1 Benda Menghasilkan 2 Paket: Air Minum Layak Konsumsi dan Ketenangan

Tahun lalu, adik saya sekeluarga datang liburan ke kota saya. Saat kami sedang berbincang santai, adik ipar saya menceritakan tentang penelitian mandiri yang dilakukan oleh kawannya – seorang ahli gizi di sebuah rumah sakit di daerahnya.

“Air Pureit itu aman untuk diminum. Kandungan logamnya di bawah batas aman,” katanya. Ini amat membantu warga di daerah tempat tinggal adik saya karena kondisi air di daerah tersebut berpotensi terkontaminasi logam berbahaya (mereka tinggal di daerah pertambangan).

Ahli gizi yang sudah tentu tahu kriteria air layak minum, kawan adik saya itu melakukan penelitian terhadap Pureit tanpa permintaan dari pihak mana pun. Kompetensi keilmuan yang dimilikinya dan ketulusannya dalam membagi informasi mampu membuat adik saya sekeluarga percaya. Begitu pun halnya dengan saya.

Mengapa Pureit aman
Sumber: http://www.pureitwater.com/ID/
Berdasarkan hasil penelitian ahli gizi itu, air hasil olahan Pureit memiliki kriteria “air layak minum”, sebagaimana yang ditekankan oleh Departemen Kesehatan, sebagai berikut:
Kriteria air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme  berbahaya, dan tidak mengandung logam berat. Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung di minum (Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun 2002)
Indikator Germ Kill (perangkat pembunuh kuman)
Pureit terlihat di sini
Sedangkan berdasarkan Permenkes No.492/2010 pasal 3, secara lebih rinci dinyatakan: air Minum aman bagi kesehatan apabila memenuhi persyaratan Fisika, Mikrobiologis, Kimiawi dan Radioaktif yang dimuat dalam parameter wajib dan parameter tambahan.

“Wajib” yang dimaksud adalah  keempat poin berikut ini:
  1. Memenuhi persyaratan fisika : Air minum tidak boleh berbau, tidak berasa, TDS (total Zat Padat Yang terlarut) 500 mg/l, berwarna maksimal 15 TCU dan suhu udara 3oC.
  2. Memenuhi persyaratan kimia : berkaitan dengan zat kimia yang terlarut dalam air dan tercantum dalam Undang-undang berapa jumlah maksimalnya.
  3. Memenuhi persyaratan mikrobiologi : air minum tidak boleh mengandung dalam 100 ml sampel E.Coli dan Total Bakteri Koliform.
  4. Memenuhi persyaratan radioaktif : air minum maksimal mengandung Gross Alpha Activity 0,1 Bq/l dan Gross Beta Activity 1 Bq/l.

Nah, Pureit mampu mengolah air mentah, tanpa dimasak hingga menjadi air minum kayak konsumsi. Air yang diproses bisa berasal dari:
  • Air hujan
  • Air angkasa (dalam wujud lainnya dapat berupa salju)
  • Air permukaan (air yang berada di permukaan bumi, dapat berupa air sungai, air danau, air laut)
  • Air tanah dangkal (terbentuk dari sebagian dari air hujan yang jatuh ke permukaan dan sebagian meresap ke dalam tanah melalui pori-pori/celah-celah dan akar tanaman serta bertahan pada lapisan tanah membentuk lapisan yang mengandung air tanah (aquifer)
  • Air tanah dalam atau artesis (air tanah yang letaknya pada dua lapisan tanah yang kedap air, ada yang sifatnya tertekan dan yang tidak tertekan).
Mengolah air mentah menjadi mungkin karena Pureit melakukan empat tahapan berikut:
  1. Air yang dituangkan ke dalam Pureit melalui SARINGAN SERAT MIKRO. Saringan ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang terlihat.
  2. Kemudian, secara otomatis air mengalir masuk ke dalam FILTER KARBON AKTIF yang berfungsi untuk menghilangkan parasit dan pestisida berbahaya.
  3. Setelah itu, air mengalir melalui PROSESOR PEMBUNUH KUMAN. Pada bagian ini bekerja “programmed disinfection technology” yang menghilangkan bakteri dan virus berbahaya yang tidak terlihat.
  4. Terakhir, air melalui PENJERNIH yang didesain seara khusus untuk menghilangkan semua zat pembunuh kuman sehingga menghasilkan air jernih, tidak berbau, dan memiliki rasa yang alami (syarat air minum layak konsumsi terpenuhi).

Praktis, air tinggal dimasukkan dari sini
Sebelumnya, saya sudah beberapa kali mendengar “mesin” penjernih air yang bisa membuat air mentah menjadi layak minum tetapi harganya jauh di atas harga Pureit.

Pureit (tipe Classic) harganya jauh lebih terjangkau, hanya lima digit. Mesin-mesin penjernih air lain dengan kapasitas proses yang sama berkisar di angka jutaan rupiah. Belum lagi kalau sampai masa tertentu pemakaian, ada elemen dari mesin yang sudah harus diganti yang mana harga elemen itu mahal pula dan tak dijual bebas. Ada yang bahkan hanya dijual oleh sebuah perusahaan MLM. Kalau Pureit berbeda, dijual bebas. Baru-baru ini pemasarannya menjangkau kota saya.

Rupanya adik dan saudara ipar saya sudah berniat membeli Pureit sebanyak 3 unit. Satu untuk dibawanya pulang ke kotanya, satu untuk orang tua saya, dan yang satunya lagi untuk ibu mertua adik saya.

Peletakan Pureit di rumah kami. Fleksibel, terjangkau, bahkan bagi balita saya,
dan tidak makan banyak tempat 
Sungguh sebuah kabar bahagia buat saya yang masih tinggal serumah dengan orang tua dan tidak dibantu oleh asisten rumah tangga. Kami kemudian lebih bisa mengirit gas. Sebelum-sebelumnya, pemakaian gas di rumah kami terkadang berlebihan gara-gara keteledoran saya dalam memasak air. Masak air yang hanya setengah jam, bisa jadi sejam atau lebih gara-gara kelupaan. Dengan Pureit, kami tidak perlu memasak air sebanyak dulu. Sebagian masalah bahan bakar gas dan masak air sudah terpecahkan oleh keberadaan Pureit. Saya jadi punya tambahan waktu untuk nge-blog.

Berdasarkan pengalaman saya selama ini, keuntungan menggunakan Pureit adalah  sebagai berikut:
  1. Harga terjangkau
  2. Menghemat gas karena mengurangi pemakaian gas untuk memasak air
  3. Menghemat tenaga karena tidak perlu memasak air
  4. Menghemat pengeluaran
  5. Perlindungan menyeluruh dari kuman penyebab penyakit karena mampu menghilangkan bakteri, virus dan parasit
  6. Mudah digunakan (user friendly)
  7. Fleksibel (dan cukup portable) untuk urusan penempatan karena tidak memerlukan sambungan ke kran, air tinggal dituangkan ke dalam Pureit
  8. Lebih praktis karena tidak memerlukan galon tersendiri maupun cerek
Sederhananya, Pureit selain menghasilkan air layak minum, juga mendatangkan ketenangan pikiran yang menyeluruh. Memiliki 1 benda dapat 2 paket sekaligus. Ini karena Pureit bermanfaat dalam membantu manajemen keluarga dalam pengaturan biaya, tempat, dan tenaga.

Makassar, 2 Juli 2014


Tulisan ini diikutkan Lomba Blog Pureit



Referensi:
  • Buku Panduan Penggunaan Pureit
  • http://www.pureitwater.com/ID/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Air_minum
  • http://www.indonesian-publichealth.com/2013/03/aspek-kesehatan-penyediaan-air-bersih.html
  • http://kedokteran.univrab.ac.id/berita-143-persyaratan-yang-harus-dipenuhi-oleh-air-minum.html



Share :

11 Komentar di "1 Benda Menghasilkan 2 Paket: Air Minum Layak Konsumsi dan Ketenangan"

  1. Kalau nda salah saya pernah iktuan lomba tema AIR ini beberapa bulan yang lalu, dan temanya juga masih seputar air. Sayang sekali belum menang HIheihieiehiehieieiehiee. Mau coba lagi ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe .. saya juga ikut yang lalu, Pak, tidak menang juga dan tidak kapok juga. Ayo ikutan lagi, Pak Asep :)

      Delete
  2. good luck ya mbak, saya masih mundur maju nih mau beli pure it

    ReplyDelete
  3. Blm punya pure it mba. Sbetulnya msh ragu, tp stelah baca ini jadi yakin

    ReplyDelete
  4. saya pake masih yg tipe classic, gak tau juga yg baru ini apa kelebihannya ya?

    ReplyDelete
  5. Saya jadi kepengen, Mak. Dari dulu gitu. Apakah belinya harus langsung pesan sesaui nomor ayng ada di iklan atau ada di mana saja?
    Semoga menang, ya, Mak. Bagus kok tulisannya. :)

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^