu terjadi. Karena saya sudah berani menandatangani proposal kegiatan sebagai ketua panitia!

Talkshow di Auditorium Aksa Mahmud, Universitas Bosowa Makassar
Teringat waktu beberapa hari sebelumnya, ada miss communication dengan Pengurus Pusat Yayasan Peduli Sahabat. Mas Sinyo mengira kegiatan di Makassar batal! Wah wah. Sampai-sampai beliau shocked karena saya mengonfirmasi kalau saya tak pernah mengatakan batal. Ada banyak persoalan yang membuat Panitia Sosialisasi Peduli Sahabat terdiam, boleh dikatakan tertidur sangat lama hingga kemudian berlari menjelang hari H kedatangan Mas Sinyo Egie.

Alhamdulillah Mas Sinyo sangat kooperatif dan sabar. Ganti tiket pun beres, beliau bisa berangkat Senin pagi, setelah delay pesawat 50 menit. Berkat jaringan 4G si biru yang lancar, saya bisa memantau melalui internet, berkomunikasi dengan panitia dan Mas Sinyo melalui WA. Alhamdulillah rangkaian kegiatan roadshow berlangsung dengan sukses, sejak Senin malam hingga hari ini.

Sosialisasi Peduli Sahabat di Masjid Bani H. Adam Taba', Rappocini, Makassar
Meeting Mas Sinyo Egie dengan panitia Sosialisasi Peduli Sahabat Makassar.
Rangkaian acara Sosialisasi Peduli Sahabat, dengan ridha Allah terlaksana juga, antara tanggal 27 Februari sampai dengan 3 Maret kemarin. Rangkaian acaranya adalah sebagai berikut:
  • Pengajian Sebab dan Akibat Perilaku Menyimpang Masa Kini, di masjid dekat rumah (27 Februari 2017 malam).
  • Talkshow Deteksi Orientasi Seksual dan Hidup Tenang dengan Fitrah (28 Februari pagi – siang) di Auditorium Aksa Mahmud, Universitas Bosowa.
  • Membawakan materi tentang orientasi seksual dan kecanduan gadget dan pornografi di asrama SMP – SMA Bosowa (28 Februari malam).
  • Kajian tentang Deteksi Dini Orientasi Seksual Anak di Masjid Nurul Ikhlas, BTP Blok M, Rumah Qur’ani Imam Bukhari (Tanggal 1 Maret pagi – siang).
  • Membawakan materi tentang orientasi seksual dan kecanduan gadget dan pornografi di Pesantren IMMIM Putra, Tamalanrea (Tanggal 1 Maret malam).
  • Kunjungan media ke redaksi Harian Amanah dan harianamanah.com dan talkshow di Radio Bharata FM (pagi – siang, tanggal 2 Maret).
  • Membawakan materi tentang orientasi seksual dan kecanduan gadget dan pornografi di asrama SMP – SMA Bosowa (tanggal 2 Maret, malam).
  • Membawakan materi tentang orientasi seksual dan kecanduan gadget dan pornografi di sekolah SD, SMP, SMA Bosowa (3 Maret, pagi).
Pada beberapa kegiatan saya bisa ikut serta namun pada beberapa kegiatan lain, saya tak bisa. Jaringan internet sangat membantu kelancaran saya memantau kegiatan ini. Melalui media sosial, saya memantau dari berita dan foto-foto yang di-upload oleh kawan-kawan panitia. Yang paling melegakan adalah ketika saya bisa mendengarkan streaming talkshow di Radio Bharata menggunakan jaringan 4G XL. Suara terdengar jernih dan lancar walau sesekali ada sedikit delay (kayaknya delay-nya ini karena perangkat saya kurang canggih, deh). Tapi delay itu sama sekali tak mengganggu karena dengan cepat kembali menjadi normal. Dengan jaringan ini, untuk install aplikasi dari Play Store, upload video, dan dengar siaran radio streaming saja lancar koneksi internetnya, apalagi untuk penggunaan media sosial yang saya gunakan untuk memantau kegiatan.

Kajian tentang Deteksi Dini Orientasi Seksual Anak di Masjid Nurul Ikhlas, BTP,
Makassar.
Mas Sinyo Egie mengisi materi di asrama SMP-SMA Bosowa, Makassar


Mas Sinyo Egie (nama pena dari Agung Sugiarto) adalah pendiri Yayasan Peduli Sahabat yang bergerak dalam edukasi mengenai ketergantungan terhadap gadget dan pengaruh pornografi, dan pendampingan kepada SSA (same sex attraction) yang ingin menjalani hidup sebagai hetero seksual. Sinyo Egie juga menulis beberapa buku, dua di antaranya adalah Anakku Bertanya Tentang LGBT dan LGBT: Lo Gue Butuh Tau. Yayasan ini melakukan kegiatan secara sosial, alias tidak mengharapkan imbalan dari mereka yang menjadi klien. Sudah ada beberapa klien yang terbantu oleh Peduli Sahabat. 

Ketika ditanyakan kepada Mas Sinyo, apakah ada yang menyerangnya? Mas Sinyo menjawabnya dengan elegan, “Tidak. Kita kan tidak mengganggu siapa-siapa. Kita hanya membantu mereka yang ingin hidup di jalan Allah. Kalau mau jadi LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan trans gender) ya terserah, kita tidak mengganggu mereka.”

Yup, Peduli Sahabat tidak mempengaruhi mereka yang tidak mau hidup secara hetero seksual. Mau menjadi homo seksual, ya monggo. Mau dibantu jadi hetero seksual, silakan mendekat. Bukan hanya yang beragama Islam yang dibantu, mereka yang selain Islam kalau mau, silakan. Jadi, aman, kan. Masing-masing orang dengan pilihannya masing-masing. Tidak saling mengganggu. Bagimu jalan dan pilihanmu, bagi kami jalan dan pilihan kami, begitu.

Makassar, 5 Maret 2017

Catatan:
  • Insya Allah jalannya talkshow akan saya bahas di tulisan lain.
  • Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya roadshow Sosialisasi Peduli Sahabat. 
  • Untuk lebih lengkapnya, silakan googling tentang Sinyo Egie dan Yayasan Peduli Sahabat.
  • Website-nya: www.pedulisahabat.org.



Share :

36 Komentar di "Sosialisasi Peduli Sahabat: Ujian Atas Kesungguhan dan Keyakinan"

  1. Barakallah buat Kak Sinyo Egie dan panitia. Saya pernah ikut seminar beliau dan kagum akan totalitas dan ketulusannya berbagi ilmu dan juga mendampingi para SSA. Semoga teman2 SSA yang sdg dalam proses hijrah dikuatkan dan dimudahkan oleh Allah. Semoga parq LGBT diberi hidayah oleh Allah. Semoga anak cucu kita terhindar dari perilaku yg tidak sesuai tuntunan Al Quran dan hadits Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.

      Terima kasih Mbak Hen, semoga kita semua dalam jalan Allah SWT.

      Delete
  2. iya nih perlu terus diadakan seminar Parenting sosialisasi apa itu LGBT karena luar biasa dampak budaya TV itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin banyak pengaruh sekarang Mas Ahmed, bahkan di dunia nyata. memang selalu perlu edukasi.

      Delete
  3. Senengnya kalo ada event menarik demikian ya mba, di Kudus juga ada yg free dan berbayar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Event2 seperti ini makin menaambah wawasan

      Delete
  4. saya mengikuti perkembangan tentang peduli sahabat-nya mas sinyo, salut dua jempol untuk keberaniannya turun di bidang yang jarang disentuh secara agama

    ReplyDelete
  5. Ya Allah, aku nggak bisa membayangkan paniknya saat pertama tahu salah booking, mba. Alhamdulillah lancar semua agenda acaranya. Padat juga ya mba Niar, keren banget panitianya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiih jangan dibilang, Mbaak.
      Alhamdulillah, cepat beres.

      Delete
  6. Sekarang batas dunia maya dan dunia nyata seperti memasuki tahap samar, anda bisa memantau suatu kegiatan atau peristiwa dari layar gadget Anda, sementara secara fisik anda tidak berada disana.
    Tentu saja ada hal2 yang tidak berubah dan tidak samar2, nilai2 etika tidak berubah melintasi zaman. Yayasan Peduli Sahabat bisa dikatakan adalah salah satu penjaga nilai zaman ini.

    ReplyDelete
  7. hmm menarik ya acaranya.. LGBT Lo Gue Butuh Tau keren juga tuh bukunya. Eh streamingnya lancar pake si biru itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sangat menarik dan edukatif.
      Iya Mas Unggul, lancaarr :)

      Delete
  8. Kayanya perlu banget edukasi tentang lgbt ini ya mak, secara sekarang tuh denger cerita2 suka sesama jenis makin marak hiks. Ga jauh2 sahabatku sendiri begitu, sampe pada akhirnya belio hijrah utk memperbaiki diri di jalanNya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, ujian di zaman ini makin beragam.
      Alhamdulillah sahabatnya bisa hijrah ya.

      Delete
  9. Betul sekali, edukasi semacam ini perlu dilakukan karena jaman sudah semakin edian.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gustur. Mohon doanya agar hal seperti ini makin marak

      Delete
  10. Alhamdulillah lancar acaranya walau ada beberapa kendala ya, sukses Kak Sinyo dan panitia, keren! XL emang kecee..

    ReplyDelete
  11. acara yang bagus nih, penyadaran bahaya LGBT perlu digalakan..

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah acaranya lancar dan sangat bermanfaat ya Mba, walaupun sempet salah booking yaampun. Kalau deket saya pingin ikutan deh hihi.

    Salam hangat dari Tasikmalaya
    www.fennysugih.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi alhamdulillah berlangsung lancar akhirnya semua rangkaian acara Mbak :)

      Terima kasih yaa

      Delete
  13. Alhamdulillah... Kegiatan bisa tetap berjalan lancar ya... Dan kajiannya tentunya sangat menarik dan berguna, pingin ih ada juga di Sby. Materinya itu loh beneran kereeen. Sukses terus ya mbak...

    ReplyDelete
  14. Seminar parenting kayak gini banyak manfaatnya ya, menambah ilmu.

    ReplyDelete
  15. Mantap kak, semoga jadi ladang pahala buat kita semua

    ReplyDelete
  16. Mantap banget ya acaranya. Semoga acara kayak gini sering2 di laksanakan untuk mengedukasi masyarakat

    ReplyDelete
  17. Syukurlah Alhamdulillah acaranya berjalan lancar ya Mba, ikut deg-degan karena salah beli tiket :)

    ReplyDelete
  18. semoga acara sharingnya makin bermanfaat dan makin berkah..

    ReplyDelete
  19. Baru tau singkatan LGBT yg baru ini :D.Iya ya mba... Utk orang2 yg ga kepengen dibantu ini, ya sudahlah.. Akupun punya banyak temen yg LGBT, apalagi di kantor, krn kantor ku trmasuk yg mndukung mereka :(. Ada bbrp temen yg curhat bhwa dia sbnrnya pgn berubah, nah utk mereka2 yg mau berubah ini aku mau nasehatin ato bawa mereka k tempat2 pengajian yg aku tau ada program utk menyadarkan orang2 seperti mereka. Tp bagi temen2ku yg memang kliatannya ga pgn berubah, ya sudah.. Aku ttp berteman, tapi ga bakal ikut campur utk urusan2 homosexualnya :D. Didoain aja smoga dpt hidayah

    ReplyDelete
  20. bisa nih mau live streaming kalau ada acara ini lagi, bermanfaat banget acaranya

    ReplyDelete
  21. Memang salah satu senjata andalan ta kalau diundang di event, ya jaringan internet yg ok. Kapan2 IG live ki kak..

    ReplyDelete
  22. Keren bgt kegiatannya, alhamdulillah lancar ya meski awalnya sempat ada kendala

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^