PR 11 yang Ke-3

Ini PR ketiga yang saya terima dari kawan blogger yang meminta menuliskan 11 hal tentang diri saya. Kali  ini mas M. Ridwan Purnomo yang memberikannya kepada saya. Saya senang-senang saja karena di antara begitu banyak blogger, nama saya ada di benak mas Ridwan menjadi sebuah penghargaan buat saya.

Mulanya saya menjawab dulu 11 pertanyaan “filosofis” yang diberikan oleh mas Ridwan.

Apa arti hidup bagimu?

Amanah yang harus dijalani. Soal ujian yang harus dikerjakan. Banyak level yang harus ditempuh di dalamnya. Sekolah yang harus dilulusi agar bisa menjadi salah satu peserta terbaik di kehidupan berikutnya.

Apa yang bisa membuatmu bertahan dalam keadaan tersulit sekalipun?

Mengingat bahwa Allah Mahapenolong. Ia berjanji mengabulkan setiap do’a dalam sebuah firman-Nya. Dan Ia berjanji mengikuti persangkaan hamba-Nya dalam sebuah hadits qudsi. Maka selalu berprasangka baik kepada-Nya akan membuat kita bersabar menunggu pertolongan-Nya. Itu pasti membuat kita bertahan.

Seberapa pantaskah kamu untuk dijadikan seorang sahabat?

Pantas yang wajar. Saya tak berani mengatakan amat pantas karena saya punya banyak kekurangan yang mungkin saja tak disukai oleh sahabat saya.

Seberapa pentingkah arti blogmu untuk dirimu?

Sangat penting. Sebagai tempat dokumentasi kehidupan dan renungan saya.

Kepada siapakah tempatmu biasa mencurahkan segala keluh kesah?

Saya tak begitu suka berkeluh kesah. Jika “terpaksa”, pilihannya ada 4: Allah, adik kandung, suami, atau sahabat.

Apa yang kamu lakukan jika keadaan tidak seperti yang kamu harapkan?

Menerimanya dengan lapang dada. Setidaknya kalau keberterimaan itu sesuatu yang sulit, saya harus berusaha menerimanya karena menolaknya akan merugikan diri saya sendiri.

Hal apa yang benar benar kamu ingin wujudkan?

Menjadi ibu yang baik buat anak-anak.

Bagaimana kriteria teman yang bisa dijadikan teman buat kamu?

Yang mengerti diri saya dan menerima kekurangan saya.

Keadaan apa yang paling membuatmu kecewa?

Keadaan yang sebenarnya sudah saya prediksi tapi karena ada faktor kelalaian makhluk, hal yang terprediksi yang sebenarnya mungkin sekali diwujudkan itu menjadi absurd.

Apa yang benar benar ingin kamu ubah saat ini?

Sifat-sifat jelek yang masih melekat dalam diri.

Apa yang bisa kamu banggakan dari dirimu saat ini?

Tidak ada. Karena saya bukan siapa-siapa. Oya, saya berusaha menjauhi “berbangga” diri karena bisa menjebak kepada takabur dan riya’. Takut. Kalau pertanyaannya “Apa yang bisa kamu syukuri” nah itu banyak.



Sekarang, saya mau bercerita 11 hal lain tentang diri saya (setelah 22 poin sebelumnya J).

Satu

Saya mulai suka menulis bukan sejak kecil seperti banyak penulis kawan saya. Boleh dibilang saya tak berangkat dari “bakat”. Saya mulai serius menulis di saat hamil anak pertama (saat itu usia saya sudah 26 tahun) dan baru intens tahun lalu, 11 tahun dari saat hamil itu.

Dua

Saat ini saya sedang tak peduli dengan SEO (Search Engine Optimation). Saya lebih suka menjadi blogger peduli konten.

Tiga

Blog, bagi saya adalah tempat untuk mendokumentasikan kisah hidup saya dan keluarga saya, juga pikiran dan renungan sederhana saya.

Empat

Saya berusaha menulis secara mengalir, tidak terkesan menggurui. Tapi apakah semua tulisan saya jadinya seperti yang saya inginkan? Entahlah. Mungkin saja ada di antara tulisan-tulisan dalam blog ini yang terkesan menggurui ya? Bila Anda mendapatkannya, maafkan saya.

Lima

Saya tak bisa disain. Kalau saya bilang, sejak SD saya bodoh dalam hal disain-mendisain, gambar-menggambar J. Makanya model blog saya ya begini-begini saja karena saya tak tahu mendisain header atau background yang menarik. Selain itu, saya takut ngutak-ngatik tampilan blog, takutnya malah jadi kacau dan butuh waktu lama lagi memperbaikinya. Alasan lainnya, yang sekarang loading-nya cukup cepat, tidak menyusahkan saya ataupun pembaca.

Enam

Di masa sekolah, saya tak menyukai mengarang tapi juga tak membencinya. Hanya saja kalau diingat-ingat, setiap disuruh mengarang, saya bisa menulis dalam jumlah halaman maksimal yang diminta guru.

Tujuh

Saya memiliki kesulitan bila harus berbicara di depan forum tapi beberapa kali saya harus tampil di depan orang-orang lain. Begitu pun dalam beberapa hari lagi, IIDN meminta saya membawakan materi tentang ngeblog di sebuah acara. Saya sebenarnya mulai gugup ini, tapi ini juga tantangan menarik buat saya.

Delapan

Saya lebih nyaman berbicara melalui tulisan daripada berbicara secara lisan. Karena saya suka takut salah dan takut terdengar konyol atau bodoh. Kalau menulis kan apa yang ditulis masih bisa dipikir lebih lama ketimbang berbicara. Kecuali kalau menulisnya dengan emosi ya, sama saja jadinya J.

Sembilan

Kadang-kadang saya suka baca buku tasawuf. Saya juga suka bacaan-bacaan yang menyangkut psikologi populer dan pendidikan praktis.

Sepuluh

Saya ngefans sama Torey Hayden, penulis beberapa novel best seller yang menceritakan pengalamannya mengajar anak-anak berkebutuhan khusus. Hebatnya, dengan latar belakang pendidikan ilmu science ia melanjutkan pendidikan psikologi di jenjang berikutnya dan tetap menjadi guru anak-anak berkebutuhan khusus dengan spesialisasi elective mutism (menolak berbicara padahal mampu). Di Indonesia, sepertinya dengan latar belakang pendidikan S1 saya, saya tak bisa lanjut di bidang psikologi padahal saya sebenarnya minat sekali pada bidang ini.

Sebelas

Saya suka belajar sama orang yang senang belajar dan rendah hati.

Ah .. selesai juga. PR seperti ini pasti panjang. Ok, terimakasih mas Ridwan. Done yah. Jadi PR saya dapat ponten berapa nih ? :D

Oya Liebster award ini sudah yang kedua kali saya dapatkan (kalau PR-nya sudah 3 kali). Saya pajang lagi dengan sukacita di sini. Sekali lagi terimakasih mas Ridwan. Mudah-mudahan kali ini mas Ridwan mau berkunjung ke blog saya karena belum sekali pun mampir di sini L.

Makassar, 27 November 2012

Sehari setelah posting tulisan ini, saya di-tag lagi oleh mas Afrizal PR 11 ini. Jadi total ada 4 PR 11 dari rekan blogger yang saya terima. Terimakasih ya sudah memilih saya, anggap saja dengan postingan ini saya sudah mengerjakannya.  Masih pegel euy  ^__^.

Silakan juga dibaca:




Share :

26 Komentar di "PR 11 yang Ke-3"

  1. Selamat, PRnya sudah terselesaikan dengan baik ... :D

    ReplyDelete
  2. ada beberapa kemiripan dengan saya Mbak, seperti awalnya bukanlah seorang yang gemar nulis dan saya nggak begitu suka ngarang.
    alinea terakhir bikin saya mesem, kok ya bisa ngasih ewot tapi nggap pernah mampir ke sini hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya mas Ridwannya saya paksa ke sini pak hehehe

      Delete
  3. Banyak kesamaan sebetulnya. Tapi saya tertarik pada poin ke 8 ttg lebih nyaman bicara dlm bahasa tulisan. Itu gue banget... Hehehe...

    Saya belum mengerjakan PR nya nih mbak Niar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, sepertinya asyik nih kalo kita bisa kopdar ya mbak Niken :D

      Belum mengerjakan? Ayo dibuat mbak, biar bisa lebih mengenali mbak Niken :)

      Delete
  4. jawabannya bagus banget enak dibaca, nilai 100 deh mbak...

    ReplyDelete
  5. jawabannya bikin aku senyum senyum dan berfikir. makasih dah mau berbagi hal yang indah,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa senyam-senyum, mas Ridwan? :D
      ALhamdulillah akhirnya mas Ridwan nyampe juga ke sini ya hehehe

      Delete
  6. kalau PR ku nih belom kelar2 mau skripsi.. beuuuh malah bikin pusing aja gan. :(

    ReplyDelete
  7. selamat ya mbak.. kapan ya aku dapat awards?
    hiks hikkss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabung2 komunitas blogger mbak, kalo dah banyak teman ntar mengalir sendiri PR-nya :)

      Delete
  8. dapet ponten seratus mbaakkk, habis jawabannya fantastis cetar membahana sih *syahrini :P

    saya juga mau menjadikan blog sebagai dokumentasi pribadi yang bisa dibaca di masa depan, pasti banyak banget menemukan kesalahan dalam tulisan2 itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadow fantastis cetar membahana? Hehehe

      Pastinya. Baru dibuat saja trus dibaca keesokan harinya ,sy langsung menemukan kesalahan. Juga mikir2 ada kesalahan tulis, kesalahn analisa. Wah, astaghfirullah.

      Delete
  9. suka banget dengan jawab2an mba Mugniar yang tentang diri sendiri..
    kalo yang mirip saya banget itu jawaban mba Mugniar yg no 6 dan 8.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya banyak blogger/penulis yang mirip dengan saya di kedua point itu mbak :) Kita nyaman menulis ketimbang bicara ya ^__^

      Delete
  10. kalau saya malah dapet PR cuci piring,hehe
    salam kunjungan pertama, ijin follow...

    ReplyDelete
  11. nice article gan, sangat membantu nih

    ReplyDelete
  12. wah awardnya di sertai PR. hehehe. ehm.. emang alloh maha penolong, so kita ga boleh berputus asa.

    ReplyDelete
  13. maaak Niar...kayaknya award ini seruuuu yaaa...tapi haru ditag ya biar bisa ikutan hehehehe..btw, 11 pertanyaan ini memang bikin jadi lebih kenal dengan teman-teman semua yaaaa....:D....jadi pengen ikutaaan :D...

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^