5 Tips Memilih Travel Umroh Terbaik

5 Tips Memilih Travel Umroh Terbaik – Berhari-hari setelah mendapat kabar duka tentang berpulangnya Koh Steven Indra Wibowo – tokoh pendiri Muallaf Center Indonesia, saya masih menonton ungkapan para sahabat dan orang-orang yang mengenalnya dengan baik di YouTube. Koh Steven meninggalkan banyak kenangan baik pada orang-orang tersebut.

Rupanya bukan hanya saya yang matanya berair mendengar Koh Steven wafat pada tanggal 14 Oktober lalu. Sejumlah pemberi komentar di channel-channel YouTube yang saya tonton mengatakan hal yang serupa. Mereka sama seperti saya, hanya mengenal Koh Steven melalui YouTube tetapi mengagumi sosok yang dikenal gemar menolong sesama dan rendah hati ini.


Tips Memilih Travel Umroh Terbaik

Tangis orang-orang yang mengenalnya pecah karena tak menyangka sosok yang mereka kagumi pergi secepat ini. Kabarnya, di kamar jenazah rumah sakit, lebih 40 orang yang menyalatkan almarhum yang jasadnya mengeluarkan aroma wangi ini.

Harapan orang-orang yang akan berumrah dengan sosok yang penuh kharisma ini pupus sudah. Rencanya Koh Steven akan menunaikan ibadah umroh bersama sejumlah orang pada hari Rabu berikutnya. Rencana tinggal rencana namun niat Koh Steven tentunya sudah dicatat malaikat sebagai satu amal baik. Rombongannya tetap berangkat sebagaimana rencana awal.

Allah jualah Sang Maha Berkehendak, pada akhirnya Dia yang menentukan sesiapa yang berangkat ke rumah-Nya atau justru dipanggil untuk menunggu Hari Akhir di alam barzakh.

Ghirah umat Islam sedang tinggi-tingginya melaksanakan ibadah umrah. Siapa sih kaum muslim yang tak ingin berumroh? Begitu kesempatan dibuka pasca pandemi covid-19 – setelah sebelumnya ditutup selama setahun lebih, berbondong-bondonglah umat Islam yang mampu untuk sesegera mungkin mencari travel umroh terbaik guna menunaikan ibadah ini.

Perlu memilih dengan cermat travel umroh dan haji yang dipilih mengingat banyaknya biro travel yang menutup operasionalnya akibat kesulitan ekonomi selama pandemi. Terlebih dalam kondisi sekarang ada maskapai penerbangan yang tidak beroperasi lagi sehingga jalur penerbangan tidak sebanyak seperti sebelum terjadi pandemi.

Permasalahan di sekitar penyelenggaraan jemaah umroh dan haji bermacam-macam. Pemilihan biro travel  yang amanah juga menjadi catatan tersendiri. Bulan Juli lalu, sebanyak 46 warga negara Indonesia dipulangkan kembali ke Tanah Air saat mereka baru saja tiba di bandar udara Jeddah karena persoalan visa.

Calon-calon jama’ah haji itu dipulangkan ke negara asal karena tidak lolos proses imigrasi setelah diketahui bahwa visa yang dibawa tidak ditemukan dalam sistem imigrasi Arab Saudi. Kala itu Menteri Agama menegaskan akan menindak tegas travel umroh dan haji yang memberangkatkan mereka karena tidak menyelenggarakan keberangkatan para calon jemaah sesuai peraturan yang berlaku.

Belum lagi ada hal-hal yang harus dipertimbangkan matang-matang seperti adanya kenaikan harga tiket pesawat, kenaikan harga sewa hotel di Mekah, Madinah, dan sebagainya maka tidak boleh salah dalam  memilih travel yang akan membawa beribadah ke baitullah.


Tips Memilih Travel Umroh dan Haji

Untuk itu, berikut 5 tips memilih travel umroh terbaik yang saya rangkum dari beberapa sumber terpercaya, salah satunya dari alhijazindowisata.co.id:

1. Pilih travel resmi

Biro travel yang memiliki legalitas adalah yang terdaftar secara resmi di Kementerian Agama. Biro travel itu harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan dan juga memiliki surat-surat legalitas di antaranya: SK menteri Agama, surat izin tetap perusahaan, NPWP perusahaan.

2. Memiliki Akreditasi dan Lisensi Resmi

Alangkah baiknya jika mendapatkan travel umrah dan haji yang memiliki akreditasi A dari Komite Akreditasi Nasional. Komite Akreditasi Nasional (KAN) adalah suatu lembaga di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden Republik Indonesia yang memiliki tugas utama memberikan akreditasi kepada Lembaga Penilai Kesesuaian.

Lebih menenangkan lagi jika travel memiliki lisensi sebagai provider visa atau terhubung dengan biro travel terpercaya yang memiliki lisensi sebagai provider visa karena telah memiliki mitra resmi di Arab Saudi sehingga bisa mengajukan visa melalui travel pemilik lisensi sebagai provider visa tersebut.

3. Terbukti Mengantar Jemaah

Penyelidikan perlu dilakukan untuk mencari tahu apakah suatu biro travel bisa dipercaya karena terbukti 100 persen amanah dan tepat waktu dalam memberangkatkan calon jama’ah umroh dan haji.

4. Jarak Hotel Dekat Masjid Penting

Cari tahu pula apakah travel mampu menyediakan penginapan dekat dari masjid penting di Mekah dan Madinah (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi) agar perjalanan spiritual lebih mudah dan bermakna.

5. Jam Operasional Kantor 7 Hari

Jika kantor dari travel yang diinginkan mampu melayani calon jemaah haji dengan baik selama 7 hari (Senin sampai dengan Ahad) kecuali hari besar dan bisa dipastikan keberadaan kantornya maka bisa dipastikan bahwa travel tersebut amanah dan mampu memberangkatkan calon jama’ah hajinya.

Nah, semoga uraian singkat ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencari travel umroh dan haji sehingga mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam melaksanakan ibadah umrah ataupun haji. Selamat beribadah.

Makassar, 30 Oktober 2022



Share :

7 Komentar di "5 Tips Memilih Travel Umroh Terbaik"

  1. Wah bener juga ya. Berarti harus cari travel yang kredibilitasnya tinggi. Apalagi sekarang masih masa pandemi, aturan masuk Mekkah lebih ketat lagi. Tentu mau umroh yang aman dan nyaman buat semua jamaah.

    Kalau dulu ortuku milih travel agent umroh yang memang sudah kenal baik, jadi diurus bener2 selama keberangkahan sampai pulang ke rumah lagi.

    ReplyDelete
  2. kalau lihat sajadah ada gambar Kabah tu suka bertanya2 kelak bisa gak ya ke tanah suci baik berhaji atau umrah. Semoga Allah kabulkan dipertemukan dengan travel yang amanah dan profesional atau apalah nanti jalannya ya mbak. Yang penting tugas kita ikhtiar dulu :D

    ReplyDelete
  3. BIsnis travel umroh selalu menggiurkan karena banyak peminatnya. Nyaris tak pernah sepi. Edukasi cara pilih travel yang terbaik gini sangat penting bagi pembaca, dan sangat membantu.

    ReplyDelete
  4. di tengah ramainya kasus yang terjadi di kampungku karena travel umroh bodong yg memakan korban 34 orang batal berangkat ini, postingan mbak Mugniar menjadi obat buat saya yang memang insyaallah sedang mengupayakan untuk bisa umroh mbak. Terimakasih tipsnya mbak. Sebagai konsumen memang kita harus jeli ya mbak mengingat banyaknya calon jamaah yg gagal berangkat.

    ReplyDelete
  5. Aamiin mak, semoga rezekinya lancar. Dan bisa pergi umroh

    ReplyDelete
  6. Kalau jarak hotel dekat ke masjid makin tambah semangat buat ibadah, karena bisa selalu sholat di masjid.
    Semoga daku berkesempatan untuk melakukan ibadah umroh, aamiin

    ReplyDelete
  7. MashaAllah~
    Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu.
    Semoga Allah melapangkan kubur Koh Steven.

    Alhamdulillah,
    Kami sejak pandemi resmi berakhir dan boleh umrih sudah memberangkatkan 2 kloter, kak Niar. Dan suami jadi TL yang ikut mendampingi.
    Masa kini memang banyak sekali yang kurang amanah karena bisa jadi umrih ini sudah rencana sebelum pandemi, namun karena terbentur pandemi, jadi uangnya bener kaya jadi incaran gitu..

    Padahal biaya umroh masa kini fluktuatif dan jamaah yang belum berangkat sebelumnya tentu sangat berharap bisa berangkat setelah 2 tahun masa penantian.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^