Inspirasi LabsG, Memberdayakan Remaja dengan Teknologi

Dunia blogging mengantarkan saya “berkenalan” dengan banyak teman dari berbagai penjuru. Salah satunya adalah Arinta Setia Sari, seorang mahasiswi asal Jogja. Saya belum pernah bertemu dengan Arin tapi sudah “ngobrol” akrab dan panjang di inboks Facebook. Gadis muda ini luar biasa, baru beberapa kali ikut lomba blog tetapi sudah memenangkan beberapa lomba.


Walau belum pernah bertemu dengan Arin namun kawan saya Nunu – ketua Komunitas Blogger Anging Mammiri sudah pernah bertemu dengannya saat mereka berdua menerima hadiah hasil memenangkan sebuah lomba blog di Jakarta. Mereka berdua hebat, ya.

Sumber foto: blog LabsG
Ah, saya mau cerita tentang seorang anak muda hebat yang lain, bukan salah satu dari mereka sebenarnya. Namanya Iki Mazadi, founder dari LabsG, semacam tempat belajar bersama, kalo mungkin sekarang trend-nya ada yg menyebut Co Working Space.

Apa hubungannya dengan Arin, ya?

Ah, iya, saya “mengenal” sosok Iki Mazadi atau yang akrab di sapa Mas Adi ini melalui Arin. Arin membantu promo produk dari startup yang digerakkan Mas Adi bersama teman-temannya yang berada di bawah bendera Gobaksodor Interactive. Produk yang saya maksud itu adalah game dan DVD animasi Tido & Friends (baca tentang Tido & Friends di sini). Waktu itu saya menjadi salah satu pemenang giveaway-nya dan mendapatkan hadiah DVD animasi Tido & Friends.

Saya suka dengan cerita Arin mengenai LabsG yang didirikan Mas Adi. Kata Arin LabsG itu semacam rumah kreativitas di bidang creative digital untuk anak-anak SMP dan SMA/SMK yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Oleh karena itu, saya tertarik mewawancarainya melalui inboks Facebook karena hendak membagi inspirasinya secara lebih luas. Barangkali saja ada Mas Adi – Mas Adi lain, di daerah lain yang terinspirasi mengikuti jejaknya setelah membaca tulisan ini. Saya kan jadi ikut kebagian amal jariyahnya.

Sumber foto: blog LabsG
Nah, berikut ini beberapa hal mengenai LabsG:

Bagaimana Mas Adi sendiri membahasakan LabsG? Tujuan atau visi dan misinya apa?


Mengenai LabsG, sederhananya LabsG Academy adalah inisiatif share & care  yang digagas oleh Gobaksodor Interactive, ditujukan untuk pengembangan bakat dan potensi anak-anak dengan tingkat pendidikan SMP - SMA - SMK terutama yang  nantinya tidak bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Visinya: sejahtera dan bahagia bersama. Misinya: melahirkan sumber daya manusia  yang memiliki kompetensi dan kemampuan yang bermanfaat. Di fase belajar nanti akan ada proyek final bersama, untuk belajar team work, sekaligus menjadi acuan buat mereka, sampai di mana level kemampuan mereka.

Apa program yang dilaksanakan LabsG?


Untuk awal di bidang creative digital, seperti animasi, desain, video editing, dan semacamnya yang ditujukan untuk anak-anak SMP-SMA-SMK yang masih belajar maupun sudah selesai belajarnya tetapi tidak bisa melanjutkan lagi. Mereka yang mau belajar bisa datang ke LabsG kemudian nanti akan didaftar sesuai dengan bidang yang diminati. Ketika belajar bersama, pada awalnya akan dibimbing fasilitator yang sudah ditentukan, misalnya dari kakak-kakak di Gobaksodor Interactive atau fasilitator lain. Mereka yang sudah belajar beberapa saat (per 3 – 6 bulan), nanti akan bergantian menjadi fasilitator untuk teman-temannya yang baru masuk.

Sumber foto: blog LabsG

Wah, bagus, ya. Jadi ada proses regenerasi juga. Biayanya dari mana itu Mas Adi? Kan tidak murah juga? Ada donaturnya? Peralatan mereka, bagaimana?


Sampai saat ini, karena memang ada keterbatasan fasilitas. Peserta membawa peralatan sendiri, Bunda. Misalnya laptop, karena saya lihat 50 – 70% pelajar – terutama yang bersekolah di SMK sudah memilikinya.

Iya, Bunda. Ketika mereka dalam posisi mengajari, sebenarnya mereka kan juga sedang mengulang kembali. Diharapkan akan menjadi cepat mahir. untuk donatur sampai saat ini memang masih disokong Gobaksodor interactiv. Ke depannya, kalau memang memungkinkan, LabsG berencana membuka pintu donasi dari pihak lain. Oh iya, blog sederhananya LabsG ada di http://labsg.blogspot.co.id. Tapi baru beberapa saja postingannya J.

Bagaimana caranya kalau mau bergabung? Yang sudah berjalan ini belajarnya rutin, ya? Tiap minggu berapa kali?


LabsG berada di Pagersari Patean, Kendal, Jawa Tengah, sekitar 3 jam perjalanan dari Semarang. Untuk bergabung yang paling utama karena LabsG belum memiliki peralatan yang bisa dipakai bersama, peserta diwajibkan membawa peralatan sendiri, misal laptop. ini dijadwalkan 1 minggu sekali yang belajar bersama, dan kemudian ada belajar mandiri minimal 1 kali juga seminggu.

***

Aih aih, saya kira LabsG itu berada di Jogja juga, ternyata di Kendal. Jadi Mas Adi ini rupanya bolak-balik dari Jogja ke Kendal. Jadi tidak enak, sudah merepotkannya dengan banyak pertanyaan tetapi belum posting di blog juga.

Salah satu video animasi karya Gobaksodor Interactive

Dari postingan blog LabsG, terlihat usaha pembangunan tempat belajar. Mejanya dibuat sendiri, begitu pun pagarnya, demi menghemat budget. Pembelajaran yang baik juga buat anak-anak yang sedang belajar di sana. Biar mereka belajar dari proses yang dilakukan oleh kakak-kakak mentor mereka karena di dunia ini, tak ada kesuksesan yang diperoleh tanpa proses yang berarti. Dengan demikian, semoga saja mereka bisa lebih menghargai usaha tim Gobaksodor Interactive dan mendorong mereka untuk lebih bersungguh-sungguh dalam belajar.

Salut buat Mas Adi, tim Gobaksodor Interactive, dan LabsG. Semoga apa yang kalian lakukan bermanfaat dan menjadikan anak-anak yang dilatih di sana juga menjadi orang-orang yang bermanfaat bagi sesama. Semoga sukses.


Makassar, 28 Mei 2016


Share :

9 Komentar di "Inspirasi LabsG, Memberdayakan Remaja dengan Teknologi"

  1. Ulasannya mantap Bunda. :)

    Keren sharingnya. Sukses buat LABS G ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak Nurul. Sukses buat LabsG :)

      Delete
  2. Aku langsung capcus cek Tido&Friends, lucu juga animasinya. Selama ini anakku nontonnya Didi&Friends yang dari Malaysia. Ntar coa kutunjukkan anak2 ahh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaaah sekarang ada yang buatan orang Indonesia, silakan dinikmati Thifa dan adiknya Thifa :)

      Delete
  3. Saya kmrn juga dapat vcd dari lomba tido n friends.plus download juga aplikasinga di playstore,dan anak saya suka=). Baeu tahu kalo pusatnya di jateng. Saya sudah beberapa kali ketemu Arin(ya iyalah sm2di Jogja)dan memang benar, tulisannya baik ytg ikut lomba maupun tidak, selalu cerdas dan beda dari yg lain. Salut=)

    ReplyDelete
  4. Mau komen lagi ah,baru buka video animasinya,bagus!halus banget animasinya, dan td smpt bingung kok jogja rapi,bersih,luas,trnyata masa depan ya?ada gofly segala,keren ih!

    ReplyDelete
  5. mksh sharingnya mbak..sangat menarik

    ReplyDelete
  6. ulasannya sangat bagus ini. thank ya untuk sharingnya.. ;-)

    ReplyDelete
  7. share dan chate, wow 2 kata yg menguatkan

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^