Agar Tetap Produktif Bekerja Saat Sakit Flu atau Pilek

Sakit flu atau pilek, jadi tanda tanya tersendiri seperti saat ini ketika merasa tidak enak badan. Ada sedikit rasa meriang, tidak sampai demam tetapi rasanya lemas dan napas agak berat. Sering kali tenggorokan terasa gatal sekali sehingga membuat saya terbatuk-batuk hebat. Keringat dingin bercucuran sampai-sampai harus ganti baju berkali-kali.

Awalnya anak bungsu yang batuk-batuk hebat. Saya masih sehat-sehat saja sampai suatu hari saya menghadiri suatu acara, pulang malam dan begadang untuk menyelesaikan pekerjaan lalu terjadilah gejala flu atau pilek itu.

Produktif Bekerja Saat Flu Atau Pilek

Memang umur tidak bisa bohong ya. Seumur saya ini memang harus banyak beristirahat, setidaknya 8 jam sehari untuk menjaga daya tahan tubuh tetapi hari itu saya pikir saya sanggup memforsir diri karena harus menyelesaikan tugas yang saya sudah janji menyelesaikannya.

Apa yang dirasakan saat pilek mirip sekali dengan yang dirasakan saat flu. Dalam sebuah artikel berjudul Sering Tertukar, Inilah Bedanya Pilek dan Flu di website Halodoc, dipaparkan beda flu dan pilek.

Menurut artikel tersebut, gejala-gejala yang dirasakan saat mengidap pilek di antaranya:

  • Sakit tenggorokan, biasanya hilang dalam 1-2 hari.
  • Hidung tersumbat atau berair.
  • Sering bersin.
  • Batuk disertai dahak berwarna hijau atau kuning.
  • Kadang-kadang sakit kepala.
  • Badan terasa lemas.
  • Demam.
  • Indera penciuman dan pengecapan berkurang fungsinya.

Menurut artikel yang sama, gejala flu muncul lebih cepat dan lebih parah daripada gejala pilek. Di antara gejala-gejalanya yaitu:

  • Demam tinggi 3–5 hari, tidak terjadi pada semua orang.
  • Sakit kepala.
  • Batuk-batuk.
  • Badan terasa pegal-pegal.
  • Nafsu makan menurun.
  • Sakit tenggorokan.

Dari kedua garis besar gejala-gejala di atas, saya mengalami keduanya, tidak spesifik pada satu macam tanda saja. Dari kedua perbedaan di atas, apa yang dirasakan saat pilek juga penyebab flu saya rasakan.

Tentunya bukan hal yang perlu diurus perihal perbedaan antara flu dan pilek ini. Yang paling penting adalah mencari cara menyembuhkan pilek dalam sehari begitu gejala terasa dengan meminum obat pilek dan flu.

Kalau berfokus pada perbedaannya mengambil waktu untuk hal tak penting, bukan? Lebih baik berfokus pada cara cepat untuk menyembuhkan diri. Untuk mengetahui dengan pasti jenis penyakit maka harus melalui tes laboratorium terlebih dulu yang akan makan waktu dan biaya tersendiri. Buat saya, lebih baik saya beli obat, suplemen, dan makanan bergizi.

Selain itu, langkah-langkah dalam artikel berjudul Tips Mengatur Waktu Kerja saat Sakit Flu di website Neozep Forte harus diterapkan untuk mengatur pemanfaatan waktu bekerja saat pilek ataupun sakit flu melanda, yakni:

 

1. Mengenali Batas Kemampuan Diri Sendiri

 

Kemampuan individu dalam melakukan sesuatu dengan efisien dan efektif dalam berbagai situasi disebut sebagai batas kemampuan diri. Batas ini bervariasi pada tiap orang, bergantung pada faktor-faktor seperti kekuatan, keterampilan, pengalaman, dan kondisi kesehatan. Setiap orang memiliki batas kemampuan yang berbeda-beda, tergantung pada keadaan dan tindakan yang dilakukan.

Misalnya, ketika seseorang sedang mengalami gejala flu, kemampuan fisiknya menurun karena merasa lemah dan tidak bugar. Oleh karena itu, penting untuk memahami batas kemampuan diri kita ketika kita sedang sakit flu agar kita tidak memperburuk kondisi tubuh kita atau menghadapi konsekuensi negatif lainnya. Dalam situasi seperti ini, kita perlu menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada agar tetap mampu melakukan tugas-tugas dengan baik.

Tetap Bekerja Saat Flu atau Pilek

2. Memanfaatkan Teknologi

 

Hendaknya memanfaatkan teknologi dapat berperan dalam meningkatkan produktivitas dan kreativitas dalam lingkungan kerja. Kita dapat menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang membantu dalam mengelola waktu, mengatur proyek, membuat presentasi, mengedit dokumen, dan menganalisis data.

Hal ini dapat meningkatkan keterampilan dan kualifikasi diri. Selain itu, dengan memanfaatkan aplikasi atau perangkat kita bisa diingatkan untuk beristirahat, minum air, berolahraga, dan rileksasi. Teknologi juga memungkinkan untuk berhubungan dan berinteraksi dengan orang yang memiliki minat atau tujuan serupa sehingga dapat mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

 

3. Prioritaskan Tugas Penting

 

Ketika sedang mengalami flu, penting memberikan prioritas kepada tugas yang memiliki urgensi tertinggi dan harus segera diselesaikan. Saat tubuh merasa lemah dan energi terbatas, kita harus selektif dalam memilih tugas yang memerlukan perhatian yang signifikan.

Sebagai contoh, jika ada tugas yang memiliki deadline yang mepet atau tanggung jawab penting yang tak dapat ditunda maka tugas-tugas tersebut harus menjadi fokus utama. Dengan berfokus pada hal-hal yang penting ini, kita dapat memastikan bahwa kewajiban yang krusial tetap terpenuhi meskipun kita tengah mengalami flu.

Lebih dari itu, dengan memberi prioritas pada tugas-tugas yang penting, kita juga dapat menghindari stres. Stres dapat melemahkan sistem imunitas dan meningkatkan risiko terhadap infeksi. Oleh karena itu, dengan menyelesaikan tugas-tugas penting terlebih dulu, kita menjadi lebih tenang dan cepat dalam proses pemulihan. Adapun tugas yang prioritasnya kecil, diselesaikan setelah sembuh.

 

4. Konsumsi Makanan / Minuman yang Bergizi

 

Agar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan, konsumsi makanan dan minuman yang dapat mendukung ketahanan tubuh. Beberapa contoh:

  • Makanan kaya vitamin C, seperti paprika merah, brokoli, bayam, kiwi, dan, jeruk.
  • Makanan berkuah hangat, seperti sup ayam atau kaldu sapi yang dapat memberikan kenyamanan pada tenggorokan dan mengatasi hidung tersumbat.
  • Minuman hangat yang tak mengandung gula tambahan, seperti air putih, air madu, teh jahe, teh herbal, dan jus buah segar. Ini membantu menjaga tubuh terhidrasi dan meredakan gejala flu.
  • Hindari konsumsi makanan dan minuman yang dapat memperburuk gejala flu atau mengganggu sistem pencernaan, seperti gorengan, makanan pedas, dan makanan yang rasanya sangat asam.

Inilah beberapa saran yang dapat diikuti untuk mengatur rutinitas kerja saat mengalami flu atau pilek. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu untuk tetap produktif saat bekerja meskipun sedang dalam kondisi sakit agar tetap produktif dan profesional.

Makassar, 27 Agustus 2023



Share :

7 Komentar di "Agar Tetap Produktif Bekerja Saat Sakit Flu atau Pilek"

  1. Wah bener banget tuh, Kak. Meskipun tugas atau kerjaan banyak. Tentunya harus tetap makan dengan teratur ya agar tidak sakit

    ReplyDelete
  2. Udah 2 hari ini aku flu dan batuk mba, untungnya dari kemarin gak menunda pekerjaan jadi pas lagi drop begini tinggal banyakin istirahat aja yg penting prioritas udah dikerjakan

    ReplyDelete
  3. 4 poin penting banget itu, aku juga nggak mau dzolim sama badan. Jadi klo dirasa udah butuh istirahat ya istirahat. Alhamdulillah day to day selalu jalan kaki bolak lik depan rumah bada subuh, cek email, kerjaan, urus keluarga dan me time ha ha ha. Kita kudu kenal diri ya mba

    ReplyDelete
  4. Lagi musiiiim nih mba. Aku juga lagi batpil, ketularan anak2. Mana polusi jakarta paraaah bangr 😭😭. Ini juga yg bikin susah utk sembuh 😔

    Tadinya pas pandemi aku malah jrg sakit, Krn rutin minum multivitamin apa yaa? Sejak ga pandemi, aku stop memang. Inj gara2 batpil ga sembuh2 aku minum lagi deh 🤣. Kalo masih ga sembuh, baru ke dokter. Udh lama juga soalnya.

    ReplyDelete
  5. Bener, Mba. Ini juga lagi menikmati radang tenggorokan. Sebelumnya juga flu yang awalnya hidung panas ampe rasanya perih banget. Terakhir nyobain kembang tahu dengan air jahe, disajikan hangat. Rasanya nyaman banget... Alhamdulillah masih bisa sambilan kerja biar produktif.

    ReplyDelete
  6. Daku iya sempat sakit bulan lalu, badan gak enak dan bapil gitu. Jadinya pola hidup sehat memang harus banget sih ya diterapkan

    ReplyDelete
  7. Kalau uda mau sakit, biasanya alarm tubuh uda berdering ya..
    Pilihannya adalah mengabaikan atau aware.
    Ketika aware dan mulai banyak istirahat serta makan yang cukup, semoga badan nggregesi ini gak jadi datang.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^