'Kewalahan' Tak Ada di KBBI?

Affiq bertanya, "Ma, apa artinya 'kewalahan'?" Wah kesempatan emas nih memberitahukan kepadanya betapa kewalahannya saya menghadapi beberapa ulahnya.

Saya menjawab, "Itu lho, sama seperti kalau Mama hadapi Affiq. Susah sekali disuruh bersiap-siap ke sekolah, Susah sekali disuruh belajar."

Affiq makin bingung, ia berkata "Tidak mengerti."

Iya ya, saya bukannya menjelaskan malah menambah kebingungannya. Saya kemudian mencari di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Mencari di huruf 'k' lalu menyusuri deretan kata untuk menemukan kata 'kewalahan'. Tidak ketemu. Koq tidak ada?


"Barangkali kuwalahan ya?" pikir saya. Karena sering nonton kuis Main Kata di Global TV, saya tahu seringkali ada kata-kata yang sering sekali dipakai ternyata ejaannya salah. Barangkali saja yang benar bukan 'kewalahan' tetapi kuwalahan? Saya pun menyusuri deretan kata di kamus. Ternyata kata kuwalahan pun tidak ada di KBBI.

Lalu saya mencari kata kwalahan. Ternyata kata ini juga tidak ada di dalam KBBI. Suami saya yang mengetahui kasak-kusuk-nya saya menyarankan, "Coba cari kata walah." Wah, saya tidak terpikir. Apa ada ya kata walah?

Saya pindah di deretan kata berhuruf awal w. Ketemu kata walah. Ternyata artinya: Kata seru yang menyatakan keheranan, keputusasaan, kekhawatiran; ah!;. Lalu dibawahnya ada kata kewalahan yang artinya: Menderita putus asa karena tidak sanggup lagi menjalankan tugas dsb; tidak sanggup lagi memenuhi tugas, pekerjaan, dsb

Baru tahu. Kalau mendengar/membaca Oalah sering, tapi Walah ... baru kali ini saya tahu.



Share :

10 Komentar di "'Kewalahan' Tak Ada di KBBI?"

  1. ohw... ternyata Kewalahan berasal dari kata Walah ditambah awalan ke dan akhiran an....

    #manggut2 pura2 ngerti,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih ... masa sih untuk tulisan sesederhana ini pura2 ngerti? Mengerti saja ya? Tidak sulit koq ... hehehe

      Delete
  2. Nah, Mbak, nyari kata di kamus itu cari kata dasarnya. "Kewalahan" 'kan pakai imbuhan ke-an. Dan memang kata dasar kewalahan itu "walah". :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya ungkapan itu tak lazim di Makassar, Sop. Saya tahu ada yg bilang "Oalah" itu pun dari sinetron2 :D
      Tapi kalo kata 'kewalahan' itu sering dipakai di sini.
      Eh, ternyata kata dasarnya 'walah' ^__^

      Delete
  3. hihih sudah uty duga dari awal, pasti adanya 'walah'..emang nda kedengaran umum kan bun..ato mungkin saja sudah bergeser ke kata "Wualaahhh"ckckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya .. kita kan nda pernah pakai kata seru "WALAH" hehehe. Kalau bergeser ke "WUALAAHHH" jadinya "KEWUALAAHHHAN" dong ya #Ngawur#
      Ck ck ck

      Delete
  4. walah....itu toh artinya ;D

    *mencoba menggunakan kata walah..heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, adek Sedja .. barangkali 'weleh weleh'-nya si Komo dari kata 'Walah' ya
      *Aduh, tante komen apa ini ya hehehe*

      Delete
  5. Hihihi itu dari bahasa jawa apa ya?
    Di sini sering kok dipake kata itu :D

    ReplyDelete
  6. Mungkin ya Una? Sepertinya dari bahasa Jawa ^__^

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^