Bilang Tempe Ini ENAK! .... ENAK!

Hari kedua mengantar si bungsu di sekolahnya, Mama ikut membeli tempe dari penjual tempe yang boleh masuk di pekarangan sekolah. Belinya cuma sepotong soalnya, berkaca dari pengalaman yang lalu-lalu, kalau membeli satu papan utuh, biasanya tak habis. Untung tukang sayurnya fleksibel. Bukan hanya fleksibel dalam soal harga, dia juga bersedia Mama membeli tempenya cuma sepotong. “Bisa dipotong,” katanya.

Sepotong tempe pun dibawa pulang ke rumah. Mama pikir akan mudah memasaknya. Dibumbui bawang putih, bawang merah, dan kecap saja. Namun rupanya tidak sesderhana itu. Tempe yang cuma sepotong itu dipinta oleh dua anak terkecil menjadi dua macam masakan: tempe kecap dan tempe garam. Tempe garam itu maksudnya tempenya direndam dulu dengan air yang sudah dilarutkan bawang putih dan garam yang sudah ditumbuk halus ke dalamnya, selama sekira 10 menitan.


Oke, baiklah. Mama sedang baik hati jadi mengiyakan permintaan kedua bocah itu. Tempe kecap siap lebih dulu sementara bahan untuk tempe garam masih direndam.

Lalu terjadi percakapan ini:
Mama (M): Athifah sini, coba rasa tempenya. Enak!
Athifah (A) mendekat dan mengambil sepotong kecil tempe yang Mama beri.
Mama memperhatikan wajah nona mungilnya mengunyah tempe.
M: Enak, toh?
A: Mmm ... Lumayan.
M: Heh, masa (cuma) lumayan. Ini enak. ENAK!!!????!!!

Makassar, 18 Juli 2017


Edisi mamak over confidence (rasa percaya dirinya kelewatan) yang tetiba baper. 😁😂😆


Share :

4 Komentar di "Bilang Tempe Ini ENAK! .... ENAK!"

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^