Explore the World: Serunya Bermain di 4 Negara

Kesempatan emas, jalan-jalan ke 4 negara berbeda untuk dua anak saya yang terkecil tidak saya lewatkan. Tanggal 29 Oktober lalu, Athifah dan Afyad berkesempatan mengunjungi Belanda, Jepang, Brazil, dan beberapa tempat di Indonesia. Wih macam gaya kali, ya saya menuliskan ini hahaha. Bukan ke negaranya betulan, sih melainkan ke arena Explore the World-nya Dancow, area seluas 462 m2 di atrium Mal Panakukang.


Eksplorasi 4 Negara


Anak-anak excited karena ada aneka hal yang bisa dimainkan dan dijelajahi di sana. Ada permainan dan kegiatan yang sudah mereka kenal seperti mewarnai, memancing ikan, dan bercocok tanam. Juga ada aneka hal yang baru mereka lihat, seperti aksen-aksen dan desain area yang khusus menggambarkan keadaan di 4 negara. Aksen khusus yang saya maksud adalah keterangan-keterangan yang mengedukasi yang ditempel di pagar pembatas area. Misalnya keterangan tentang origami, harimau, milking cow, dan kimono.

Banyak hal menarik bisa ditemukan di “tiap negara”. Seperti melihat pohon sakura dan berfoto dengan kostum kimono di Jepang, bermain perosotan dan kolam bola serta berfoto bersama harimau secara augmented reality di Brazil, kincir angin dan memerah patung sapi yang menghasilkan susu di Belanda, bermain pasir pantai dan berfoto bersama lumba-lumba secara augmented reality di Indonesia.

Selain itu, hal-hal berikut ini juga menjadi daya tarik di area Explore the World: lomba mewarnai berhadiah, kesempatan minum susu gratis melalui cup-cup mungil yang dibagi-bagikan oleh kakak-kakak berseragam kuning, dan booth Consultation. Di booth Consultation ini bunda atau ayah bisa mengonsultasikan masalahnya pada psikolog dan ahli gizi yang stand by.

Lomba mewarnai
Augmented reality, berfoto bersama harimau

Booth Jepang
Sementara suami saya menemani anak-anak bermain, saya memerhatikan seantero area Explore the World. Sesekali saya melayangkan pandangan kepada kedua anak kami untuk mengawasi mereka. Syukurnya, kali ini mereka tidak terlalu pecicilan. Mereka bermain setiap bagian sampai tuntas, tidak kelayapan seorang diri. Hanya saja kami tidak ikut ngantri di Photo Booth meski kostum kimononya lucu-lucu. Soalnya antriannya panjang. Bisa-bisa waktu habis untuk mengantri hingga semua area tidak tereksplorasi dengan baik. Athifah masuk siang kelasnya di hari ini, makanya waktu digunakan seefisien mungkin. Patokannya, jam 12 teng, Cinderella eh kami sudah harus meninggalkan tempat supaya masih sempat shalat zuhur dan anak-anak masih sempat makan siang sebelum Athifah berangkat sekolah.

Tumbuh Kembang Si Kecil Berawal dari Perlindungan yang Optimal


Setelah suami saya pergi bersama kedua anak kami, saya kembali ke area Explore the World untuk mengikuti press conference bersama teman-teman blogger dan jurnalis dari berbagai media. Press conference-nya kira-kira sama dan sebangun dengan seminar parenting yang digelar di ruangan lain di mal ini pada pagi hari tadi.

Press conference ala talkshow berjudul Tumbuh Kembang Si Kecil Berawal dari Perlindungan yang Optimal ini berlangsung seru. Shahnaz Haque sebagai moderator memandu acara dengan gaya hangatnya. Mulanya, secara bergantian para nara sumber menyampaikan presentasi kepada hadirin, dilanjutkan dengan tanya-jawab.


Carissa Putri dan Shahnaz
Ratih Ibrahim (yang berdiri). Di belakang: Shahnaz, Riza, dan Sari


Sari Sunda Bulan
Duo ahli dari Dancow Parenting Center yang membagikan pengetahunnya adalah Ratih Andjayani Ibrahim (psikolog) dan Sari Sunda Bulan (ahli gizi). Untuk diketahui, Nestle Dancow berkomitmen untuk memberikan rangkaian produk untuk setiap tahapan usia si kecil serta terus berinovasi melampaui produk (beyond the product) dengan menyediakan Dancow Parenting Center ini.

Senior Brand Manager Dancow Excelnutri+, Riza Nopalas mewakili Nestle juga tampil sebagai nara sumber. Nestle memproduksi beberapa macam brand, salah satunya adalah Dancow Excelnutri+ dengan 3 varian: 1+, 3+, dan 5+. Selain mereka ada Carissa Putri, aktris yang membagi kisah perannya sebagai bunda dari Quenzino Acana Naif (3 tahun).

M. Reza Pahlevi, Regional Sales Manager Sulawesi Dancow membuka talkshow dengan menyampaikan bahwa Excelnutri+ Dancow memastikan anak-anak Indonesia terlindungi dengan nutrisi yang pas.

“Tiga hal penting dalam tumbuh kembang anak adalah cinta, nutrisi seimbang, dan stimulasi. Cinta kasih yang tulus memungkinkan kita menjalankan tanggung jawab sebagai ibu dengan penuh dedikasi,” Ratih Ibrahim membuka presentasinya mengenai tumbuh kembang anak.


Berfoto dengan kimono kuning di booth foto

Konsultasi gizi dan psikologi di booth Consultation

Bisa bermain pasir di Indonesia.
“Satu tahun masa eksplorasi, penuhi kebutuhan gizi anak. Jaga anak supaya tidak sering sakit. Delapan puluh persen imun ada dalam saluran cerna, ungkap Sari. Sari juga menyebutkan contoh-contoh nutrisi saluran cerna, sebagai berikut: serat pangan inulin; bakteri baik strain spesifik Lactobacillus Rhamnosus; vitamin A, C, dan E; dan mineral selenium dan zinc. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa anak yang asupan bakteri baiknya tercukupi tingkat sakitnya rendah. Anak seharusnya mendapatkan asupan gizi yang seimbang dengan jenis dan jumlah yang sesuai dan diperlukan. Perhatikan prinsip keanekaragaman namun batasi garam, gula, dan minyak.

Selanjutnya, Ratih dan Sari secara bergantian dan saling mengisi membawakan presentasi seputar tumbuh kembang anak.

Proses eksplorasi anak tidak selalu mudah. Penting bagi ayah dan bunda memberikan stimulasi pada bermacam aspek perkembangan anak. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana menumbuhkan rasa percaya diri anak. Dengan rasa percaya diri, anak memiliki harga diri yang bagus. Harga diri yang bagus akan membuat anak menjadi orang yang secara pribadi sehat.

Secara khusus, Carissa Putri menceritakan hal-hal yang dijalankannya sebagai ibu. Dia memberikan makanan yang aneka ragam pada putranya. Salah satunya dengan browsing resep-resep masakan supaya putranya tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja sekaligus mengenalkan aneka rasa. Carissa bersama suaminya berusaha selalu mendukung eksplorasi anaknya, misalnya dengan cara tidak melarang dan memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Memancing

Augmented Reality: berfoto bersama lumba-lumba, naik banana boat

Naik "kuda"
Riza Nopalas menceritakan secara khusus mengenai Dancow Excelnutri+ dan Explore the World. Menurutnya, visi dan misi Dancow adalah menjadi mitra orang tua untuk menemani tumbuh-kembang si kecil. Di dalam kandungan Dancow Excelnutri+ ada nutrisi untuk perlindungan tubuh dan tumbuh kembang otak.

Sesi tanya-jawab berlangsung seru, usai mendengarkan semua nara sumber berbicara. Saya mencatat beberapa yang menarik. Seperti pertanyaan Lia Djabir mengenai berapa kebutuhan susu anak. Sari menjawab, “Dua sampai tiga gelas.” Karena anak-anak harus dibiasakan makan dan dibiarkan merasa lapar menjelang waktu makan utamanya. Saya pun menyempatkan diri bertanya mengenai hal-hal yang membuat harga diri anak bagus. Ratih menjawab, supaya orang tua tidak banyak memakai kata JANGAN, jangan cuek kepada anak ketika ia butuh perhatian, dan ketika anak patut dipuji maka pujilah tetapi jangan lebay atau berlebihan.

Reza Pahlevi

Kimono adalah ....

Berkebun

Memerah susu di "Belanda". Benar-benar ada susunya!
Selalu saja ada reminding setiap mengikuti acara seperti ini. Sampai sekarang, setelah belasan tahun menjadi orang tua, saya masih saja melakukan banyak kesalahan dan memiliki banyak kekurangan. Masih banyak hal yang saya harus perbaiki. Di Arena Explore the World ini, bukan hanya anak-anak saya yang bersenang-senang dan belajar banyak hal dalam aneka stimulan yang disiapkan Nestle. Saya pun belajar kembali melalui talkshow di press conference ini. Terima kasih Dancow, Nestle, dan semua nara sumber.


Makassar, 5 November 2016


Share :

12 Komentar di "Explore the World: Serunya Bermain di 4 Negara "

  1. jadi ajang untuk terus belajar sambil anak-anak menikmati aneka permainan ya mba. It looks fun!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, bisa belajar sambil bermain dengan seru di sini :)

      Delete
  2. Acaranya seru dan rameee banget ya kak Niar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ndy, acaranya seru. Anak2 senang, mamanya juga hehehe

      Delete
  3. Oh acara Dancow ini sudah sampai di Makassar rupanya. Mbak, kalau bola di hutan Amazonnya ada yang penyok, nampaknya itu habis dipenyokin anak saya waktu Dancow road show ke Surabaya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk ... sayangnya tidak menemukan bola itu Mbak Vicky.
      Sayangnya juga infonya telat, kalau tahu dari kemarin-kemarin, kan bolanya bisa dicari trus difoto hihihi

      Delete
  4. Sayang bgt yaa kak krn jam 12 anaknya sdh hrs pulang. Anakku jg nanya sempat main 1 permainan sihh

    ReplyDelete
  5. Spot-spotnya keren banget ya, bagus buat papotoan #eh. Etapi saya jadi kepengen deh, semoga aja Explore world ada di Bekasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Ipeh, buat foto-foto bagus tuh. Memang ada beberapa spot khusus yang disediakan buat foto-foto juga, sih :)

      Delete
  6. terima kasih sudah bermain ke blog saya juga ya mbak di butuh-it.blogspot.com . saya bantu share juga ya ^^

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^