Saatnya Berkolaborasi Lagi, Saatnya Goll…Aborasi

Saatnya Berkolaborasi Lagi, Saatnya Goll…Aborasi – Kelihatannya pandemi sudah mereda, berbagai acara sudah mulai dilaksanakan secara offline. Acara reuni yang melibatkan banyak orang mulai dilaksanakan di mana-mana. Tell me belum move on dari cerita reuni karena memang masih banyak cerita yang belum terungkapkan. Saya masih ada cerita tentang baju seragam berbahan kaos berwarna hitam yang menjadi salah satu daya tarik dalam peringatan 3 Dekade Angkatan 92 FT Unhas beberapa waktu lalu.

Namanya mantan antek (anak Teknik) Unhas, warna pakaian kesukaan mayoritas hitam, sesuai dengan warna karakter mahasiswa Teknik Universitas Hasanuddin sejak dulu maka tentu saja warna hitam menjadi pilihan utama.

Kolaborasi

Nah
, kami punya baju seragam yang didesain oleh teman seangkatan, namanya Nine. Nine ini dari jurusan Teknik Arsitektur. Kemampuan desainnya sejak dulu memang oke. Saya kenal dia sejak SMP. Kami dulu sekelas di SMP dan SMP. Dia memang selalu unggul dalam pelajaran menggambar.

Nine punya usaha, terima barang cetakan, bisa baju kaos juga. Yang desain baju kaos seragam kami Nine, dia yang mengupayakan pencetakannya hingga pengirimannya. Senangnya, yang memesan baju kaos seragam bukan hanya teman-teman di dalam kota Makassar, banyak juga dari luar kota yang memesan baju. Pengirimannya pakai JNE, pengiriman ke luar kota sebagian besar dibantu oleh Nine.

Barang cetakan lain, seperti stiker, spanduk, backdrop, dan umbul-umbul diurus oleh Gunawan, teman seangkatan yang juga punya usaha percetakan seperti Nine. Menjadi bentuk kolaborasi yang apik bukan?

Kolaborasi Reuni

Kolaborasi … Goll…Aborasi Bisnis

 

Tentang kata KOLABORASI, mengingatkan saya pada JNE yang kerap berkolaborasi dengan pihak UMKM, swasta, dan pemerintah untuk bersinergi, menghasilkan hal yang bermanfaat. Dalam gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 Kota Pasuruan pada 19 Mei lalu.

Dwi Setyaningsih – Branch Manager JNE Pasuruan menyampaikan dalam perhelatan itu:

Tren pengiriman di era ini kembali meningkat bukan lain karena peranan para online shop yang terus berkembang. Maka kami harap kolaborasi antara JNE dengan UMKM dapat terjalin, kita terus berkolaborasi dengan komunitas UMKM Pasuruan. Selain itu, kami akan terus berinovasi, bersinergi dengan swasta dan pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang berdaya. Kita akan menjaga potensi dan peluang yang ada di Pasuruan.

Sebagaimana kita ketahui, pandemi covid-19 telah memorak-porandakan dunia usaha, tak terkecuali UMKM di Indonesia. Terjadi penurunan penjualan, permodalan, terhambatnya distribusi, juga kesulitan bahan baku.

JNE menunjukkan perhatiannya sebagai mitra UMKM melalui webinar agar UMKM Indonesia, khususnya di Pasuruan mampu mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital, kalau perlu bukan hanya dalam skala nasional namun hingga skala global.

 

Inspirasi dari Pemanfaatan Dunia Digital Bagi UMKM

 

Dalam acara online itu, JNE menghadirkan 2 narasumber yang bergerak dalam bidang yang sama, yakni Muhammad Taufiqi (co-founder Kelana Scarves) dan Haris Prasetyo (owner Qrani Hijab). Kedua narasumber ini sependapat dalam hal pentingnya memanfaatkan dunia digital dalam memasarkan produknya.

Muhammad Taufiqi mengatakan, selain memahami tren fashion yang sedang berkembang di tengah masyarakat, penting pula memahami social media marketing. Dirinya mempelajari cara menjual di Instagram, Facebook, Whatsapp, serta belajar tentang social media ads.

JNE Pasuruan

Sementara Haris Prasetyo mengungkapkan, pertama kali memasarkan produk hijabnya dirinya menggunakan media sosial beserta semua marketplace. Qrani Hijab juga memanfaatkan Facebook dan Instagram ads, juga serius mempelajari social media marketing agar perolehan bisnis makin meningkat. Hasilnya di luar dugaan, dalam 2 bulan lebih dari 1000 barang terjual.

Haris juga membagikan tips tentang pentingnya keunikan atau diferensiasi produk. Menurutnya pula, value dari suatu brand sangatlah penting. Qrani Hijab contohnya, bisa custom model dan warna apapun.

Kota Pasuruan merupakan kota ke-10 dari 60 kota dalam daftar gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang diselenggarakan pada tahun 2022 ini. JNE Pasuruan giat memberi solusi bagi para pelaku UMKM Pasuruan agar bisa bangkit dari pandemi. Di antaranya dengan menyelenggarakan free workshop dan menyediakan juga layanan penjemputan gratis (free pick up) di berbagai wilayah.

Selain hal-hal tersebut, ada pula program apresiasi untuk pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi seperti member JLC yang mana para pelaku UMKM bisa mendapatkan hadiah menarik dan promo diskon ongkos kirim.

Well, kembali jadi catatan penting kali ini ya, bahwa pemanfaatan dunia digital, termasuk media sosial dan marketplace memang sudah menjadi sesuatu yang mutlak saat ini. Jika tidak, akan ketinggalan sendiri sementara semua orang pelan-pelan melaju, bangkit dari keterpurukan akibat pandemi menuju masa depan yang lebih cerah.

Makassar, 28 Mei 2022 



Share :

13 Komentar di "Saatnya Berkolaborasi Lagi, Saatnya Goll…Aborasi"

  1. Sepakat mbak, sekarang semua serba digital, kalo lambat upgrade kita bakal ketinggalan jauh. Dan teknologi harus dioptimalkan

    ReplyDelete
  2. Kemaren abis ngobrol sama teman tentang salah satu usaha yang dulu booming banget, sekarang nggak terdengar lagi, karena dia belum mau memanfaatkan dunia digital.
    Memang cepat atau lambat haru berinovasi, biar nggak hilang.
    Keren nih Goll…Aborasi Bisnis Online dari JNE :)

    ReplyDelete
  3. Temenku yang UMKM selama pandemi masih bertahan karena melek digital mbak, yang gagap tekhnologi rata2 ancur semua gulung tiker karena saat pandemi jadi gak ada pemasukan. Klo yg masih bisa jualan online di market place masih bisa bertahan mereka. Harus banget memang adanya edukasi dan bimbingan digital bagi para UMKM untuk ngembangin bisnisnya

    ReplyDelete
  4. lanjut kolaborasinya yaa mba... dengan dukungan yang solid seperti ini, semoga perekonomian Indonesia bisa maju ya

    ReplyDelete
  5. emang ya jaman sekarang tuh wajib terus berinovasi, salah satunya dengan melirik dunia digital

    ReplyDelete
  6. JNE keren nggak cuma mikirin diri sendiri tapi juga merangkul mitra UMKM untuk kolaboraai agar sama-sama maju

    ReplyDelete
  7. JNE selalu peduli terhadap UMKM, dan selalu konsisten dengan tujuannya. Tak terasa acara JNE ngajak online 2022 ini sudah sampai di 10 kota di Indonesia, semoga kegiatan semacam ini terus berlanjut demi mendukung UMKM, sehingga menjadi kebangkitan mereka untuk memperbaiki perekonomian pasca pandemi.

    ReplyDelete
  8. Wih 3 dekade Unhas, aku udah lama gak ikut-ikutan kaya gitu mbak. Tapi kalau ketemuan teman lama sperti ini bisa menjalin networking ya terutama mereka yang punya usaha jadi sekalian memasarkan produk deh. Sekarang para UKM harus bisa juga memasarkan produknya online supaya gak ketinggalan, berkat bantuan JNE juga yg support para UKM diadakan webinar dll

    ReplyDelete
  9. Seneng deh Goll…Aborasi Bisnis Online JNE sudah ke berbagai kota. Menginspirasi banget apalagi sekarang pada kolaborasi. Masa depan UMKM makin terang benderang deh

    ReplyDelete
  10. Sosial media memiliki peran yang lumayan cukup besar ya dalam memasarkan produknya saat ini banyak platform gratis yang bisa digunakan UMKM untuk menjual produk nya. Ikut senang JNE bikin event yang bermanfaat ya buat pelaku usaha semoga aksi JNE terus ini dilakukan.

    ReplyDelete
  11. Serunya..
    Ketika tahu dan merasakan manfaat dari kolaborasi, maka kita semua bisa berkembang bersama dan menuju hal yang lebih baik.

    Salut dengan program-program JNE.

    ReplyDelete
  12. Program JNE ini keren-keren ya. Gak hanya berkolaborasi dengan pengusaha atau artis, tetapi juga UMKM lokal per daerah. Memang ya, hari gini ini, kolaborasi lebih bermanfaat daripada kompetisi. Kedua belah pihak jadi sama-sama maju.

    ReplyDelete
  13. JNE kereeenn banget ya kak Niar, menanti kotaku disambangi event JNE biar UMKM jg naik kelas dan melek secara online.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^