8 Cara Berbakti pada Orang Tua yang Sudah Meninggal

8 Cara Berbakti pada Orang Tua yang Sudah Meninggal – Sering kali mendengar nasihat, “Berbaktilah pada orang tuamu, mumpung masih hidup.” Nasihat yang benar namun dalam ajaran Islam, tentunya sewaktu kedua orang tua sudah berpulang pun, kita masih tetap berbakti pada orang tua.

“Apabila seseorang mati, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal: sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim 1631, Nasai 3651, dan yang lainnya).

Salah satu hadits kewajiban anak terhadap orang tua yang sudah meninggal saya kutipkan dari Rumaysho.com berjudul Cara Berbakti pada Orang Tua Setelah Mereka Tiada, sebagai berikut:

Dari Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As-Sa’idi, ia berkata:

“Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika itu ada datang seseorang dari Bani Salimah, ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orang tuaku ketika mereka telah meninggal dunia?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya (masih tetap ada bentuk berbakti pada keduanya, pen.). (Bentuknya adalah) mendo’akan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orang tua yang tidak pernah terjalin dan memuliakan teman dekat keduanya.” (HR. Abu Daud).

Cara Berbakti pada orang tua yang sudah meninggal


Hadits lain mengatakan:

“Ya, men-shalat-kan mereka, memohonkan ampunan untuk mereka, memenuhi janji mereka setelah mereka meninggal, memuliakan rekan mereka, dan menyambung silaturrahmi yang terjalin karena sebab keberadaan mereka.” (HR. Ahmad 16059, Abu Daud. 5142).

Dari berbagai sumber yang saya baca setelah kepergian dua orang tua, saya rangkum di sini cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal:

  1. Menyalatkan jenazah mereka.
  2. Berziarah di makamnya.
  3. Mendoakannya.
  4. Memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia.
  5. Menjalin silaturahmi dengan keluarga yang tidak pernah maupun yang sudah terjalin sebelumnya.
  6. Memuliakan teman dekat orang tua.
  7. Bersedekah atas nama orang tua. Sebaiknya perbanyak sedekah jariyah yang pahalanya akan mengalir terus kepada orang tua.
  8. Melakukan berbagai amal shalih (niatkan karena Allah, memulainya dengan basmalah).


Ustadz
Abdul Kholid Basalamah mengatakan memohonkan ampunan untuk orang tua bisa meringankan bahkan menghapus azab kubur orang tua di alam barzakh. Berbagai amal shalih, jangan pilih-pilih melakukannya.

Kata Ustadz Adi Hidayat – kurang lebih seperti ini dalam sebuah video:

Jangan terlalu berduka ketika ditinggal orang tua. Arahkan kesedihan menjadi energi untuk berbakti kepada orang tua yang sedang di alam barzakh.

Sekecil apapun amal shalih itu hingga yang besar  – semisal senyum kepada tetangga atau bersedekah 1000 rupiah hingga naik haji atau umroh sebab kita tidak pernah tahu kadar pahala apa yang Allah berikan pada perbuatan baik itu. Kita tidak tahu dengan amal shalih yang mana yang Allah ampuni kita.

Amal shalih banyak sekali jenisnya, mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, semua kebaikan bisa jadi amal shalih, bahkan masuk ke toilet dan bersikap baik kepada suami/istri/anak sekali pun. Sesuai tuntunan Islam, masuk toilet kan harus baca do’a. Jangan sampai lupa, ya. 😁

“Sesungguhnya ibu dari Sa’ad bin ‘Ubadah radhiyallahu ‘anhu meninggal dunia. Sedangkan Sa’ad pada saat itu tidak berada di sisinya. Kemudian Sa’ad mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal, sedangkan aku pada saat itu tidak berada di sampingnya. Apakah bermanfaat jika aku menyedekahkan sesuatu untuknya?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Iya, bermanfaat.’ Kemudian Sa’ad mengatakan pada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Kalau begitu aku bersaksi padamu bahwa kebun yang siap berbuah ini aku sedekahkan untuknya’.” (HR. Bukhari no. 2756)

Ada juga yang menyebutkan “menjaga nama baik orang tua” termasuk dalam amalan untuk orang tua yang sudah meninggal. Bisa jadi ya, menjaga nama baik orang tua kan termasuk amal shalih, ya. Cara melaksanakannya, menghindari perbuatan dosa.


Na’udzubillah,
jika terjadi perbuatan dosa, kasihan orang tua kita di alam barzakh, anaknya jadi bahan pembicaraan orang-orang di dunia. Kata salah seorang guru saya, orang tua yang sudah berpulang bakal makin berat siksa kuburnya. Wallahu a’lam.

Nah, bisa dikata, pantangan setelah orang tua meninggal adalah berbuat dosa, yaitu hal-hal yang dilarang dalam agama – tentunya semua perbuatan buruk.

Makassar, 5 Oktober 2021

 

Referensi yang bisa dibaca/ditonton:

  • https://rumaysho.com/11752-cara-berbakti-pada-orang-tua-setelah-mereka-tiada.html
  • https://www.republika.co.id/berita/qkgfbb335/cara-berbakti-kepada-orang-tua-yang-sudah-meninggal
  • https://www.youtube.com/watch?v=SoH7SoprPNw
  • https://www.youtube.com/watch?v=CjiDFk-bnis
  • https://www.youtube.com/watch?v=Uc_S_kNk79s



Share :

5 Komentar di "8 Cara Berbakti pada Orang Tua yang Sudah Meninggal"

  1. Nah, ini memang penting banget sampai orang tua mati pun sebagai anaknya kita tetap bisa berbakti untuk menolong mereka di akhirat.

    ReplyDelete
  2. Masyaallah. Semoga kita tetap bisa berbakti kepada kedua orang tua, baik semasa Beliau masih hidup maupun sudah meninggal.

    ReplyDelete
  3. apakah ini berlaku sampai ke keturunannya yang tidak langsung maksudnya cucu mendoakan kakek nenek dan seterusnya

    ReplyDelete
  4. Syukron wa jazzakillahu khoiron katsiron, Kak Niar.
    Memang sebaiknya sebagai anak harus meniru dan menghidupkan kembali kebaikan kedua orangtuanya agar senantiasa menjadi "lampu" penerang di alam kubur.

    Ini masih PR banget, kak Niar.

    ReplyDelete
  5. Bismillah ya Allah semoga aku jadi anak yang berbakti dan tetap mendoakan beliau semsa hidup maupun meninggal kelak. Meskipun bukan pribadi sempurna diriku masih banyak cela makasih udah mengingatkan bun

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^