Pilihan Liburan Maia Estianty di Paris dengan Brand Tory Burch

Siapa yang tak tahu Maia Estianty? Sosok musisi perempuan yang sangat dikenal seantero Indonesia ini selalu saja menarik perhatian, terutama setelah menjadi istri dari pengusaha sukses Irwan Mussry. Maia juga sering disorot ketika diketahui mengenakan fashion dari brand ternama dunia, salah satunya adalah brand Tory Burch Maia Estianty.

Maia Estianty

Akhir-akhir ini menurut Voila.id, Maia yang sering menghabiskan waktu di luar negeri memang terlihat aktif membagikan aktivitas jalan-jalan yang dilakukannya. Seperti saat menghabiskan waktu di Paris Perancis yang mana Maia mengenakan setelah dan outfit keluaran Tory Burch. Gaya Maia Estianty yang berkelas dan fashionable kerap membuat kaum hawa berdecak kagum. Apa saja fashion Tory Burch yang menjadi outfit andalan Maia?

Outfit Maia Estianty

Fashion Tory Burch Maia Estianty yang Elegan dan Stylish

Maia stylish

Brand Tory Burch dikenal sebagai fashion brand asal Amerika Serikat dengan label Tory Burch LLC. Tory Burch dikenal memiliki banyak sekali produk fashion dan aksesorisnya untuk wanita. Dari mulai produk fashion seperti setelan kerja, dress, tunik hingga berbagai model tas, sepatu, scarf dan lain sebagainya. Brand Tory Burch umumnya banyak dikenakan oleh para tokoh entertainment, aktor, dan aktris hingga para sosialita dunia.

Berikut ini adalah beberapa koleksi brand Tory Burch Maia Estianty.

 1. Tory Burch Laurence Printed Shirtdress in Scrapbook

Tory Burch Laurence Printed Shirtdress in Scrapbook

Dress
ini adalah sebuah outfit yang berbentuk kemeja panjang yang memberikan kesan ramping dengan aksen rajutan sutra. Dengan motif unik berupa cetakan kolase yang terinspirasi dari desain terkenal karya David Hicks, dress ini tampil mempesona dengan bentuk kerah yang menyebar dan aksen satu kancing full length di bagian depan.

Adapun detail khusus dari gaun ini adalah memiliki saku tempel, aksesoris tali ikat pinggang yang bisa dilepas dan lengan panjang dengan manset kancing tunggal. Dress ini dibanderol dengan harga 5,5 juta rupiah.

2. Cameron Pant

Cameron Pant

Fashion outfit
Maia Estianty yang kedua adalah Cameron Pants. Celana panjang yang tersedia dalam warna ivory dan navy ini memiliki desain celana model Jacquard. Dilengkapi dengan dua saku depan dengan ritsleting serta saku belakang yang semi tak terlihat. Pada bagian ritsleting terbuat dari zip fly dengan menggunakan tab geser.

Celana panjang ini memiliki bahan yang nyaman untuk dikenakan yaitu terbuat dari bahan katun 82 persen, 17 persen nilon dan 1 persen elastane. Celana panjang ini hanya boleh dicuci kering saja, diimpor dari Amerika Serikat ini memiliki harga sekitar 4 juta rupiah.

 

 3. Blouson-Sleeve Scarf-Print Silk Maxi Dress

Adalah dress koleksi Maia Estianty yang diketahui berasal dari brand Tory Burch. Bernama Blouson Sleeve Scarf Print Silk Maxi Dress ini merupakan gaun Maxi dengan kesan berkilau dari Tory Burch dengan desain bermotif bunga yang terinspirasi syal atau scarf. Dilengkapi dengan penghias kerah berhias permata, bagian lengan blus dibuat panjang dengan model kemeja yang di kelim di bagian pinggang.

Blouson-Sleeve Scarf-Print Silk Maxi Dress

Kesan yang ditunjukkan dari gaun ini adalah menunjukkan siluet A line yang memberikan kesan ramping pada penggunanya. Dress Maxi yang terbuat dari kombinasi sutra dan poliester ini memiliki ritsleting di bagian belakang. Dress ini dibanderol dengan harga sekitar 13,1 juta rupiah.

4. Puff-Sleeve Tunic Dress

Puff-Sleeve Tunic Dress

Maia Estianty rupanya gemar mengoleksi fashion keluaran Tory Burch khususnya jenis dress. Kali ini dress koleksi Tory Burch Maia Estianty adalah Puff Sleeve Tunic Dress yang memiliki price tag sekitar 5,81 juta rupiah. Adalah sebuah gaun bermodel tunik yang memiliki motif bunga berbentuk grafis.

Gaun atau tunik ini memiliki bentuk garis leher yang unik dan menarik sekaligus dengan lengan yang bervolume. Terinspirasi dari desain Mandarin Collar, tunik ini memiliki lengan Puff panjang dengan desain slip on, lengkap dengan styling sabuk yang bisa lepas pasang. Terbuat dari bahan poliester yang memiliki panjang sekitar 177 cm dengan menggunakan ukuran Amerika Serikat.

5. Cameron Jackets

Cameron Jackets

Outfit Maia Estianty berikutnya adalah dengan model blazer atau jaket. Bernama Cameron Jackets, fashion jacket dari Tory Burch ini cocok dipadupadankan dengan Cameron Pant. Cameron Jackets terbuat dari bahan katun 76 persen, poliamida 22 persen dan bahan elastane 2 persen.

Dilengkapi dengan bagian berpenutup kancing di bagian depan, tengah dan manset jaket, dimana jaket ini juga memiliki lapisan georgette stretch bernuansa buram. Untuk menopang bagian bahu terdapat bantalan bahu dengan ukuran yang sesuai, selain itu jaket ini juga dilengkapi dengan saku tempel dengan penutup. Jaket eksklusif ini memiliki banderol harga sekitar 498 dolar Amerika.

6. TORY BURCH Livia Plissé Gaun Navy bermotif Floral Print

TORY BURCH Livia Plissé

Gaun cantik dari Tory Burch yang juga dikoleksi oleh Maia Estianty ini bernama Livia Plisse. Gaun atau dress berwarna biru navy ini memiliki aksen motif bunga dengan khas polkadot serta sebagian motif yang bergaris.

Untuk bagian leher dibuat berkancing serta memiliki bagian lengan yang tipis. Gaun ini terbuat dari bahan poliester yang halus yang mana harus dicuci dengan jenis cuci kering. Dibuat dengan gaya longgar yang membuat pemakainya akan terasa nyaman saat mengenakannya. Pakaian ini memiliki banderol harga sekitar 370 dolar Amerika.

 

 7. Tory Burch Gaun motif Printed Broderie Anglaise Artist's

Gaun berikutnya juga dibanderol dengan harga fantastis yaitu sekitar 13,1 juta rupiah. Dress dengan model midi ini memiliki kesan aksen vintage dengan pola bergambar buah yang berani lengkap dengan aksesoris ikat pinggang yang bisa dilepas pasang. Dress midi ini memiliki bentuk kerah yang lebar dengan lengan panjang.

Gaun midi ini memberikan sentuhan vintage dengan pola buahnya yang berani dan ikat pinggang yang bisa dilepas. Midi dress ini terbuat dari bahan katun sehingga sangat nyaman untuk dikenakan khususnya di daerah tropis.

Jika Anda berminat untuk memiliki dress ini maka sebaiknya sesuaikan ukuran dengan melihat ukuran secara terperinci. Umumnya fashion Tory Burch dibuat dengan menggunakan ukuran tubuh orang Amerika.

 

Tory Burch Gaun motif Printed

 8. TORY BURCH CHELSEA model CAP TOE PUMPS DUST STORM

TORY BURCH CHELSEA

Salah satu koleksi Tory Burch Maia Estianty dari jenis sepatu Tory Burch adalah sepatu Chelsea Cap Toe Pumps Dust Storm. Sepatu berwarna hitam milik Maia ini memang terlihat elegan dan fleksibel untuk dikenakan pada acara resmi maupun bersantai. Sepatu bergaya klasik modern ini memang cantik untuk dikenakan pada segala jenis acara.

Sepatu yang dibanderol berharga sekitar 5 juta rupiah ini terbuat dari kulit Napa yang memiliki tekstur bentuk kontur dengan cap-toe almond lengkap dengan logo Tory Burch yang terbuat dari kuningan yang antik.

Dengan ketinggian tumit sekitar 50 mm dan bentuk hak tahu, Anda bisa mengenakannya dengan nyaman dan leluasa untuk semua jenis acara. Ditambah lagi sol kulit yang ada di sepatu ini seakan melengkapi kemewahan yang dimilikinya.

Maia Estianty sendiri pernah bertemu langsung dengan pemilik Tory Burch saat di sebuah event khusus Tory Burch yang diselenggarakan di Hongkong. Dan kini Maia mulai menjalin koneksi yang intens dengan berbagai brand ternama dunia yang kerap dikenakannya dalam berbagai kesempatannya.

Tory Burch sendiri kerap bercerita bahwa brand Tory Burch memang sangat lekat dengan motif art dan vibrant print. Dan tahukah Anda apa yang menjadi inspirasinya dalam membuat berbagai model fashion brand Tory Burch? Yaitu dengan memadukan warna dan motif print yang terinspirasi dari Maroko, India dan batik dari Indonesia.

Seperti halnya koleksi Tory Burch yang ada di Spring Summer tahun 2018, dimana pada event tersebut karya dari David Hicks yang diadopsi oleh Tory Burch memiliki konsep dengan tajuk Berani dan Cemerlang memang memiliki koleksi dengan model dan perpaduan warna serta motif yang cukup berani untuk kelas fashion wanita.

Adapun koleksi aksesoris yang direkomendasikan untuk dipakai dalam menunjang penampilan dengan fashion Tory Burch adalah sebagai berikut:

  • Tas crossbody dengan motif graphic yang khas.
  • Aksesoris perhiasan dengan bentuk geometris.
  • Sepatu high heels atau sepatu sandal berhak rendah.
  • Syal atau scarf motif printed atau polos dengan warna cerah.

Tory Burch memang dikenal sudah mendunia. Anda bisa mendapatkan toko cabangnya di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Namun Tory Burch sendiri melakukan pengembangan bisnisnya dengan sangat hati-hati. Di mana dia lebih memilih untuk memperhatikan kualitas ketimbang kuantitas ketika membuka cabang toko baru. Dia juga mengizinkan pelanggan dan penggemar koleksinya untuk mengintip koleksi Tory Burch yang terbaru via media sosial.

Brand Tory Burch sendiri memiliki logo yang mudah dikenali yang terpasang di setiap aksesoris fashion keluaran terbaru mereka. Seperti misalnya di tas atau sepatu yang mereka rilis. Sebuah Kuningan dengan motif berlogo Tory Burch yang secara sekilas mudah terlihat bahwa logo tersebut terinspirasi dari motif Maroko.

 

Cara Mengenali Tory Burch Ori

 

Lalu bagaimana cara mengenali brand Tory Burch yang asli atau original? Tentunya sudah bukan hal baru lagi saat ada barang branded yang dibuat tiruannya demi meraup untung secara sepihak saja. Meski hal ini sangat merugikan bagi pemilik brand Tory Burch, bagi pembeli yang mengoleksi brand tersebut juga akan mendapatkan kekecewaan karena barang yang dibelinya memiliki kualitas KW atau tiruan.

Berikut ini, dari sumber terpercaya, saya bagikan beberapa cara untuk mengenali brand Tory Burch yang original agar Anda bisa mendapatkan barang branded Tory Burch dengan kualitas yang terbaik.

Dust bag

Setiap barang branded pasti akan menyertakan dust bag untuk menyimpan benda tersebut dengan aman dan terhindar dari debu atau kotoran. Untuk dust bag dari Tory Burch biasanya terbuat dari bahan yang lebih lembut dan lentur. Selain itu untuk warna akan lebih cerah dan memiliki kualitas sablon yang rapi.

Price tag

Price tag asli milik Tory Burch dibuat dengan sablon emboss yang rapi. Dengan logo yang lebih rapi serta tekstur yang mudah terasa saat diraba Anda pasti akan sangat mudah membedakan mana jenama yang asli dan mana yang tiruan.

Warna dan motif

Seperti yang diketahui, brand Tory Burch terkenal dengan perpaduan warna dan motif printed yang menawan. Terinspirasi dari desain Maroko, India dan batik asli Indonesia, Tory Burch kerap mengusung motif klasik yang memesona. Dan untuk warna yang dipakai memang dikenal lebih cerah dan berani meski dipadukan dengan motif printed acak.

Label brand

Anda bisa meneliti di mana ada label brand yang ada di bagian dalam produk kemudian ada nomor khusus yang tertera di bawahnya. Sehingga langkah pertama ketika Anda mengecek label jenama adalah cek apakah sesuai dengan label brand asli dan perhatikan nomor yang ada di bawahnya.

Cara Melakukan Perawatan Fashion Tory Burch dengan Baik dan Benar

Seperti yang Kita tahu bahwa fashion dan aksesoris fashion keluaran Tory Burch memiliki harga yang sangat fantastis. Bukan hanya karena memiliki model yang limited edition. Namun bahan yang digunakan untuk membuatnya juga memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Untuk itu sangat sayang jika Anda memiliki barang mahal namun tak bisa merawatnya.

Agar supaya fashion item berlabel Tory Burch milik Anda selalu terawat dengan baik maka Anda harus bisa melakukan perawatan dengan sebaik-baiknya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Selalu perhatikan aturan cara mencuci dan membersihkan pakaian yang tercantum di label pakaian

Beberapa pakaian atau aksesoris fashion harus dicuci secara khusus, seperti hanya boleh dicuci kering atau hanya boleh dicuci dengan menggunakan air hangat dan lain sebagainya.

Beberapa produk fashion lainnya juga harus diperhatikan cara perawatannya misalnya tak boleh terkena suhu panas, tak boleh di setrika, tak boleh diperas dan lain sebagainya.

Gunakan deterjen atau sabun pembersih khusus

Seperti kain batik, untuk membuat warna dan motifnya tetap terawat dengan baik maka Anda harus mencucinya dengan sabun atau deterjen khusus batik yang bernama lerak. Begitu juga dengan pakaian branded yang pastinya harus diperhatikan apakah luntur saat dicuci atau tidak, harus dicuci dengan deterjen khusus agar supaya kainnya tak rusak dan lain sebagainya.

Bersihkan noda yang ada di pakaian secepatnya

Usahakan untuk segera membersihkan noda yang ada di fashion branded Anda. Noda akan semakin bertambah sulit untuk dibersihkan jika Anda membiarkannya terlalu lama. Untuk langkah awal, Anda bisa menguceknya dengan air hangat saat di toilet dan mengusapnya dengan tisu basah. Segera setelah Anda sampai di rumah, usahakan untuk langsung membersihkannya secara maksimal.

Gunakan jasa laundry baju jika memerlukan proses cuci secara khusus

Dan terakhir, jika noda yang ada di fashion branded Anda ternyata cukup sulit untuk dihilangkan maka sebaiknya serahkan pada ahlinya. Saat ini sudah banyak bisnis laundry atau dry cleaning yang bergerak secara khusus untuk menangani fashion branded dengan baik dan benar. Dari mulai produk baju, sepatu, tas hingga aksesoris fashion branded lainnya kini bisa Anda percayakan perawatannya pada mereka yang lebih ahli di bidang tersebut.

Meski harga atau tarif yang diberlakukan sedikit mahal, namun itu jauh lebih baik ketimbang Anda berusaha mencuci atau merawatnya sendiri tanpa pengetahuan yang bisa menyebabkannya rusak. Apa yang terjadi jika fashion branded Anda rusak? Tentu tak bisa dipakai lagi bukan? Dijual kembali pun mungkin hanya akan laku dengan harga yang murah.

Memiliki barang branded saat ini bukan hanya sebagai salah satu aktivitas untuk menyalurkan hobi semata. Banyak orang yang memiliki barang branded dengan tujuan sebagai alat investasi. Untuk itu akan jauh lebih baik jika Anda bisa menjaga agar supaya investasi Anda tetap aman dan memiliki nilai yang stabil. Demikian ulasan tentang Tory Burch Maia Estianty.



Sumber gambar:

  1. https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/3eWZqCqDvLQHlo3lYWRF_VF2UYI=/640x480/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(webp)/kly-media-production/medias/2204963/original/082670400_1525846905-152584690550776maia-estianty-pilih-tory-burch-untuk-temani-liburan-stylish-di-paris-180321t_RE.jpg
  2. https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700x465/photo/grid/original/148444_maia-estianty.jpg
  3. https://blue.kumparan.com/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1541514993/bmbajn0udimgwhmq63xl.jpg
  4. https://cdn.modesens.com/product/6833841_1
  5. https://images.neimanmarcus.com/ca/1/product_assets/T/W/L/4/8/NMTWL48_au.jpg
  6. https://cdn.modesens.com/product/28347610_9
  7. https://s7.toryburch.com/is/image/ToryBurch/puffed-sleeve-tunic-dress-main.TB_73358_800.pdp-720x819.jpg
  8. https://cdna.lystit.com/photos/toryburch/65fb264a/tory-burch-New-Ivory-Tory-Navy-Cameron-Jacket-475-Jackets.jpeg
  9. https://cdn.modesens.com/media/54535996
  10. https://s7.toryburch.com/is/image/ToryBurch/printed-broderie-anglaise-painters-dress-main.TB_83665_297.pdp-1200x1200.jpg
  11. https://www.efootwear.eu/media/catalog/product/cache/image/650x650/0/0/0000201525517_01_ap.jpg




Share :

26 Komentar di "Pilihan Liburan Maia Estianty di Paris dengan Brand Tory Burch"

  1. Hemm kalau Maia yang pakai bagus banget, eh tapi memang brand ini mahal dan mewah. Jadi, kepincut tapi tak mampu beli. :)

    ReplyDelete
  2. Ini brand mahal dan mewah, aq dikasih sama kakak ipar pas cek harganya sampai shock. Tapi emang harga ga boong sampai skg bagus banget sepatunya torch ini, hampir 5 tahun masih awet sayangnya udah ga muat. Untung si mama muat jadi buat beliau

    ReplyDelete
  3. Cakeeep2 ih aku suka yg 7. Dressnya..
    Trus harganya nggak nahan yaa tapi awet biasanya. Jadi kalau dihitung2 dibanding beli2 lagi, cuma ku beluum bisa beli dress ituuh 😆 kudu menabung duluu nih.
    Maia cocok banget dengan brand ini 😍😍

    ReplyDelete
  4. Jd keinget selama pandemi aku samsek tak beli2 baju, jd pengen beli baju deh :D
    Cakep2 banget koleksinya mbak
    Maia kyknya pakai baju apapun cakep yaaa walaupun usia tak lagi muda :D
    Suka banget yang motif floral sama ala2 outer gtu tapi emang yaa ada harga ada rupa hehe :D

    ReplyDelete
  5. Membicarakan branded items bunda jd speechless deh. Alhamdulillah bunda sukak liat barang2 branded tp gak pernah kepincut utk memiliki, hehehe...gak kebayang kapan bisa punya uang yg buanyaaak utk beli branded items. #Menghayalpungaklho. Konten bagus salah satunya disamping Niar jago bikin konten kece, juga rajin searching utk memperkaya ilmu.

    ReplyDelete
  6. cakep2 pakaiannya, apalagi yang tunic dress. kira2 outfit bunda maya berapaan ya harganya? wkwk.. molly jadi insekyur liat dompet euyy

    ReplyDelete
  7. Bagus-bagus ya bajunya dan cocok banget kalau di pakai Maia, tapi harganya lumayan bikin dompet nangis, tapi kalau untuk acara resmi atau formal, cocok banget tapi ada harga ada rupa, harga yang lumayan mahal pastinya sesuai dengan kualitas bahan serta desainnya.

    ReplyDelete
  8. Dress yang dikeluarkan Brand Tory BUrch ini simple tapi nyata jelas elegan dan terlihat mewah. Apalagi yang mengenakan seoarang Maia Estianty, makin looking very good. jadi mau ikutan berandai-andai bisa punya salah satu produknya Brand Tory Burch ini, bolehlah sepatu Chelsea Cap Toe Pumps Dust Storm ini, aaamiin (mimpi dulu, boleh dong...)

    ReplyDelete
  9. Aku suka ama Stylish nya Maia. Kayakanha dia pakai pakaian selalu tampak berkelas dan elegan ya mba. Dan cocok jadi BA untuk brand terkenal ini.

    ReplyDelete
  10. Naksir sm cameron jaketnya. Makin cakep kalo mb maia yg make. Emg aslinya udh cakep duluan sii. Smg suatu saat bs beli niih

    ReplyDelete
  11. Aku emang suka dengan gaya fashion Mbak Maia setelah menikah. Lebih elegan dan cantik. Sering lihat beliau pakai brand Tory Brunch. Motifnya selalu bagus dan tak biasa. Kesannya memang elegan. Cuma harganya ya bukan main. Disholawati aja deh. Siapa tahu suatu saat bisa pakai brand ini. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Cakep-cakep banget koleksinya. melekat di tubuh Maia kelihatan elegan banget ya.
    Pengen, tapi apalah daya, pasti harganya nggak bakal terjangkau oleh isi dompetku ini

    ReplyDelete
  13. Jadi inget pepatah, "ADA HARGA ADA RUPA" ya mbak Niar
    dengan adanya Tory Burch Maia Estianty ini aku jadi tahu, bahwa emang kalo barang mihil itu beda!

    Beda jauuuuh bambang! Aku sering liat semacam sepatu Tory Burch Chelsea Cap Toe Pumps Dust Storm ini tapi ga tau deh itu asli apa bukan, pengen deh punya satu, tapi kok harganyaaaa ,=....

    ReplyDelete
  14. TB ini emang keren2 banget sih dan harganya tuh emang cocok sama barangnya yang awet dan berkualitas. dulu waktu masih bolak balik biztrip, flatshoes TB paling nyaman banget dipake flight kemana2.

    kalau bajunya aku tak sangguuupp >.< hahaha

    ReplyDelete
  15. Cantiknyaa...ya Allah~
    Kalau yang pakai badannya jenjang tinggi, kulitnya bersih kaya Maya Estianti, pakai brang Tory Burch semakin terlihat sangat keren sekali.

    ReplyDelete
  16. hars hati2 ya biar ga salah pakai tory burch yang kw.
    mba maia ini sebenarnya pakai apa ja pasti cakep yaaa walau harga terjangkau tapi keliatan elegan

    ReplyDelete
  17. Keren ih pakaiannya. Desainnya mahal dan berkelas. Jadi gak mahal aja, tapi ya emang cantik dan classy. Dipakai sama Bunda Maia gitu pas banget kelihatannya

    ReplyDelete
  18. jadi ini baju brand nya bunda maia, keren sih tapi pasti mahal ya mak, hehehe

    ReplyDelete
  19. Wah, ada bunda Maia..makin kesini aura bahagianya terlihat ya. ootdnya selalu cakep, simple gitu..iya simple tapi lihat dong harganya ahahaha. Suka banget yang gaun

    ReplyDelete
  20. brand Tory Burch mendunia ya mba Buka Hanya hanya Maia Estianty yg pakai aku Juga pernah lihat bbrp Artis juga...

    Penting bngt nih mengenal ciri yg Ori apa kw biar gàk kejebak... Ngarep bngt punya Salah satu variannya 🤗

    ReplyDelete
  21. Wah Maia ternyata banyak pakai brand Tory Burch ya. Ada koleksi sepatunya juga. Tapi emang, kelebihan barang branded itu awet, bisa dipakai bertahun-tahun ga rusak, sampai bisa diwariskan 😂

    ReplyDelete
  22. Cakep-cakep amat sih, cantik dan elega... Apalagi dipakai sama maia...
    Suka sama dress yang nomor 6...
    Saya mah cuma bisa mupeng aja, hihihi...

    ReplyDelete
  23. Keren banget ya produk Tory Burch ini banyak pilihan, apalagi pas dipakai Maia makin anggun deh

    ReplyDelete
  24. Ya ampun, aku suka semuanya, Mba. Apalag i itu vintage, bikin mupeng. Sepatunya juga aku suka banget, tapi gak kuat kalau lihat bandrol harganya wkwkwkkw. Hanya tak sawang-sawang buat cuci mata

    ReplyDelete
  25. Naksir sama celananya. Akutuu paling gaj bisa bedain barang ori atau gak. Apalagi utk fashion

    ReplyDelete
  26. saya baru tahu nih brand ini tapi memang cakep-cakep ini bajunya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^