Lengkapi Ibadah Umroh dengan Aneka Informasi Ini

Lengkapi Ibadah Umroh dengan Aneka Informasi Ini - “Bisa ke sana, thawaf,  shalat, baca Qur'an, umroh, itu luar biasa, jangan dibandingkan dengan tidur di emperan, tak sebanding. Karena di situ keutamaanya. Memenuhi panggilan Allah dengan mengendarai unta yang gemuk dan dengan unta yang kurus. Jangan remehkan orang yang memenuhi panggilan Allah dengan unta yang kurus,” saya membaca salah satu komentar pada tayangan berjudul Ini yang Terjadi !! Kalau Nekad Umroh Tanpa Travel Tidur di Toilet di kanal Alman Mulyana.

Informasi Ibadah Umroh

Hm,
ada benarnya. Namun demikian, isi tayangan YouTube Kang Alman kali ini pun ada benarnya. Keduanya benar, tergantung dari angle mana kita melihatnya.

 

Umroh Mandiri atau via Travel Umroh?

 

Saya teringat kisah-kisah sukses para pelaku ibadah umroh mandiri atau umroh back packer yang dituliskan oleh Mbak Gusti Yeni di blognya. Kalau belum tahu ada kisah-kisah sukses serupa yang ditulis oleh Mbak Yeni, mungkin saya akan berpikiran bahwa semua  umroh back packer itu menyusahkan diri sendiri dan pasti tidur di dekat toilet, dekat tempat sampah, atau di emperan seperti yang saya saksikan di tayangan YouTube itu.

Padahal tidak demikian juga kenyataannya karena banyak koq orang yang berhasil menuntaskan rukun umroh dengan biaya sangat minim bahkan mereka bisa menginap di hotel, bukannya tidur di emperan sebagaimana yang tampak di video.

Meskipun demikian, kita pun tak boleh menampik kenyataan yang diperlihatkan oleh Kang Alman dalam video itu. Jika nekat berumroh tanpa melalui travel umroh terbaik di Indonesia maka bersiap-siaplah mengalami kemungkinan terburuk yang tidak dialami oleh mereka yang menuntaskan tata cara ibadah umroh melalui travel, semisal tidur di emperan itu.

Kalau saya bilang sih, tidak ada yang lebih baik antara yang satu dengan yang lain, pun tak ada yang salah, baik itu melalui biro travel ataupun umroh mandiri karena setiap orang punya perspektif dan kondisi yang berbeda-beda. Yang salah adalah jika menganggap umroh dengan travel adalah yang resmi dan umroh mandiri tidak resmi. Toh umroh mandiri pun bisa koq keluar-masuk Arab Saudi dengan dokumen yang legal dan pastinya bisa menggenapkan rukun umroh sehingga ibadahnya sah.

 

Informasi Adalah Kunci

 

Travel Umroh

Kata kunci penting di sini adalah INFORMASI. Baik yang menggunakan biro perjalanan ataupun yang back packer, sebelum melaksanakan ibadah umroh, lengkapilah informasi sebanyak-banyaknya. Jika menginginkan menggunakan travel umroh, pilihlah biro perjalanan yang memiliki kredibilitas baik dan legal.

Cari informasi mengenai tips memilih travel umroh terbaik, miliki daftar agen travel umroh resmi agar tak salah pilih. Cari tahu juga daftar travel umroh penipu mengingat banyaknya kasus penipuan yang terjadi. Cari tahu informasi mengenai travel umroh terbaik di Jakarta jika Anda berdomisili di Jakarta atau di kota lain tempat Anda berangkat. Teliti dengan baik dari A – Z segala sesuatu terkait travel umroh yang disasar.

Bagi yang memutuskan hendak melakukan umrah mandiri, siapkan rencana cadangan, selain plan A, ada plan B, C, D, dan seterusnya. Buat sedetail-detailnya sejak berangkat dari rumah, selama di perjalanan, hingga kembali ke tanah air. Jangan sampai ada yang terlewat sehingga tidak perlu mengalami keadaan yang tidak mengenakkan ketika sedang mengaharapkan ibadah umroh mabrur.

Siapa sih yang tak ingin mendapatkan hikmah ibadah umroh? Tentunya semua ibadah yang kita lakukan bukan sekadar ritual tetapi memiliki manfaat dan makna yang sangat dalam dalam perjalanan spiritual kita. Hendaknya manfaat dan makna itu bisa diraih sebaik-baiknya sehingga menjadi ibrah yang akan meningkatkan kualitas kita sebagai khalifah di muka bumi ini.

Dalam Alsha News disebutkan ada 14 manfaat ibadah umroh yang menakjubkan, yaitu:

menghapuskan dosa, dijanjikan surga, dijauhkan dari kemiskinan, ketenangan hati, doa dikabulkan, menghilangkan stres dan menenangkan pikiran, mendapatkan keberkahan, meningkatkan kualitas iman dan takwa, memperoleh pahala salat berlipat ganda, pahala shalat berlipat ganda di Masjid Quba, menjaga kesehatan fisik, pahala yang dicatat hingga hari kiamat ketika wafat saat umroh, sarana jihad – terutama bagi perempuan, dan memperkuat persaudaraan serta toleransi antar umat beragama.

Masya Allah … banyak ya. Betapa beruntungnya orang-orang yang telah melaksanakan ibadah umroh berapa hari pun itu. Yang belum kesampaian ke tanah suci umat Islam, mari kencangkan doa dan kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dulu. Anda bisa membaca artikel-artikel yang ada di Alsha News.

Sejumlah informasi tentang tata cara ibadah umroh dan serba-serbinya bisa diperoleh di Alsha News. Beberapa di antaranya: Travel Umroh Jakarta dan Terpecaya Resmi PPIU, 10 Kegiatan Saat Umroh yang Harus Anda Lakukan, Solusi Sebelum Menunaikan Ibadah Umroh, Cara Mengumrohkan Orang yang Sudah Meninggal Dunia, Informasi Terbaru Biaya Umroh 2023 [UPDATE], dan Uang Saku Ideal untuk Umroh di Tahun 2023.

Untuk diketahui, Alsha News merupakan portal berita yang menyajikan informasi terdepan, terbaru, dan independen seputar umroh, haji, dan gaya hidup islami. Berupaya transparan dalam memberikan informasi disertai riset yang mendalam, Alsha News mudah diterima oleh semua kalangan. Didukung para ahli yang mempunyai banyak pengalaman dan latar belakang pendidikan mumpuni media ini berusaha mengedepankan berita dengan asas syariah dan transparan.

Well, sepakat kan tentang pentingnya informasi bagi yang ingin berumrah? Punya opini lain? Share yuk di kolom komentar.

Makassar, 8 Mei 2023



Share :

6 Komentar di "Lengkapi Ibadah Umroh dengan Aneka Informasi Ini"

  1. Memang sesulit itu di negeri orang tanpa tahu informasi apa-apa atau ada yang memandu gitu. Bayangin aja sih, belum tahu sistem di negera orang pasti di sana kebingungan. Travel itu sudah menjadi solusi yang terbaik saat berkunjung ke luar negeri, terlebih melakukan ibadah umroh. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. selain baca cerita mbak Yeni yang menggiurkan untuk umroh backpacker, temanku baru aja umroh mandiri. Memang jadinya hemat banget apalagi sekarang ada fasilitas transit plus free hotel 1 hari dari Saudi Airlines. Cuman sebaiknya buat yang baru pertama kali disarankan pakai travel agent terpercaya supaya syarat dan rukun umroh terpenuhi.

    ReplyDelete
  3. Buat yang baru pertama kali keluar negeri kalau mau langsung backpackeran kayaknya beresiko sekali ya. Palagi kalau ini tujuannya untuk ibadah. Daripada kebingungan lebih baik pakai travel agent yang terpercaya dulu.

    ReplyDelete
  4. Umrah mandiri/backpacker emang bisa menghemat biaya, beberapa teman suami ada yang melakukan ini dan berhasil juga. Tetapi ini dengan catatan teman2 pak suami emang sering bolak balik negara Timur Tengah, jadi emang udah biasa. Kalau bukan yang biasa backpacker kayanya sih mending ikutan travel aja kali ya biar pas umrah bisa fokus dengan ibadah.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, pandemi resmi berakhir dan ibadah umroh inilah yang menjadi salah satu ibadah yang dirindukan. Semoga dengan atau tanpa bantuan travel agent, kita semua bisa memperoleh informasi di Alsha News terkait ibadah dengan cara yang benar dan sesuai agar ibadahnya mabrur.
    In yaa Allah.

    ReplyDelete
  6. Umroh mandiri maupun pakai travel memang tergantung pilihan ya mbak. Tapi memang untuk umroh mandiri harus siap cari info sebanyak-banyaknya supaya ibadahnya tetap lancar dan nyaman. Yang memilih menggunakan travel pun harus cari tau travel yang terpercaya agar bisa ibadah dengan lancar.

    Intinya sama-sama harus rajin cari informasi sih ya. Supaya dana yang disiapkan untuk Umroh bisa bermanfaat dan memberikan keberkahan bagi ibadah yang dijalankan

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^