PR 11 TAMBAH 1, MENUJU 1

Judul yang membingungkan bukan?
Supaya tidak bingung, makanya baca dulu ini ... J
Sebenarnya ini PR 11 yang sudah kadaluwarsa (saya baru tahu dari seorang kawan blogger kalau PR 11 ini sebenarnya dikerjakan di bulan 11 jadi PR ini sudah out of date hihihi). Saya mendapatkannya dari adik Mirna Andriani. Bukannya tidak senang mendapatkan PR ini darimu, Mirna. Soalnya ada 11 hal tentang diri saya yang harus saya beberkan kepada publik lalu ada 11 pertanyaan darimu yang harus saya jawab berikut 11 pertanyaan yang harus saya berikan kepada 11 ‘korban’ berikut. Tidakkah kamu tahu ini terlalu banyak Mirna? L
Jadiiiii ... saya menambahkannya menjadi 12 sebagai bonus bagi pembaca karena sekarang ini sudah bulan 12 (senang kan dapat bonus? Tidak juga? Yee ... biasanya orang senang dapat gratisan, ini koq tidak. Apa kata dunia?). Memang bulan 12 sih tapi mepet ke bulan 1 ... Ketahuan deh semangat mengerjakan tugasnya kalau mepet deadline he he he ....

Kompasiana Blogshop
Tapi sebenarnya saya senang, karena ini sebuah tantangan menarik bagi seorang blogger, secara saya ini kan sudah menyebut diri saya blogger gitu looh (bahkan ada adik blogger yang menyebut saya sebagai ‘ibu-ibu blogger gaul shalihah’ ... aih sungguh tersanjung diriku hingga mataku nyaris berkaca-kaca. Tapi dek ... hanya Allah yang bisa mengatakan saya ini shalihah atau tidak, saya hanya berusaha untuk melakukan dan menuliskan yang menurut saya baik ^__^).
Hadeh pembukanya jadi panjang gini yah. Oke, saya mulai saja ...
11 + 1 hal tentang saya:
1.       Nama asli pemberian orangtua saya adalah: MUGNI ARIESTYA NINGSIH. Namun karena ada kesalahan dalam penulisan nama di akte kelahiran, akhirnya orangtua saya memutuskan untuk mengurus perubahan nama di akte kelahiran menjadi MUGNIAR, dengan ditambahkan nama ayah saya: MARAKARMA. Konon nama saya sering membingungkan beberapa orang, kalau tidak kenal saya – hanya mengetahui nama saya, saya disapanya dengan ‘Pak’. Seperti pak guru Rusydi Hikmawan ... hiks ... ia sudah dua kali menyapa saya dengan ‘Pak’ dan saya selalu menjawab komentarnya di blog saya dengan mengatakan: “Saya ini seorang ibu, pak guru ...” (piisss pak guru ... J).
2.       Waktu itu saya lahir tepat 12 Rabi’ul Awal. Waktu itu orangtua saya masih tinggal di jalan Kasuari nomor 4, samping apotek Aty Farma (penting gak sih?).
3.       Tipe kepribadian saya Melankolis – Plegmatis. Sudah pernah dengar istilah ini? Bagi yang belum pernah dengar dan pingin tahu, silakan cari buku-buku Florence Littaeur yang berjudul Personality Plus dan Personality Puzzle. Silakan dibaca buku ini, menarik karena menjelaskan tentang 4 tipe kepribadian: melankolis, plegmatis, sanguinis, dan koleris.
4.       Karena saya orang melankolis, saya tidak suka kalau ada sesuatu yang tiba-tiba dibebankan kepada saya. Misalnya nih saya ‘ditodong’ untuk melakukan sesuatu secara tiba-tiba dalam lima menit  berikutnya. Saya sebaaal sekali, istilah saya: ‘melankolis saya terganggu’ kalau didadak begitu.
5.       Saya adalah seorang sarjana teknik, jurusan Elektro lulusan FT UNHAS lebih 14 tahun yang lalu (ayo berhitung cepat, tahun berapakah itu? J) yang memilih menjadi ibu rumahtangga karena mementingkan hal itu sebagai hal yang kelak paling berat pertanggungjawabannya di akhirat. Yang saya takutkan kelak di hari pertanggungjawaban adalah ‘bagaimana saya menghabiskan hari-hari saya dengan keluarga – terutama anak-anak saya’.
6.       Walaupun basic ilmu saya Elektro, makin lama saya koq makin tertarik dengan psikologi modern, pendidikan praktis, juga parenting. Tidak nyambung yah ... ^__^
7.       Saya akhir-akhir ini suka sekali menulis. Selain serius menjadi blogger, saya juga ikutan lomba-lomba menulis. Di tahun ini alhamdulillah ada 3 buku antologi yang mengikutkan saya, sudah terbit. Judulnya: Wanita Era Digital, Seringkuh, dan Catatan Heroik Perempuan). Ada beberapa lomba lagi yang mengikutsertakan tulisan saya dan bukunya belum terbit. Alhamdulillah, saya memenangkan beberapa lomba dan calon buku solo saya yang isinya adalah sebagian dari tulisan saya sementara proses terbit. Calon buku solo itu adalah hadiah dari lomba Book Your Blog yang diselenggarakan oleh penerbit Leutika Prio. Eh, kalau sudah terbit, beli ya ... (promosi.com) .J
8.       Anak saya ada tiga orang: Affiq (10 tahun), Athifah (5 tahun), dan Afyad (2 tahun). Alhamdulillah, Allah menitipkan mereka kepada saya. Suatu karunia yang amat besar mengingat saya dan suami dulu bukan pasangan subur malah mungkin sudah mandul saking sulitnya punya anak. Kisahnya bisa dibaca di sini dan di sini. Maka dari itu, saya makin mantap memilih jalur ‘ibu rumah tangga’ sebagai pilihan karir saya ... ^__*
9.       Saya ini introvert yang lebih lancar berbicara melalui tulisan daripada melalui lisan. So, jangan minta saya jadi pembicara seminar yah? Hei ... memangnya ada yang minta? Belum ... siapa tahu kalian berminat meminta saya jadi pembicara seminar he he he.
10.   Meski saya introvert, waktu kuliah dulu saya ikut juga lho bersibuk-sibuk di kegiatan-kegiatan HMJ (namanya HME: Himpunan Mahasiswa Elektro), dan kalau ada pelatihan (istilah kami PPD: Program Pengembangan Diri) saya kebagian tugas juga membawakan materi. Jadi, gini-gini saya sebenarnya pernah beberapa kali menjadi pembicara pelatihan meski dalam lingkup HMJ lho ... Terakhir malah saya sudah punya anak satu, diminta menjadi pembicara di PPD.
11.   Bagi saya, mengasuh anak bukan sekadar mencukupkan sandang, pangan, dan papan mereka. Tetapi poin saya adalah saya sedang melakukan Program Pengembangan Diri Paket Dunia-Akhirat. Karena saya adalah orang nomor satu yang akan dimintai pertanggungjawaban tentang mereka di dunia dan akhirat. Sebenarnya, seperti sebuah proyek juga. Selain harus ada visi, misi, juga harus ada target jangka panjang dan jangka pendek dengan beragam metode, teknis, dan strategi dalam hal ini.
12.   Saya berusaha belajar dari mana saja dan dari siapa saja meski itu anak kecil, hewan, ataupun tumbuhan, kaya atau miskin, terkenal atau terpuruk. Dan saya sangat menghargai dan mengagumi orang yang selalu mau belajar tanpa peduli usia. Misalnya saja bagi saya, saya bukan hanya sebagai guru anak-anak saya tetapi mereka juga merupakan guru bagi saya.

Blogilicious Makassar

Sekarang, saya harus menjawab 11 pertanyaan dari si pembuat kekacauan soal (piiss Mirna J):
  1. Kenapa kamu suka sama ‘dia’?
Maksudnya ‘dia’ itu suami saya ya? Saya suka dia karena dia baik hati dan tidak sombong (jelas saja tidak sombong karena dia tidak punya sesuatu yang layak disombongkan hehehe). Dia cerdas karena suka membaca, wawasannya luas. Sudah segitu saja, nanti dia ge er baca ini ... J
  1. Lagu yang WAJIB diputer di hari pernikahan kamu, apa?
Tidak ada tuh ...
  1. Makanan yang kamu paling nggak suka?
Ikan patin, ikan lele, bebek.
  1. Apa topping pizza favorit kamu?
Keju yang teramat sangat banyak. Soalnya saya keju mania ^__^
  1. Kamu lebih suka kucing apa kelinci?
Kucing.
  1. Pernah nggak punya niat bunuh diri?
Sayangnya tidak pernah (lho?) ... Ngapain? Niat itu mbok yang baik-baik. Emang ada orang yang punya niat tidak baik seperti ini?
  1. Apa yang kamu lakukan kalo gebetan kamu suka sama seseorang yang sikap, sifat, dan bakatnya sama dengan kamu tapi dia lebih cantik/cakep dari kamu?
Tidak tahu karena tidak ada orang yang lebih cantik dari saya, dan saya yakin suami saya juga berpendapat demikian. (Narsis? Harus dong). Gebetan? Apa itu gebetan? (Maklum emak-emak, ini kan istilah orang lajang)
  1. Kalau seseorang yang kamu sayang mau pergi, benda apa yang kamu mau dari dia sebagai kenang-kenangan?
Buku dong! Dan saya sendiri yang tentukan judulnya buku apa itu J.
  1. Apa sih yang biasa bikin kamu galau?
Saat menyadari kalau saya sudah kurang perhatian sama Allah padahal DIA tak pernah kurang memperhatikan saya.
  1. Menurut kamu, kenapa dia pergi dari aku, ya? (ini dijawab saja yah.. Description: :P )
Mungkin karena dia telah kamu tolak cintanya, Mirna? Atau karena ia tak menghendakimu? (jangan gusar ya, siapa suruh kamu mengatakan ‘ini dijawab saja yah.. Description: :P’ ... he he he). 
  1. Sebutkan satu hal yang paling pertama kamu ingat tentang aku?
Hmmm ... seorang mahasiswi manis yang senang menulis. Membuat saya ingin mengenalnya lebih dekat lagi setelah membaca tulisan-tulisan di blognya dan berinteraksi di dunia maya. Ayo, cari tisu untuk mengelap matamu yang pasti sudah berkaca-kaca sekarang :P

Hhhhh .. selesai juga ...
Karena ini sudah tanggal 31 Desember maka tak mungkin lagi saya meneruskan PR ini. Kalau saya nekad meneruskannya maka itu namanya KETERLALUAN J.
Terimakasih Mirna, telah memberikan saya PR yang sangat panjang ini. Meski pegal, saya senang juga karena belum pernah menuliskan tentang ini. Sekalian bisa promosi calon buku solo dan buku-buku antologi saya ^__*.
Makassar, 31 Desember 2011
Silakan dibaca juga:


Share :

8 Komentar di "PR 11 TAMBAH 1, MENUJU 1"

  1. gebetan? apa itu gebetan? ha ha ha asli ngakak di bagian itu... ;p

    ReplyDelete
  2. @Marich@:
    Iya lah ... masa emak-emak dikasih pertanyaan begitu :P

    ReplyDelete
  3. Hm, baru tahu mbak menang yang bookyourblog itu. Atau aku lupa? *garukgaruk kepala*
    Anyway, selamat ya... :)

    ReplyDelete
  4. @Una:
    Terimakasih Na .. (pan ada bannernya di sebelah .. di deretan widget saya) :D

    ReplyDelete
  5. hihihihi...makasih kakaku sayang.... *kiss *hug

    sampai gak bisa komen macem2 nih...
    speechless
    *halah

    ^__^

    ReplyDelete
  6. @AIneblume:
    Big hug for you ^__^
    Tuh komen juga kan? :D

    ReplyDelete
  7. waduh jadi malu. abis saya gak pernah perhatiin profil, biasa BW baca tulisan dan langsung komentar. mau ibu2, bapak2, blogger prof, newbie, komentar saya aseli bukan buat nyeneng2in atawa nyedih2in, hehee. sippp bu mugniar. terus blogging, yang penting urusan rumah tangga kelar. salam ama suami kalo gitu. #sksd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, akhirnya pak Rusydi nyampe juga ke sini. Supaya tidak salah lagi menyapa saya dengan 'pak' .. he he he .. terimakasih ya pak guru ^__^
      Oke, salamnya akan saya sampaikan ... terimakasih :)

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^