Apa dan Bagaimana Mystery Shopper

Mungkin ada yang sudah tahu ya kalau saya juga beraktivitas sebagai mystery shopper-nya Helion Research. Helion Research adalah sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Belgia. Shopper-nya tersebar di seluruh dunia.

Saya pernah menceritakan pengalaman sewaktu baru menjadi mystery shopper. Apa dan bagaimana mystery shopper sendiri, baru hendak saya ceritakan di tulisan ini.

Mystery shopper adalah salah satu jenis pekerjaan part time yang ada di Helion Research. Seingat saya, jenis-jenis pekerjaan part time-nya ada 4 atau 5. Hingga sekarang, saya baru menjalani 2 jenis: mystery shopper dan auditor. Ini tulisan ke-4 saya sehubungan dengan aktivitas saya sebagai evaluator pada Helion Research. Sampai berseri ya, hehehe. Ini karena saya sudah dua kali merasakan menerima fee dari Helion. Fee dalam mata uang euro ditransfer dari Belgia ke rekening saya di Makassar melalui akun Skrill, langsung dikonversi ke dalam mata uang rupiah.


Dapat kerjaan itu di tengah terpuruknya rupiah saat ini, memberi keuntungan tersendiri. Pengkonversian fee-nya kan tergantung kurs yang berlaku saat uang masuk ke rekening kita. Jadi, kalau pas uang masuk nilai euro lagi tinggi-tingginya, konversi yang kita peroleh tinggi juga sehingga walaupun saya hanya bisa mengerjakan 2 job, perolehannya lumayanlah.

Berdasarkan pengalaman, saya bisa share aturan umum yang harus dijalani bila hendak menjadi mystery shopper di Helion Research, yaitu:
  1. Menjalani training (online) yang dipersyaratkan.
  2. Membaca baik-baik skenario per job yang diterima. Untuk mystery shopper yang saya “perankan” saat itu, ada beberapa skenario. Kita harus memperhatikan kode yang tertera di tiap job dengan seksama.
  3. Bersikap sewajar mungkin.
  4. Memahami tugas yang harus dilaksanakan. Di antaranya: memahami spesifikasi produk yang diberikan klien, tahu bagaimana harus bersikap kepada penjaga toko, tahu kapan selambat-lambatnya harus menyetor laporan, tahu apa yang harus disertakan dalam laporan, tahu kalau pertanyaan yang harus dijawab dengan kalimat – menggunakan Bahasa Inggris, dokumen disembunyikan sebisa mungkin (sebaiknya sih tidak usah dibawa), dan tahu apa yang dilakukan jika barang yang dicari tidak ada atau toko tujuan ternyata sudah tutup.
  5. Sedetail mungkin mengamati toko tujuan.
  6. Kalau ada pertanyaan, silakan bertanya pada panel manager yang membawahi evaluator di Indonesia. Untuk saat ini, panel manager-nya bernama Miroslav Rashev, orang Bulgaria yang berkantor di Bulgaria. Komunikasi dengannya bisa via e-mail pada jam-jam kantornya negara Bulgaria. Kalo WITA (waktu Indonesia Tengah), kira-kira pukul 4 sore di sini, Miroslav baru mulai ngantor (untuk WIB, pukul 3 siang). Miroslav ini orangnya asyik, dia berusaha merespon pertanyaan dengan cepat. Jadi, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya padanya kalau masih bingung.
Sekadar info, dalam bulan Oktober ini akan ada proyek baru. So, ini kesempatan buat bergabung dengan Helion dan merasakan serunya menjadi mystery shopper, sekaligus merasakan sensasinya terima euro dari Eropa.

Sertifikat yang diperoleh usai menyelesaikan training.
Pakai bahasa apa kalau berkomunikasi dengan panel manager kita?

Ya pakai Bahasa Inggrislah J. Kalau merasa diri masih terbata-bata (seperti saya), silakan minta bantuan Google Translate. Kemampuan Bahasa Inggris tidak perlu yang luar biasa. Yang penting paham penulisan tenses, bagaimana mengungkapkan isi pikiran, dan memahami komunikasi antara diri kita dengan pihak Helion karena kalau ada laporan kita yang menurut tim Helion kurang jelas, mereka akan bertanya melalui e-mail.

Usai mengirim laporan, apa yang kita lakukan?

Laporan yang kita kirim kan dinilai oleh sebuah tim tertentu di Helion. Kira-kira poin penilaiannya meliputi: apakah sesuai antara pertanyaan dengan jawaban, apakah jawaban yang kita berikan masuk akal atau tidak, dan apakah laporan kita sudah benar-benar menjawab kebutuhan klien. Kalau menurut mereka ada yang belum lengkap atau belum jelas dari laporan kita, mereka akan bertanya melalui e-mail. Jadi, jangan bosan-bosan ngecek e-mail seusai kirim laporan, ya.

Bolehkah ketahuan kalau sedang menjadi mystery shopper?

Tidak boleh. Kita tidak boleh membuka identitas sebagai mystery shopper. Harus “berakting” sewajar mungkin. Berpakaianlah seperti cara berpakaian kita sehari-hari. Di Helion Research, ada tata caranya kalau misalnya kita sampai ketahuan atau penjaga tokonya curiga kita seorang mystery shopper.

Jadi mystery shopper, berarti kita berpura-pura. Tidak jujur, dong. Bohong, dong. Bohong kan dosa!

Hm, begini. Setiap perusahaan (dalam hal ini klien Helion) kan berhak dong mengetahui bagaimana produk mereka tersebar di pasaran. Mereka berhak tahu bagaimana pengetahuan ujung tombak toko/distributor rekanan menjual/memperlakukan produk mereka. Mereka berhak tahu bagaimana tanggapan/aspirasi masyarakat sehubungan dengan jenis produk yang mereka pasarkan. Tentunya, pengetahuan yang didapatkan dari menyelidiki hal ini akan menjadi umpan balik bagi kinerja perusahaan. Dengan demikian klien bisa memperbaiki kualitas produk mereka atau mencari cara yang tepat bagaimana supaya penjualan mereka meningkat.

Nah, pengetahuan itu hanya bisa mereka dapatkan dengan mengamati “pasar yang wajar”. Misalnya nih, dengan mengamati secara wajar bagaimana para toko/distributor rekanan mereka menjual produk yang mereka hasilkan. Di situlah peran mystery shopper, sebagai pengamat yang mendata cara rekanan klien menjual produk tersebut.

Daaan, sebenarnya kerjaan mystery shopper mirip-miriplah dengan kerjaan agen rahasia dan detektif. Masak agen rahasia dan detektif kerjaannya dosa?

Sudah terbayangkan bagaimana sesungguhnya kerjaan mystery shopper? Asyik, kan?

Makassar, 8 Oktober 2015


Masih penasaran dengan mystery shopper dan Helion Research? Atau mau bergabung jadi mystery shopper? silakan klik gambar di bawah ini:




Simak juga tulisan-tulisan tentang mystery shopper dan Helion berikut ini:


Share :

36 Komentar di "Apa dan Bagaimana Mystery Shopper"

  1. Aku pernah daftar karena lihat post mba sebelumnya. Tapi setelah dibaca2 lagi gak cocok buat aku. Aku orangnya pasif dan gak suka keluar rumah. Jadi aku cari pasif income ajah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sebenarnya seperti Mbak juga tapi entah kenapa ya saya merasa tertantang dan kalau merasa tertantang, saya berusaha melalui tantangan itu. Sip Mbak .... memang harus nyaman, sih :)

      Delete
  2. Waahh mau cobaaa ah..
    Tp nantipi ketemuanpaq kak
    Baru sy coba daftar
    Biar bs dibimbing lgsg heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Qiah. Saya juga sudah bikin 5 tulisan, bisa dibaca2 memang mi :)

      Delete
  3. Wawww...seru ya mak, apakah kita harus berbelanja juga ? biasanya produk apa saja dr helion inih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidah harus berbelanja, Mak. Pura2 mau belanja saja :)
      Produknya .... hm .. kayaknya tidak boleh saya buka detailnya. Saya bisa dijitak Pak Manajer hehehe

      Delete
  4. Jadi penasaran mau coba deh...

    ReplyDelete
  5. seru yaa kayaknya, keren ih, jadipenasaran pengen nyoba walo inggris hancur lebur hihi

    ReplyDelete
  6. Wah menarik nih... *melipir ke situsnya

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Tidak harus, koq Monik. Saya tidka pakai akun Paypal. Hanya mendaftar di Skrill saja. Yang penting ada alamat e-mail dan nantinya mengisi data nomor rekening dan swift code-nya. Bisa dibaca tulisan2 terdahulu saya :)

      Delete
  8. wah! menarik, bayarannya pake euro lagi :D mo coba ikutan deh~

    ReplyDelete
  9. Wowww mantapp mak. Lanjutkannn

    ReplyDelete
  10. Masih kepo. Tapi tertarik. Baiknya ngapain? Hwaaa. Tar tak coba baca tulisan Mbak yang lain deh. Makasih informasinya.

    ReplyDelete
  11. penasaran, tapi masih blank, ngga begitu ngerti mbak :)

    ReplyDelete
  12. Serunya mi tawwa yang sudah mulai kerja. Di Lombok ndak pernah ada kerjaannya :( paling dekat di Bali. Masak mauki' nyebrang gang.. :D

    ReplyDelete
  13. mbak, ada turotial membuat skrill ga? aku coba buat account skrill to ga tersedia currency rupiah, jd gmn ya mbak? bisa bantu kah? hehehehehehehehehehehehe

    ReplyDelete
  14. Hebat, tidak salah jika saya mengatakan bahwa Anda adalah salah satu blogger cerdas yang pernah saya kunjungi. Saya bahkan baru tahu tentang helion. Hehehe. Mantap... Mungkin bisa coba2 daftar juga...

    ReplyDelete
  15. Baru tahu kalo ada pekerjaan seperti ini. Memicu adrenalin juga kayaknya. Buat saya kok seperti lagi main detektif-detektifan hihihi

    ReplyDelete
  16. Saya baru tau sama istilah Mystery Shopper ini. Jadi nambah wawasan :D

    ReplyDelete
  17. Mba Mugniar keren banget sih mba...
    Serius baru denger ini istilah mystery shopper,
    Menarik sih, kmgkinan ntar ikutan boleh kali ya :p

    ReplyDelete
  18. makasih infonya mbak.. baru tau ada evaluasi model mistery shopper..blum ada rencana nyobain..sukses mbak :)

    ReplyDelete
  19. Aku daftar di linknya, mak..Tapi kesulitan ikut training..mesti donlod apaan ya? Trainingnya nggak bisa dibuka, padahal profil udah 100% dan udah dapat info job yang sedang berlangsung..Tengkyu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiik. Mbak Enni daftarnya di link dari blog ini atau dari mana, Mbak? :)

      -Ikut trainingnya, pertama2 yang di dasbor: "My Trainings", itu utk basic trainingnya. Masih ada lagi:
      -Lalu cari di My Available Evaluations, yang mau dikerjakan. Kalau sudah di-approve kan bakal masuk di "My Current Evaluations".
      -Nah, pada masing-masing jenis yag berbeda di My Current Evaluations itulah training berikutnya. Jadi, Mbak usahakan bisa melihat semua kuesinernya. Kuesioner akan terbuka kalau Mbak Enni sudah menyelesaikan training2nya.

      Delete
  20. Baru tau mystery shop... tapi boleh lah dicoba ntar :D

    ReplyDelete
  21. Malam mbak, mau nanya nih plug in untuk pelatihan helion research itu download dmn ya? Soalnya profil saya uda 100% cman blum dapat sertifikat, pas saya klik pelatihan cma kluar tulisan tidak ada plugin, tolong di bantu ya mbak

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^