Belanja Online dan Creative Agency

Belanja Online dan Creative Agency – Pesan WhatsApp dari adik saya datang ketika saya sangat mengantuk siang itu. Rasanya tak sanggup walaupun sekadar keluar kamar untuk mengecekkan paket-paket yang ditanyakan olehnya. Untungnya kita dimudahkan dengan teknologi zaman now, saya menelepon putri saya Athifah di kamarnya, memintanya menghitung paket yang datang atas nama sepupunya.

Adik saya sekarang tinggal di Sulawesi Tenggara. Baru pindah, ikut suaminya yang pindah tugas. Dulu mereka tinggal di Sorowako, suatu wilayah di ujung timur laut provinsi Sulawesi Selatan. Adik sekeluarga biasa belanja online, dialamatkan ke rumah kami di Makassar dan nanti kami bantu kirimkan ke mereka atau saat mereka datang ke Kota Makassar barulah paket-paket pesanan mereka bawa pulang.

Belanja Online dan Creative Agency

Mengapa dikirim ke Makassar dulu? Sebab jika langsung dikirim ke tempat mereka berdomisili, ongkos kirimnya mahal banget. Dengan cara yang sudah dipraktikkan bertahun-tahun ini mereka bisa lebih berhemat ongkos kirim sehingga belanja online jadi menguntungkan buat mereka.

Kali ini paket-paket pesanan ponakan sulung saya yang dia minta dikirimkan ke kota tempat putrinya menuntut ilmu – di sebuah kota di Sulawesi Selatan, jika sudah lengkap semua 5 paket tiba di Makassar. “Athifah hitungkan dulu nah. Mengantuk sekali ka', di kamar ma’ mau tidur. Bisa ji in syaa Allah,” saya menjawab pesan WhatsAppnya. Sebelumnya saya sudah menginstruksikan putri saya untuk memotret paket-paket atas nama ponakan saya yang sudah tiba dan mengirimkannya kepada adik saya.

 

Media Sosial Memudahkan untuk Belanja Online

 

Kemudahan teknologi sekarang, memang banyak memudahkan kita. Belanja online misalnya, sebelum memutuskan membeli didahului dengan lihat-lihat di media sosial. Berdasarkan laporan We Are Social, disebutkan bahwa jumlah pengguna aktif medsos di Indonesia mencapai 167 juta orang pada bulan Januari 2023 yang mana angka ini setara dengan 60,4% dari populasi di dalam negeri[1].

Di samping itu, waktu yang dihabiskan bermain medsos di Indonesia mencapai 3 jam 18 menit pada setiap harinya. Durasi ini masuk dalam “peringkat” ke-10 tertinggi di dunia[2]! Bisa dibayangkan betapa besarnya potensi para pelaku usaha dalam memaksimalkan media sosial sebagai wadah untuk memasarkan produknya atau untuk branding terlebih jika pangsa pasarnya dari kalangan muda. Berdasarkan hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS), anak-anak muda kini lebih banyak mencari informasi via medsos, sebagaimana yang disampaikan oleh 59% responden[3].

Hootsuite.com menyebutkan, berdasarkan survei 12.000 Twitter user, sebanyak 54% mengambil tindakan setelah melihat tweet yang menyebut sebuah jenama. Memang sih, frasa kata “mengambil tindakan” tidak lantas berarti membeli namun tindakannya bersangkutan dengan tujuan penting untuk semua bisnis. Rinciannya: 23% diantaranya mengunjungi websitenya, 20% browsing merek, dan 19% mengatakan mau mempertimbangkan mencoba brand tersebut setelah membacanya dalam sebuah tweet[4].

Untuk hal-hal yang saya paparkan di atas, pasti sudah banyak yang menyadarinya. Pada kenyataannya, sekarang memang mudah sekali menemukan berbagai produk di media sosial, terkhusus Instagram. Saya pun sering kali melihat-lihat akun resmi sebuah usaha atau produk, juga menyimak review di Instagram sebelum memutuskan untuk membelinya. Dalam hal ini, konten visual lebih menarik perhatian daripada hanya teks saja.

Selain mengamati media sosial, saya juga biasanya mencari tahu tentang produk atau jasa yang saya inginkan di website resmi perusahaan. Perusahaan yang bonafid pasti memiliki website resmi, selain akun-akun media sosial resminya, bukan?

Website perannya besar untuk menunjang kredibiltas sebuah perusahaan. Selain itu bermanfaat sebagai sumber informasi, sebagaimana informasi sebesar-besarnya bisa diperoleh di kantor pusat, nah, informasi sebesar-besarnya seharusnya bisa juga diperoleh melalui website. Manfaat lainnya dari website adalah melebarkan market karena dapat diakses siapa pun tanpa adanya batasan wilayah dan waktu.

Media Sosial Belanja Online

 

Peran Creative Agency

 

Dalam era digital saat ini, baik BUMN, perusahaan multinasional, dan lainnya sudah menyadari pentingnya website dan media sosial. Ada yang sudah memiliki divisi digital marketing dan memiliki staf tersendiri.

Bagaimana yang belum mampu menyediakan divisi ini secara khusus? Nah, di sinilah pentingnya bekerja sama dengan creative agency. Pemilik bisnis tak perlu memiliki staf khusus yang mengurusi segala hal terkait upaya meningkatkan kinerja website dan media sosialnya. Praktis, kan?

Salah satu creative agency Jakarta adalah Firstpage Creative Agency yang membantu pengusaha dan profesional untuk mengomunikasikan jenama mereka dengan strategi khusus, desain, dan implementasi yang baik melalui desain grafis, web design, manajemen media sosial, serta pembuatan logo untuk meningkatkan bisnis mereka.

Perlu diingat, desain grafis lebih mempermudah dalam berbagi informasi, menjadikan informasi lebih menarik, dan lebih nyaman secara visual. Desain visual juga krusial bagi sebuah brand untuk menyampaikan fitur, manfaat, dan keunggulan produk atau layanan secara visual kepada calon konsumen dan target pasar.

Jika Anda memiliki bisnis, pastikan memiliki akun medsos dan website yang teroptimasi dengan baik. Jika memang belum memiliki staf khusus untuk mengurusi, pertimbangkan untuk menggunakan jasa creative agency.

Makassar, 18 Mei 2023



[1] https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023, diakses pada 18 Mei 2023 pukul 12:30 WITA.

[2] Idem.

[3] https://dataindonesia.id/ragam/detail/survei-media-sosial-jadi-sumber-informasi-utama-anak-muda, diakses pada 18 Mei 2023 pukul 12:40 WITA.

[4] https://firstpage.id/insight/detail/mengapa-anda-membutuhkan-sosial-media-untuk-berbisnis, diakses pada 18 Mei 2023 pukul 13:11 WITA. 



Share :

8 Komentar di "Belanja Online dan Creative Agency"

  1. Sekarang dengan berkembangnya teknologi semua hal semakin mudah apalagi belanja online banyak sekali platform-nya. Kali ini baru dengar tentang creative agency, menarik juga. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. saat ini keberadaan creative agency bener bener membantu untuk sebuah perusahaan atau bisnis, semua lini usaha juga menyasar ke dunia digital untuk pemasarannya.
    Dan sepertinya membuka usaha digital agency menguntungkan banget

    ReplyDelete
  3. Wah, kalau mesan paket gitu, apa di transfer dulu uangnya ke rumah ibu untuk uang paketnya atau pinjam uang ibu dulu? Soalnya aku pengen nyoba tapi takut yang di titipin alamat marah dan nggak punya uang saat paket nya datang

    ReplyDelete
  4. Agensi kreatif udah jadi bisnis menjanjikan ya -- dulu sih, mana kepikiran mencari cuan dari industri kreatif. Ini bagian dari new era seniman :)
    Beruntung, internet sekarang kenceng dan anti-ngadat. Job pun bisa diselesaikan dengan gampang eh, cepat.

    ReplyDelete
  5. Baru tahu sayaada creatibe agency,keren ya ide kreatifnya, ga kepikiran kalau ada agency yang bisa bantu banyak hal

    ReplyDelete
  6. Menarik sekali infonya mba, jadi creative agency ini menjembatani pemilik bisnis untuk optimasi jenamanya dengan website dan sosial media ya. Optimasi di tangan yang tepat tentunya akan mendapatkan hasil yang lebih baik

    ReplyDelete
  7. Infonya sangat bermanfaat sekali, ternyata ada ya creative agency yg sangat memmbantu pemilik bisnis supaya bisa berkembang.

    ReplyDelete
  8. Creative Agency di zaman serba digital ini benar-benar membantu banget ya.
    Pebisnis harus bisa beradaptasi dengan cepat.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^