Pengajuan KPR Secara Online, Mengapa Tidak?

Suatu ketika, seorang kawan yang berasal dari luar pulau kebingungan mencari alamat BTN CV Dewi. Kawan itu belum terlalu lama tinggal di Makassar, kira-kira baru 2 – 3 tahun. Saya tidak terpikir sebelumnya kalau dia bakal bingung mencari alamat karena saya sendiri sudah sangat familiar dengan penyebutan perumahan yang ada kata “BTN”-nya dan saya memang sudah tahu alamat tempat di mana kegiatan kami akan berlangsung. Tetapi tidak dengan kawan saya, dia mencari bank di daerah itu, merujuk pada kata BTN.



Untungnya kawan saya akhirnya menemukan alamat tempat pertemuan kami. Ia menceritakan kepada saya kesulitan upaya pencarian alamat yang dilakukannya. Setelah mendengar ceritanya barulah saya jelaskan bahwa ada beberapa perumahan di kota ini yang diawali dengan kata “BTN”. Yang mana, Bank Tabungan Negara merupakan bank tempat penyedia KPR (Kredit Pemilikan Rumah) di kompleks itu.

Zaman dulu, beberapa perumahan di Makassar memang memakai kata BTN di depan nama nama perumahannya, misalnya BTN Antara, BTN CV Dewi, dan BTN Hamzy. Kebiasaan pemberian nama yang ada kata BTN-nya ini kira-kira mulai pada dekade 70-an. Oleh warga Makassar, istilah “rumah BTN” pun jadi lumrah. Saya malah tidak pernah mendengar ada nama bank lain di depan nama perumahannya. Pokoknya, jadi asosiasi yang umum terkait kompleks perumahan, deh. BUMN ini memang sudah lama sekali memberikan kemudahan kredit pemilikan rumah bagi warga.

Cikal bakal Bank BTN (Bank Tabungan Negara) adalah Postspaarbank yang berdiri di Batavia pada tahun 1897. Pada zaman pendudukan Jepang (1942 – 1945) berubahlah namanya menjadi Chokin Kyoku. Pada tahun 1950 namanya berubah menjadi Bank Tabungan Pos. Baru pada tahun 1963 namanya berganti menjadi Bank Tabungan Negara. Sejak tahun 1974, BTN telah memberikan kemudahan pembiayaan kredit perumahan rakyat. Pada perkembangannya, tahun 2005 terbentuklah BTN Syariah yang merupakan Strategic Bussiness Unit (SBU) dari Bank BTN guna melayani tingginya minat masyarakat dalam memanfaatkan jasa keuangan syariah dan memperhatikan keunggulan prinsip perbankan syariah, adanya fatwa MUI tentang bunga bank, serta melaksanakan hasil RUPS tahun 2004.

Pencarian online
Saya pribadi masih mencari-cari bentuk pengajuan kredit rumah yang cocok. Kalau dulu pengajuan kredit harus secara “manual” dengan bolak-balik mendatangi banknya, seiring perkembangan zaman, cara perolehan KPR seharusnya bisa semakin mudah dan canggih. Kalau belanja online makin lama makin memudahkan dan memanjakan konsumen dengan belanja dari rumah tahu-tahu dalam beberapa hari sudah ada di depan pintu rumah, juga transfer uang bisa via internet, maka seharusnya untuk urusan pengajuan kredit online juga ada, dong ya.

Eh iya, ternyata ada. Kembali lagi ke BTN yang saya ceritakan di awal, melalui BTNProperti, secara online siapa pun, di mana pun dia berada bisa melakukan pengajuan kredit online yang cepat, murah, dan prosesnya cepat. Pengajuan kredit online merupakan andalan BTNProperti. Pengajuan online bisa dilakukan untuk mengajukan kredit apa saja, lho Teman! Baik itu kredit pemilikan rumah/apartemen, kredit rumah second, maupun kredit take over/pindah dari bank lain. Jadi apapun kredit yang dibutuhkan, Anda bisa melakukan pengajuan online.

BTN Properti adalah web portal pencarian berbagai kategori properti dengan pilihan terlengkap dari berbagai wilayah di Indonesia. Website ini terintegrasi dengan KPR Bank BTN. Tidak pakai ribet, dokumen yang di-upload hanya sedikit untuk mendapat persetujuan seketika.

Simulasi KPR Syariah
Dan senangnya saya, ketika menelusuri website-nya, saya menemukan pilihan untuk pengajuan KPR BTN Syariah. Bagi yang berminat mengajukan KPR BTN konvensional maupun BTN Syariah, bisa lebih dulu melakukan simulasi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Selain itu, melalui BTNProperti, calon konsumen juga bisa mengecek harga pasar dari tahun ke tahun di daerah yang diinginkan di seluruh Indonesia, sesuai  dengan luas tanah / luas bangunan yang diinginkan.

Saat saya cek harga rumah untuk kota Makassar dan sekitarnya, banyak juga hasil yang saya temukan. Mulai dari harga dua ratus jutaan rupian hingga tiga miliaran rupiah. Wow, 200 jutaan? Yup, betul sekali. Dua ratusan jutaan di wilayah kabupaten Gowa. Gowa – Makassar sekarang sudah terasa dekat dan sudah biasa di sini, orang kerjanya di Makassar tapi tinggal di Gowa. Mirip-mirip Jakarta yang punya kota-kota satelit di Bodetabek, di sekitar Makassar –  kabupaten Gowa, terutama ibu kotanya: Sungguminasa sudah bisa dibilang kota satelit dari Makassar.

Bicara tentang harga rumah murah, BTNProperti sedang punya promosi bernama KPR BTN Subsidi. KPR BTN Subsidi adalah kredit pemilikan rumah  program kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  dengan SUKU BUNGA RENDAH DAN CICILAN RINGAN serta tetap sepanjang jangka waktu kredit. KPR BTN Subsidi terdiri atas KPR untuk pembelian rumah tapak dan rumah susun. Keunggulan dari KPR BTN Subsidi adalah proses mudah, cepat dan murah. Semakin mudah proses pengajuan KPR-nya karena bisa dilakukan secara online, mulai dari registrasi, pengisian formulir, penyertaan dokumen penunjang, dan pembayaran.


Hm, bisa, nih jadi referensi kalau suatu saat nanti mau bangun rumah. Di zaman yang apa-apa bisa serba cepat dan mudah, BTNProperti bisa menjadi pilihan bagi mereka yang sibuk dan sok sibuk. Eh 😅


Makassar, 27 Desember 2016


Referensi:
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Tabungan_Negara
  • http://www.btn.co.id/
  • https://www.btnproperti.co.id
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_BTN_Syariah



Share :

14 Komentar di "Pengajuan KPR Secara Online, Mengapa Tidak?"

  1. Terima kasih atas infoemasinya, bu. :)

    ReplyDelete
  2. Sekarang apa-apa sudah online ya, hidup jadi lebih mudah dan praktis :)

    ReplyDelete
  3. Wahh keren ya jadi lebih mudah juga nih.

    ReplyDelete
  4. Waaah sekarang KPR pun bisa online yaah, aku selama ini KPR ke ortu 😁

    ReplyDelete
  5. kalau kredit rumah bisa online, tidak lama lagi uang panai juga online...:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan bisa transfer via online kalau panai :D

      Delete
  6. Padahal ngurus mau kpr itu kadang ribet eh sekarang ada kpr online ya kak luwarbiyasaak..

    ReplyDelete
  7. Gowa ini kan tetanggaan ama makassar yaaa, temen ku juga rumah nya gowa dan kerja di makassar

    ReplyDelete
  8. enak banget kalo dipermudah gini hehe

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^