Dari Talkshow di TV Lokal ke TV Nasional

Benar-benar rezeki tak terduga. Tak pernah terbayangkan oleh saya bisa muncul di acara televisi yang tayang nasional, live pula.

Bermula dari undangan talkshow di Celebes TV, sebuah stasiun televisi lokal pada hari Jum’at pagi tanggal 1 April 2016 (ulasannya bisa di baca di tulisan berjudul Ketika Ibu-Ibu Doyan Nulis). Saat itu saya dan Abby Onety, rekan sesama korwil (koordinator wilayah) mewakili IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) Makassar, menceritakan tentang aktivitas menulis kami dan komunitas kami.

Tayangan di Metro TV. Sumber gambar: Satriana Alwi
Bang Anggi Hasibuan, orang Metro TV secara kebetulan nonton acara itu. Kantor Metro TV rupanya satu lantai dengan Celebes TV, di Menara Bosowa. Bang Anggi kemudian mengundang kami menemuinya di ruangannya. Lalu kami pun bercakap-cakap, sekali lagi, mengenai kegiatan menulis dan komunitas kami.

Bang Anggi tertarik dan mengajak shooting untuk program Good News Today. “Tayang lokal, ya?” tanya saya. “Tayang nasional!” jawab Bang Anggi mantap.

Rasanya tidak percaya. Ah, masa sih tayang nasional?

“Bang Anggi, IIDN di wilayah Jawa lebih berkembang daripada di Makassar. Mungkin bagus kalau digabung?” rasa tidak percaya diri saya muncul.

Nggak papa. Kita aja. Nanti kita yang bikin di sini berkembang,” lagi-lagi Bang Anggi mantap mengatakan hal ini.

Talkshow di Celebes TV, gambar: Celebes TV
Lha, Bang Angginya bisa semantap itu, ngapain saya yang ragu-ragu, yak?

“Kapan shooting-nya?”

“Hm ... kalo Minggu besok, kecepetan, nggak? Minggu pengambilan gambar, Seninnya live.”

Saya mengatakan akan mengontak teman-teman IIDN dulu untuk berkumpul hari Minggu tanggal 3 April. Untungnya urusan tempat beres maka hari Ahad itu terkumpullah sejumlah warga IIDN Makassar di lokasi pengambilan gambar. Pengambilan berjalan lancar. Saya dan Abby diwawancarai oleh Pak Faisal, sang kameraman Metro TV yang datang sendiri. Usai pengambilan gambar, saya pikir tinggal tunggu tayangnya saja karena tidak ada konfirmasi dari Bang Anggi mengenai live shooting di hari Senin keesokan harinya.

Usai magrib, saya mengirimkan SMS kepada Bang Anggi, menanyakan kapan tayangnya IIDN Makassar di Metro TV. Jawaban mengejutkan datang dari Bang Anggi. Bukannya menjawab pertanyaan saya, ia malah menanyakan hari Senin nanti kami ngumpul di mana lagi.
Hah? Shooting lagi? Saya kira tidak jadi ...

“Saya pikir tidak jadi, Bang Anggi. Kalau pun jadi, saya kira shooting-nya di studio Metro TV,” saya menjawab SMS Bang Anggi.
Tayangan di Metro TV. Sumber gambar: Rahmadani Nur Maghfirah Herman
“Ooh, gitu, ya. Kalau bisa teman-temannya ngumpul lagi, Bu. Di  salah satu rumah anggota atau di mana gitu,” demikian kata Bang Anggi.

Waduh, shooting lagi? Saya tidak pernah nonton acara Good News Today, jadi saya benar-benar tidak tahu acaranya seperti apa. Tapi ini sudah kepalang basah. Kalau kami harus shooting lagi menurut Bang Anggi, apa boleh buat ... saya harus mengumpulkan kembali teman-teman IIDN Makassar.

Saya tak bisa menghubungi banyak teman lagi. Ini sudah malam Senin. Shooting live-nya hari Senin sore. Beberapa yang saya hubungi menyatakan bersedia. Kebetulan mereka bukan orang-orang yang hadir pada pengambilan gambar di hari Ahad.

Untungnya masalah tempat kembali teratasi. DiLo – Digital Lounge, melalui bu Arin – salah seorang manager-nya menyatakan bersedia ditempati shooting lagi.

Namun saya masih antara percaya dan tak percaya kalau live shooting itu untuk tayangan nasional. Rasanya tidak mungkin. Tapi ... siapa tahu saja memang tayang nasional, ya?

Sampai hari Senin sore, saat menuju ke lokasi live shooting, saya masih belum yakin kalau siarannya akan tayang nasional. Hingga saat bentor (becak bermotor) yang saya tumpangi berhenti di depan DiLo dan saya melihat dengan mata kepala sendiri di pekarangan DiLo ada mobil satelit bertuliskan “METRO TV”, barulah saya percaya kalau sore ini, saya punya kesempatan muncul di tayangan nasional secara langsung!

Singkat cerita, shooting-nya berjalan lancar. Ada sekira 12 menit kami muncul pada sesi 3, di program Good News Today tanggal 4 April sore itu, Bang Anggi Hasibuan sendiri yang bertindak sebagai reporter yang mewawancarai kami. Alhamdulillah.

Makassar, 15 April 2016

Terima kasih sekali lagi buat bu Arin, Niar, dan DiLo, atas tempat yang dipinjamkan kepada IIDN Makassar.

Teman-teman yang ingin lihat rekaman program Good News Today yang menampilkan IIDN Makassar, bisa klik link ini.




Share :

22 Komentar di "Dari Talkshow di TV Lokal ke TV Nasional"

  1. Ga percuma ya mba Niar, perjuangan menulis IIDN bisa dikenal dan menginspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak Ipeh. Mudah2an bisa bermanfaat cerita kami.

      Delete
  2. Seru bangeet, mba. Asyik ya bisa menyebarkan virus positif untuk masyarakat melalui saluran televisi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat tayangan tempo hari ^^

      Delete
  3. Ah asyik. Niar semakin berkibar dengan aktivitas kepenulisannya. Semoga membuka peluang lebih lebar lagi ya Niar. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Kak Evi. Terima kasih sudah membaca :)

      Delete
  4. nah buat ibu - ibu yang belum doyan nulis, coba lihat tayangannya deh supaya jadi ibu - ibu kece yang doyan nulis. hehe

    ReplyDelete
  5. Selamat ya mba dan teman teman IIDN makassar

    ReplyDelete
  6. wuiihhh kereeenn mbak mugniar....sukses terus ya
    semoga bisa memotivasi blogger2 yg lain

    ReplyDelete
  7. Keren mbak Niar.. blogger nasional nih.

    ReplyDelete
  8. Mba Niar keren, keep writing!! :)

    ReplyDelete
  9. jejak suksesmu terpatri di hati, sejak awal mampir ke blog ini.

    ReplyDelete
  10. Saya sudah nonton tayangannya di YouTube :)
    Aihhh..kak Niar keren sekali \^^/

    ReplyDelete
  11. Wah mba Niar masuk Metro sayang saya gak lihat tayanganan livenya. Padahal Metro dan Kompas ganti2an saya pantengin. Trims link recordnya

    ReplyDelete
  12. hwahhh keren banget mbak niar...
    salam kenal ya mbak ^_^

    ReplyDelete
  13. Selamat mbak udah masuk tv nasional.

    Salam kenal dari batam. :)

    ReplyDelete
  14. Terima kasih teman-teman semuaa atas apresiasinya. Mohon maaf, saya tidak bisa membalas satu per satu karena keterbatasan sya. Saat ini laptop saya sedang rusak. Saya pun kesulitan blog walking. Sementara gadget yang ada tidak selalu mendukung *hiks*.

    Terima kasih sekali atas semua komentarnya. Senang membacanya. Sekali lagi, mohon maaf ...

    ReplyDelete
  15. Menginsirasi selaluu....mba Mugniar...keren.

    ReplyDelete
  16. Wah. Mantap IIDN Makassar. Sukses selalu Mbak...

    ReplyDelete
  17. keren kak. mudah2an makin banyak blogger lain yang nyusul masuk tipi 😬

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^