CUTDEKAYI, Blognya Si Ibu Muda

CUTDEKAYI. Hm, nama yang unik. Beberapa kali membaca alamat blog dari ibu muda yang nama lengkapnya Sri Luhur Syastari ini, saya merasa terkesan. Terkesan karena nama uniknya. CUTDEKAYI. Maksudnya apa, ya?

Kayaknya otak saya yang lagi lelet, nih. Setelah sekian kali melihat alamat blog perempuan yang nama kecilnya Ayi dan menyadari dirinya tinggal di Banda Aceh, barulah saya mengerti. Kata CUTDEKAYI itu seharusnya dipisah-pisah menjadi 3 kata: “Cut Dek Ayi”.

Sumber gambar: www.cutdekayi.com
Pemahaman yang saya peroleh itu bersamaan dengan ke-engeh-an saya akan usia blogger perempuan yang suka membahas tentang her family di blognya ini. Dua puluh satu tahun! Ya, dua puluh satu tahun, itu yang tertera pada profil di akun Twitternya!

Amazing. Saya terpesona saat menemukan perempuan yang sudah berani menjadi ibu dari bocah lucu bernama Kizain di usia semuda itu. Di usia itu dulu, saya masih saja hahahihi dengan kawan-kawan kuliah. Belum mau memikirkan soal menikah. Pengen jadi sarjana dulu, pengen anu dan inu dulu.

Tapi Cut Dek Ayi ini berbeda. Dia berani menikah di usia 20 tahun berikut mengambil tanggung jawab menjadi istri dan ibu di usia yang teramat muda. Baca, deh di tulisannya yang berjudul “Pernikahan” ini:
Hingga akhirnya saya dan suami dipertemukan di sebuah organisasi. Pertemanan dimulai. 1 bulan setelah berteman, dia menyatakan keinginan ingin mempersunting saya sebagai istri. Ahay! Ternyata dia juga sudah ingin menikah. Biar berkah dan rezeki melimpah ruah sesuai janjiNya, begitu katanya. Saya bertanya tentangnya ke beberapa sahabat dekatnya, sesuai arahan ayah yang pada saat itu sudah agak luluh. Akupun istikharah. Alhamdulillah doa dan harap saya diijabah Allah. Allah Maha Baik, saya dijodohkan dengan pemuda yang insya Allah sholeh dan sangat patuh kepada orang tua. Saat lamaran di 7 Juli 2014, akhirnya Ayah luluh sepenuh hati sebab ketulusan suami saya dan beliau tidak muluk-muluk. Suami saya datang seorang diri, mengenalkan diri dan menyampaikan kehendak hati.

Tulisan-tulisan di blog Ayi kebanyakan berisi proses pembelajarannya menjadi ibu dan istri. Saya suka membacanya. Tulisan-tulisan yang saya baca tentang pembelajarannya itu menunjukkan betapa tinggi semangat belajar seorang Ayi tentang kehidupan.

Saya terperangah membaca tulisan berjudul 40 Tahun Ibunda di blog Ayi. Bagaimana tidak, pada waktu usia ibundanya 40 tahun, di saat itu usia saya sudah segitu juga. Tulisan ini menjadi masukan bagi saya untuk benar-benar memperbaiki diri dan menjaga sikap di depan anak-anak. Karena anak-anak pasti akan mengenangnya dan bahkan kelak bisa menuliskannya di blog mereka! Ini membuat saya berpikir ... kelak, anak-anak saya akan mengenang saya seperti apa, ya?

Menjelajahi blog Ayi mendatangkan keasyikan tersendiri. Cara menulisnya yang mengalir ringan, membuat kita membacanya betah. Topiknya yang dekat dengan keseharian memperkuat alasan mengapa membaca blognya sedemikian mengasyikkannya. Selalu ada “sesuatu yang bermakna” di dalam setiap tulisannya. Rasanya ingin terus mengintip kehidupan Ayi yang tertuang di dalam tulisan-tulisannya. Tidak percaya? Silakan saja simak Cutdekayi dot Com.


Makassar, 14 April 2016


Share :

40 Komentar di "CUTDEKAYI, Blognya Si Ibu Muda "

  1. Aku sudah main ke blognya Mba Ayi..senang lihat foto2 saat dia menikah..

    ReplyDelete
  2. woww... usia dua puluh sudah berani mengambil langkah penting dlm hidup. Saya pun dulu di usia segitu masih pengen main mba...

    ReplyDelete
  3. Waahh.. saya baru tau kalo usia Ayi baru 21 taun, keputusan yang sangat jarang apalagi untuk wanita jaman sekarang yang pengennya berkarir dulu, termasuk saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Dan Ayi tetap kuliah, lho. Saya lupa memasukkannya di tulisan ini, bahwa dia masih kuliah :)

      Delete
  4. Saya se-grup dg Cut dek ayi, tapi belum pernah ngobrol langsung mbak :)
    Ternyata udah nikah tooo, baru tau.. hihi

    ReplyDelete
  5. usia 40 tahun, saya akan dikenang oleh anak seperi apa ya?? jadi berfikir juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm .. kalo saya, usia 40 sudah lewat 2 tahun, Mbak.
      Jadi main mikir -_-

      Delete
  6. Wah 1 bulan, kereeen! Lelaki sejati. Bener juga ya mba, "kelak kita akan dikenang seperti apa?" Langsung ambil cermin. Trimakasih tulisannya, bagus.

    ReplyDelete
  7. Keputusan yang besar memang. Saya saja menargetkan menikah melebihi umur itu.

    ReplyDelete
  8. Penasaran pengen berkunjung di blognya cutdekayi

    ReplyDelete
  9. Tulisan mba Ayi ternyata membuat banyak pembaca berpikir juga ya, seperti yg Mba Niar tuliskan, akan dikenang seperti apakah kita ketika tua nanti.

    Semoga kenangan baik :)

    ReplyDelete
  10. Pasti di blognya cutdekay banyak kisah yang mengharukan dan kisah bahagia ya mba ? Coba ngintip ah....

    ReplyDelete
  11. wah mba ayi keren banget yaaaa...salam kena, hai kak mugniar, apa kabar ta' :)

    ReplyDelete
  12. Mak Niar, apa kabar? Udah lama nggak main ke sini. Kangen deh..

    Wah, hebat ya, 20 tahun udah nikah. Eh tapi kalau lihat usia bundanya, yg selisih 20 tahun (maksudnya dulu ibunya juga nikah muda) jadi wajar sih, karena kemungkinan paradigma pikir ortu sm anak sama, mak. Dan yg pasti pas ada jodohnya juga kan ya.. Soalnya ada juga kan yg pengen nikah muda tapi yg ngajakin nikah nggak ada, biasanya krn faktor2 pemikiran yg mak Niar sebutin, entah itu dr keluarga atau bahkan dr orangnya sendiri..

    Renungannya menohok, mak. Tfs yaa

    ReplyDelete
  13. yang ringan-ringan aja nulisnya tapi Ayi selalu berhasil merengkuh (duh, merengkuh) pembaca menikmati gaya penulisannya

    ReplyDelete
  14. Belum pernah ke blog ayi. Saya di usia begitu masih merasa remaja. Ternyata cewek itu cepat tua, tau2 sdh hampir injury time hehehe

    ReplyDelete
  15. siapa sih sosok mba cut dek ayi ini.. jadi penasaran.

    ReplyDelete
  16. Wuih so sweet banget perjalanan cinta mb cut dek ayi, tanpa menunggu lama langsung dipinang, aihhhh

    ReplyDelete
  17. Mbak Ayi keren, Mbak Mugniar juga keren. Karena Mbak Niar bisa ngambil hikmah dari tulisan Mbak Ayi. Kalo gak peka, mungkin gak sampai mikir, "akan dikenang seperti apa kita nanti sama anak-anak?" :)

    ReplyDelete
  18. Sip, saya punya junior nikah muda, sama sama 20 tahun.

    ReplyDelete
  19. MasyaAllah, sepertinya memang orang-orang yang menikah muda punya banyak cerita menarik entah itu suka atau duka yang bagus banget untuk di-share terutama untuk pengetahuan tambahan kita-kita yang masih jomblo, eh, single di umur 20-an. :')

    ReplyDelete
  20. hehee...
    jadi baper bacanya...
    baru satu bulan kenal langsung menikah....

    ReplyDelete
  21. iyaa saya cek blognya keren yahh dia ahahah :'D

    ReplyDelete
  22. Bener kata mba Mugniar diatas, ketika saya nanti semakin bertambah usia akan dikenang seperti apa saya oleh anak-anak saya sendiri. Jadi ikut merenung juga. #notetoself

    ReplyDelete
  23. Iya, Mbak (atau saya panggil Bunda aja nih karena umurnya samaan ma Bunda saya?) hehehe
    Bunda juga dulu nikah muda dan saya banyak belajar dari bunda. Termasuk untuk menulis, bunda sgt menyokong. Sejak SD udah ikut lomba nulis, SMP juga SMA masuk lagi ke komunitas sastra dan masih banyak lagi. Insya Allah Mba Mughniar jg akan dikenang baik oleh jagoan dan bidadarinya. Bunda ayi yg ga nulis aja bisa ayi lihat dari berbagai sudut pndang, gmn lg mba mughniar yg nulis? Insya Allah, anak2 akan senang membaca tulisan ibunya :) dan bangga bahwa ibunya bisa menginspirasi org lain, aamin. Makasih mba yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih AYii, panggil saya Kak atau Mbak sajah supaya berasa berjiwa muda terus *maunyaa* :D

      Aamiin .. semoga anak2 saya mengapresiasi saya sebagaimana Ayi mengapresiasi ibundanya yah :')

      Delete
  24. Terima kasih teman-teman semuaa atas apresiasinya. Mohon maaf, saya tidak bisa membalas satu per satu karena keterbatasan sya. Saat ini laptop saya sedang rusak. Saya pun kesulitan blog walking. Sementara gadget yang ada tidak selalu mendukung *hiks*.

    Terima kasih sekali atas semua komentarnya. Senang membacanya. Sekali lagi, mohon maaf ...

    ReplyDelete
  25. Wah, jadi usia Kak Niar sama dengan usia Bundanya Ayi ya? Masya Allah..berasa baca blog anak sendiri dong, Kak? *Eh :D

    ReplyDelete
  26. makasih gan infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  27. Wah berani juga ya melamar sendirian Hihii Pengen nyoba nantinya

    ReplyDelete
  28. cutdekayi? nama yang sulit dan unik sekali, ternyata blognya ibu muda...

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^