50 Perempuan Keren yang Memanfaatkan Internet

Hadiah, kadang-kadang memang menjadi penyemangat dalam berlomba, termasuk dalam lomba blog dan lomba menulis. Tapi itu bukan yang terpenting buat saya. Saya bisa ikut lomba yang hadiahnya besar bisa juga ikut yang hadiahnya buku saja. Atau ikut yang tidak ada hadiahnya. Tidak ada hadiah? Hehehe bisa saja, untuk proyek amal, misalnya.

Buat saya, menulis itu butuh kenyamanan dan kepuasan. Kalau nyaman dan puas, hadiah bukan masalah. Hadiah itu "efek samping", bukan fokus utama.

Ikut pemilihan Srikandi Blogger, saya pun tak tahu akan diberi hadiah apa jika menang. Tak pernah ada iming-iming hadiah. Tahun lalu memang ada hadiah bagi mereka yang terpilih. Tahun ini? Jujur saja, sejak awal tak ada iming-iming hadiah dari KEB. Bisa saja ada, bisa saja sedikit. Tapi saya tak mementingkan hadiah. Kalau banyak yang mendaftar, itu karena mereka nyaman berada di KEB yang hangat dan ramah.


Bahagia saja bisa ikut berkompetisi, mengasah kemampuan, memenuhi tantangan. Bahagia bisa menyaksikan semangat para emak dan calon emak yang masuk #50FinalisSB2014. Saya menyaksikan semangat berbagi dan berkompetisi dalam diri mereka, seperti yang pernah saya tuliskan di http://mugniarm.blogspot.com/2014/01/keb-di-mataku-berbagi-dan-berkompetisi.html.

Saya sampai terharu menyaksikan para emak dan calon emak ini saling menyemangati dan saling dukung padahal mereka saling berkompetisi. Saya pun mengalaminya dengan beberapa di antaranya. Kami saling inbox untuk saling mengingatkan mengenai persyaratan lomba dan lain-lain. Beberapa dari mereka membagi ilmu tentang sharing video, cara membuat kartun, dan lain-lain.

Membaca profil mereka, membuat saya terkagum-kagum. Begitu besar potensi dan kompetensi para perempuan ini dalam memaknai hidup. Mereka berbagi, bukan hanya dengan keluarga kecil mereka, melainkan juga dengan sekitar. Melalui tulisan-tulisan mereka dan juga hal-hal lain.

Tak perlu hadiah bila dalam kompetisi, bisa berada di antara perempuan-perempuan hebat ini saja sudah luar biasa sekali (eh tapi kalo akhirnya lolos dan dikasih hadiah, ndak nolak koq  ... itu namanya rezeki. Rezeki tak boleh ditolak J). Bisa menaklukkan diri sendiri, kenal lebih baik dengan mereka-mereka, yaah syukur-syukur kalau bisa menjadi lebih dikenal, makin bersemangat ngeblog dan kelak memperlihatkan pada anak-anak kalau saya tak segan-segan berkompetisi, berharap mereka pun kelak bisa termotivasi untuk berkompetisi.

#50FinalisSB2014 ini juga tak mempedulikan hadiah lho padahal mereka benar-benar luar biasa. Mereka perempuan-perempuan tulus yang suka berbagi. Saya sangat suka bersahabat dengan mereka. Senang bisa mengenal mereka dengan lebih baik.

Saat ini memasuki minggu tenang. Juri mulai bekerja, menilai tugas-tugas yang sudah kami setor. Tugas yang harus di-publish pada tanggal 30 Januari kemarin dan yang sebelum-sebelumnya harus dikompilasi oleh juri untuk menentukan siapakah di antara 50 orang ini yang akan masuk ke tahap berikutnya. Minggu yang tenang tapi bikin deg-degan!

Semoga para juri, panitia, dan segenap Makmin KEB senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Terimakasih telah mengurus kami dengan baik selama ini.

Oya berikut daftar tulisan #50FinalisSB2014, silakan disimak. Saya yakin Anda akan setuju dengan saya kalau mereka ini perempuan-perempuan hebat.

Ade Anita
Judul Tulisan: Perempuan dan Internet
http://www.adeanita.com/2014/01/perempuan-dan-internet.html

Ir. Anita Handayani
http://anitanet.staff.ipb.ac.id/perempuan-dan-internet/

Arie Dwi Vitaranti
Judul Tulisan: Perempuan dan Internet
http://godeksfamily.blogspot.com/2014/01/perempuan-dan-internet.html

Arin Murtiyarini
Judul Tulisan: Internet dalam Pendewasaanku
http://asacinta.blogspot.com/2014/01/internet-dalam-pendewasaanku.html

Astin Astanti
Judul Tulisan: Perempuan Bersahabat dengan Internet
http://astinastanti.blogspot.com/2014/01/perempuan-bersahabat-dengan-internet.html

Caroline Adenan
Judul Tulisan: Internet di Mata Perempuan
http://catatanoline.blogspot.com/2014/01/internet-di-mata-perempuan.html

Chela Ribut Firmawati
Judul Tulisan: Perempuan Dan Internet Untuk Pembelajaran
http://gurukecil-chela.blogspot.com/2014/01/perempuan-dan-internet-untuk.html

Christanty Putri Arty
Judul Tulisan: Paradigma Perempuan dan Internet
http://www.omahantik.com/2014/01/paradigma-perempuan-dan-internet.html

Dey
Judul Tulisan: Perempuan dan Internet, Adalah Saya
http://www.deyfikri.com/2014/01/perempuan-dan-internet-adalah-saya.html

Diah Didi
Judul Tulisan: Perempuan dan Internet Baik atau Buruk Tergantung Bagaimana Kita Memanfaatkannya
http://www.diahdidi.com/2014/01/perempuan-dan-internetbaik-atau.html

Donna Imelda
Judul Tulisan: Perempuan dan Internet: Dunia dalam Genggaman
http://donnaimelda.com/2344/perempuan-dan-internet-dunia-dalam-genggaman/

Elisa Koraag
Judul Tulisan: PEREMPUAN & INTERNET: Sinergi Dua Kekuatan
http://elisakoraag.blogspot.com/2014/01/perempuan-internet-sinergi-dua-kekuatan.html

Enny Ernawati
Judul Tulisan: Aku dan Internet
http://www.ennymamito.com/2014/01/aku-dan-internet.html

Evi Sri Rezeki
Judul Tulisan: Internet Sahabat Perempuan
http://myfairytalemytale.blogspot.com/2014/01/internet-sahabat-perempuan.html

Fera Nuraini
Judul Tulisan: Internet: Bagi Perempuan dan Pekerja Migran
http://bmi-hk.blogspot.com/2014/01/internet.html

Fitria Chakrawati
Judul Tulisan: Mau Produktif di Rumah? Manfaatkan Internet!
http://fita-chakra.blogspot.com/2014/01/mau-produktif-di-rumah-manfaatkan_29.html

Grace Melia Kristanto
Judul Tulisan:  Internet Bagi Perempuan: Yay anda Nay
http://gimmegaiety.blogspot.com/2014/01/internet-bagi-perempuan-yay-and-nay.html

Hana Sugiharti
Judul Tulisan: Perempuan dan Internet #Dosis Internet
http://kinzihana.blogspot.com/2014/01/perempuan-dan-internet-dosis-internet.html


Ida Nur Laila
Judul Tulisan: PEREMPUAN SADAR INTERNET
http://ida-nurlaila.blogspot.com/2014/01/perempuan-sadar-internet.html

Ika Koentjoro
Judul Tulisan: Perempuan dan Internet
http://ikakoentjoro.com/perempuan-dan-internet/

Indah Nuria Savitri
Judul Tulisan: The World in Your Hand, Ladies
http://indahnnuria.blogspot.com/2014/01/the-world-is-in-your-hand-ladies.html

Istianah (Hanna HM Zwan)
Judul Tulisan: Berkarya Melalui Internet, Kenapa Tidak?
http://akizeyek.blogspot.com/2014/01/berkarya-melalui-internetkenapa-tidak.html

Isti‘adzah Rohyati
Judul Tulisan: Beraktualisasi Melalui Ngeblog
http://www.istiadzah.com/2014/01/beraktualisasi-melalui-nge-blog.html

Kaswarganti Catur Nugraheni W
Judul Tulisan: Emak Melek Internet
http://uniek-kaswarganti.blogspot.com/2014/01/emak-melek-internet.html

Lianny Hendrawati
Judul Tulisan: Perempuan di Era Netizen
http://www.liannyhendrawati.com/perempuan-di-era-netizen-2/

Lidya Fitrian
Judul Tulisan: Perempuan dan Internet
http://www.fitrian.net/2014/01/perempuan-dan-internet.html

Lilis Wahyoeni
Judul Tulisan: Menjadi Perempuan Bermakna Karena Internet
http://lieshadie.wordpress.com/2014/01/30/menjadi-perempuan-bermakna-karena-internet/

Meliyana
Judul Tulisan: Internet, Jodoh dan Perempuan
http://margeraye.blogdetik.com/2014/01/30/internet-jodoh-dan-perempuan/

Mugniar Marakarma
Judul Tulisan: Merasa Nyaman Itu Pilihan

Meti Mediayastuti
Judul Tulisan: Perempuan dan Internet
http://www.metimediya.com/perempuan-dan-internet.html

Nia Kurnia Haryanto
Judul Tulisan:
http://niaharyanto.blogspot.com/2014/01/perempuan-dan-internet-antara.html

Nurul Aslamiati
Judul Tulisan: Perempuan Hebat
http://nurulnoe.com/perempuan-hebat/

Olyvia Bendon
Judul Tulisan: Perempuan di Dunia Maya
http://obendon.com/2014/01/30/perempuan-di-dunia-maya/#more-6465

Pungky Febriani
Judul Tulisan: Ibu Rumahtangga Serba Internet
http://galaksipungky.blogspot.com/2014/01/ibu-rumah-tangga-serba-internet.html

Rahmah
Judul Tulisan: Simbiosis Mutualisme
http://chemistrahmah.com/simbiosis-mutualisme.html

Rahmi Aziza
Judul Tulisan: Ibu Rumahtangga, Wajib Melek Internet
http://www.rahmiaziza.com/2014/01/ibu-rumah-tangga-melek-internet-wajib.html

Reni Judhanto
Judul Tulisan: Saat Perempuan Memanfaatkan Internet
http://another-reni.blogspot.com/2014/01/saat-perempuan-memanfaatkan-internet_30.html

Riana Wulandari
Judul Tulisan: Bijak Berinternet dengan Blog
http://emakriweuh.blogspot.com/2014/01/bijak-berinternet-dengan-blog.html#more

Rina Susanti
Judul Tulisan: Internet dan Saya
http://www.rinasusanti.com/2014/01/internet-dan-saya.html

Ririn Sjafriani
Judul Tulisan: Perempuan dan Internet, Dua Kekuatan yang Makin Mendunia
http://fromblazertodaster.blogspot.com/2014/01/perempuan-dan-internet-dua-kekuatan.html

Silviana Apple
Judul Tulisan: Perempuan Banyak Nanya? Udah Bukan Jamannya
http://silvianapple.blogspot.com/2014/01/perempuan-banyak-nanya-udah-bukan.html

Siti Hairul Dayah
Judul Tulisan: Mamak dan Internet
http://catatansiemak.blogspot.com/2014/01/mamak-dan-internet-sb2014.html


Siti Wakhidah Hajar
http://idahceris.wordpress.com
Judul Tulisan: Perempuan Pemakan Bandwidth
http://idahceris.com/informasi/perempuan-pemakan-bandwidth/

Suria Riza
Judul Tulisan: Kemudahan Berinternet Seorang Emak
http://www.echaimutenan.com/2014/01/kemudahan-berinternet-seorang-emak.html

Susi Ernawati
Judul Tulisan: 2 Dunia Perempuan yang Berbeda
http://blogsusindra.blogspot.com/2014/01/2-dunia-perempuan-yang-berbeda.html

Susi Sukaesih
Judul Tulisan: Ciptakan Konten Positif di Dunia Maya, Yuk Nak ..
http://suzieitaco.wordpress.com/2014/01/30/ciptakan-konten-positif-di-dunia-maya-yuk-nak/

Waya Komala Putri
Judul Tulisan: Menjadi Perempuan Gemilang dengan Internet
http://cerita-waya.blogspot.com/2014/01/menjadi-perempuan-gemilang-dengan.html

Winda Carmelita
Judul Tulisan: Tentang Perempuan, Internet, dan Ahli Ketik-Magic
http://windacarmelita.blogspot.com/2014/01/tentang-perempuan-internet-dan-ahli.html

Zakiatul Hidayati
Judul Tulisan: Surga Itu Bernama Rumah
http://zakia.griyasantun.com/2014/01/surga-itu-bernama-rumah/

Zuhana Adibbudin Zuhro
Judul Tulisan: Perempuan dan Ruang Geraknya di Dunia Maya
http://apikecil.wordpress.com/2014/01/30/perempuan-dan-ruang-geraknya-di-dunia-maya/

Makassar, 31 Januari 2014

Catatan:
Daftar tulisan dan link diadaptasi dari kedua sumber ini:
Sumber:
http://anitanet.staff.ipb.ac.id/list-data-emak2-peserta-50finalissb2014-lengkap/

http://ida-nurlaila.blogspot.com/2014/01/tema-perempuan-dan-internet-sb-2014_30.html


Share :

22 Komentar di "50 Perempuan Keren yang Memanfaatkan Internet"

  1. wuuiiiih si emak...kreatif bangeeet okeh mak, makasih yaa, sekalian msh byk yg aku blo BW kmrn siwer hehehee

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Senang berada di antara mereka mak .. terimakasih, mak Rosita juga hebat :)

      Delete
  3. Terimakasih banyak Mak... aku tak perlu repot2 lagi nyari di FB hehehehe

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Mbak Nunu juga top. Tahun depan ikut yaa :)

      Delete
  5. Wah ...
    Niar keren dan rajin ...
    me list semua tulisan dari 50 Srikandi Blogger
    yang notabene menjadi saingan-saingannya ...
    Ini bersaing yang santun dan smart ...

    Saya suka ini ...

    Salam saya Niar

    ReplyDelete
  6. sukses buat emak-emak finalis ya.....:)

    ReplyDelete
  7. Terharu jg msk 50..bnr2 g nygka..:)

    ReplyDelete
  8. walaupun tahun lalu gak masuk 10 besar kita tetap semangat ngeblog kan ya mbak :) good luck semog aaku bisa ketemuan sama mbak Niar

    ReplyDelete
  9. wah direkap di sini.. ditambah status2 FB ya mbak?

    ReplyDelete
  10. semangaaat dan thanks for sharing it mak...betul, tidak ada yang merekatkan kita selain semangat ngeblog dan berbagi hal baik...apapun bonus yang diterima, yang penting bisa bermanfaat...peluuuuuk mak Mugniar.....

    ReplyDelete
  11. Kalo saya ditanya siapa 10 dari 50 yg saya jagokan, maka mak Mugniar masuk diantara tg 10 itu ;)

    ReplyDelete
  12. Selamat malam, Niar. Makjur visit nih. :)
    Zaman semakin maju dan teknologi semakin canggih ya, Niar. Perempuan masa kini, baik emak mau pun emak wannabe memang harus bisa berinteraksi dan beramah tamah dengan teknologi informasi agar semakin happy dan berkualitas. :) Sukses yaaa.

    ReplyDelete
  13. Ajari aku bikin video dan aplot di youtube dong, mak

    ReplyDelete
  14. wow mba mugniar sempat sempatnya bikin postingan ini...salut, say amasih rempong dengan manajemen waktu keluarga dan nulis, setelah jd irt malah merasa nambah rempong

    ReplyDelete
  15. saling bergandengan tangan dan berpelukan ya mak ^_^

    ReplyDelete
  16. keren bund, kalo yang remaja gitu gk ada ya hehehhe

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^