Yang Ringan Bisa Jadi Dahsyat

Judul: [Seri Motivasi Ringan] Saya Bisa Jadi Apa?
Penulis   : Isa Alamsyah & Asma Nadia
Penerbit : Asma Nadia Publishing Hoouse
Tahun terbit : 2010 (cetakan pertama, Desember)
Ukuran  : 18 cm x 12,5 cm
Tebal     : 32 halaman
ISBN     : 978-602-96725-8-9


Kalau ada (adakah?) aturan yang menganulir resensi dari sebuah buku mungil, lupakanlah. Biar semua orang tahu bahwa ada buku bagus yang pernah dibuat dalam ukuran mungil tapi membutuhkan wawasan yang luas dari penulis-penulisnya dalam mengolah dan menyajikannya. Jangan dikira buku mungil gampang membuatnya.

Buku yang hanya terdiri atas 32 halaman ini amat sarat makna. Sepertinya tujuan penulisan buku, yaitu agar dapat memotivasi banyak orang, dari berbagai latar belajang, telah tercapai.


Betapa tidak, dengan gaya bahasa yang mudah dicerna, gambar yang menarik perhatian, fakta dan data yang akurat dan tepat, dan logika yang cerdas, Isa Alamsyah dan Asma Nadia mampu membuat buku motivasi yang bisa dibaca semua kalangan dalam waktu singkat.

Aneka pertanyaan tersebar di buku ini, mengajak pembacanya untuk bertanya pada diri sendiri mengenai eksistensi diri mereka. Setelah melihat fakta-fakta yang diungkap buku ini, masih pantaskah kita mengatakan bahwa masa depan kita akan suram hanya karena melihat status atau pekerjaan saat ini?  (halaman 25).

Empat puluh contoh orang-orang sukses dari segala penjuru dunia dijadikan contoh dalam buku ini. Mereka memulai “karir” mereka dengan pekerjaan yang oleh sebagian orang dianggap sebagai golongan rendahan.

Salah satu contohnya adalah Presiden Korea Selatan – Lee Myung Bak yang berasal dari keluarga miskin. Di masa kecil dan remaja untuk membayar biya kuliah dan menyambung hidup, ia harus berjualan es dan menjadi tukang sapu di jalan (halaman 12).

Juga ada sepenggal kisah Whoopi Goldberg – presenter televisi terkenal di Amerika. Sebelum menjadi artis terkenal, ia pernah bekerja sebagai kuli bangunan dengan tugas memasang bata dan pernah juga bekerja sebagai penata rias mayat (halaman 10).

Ada pula Jim Carrey yang sebelum ngetop jadi aktor komedi yang pandai bermain mimik, ia pernah bekerja sebagai janitor atau petugas cleaning service halaman 12).

Dengan cara meyakinkan, di dalam buku yang dijual terbatas kepada para anggota sebuah MLM ini, pembaca dituntun untuk menyadari bahwa apapun latar belakangnya, siapa pun punya peluang untuk sukses. Sebuah pesan yang terdapat pada halaman 26 harus diingat pula: Ingat, hambatan terbesar menuju sukses adalah diri sendiri!

Seharusnya buku seperti ini tak hanya dipakai di kalangan anggota MLM tetapi juga di sekolah-sekolah agar anak-anak remaja kita termotivasi untuk berkompetisi, belajar, dan berkarya dengan sebaik-baiknya.


Makassar, 11 Juli 2014

Tulisan ini diikutkan Indiva Readers Challenge


Share :

8 Komentar di " Yang Ringan Bisa Jadi Dahsyat"

  1. waah bisa dapat gratisan enggak ya...hihi ngarep.com

    ReplyDelete
  2. Tipis juga ya, tapi tidak beredar untuk umum ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu beredarnya di sebuah MLM itu. Tapi gak tahu ya kalo langsung ke penerbitnya atau penulisnya mungkin masih ada

      Delete
  3. Wah inspiratif nih...jd pnasaran

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^