Mau Belanja? Fokuslah pada 4 Hal Ini!

Andai ada komunitas “iriters” (mereka yang punya kebiasaan ngirit), saya mau gabung, deh. Kayaknya saya cocok gabung di komunitas itu. Kalau lihat kata “diskon”, mata saya membelalak saja bawaannya. Entah itu sedang jalan di dunia nyata ataupun dunia maya, setiap melihat kata “diskon”, saya langsung mencerna kalimat yang memuat kata itu dengan teliti sembari mengecek. Mengecek, apakah benar ini sedang diskon atau akal-akalan penjualnya saja: menaikkan harga dulu lantas sok-sokan menurunkan harga hingga terlihat seolah-olah diskon. Psst, sebenarnya saya tak punya ilmu cek-mengecek itu, saya menduga saja, sih sebenarnya hahaha.

"Diskon hingga 90%" --> fiyuh, ini kalimat yang bikin kalap
Seperti itu juga reaksi saya waktu jalan-jalan di dunia maya dan bertemu situs blanja.com. Langsung saja mata saya membelalak membaca kata “diskon” berkali-kali. Di home page-nya saja terlihat ada gambar animated yang menunjukkan jenis-jenis barang apa saja yang sedang ada diskon besar-besarannya. Saya hitung-hitung ada kurang lebih 10 jenis, di antaranya: perlengkapan bayi, kebutuhan mudik, perlengkapan rumah, camilan berbuka, dan fashion. Diskon terbesarnya sampai 90% dan harga termurahnya (serba) Rp. 10.000. Wow!

Bisa, gitu, apa-apa harganya Rp. 10.000 saja? Bisa ternyata! Ada Pedi Spin Foot Smoothing yang harga awalnya Rp. 62.500. Ada White Light Teeth Whitening System yang harga semulanya Rp. 62.900. Ada Rose Lamp yang mulanya berharga Rp. 40.000. Semuanya bisa dibeli dengan harga Rp. 10.000! Ini bisa bikin orang kalap belanja, nih.

Terus saya melihat-lihat perlengkapan bayi. Di situ ada baju kaos yang semula harganya 60-ribuan, didiskon hingga Rp. 11.000. Ada legging yang dari Rp. 35.000 menjadi Rp. 11.000. Ada Baby Body Suit yang seharga Rp. 19.000, sekarang harganya tinggal Rp. 9.000. Ada pula baju-baju kaos dan tas anak bergambar Minion, juga mainan anak-anak dan boneka Minion yang semuanya lagi turun harga. Huaaa ... keren!

Teringat suami pernah nanya-nanya router yang bisa buat hotspot, saya pun menjelajahi bagian barang elektronik. Ketemulah XIAOMI Wifi Mini Router Fastest Smaller and Faster! Yang katanya super cepat. Kebetulan lagi diskon 66%. Di page-nya bisa dilihat keterangan yang lebih rinci, sampai ongkos kirimnya ke Makassar. Spesifikasi barangnya pun cukup lengkap. Router-nya canggih juga, bisa saling berbagi hardisk, punya dual band, dan mendukung 5 macam support system (web, Windows, Android, MacOS, dan IOS).

Apalagi kalau lihat daftar produk, hanya iman yang bisa menahan hahaha
Saat lagi memelototi si router ini, baru saya tersadar, “Apa yang sedang saya lakukan?” Aih, kayaknya router ini belum tentu bisa untuk hotspot. Lagi pula kebutuhannya belum dalam waktu dekat ini.

Astagah, Niar ... fokus .. fokus ... bukannya tadi pakai komputer karena mau browsing bahan tulisan? Ngapain menjelajahi online shop? Kebutuhanmu apa, sih? *jitak kepala sendiri*

Jangan ditiru. Jangan ditiru. Kamu tahu kan, kalau menjelajahi tempat belanja online itu sama dengan window shopping  di dunia nyata? Kalau tak strict sama diri sendiri, memberi garis batas mana yang boleh dan mana yang tidak, bisa kebablasan. Tenaga terkuras, waktu terbuang percuma!

Kalau benar mau belanja, fokuslah pada 4 hal berikut:
  1. Fokuslah pada kebutuhan bukan kepentingan. Batasi kebutuhan pada kebutuhan primer saja (sandang, pangan, papan) ataukah sampai kebutuhan sekunder dan tersier.
  2. Buat daftar prioritas, mana yang benar-benar penting letakkan paling atas. Yang kurang penting di bagian bawah. Fokus di situ saja!
  3. Bertekad pada diri sendiri untuk mematuhi daftar yang telah dibuat. Fokuslah pada tekad itu!
  4. Sesuaikan dengan anggaran dan untuk peristiwa/hal apa belanja yang akan dilakukan. Kalau hendak membeli perlengkapan lebaran, fokuskan pada kebutuhan lebaran, jangan ngeloyor ke tempat/jenis lain!
Bagaimana kalau tidak fokus? Percaya, deh, untuk orang-orang yang menginginkan hidupnya berkualitas pasti yang terjadi adalah tenaga terkuras dan waktu terbuang percuma!


Makassar, 9 Juli 2015


Share :

31 Komentar di "Mau Belanja? Fokuslah pada 4 Hal Ini!"

  1. makasih sharingnya mak. iya nih harus bijak kalo belanja.apalagi kalau dapat voucher gratis, harusnya didahulukan kebutuhan biar sekalian irit anggaaran. bukannya malah aji mumpung beli barang yg ga mungkin dipake *pengalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi pengalaman emak2 suka kalap ya baca kata "diskon"

      Delete
  2. Sama ya mbak, saya juga terkadang pengen browsing buat cari bahan nulis blog ehh gak taunya lihat OLShop mpe setengah jaman... sdikti tergoda hahaha... Saya pikir bukan orang yang fokus, jadi gampang teralihkan walaupun konversinya untuk membeli masih 2% tapi sepertinya buang buang waktyu saja.

    Terima kasih atas kunjungannya. Salam hangat dari Balikpapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya, syukurnya .. belum tergoda untuk membeli hehe.Yah, masih ada yang menahanlah ... :D

      Delete
  3. Hah?
    DISKON???
    Hari ini masih diskon ga yah?
    *brb*
    *lhaaa ... malah langsung belanja*

    ReplyDelete
  4. APAA?
    DISKON??
    Hari ini masih ga?
    *brb*
    *Lhaa malah langsung belanja*

    ReplyDelete
  5. buat prioritas dan jagan tergoda dengan brang lain ya :)

    ReplyDelete
  6. kalau gak fokus nanti malah segala dibeli :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa2 semua yang harganya 10ribu diborong ya, Mak :D

      Delete
  7. kok bisa murah gitu ya.... hhmmm

    ReplyDelete
  8. Kita sering lupa diri begitu melihat banner DISKON!
    Padahal barang nggak begitu diperlukan, harganya juga belum tentu murah
    Berpikir cerdas tentu diperlukan agar yang tak terkuras
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggih, Pakdhe
      Terima kasih sudah mampir di sini

      Delete
  9. wow, 10 ribuan. murah2 ya. bun. :3

    ReplyDelete
  10. Fokus... tatap mata saya.. hahaha.. Belanja online bagi saya yg penting harus ingat berapa sisa saldo di rekening. Jauhkan token dari jangkauan, dan ingat lomba blog masih banyak yg harus dipikirkan idenya hihihih

    ReplyDelete
  11. Xixixi. Harganya bikin mupeng banget deh, Mak. :D Cuss ke sana deh. :P

    ReplyDelete
  12. toss mak iriters kita hihihi....kalau dakuw, nambah penghasilan lewat kuis jadi mo lebaran gimana belnaja pakai pocer, Alhamdulillah..makasih tipsnyaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, koq mirip ya kita? Akhir2 ini saya jadi pemburu pocer juga

      Delete
  13. Ahahaha... iya ya mbak, dan kalo dunia nyata kaki bisa gempor kalo berjam-jam window shoping, tapi kalo di dunmay yang gempor tuh mata karena kelelahan. Atau mungkin malah isi atm ang berkurang gegara tak tahan godaan :D

    ReplyDelete
  14. Kalau saya fokus pd Kebutuhan dan kemampuan (beli). Jika bisa beli tp belum butuh ----> pikir 1000x lagi kalau mau ttp beli.

    Meski butuh tp belum mampu (dana blm ada), -----> ngirit yg bisa diirit deh.

    #apa kabar Mbak? Semoga Ramadhannya penuh berkah ya mbak?

    ReplyDelete
  15. Setipe tp dlm uraian yg lbh ringkas,
    Saya berpedoman utk komitmen pd 2 hal saat membeli sesuatu/barang, yaitu Sudahkah suatu kebutuhan dan adakah kemampuan utk membelinya. Jika bukan kebutuhan, tapi terbersit ingin membeli, meski ada dananya saya pilih mikir-mikir 100x lagi.

    DAn jika sdh butuh tp dananya blm ada----> yukk iritisasi dulu.

    #Apa kabar Mbak Niar? Semoga Bulan Ramadhannya penuh berkah dan kebahagiaan ya Mbak. Aamin:)

    ReplyDelete
  16. Tutup mataaa aaa diskonan... Gak kuat

    ReplyDelete
  17. Kalo dari sisi penjual melihat, kebanyakan orang (terutama ibu2, hehe) membeli bukan karena kebutuhan tapi karena ada uang. karenanya ada teknik diskon, cross selling dll :)

    ReplyDelete
  18. hihihi.... sepertinya kalo ada komunitas iriters, saya juga mau gabung mba :)

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^