Teman Kreasi Indonesia: Gerakan Sosial yang Menuai Penghargaan

Teman Kreasi Indonesia: Gerakan Sosial yang Menuai Penghargaan - “Mau cobain sarabba?” tawar saya pada sahabat yang tinggal di pulau Jawa. “Apa itu?” tanyanya. “Wedang jahe khas Makassar tapi ini dikemas dalam bentuk bubuk,” jawab saya. Sahabat saya mau. Tak menunggu waktu lama, saya mengirimkan sarabba yang saya maksud.

Di Makassar, sarabba biasanya dijual dalam bentuk minuman (cair). Mengirimkannya dalam bentuk cairan sangat tidak mungkin karena enaknya sarabba itu diminum dalam keadaan segar. Belum ada yang mengemas sarabba cair dalam kemasan yang tahan lama tapi tetap segar namun yang mengemasnya dalam bentuk serbuk sudah ada yang melakukannya.


Teman Kreasi Indonesia

Perkembangan UMKM di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar memang pesat sekali. Dari berita Bantuan Presiden (Banpres) yang diperuntukkan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Selatan, di media Fajar online, disebutkan jumlah UMKM yang mendaftar untuk mendapatkan banpres Desember lalu adalah 1.143.740. Itu yang terdata ya, saya yakin yang belum terdata masih banyak.

Sejumlah kawan saya kenal menjalankan bisnis UMKM-nya. Banyak yang masih bertahan di masa pandemi ini. Pandemi pasti menjadi pukulan hebat bagi para pelaku UMKM. Seperti masyarakat umum, para pelaku UMKM juga butuh bantuan agar bisa bertahan untuk terus menggerakkan bisnisnya.

 

Teman Kreasi Indonesia: Penghargaan, Inovasi, dan Sejarahnya

 

Di antara sekian dukungan untuk UMKM, ada satu yang paling menarik, yaitu yang digagas oleh  Smartfren Community dalam program bernama Teman Kreasi Indonesia. Salah satu “teman kreasi” berasal dari Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dengan produk kulinernya menjadi bagian dari 32 teman kreasi dari 30 kota/kabupaten di Indonesia. Semoga suatu saat bisa kenal dekat dengan TK Gowa ini. 

Masing-masing Teman Kreasi Indonesia dikelola oleh seorang ketua yang memiliki usaha sendiri sekaligus menjadi wadah pembinaan bagi UMKM lain di sekitar kotanya.

Pada bulan Agustus ini Teman Kreasi Indonesia dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik dan meraih penghargaan kategori khusus: Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021.

Penghargaan tersebut bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya Smartfren meraih Penghargaan Utama Kategori Sustainability dalam ajang yang sama pada tahun 2020. Untuk diketahui, IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia merupakan ajang penghargaan bergengsi yang mengapresiasi inovasi yang dilakukan berbagai pihak.


Smartfren Community
Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren
saat menerima penghargaan IDX Channel
Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Aspek-aspek yang dinilai yakni inovasi, penyelesaian masalah, kinerja, penciptaan nilai tambah di masyarakat, serta dampak yang diberikan pada perusahaan.

Dengan tema Accelerating Economic Recovery During Covid 19 Pandemi, perhelatan ini dikawal oleh dewan juri yang sangat kompeten, yaitu: Peneliti Strategi Strategi Transformasi dan Inovasi PPM Manajemen – Dr.Wahyu T setyobudi, Dr. Asnan Furinto – Lecturer of Doctor of Research in Management Universitas Bina Nusantara, Prof. Roy Sembel – profesor ekonomi keuangan IPMI International Business School, dan juri kehormatan – Menteri BUMN Erick Thohir.

Walaupun diprakarsai oleh Smartfren, Teman Kreasi Indonesia bersifat bottom-up dan organik sehingga inovasi ini dampaknya bisa lebih besar dan menjangkau masyarakat yang lebih luas dibandingkan dengan program lain yang bersifat top down.

Teman Kreasi telah membuktikan, walaupun dikepalai oleh pemilik usaha namun tidak sekadar mengejar profit usaha saja, melainkan juga mengejar kemampuan memberi manfaat untuk masyarakat sekitar.

Recognition dan apresiasi pun datang dari berbagai pihak terhadap program ini. Beberapa kepala daerah dan kepala dinas mengapresiasi Teman Kreasi Indonesia karena mendukung pemulihan ekonomi selama pandemi covid-19.

Pada bulan Januari 2020, Smartfren Community mendirikan Rumah Kreatif pertama di Kabupaten Bandung Barat yang menjadi cikal-bakal Teman Kreasi Indonesia. Pada bulan Maret 2021, nama Teman Kreasi Indonesia secara resmi diluncurkan dengan tujuan membuka peluang bagi generasi muda untuk belajar sociopreneurship dalam industri kreatif.

Teman Kreasi berjalan dengan membawa misi: “Mengembangkan semangat kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif di berbagai daerah dimana Smartfren Community berada.”

Misi tersebut dilambangkan dengan logo berbentuk anyaman yang memiliki filosofi kolaborasi kreasi atau kokreasi atau sinergi. Yang mana maksudnya adalah perlunya kolaborasi kreasi untuk menciptakan produk unggulan yang keratif dan menjual di masyarakat, terutama di masa pandemi covid-19 ini.

 

IDX Award

Kiprah Teman Kreasi Indonesia

 

Teman Kreasi menjadi suatu gerakan sosial. Contohnya Teman Kreasi Cilacap yang dikomandani Pak Jojo sebagai Direktur Teman Kreasi Cilacap merupakan owner Jajan Mamake yang turut mendukung penjualan hasil produksi UMKM-UMKM sekitarnya dengan mengadakan bazaar online bekerja sama dengan salah satu saluran tivi kabel di Cilacap yang disiarkan melalui tivi kabel dan kanal YouTube.

Produk lokal Cilacap tersebut antara lain berupa makanan tradisional seperti sale pisang, keripik batang pisang, tahu krispi, atau onde-onde. Sebelum timbulnya inisiatif bazaar online ini, kebanyakan UMKM tersebut menjual produk mereka hanya dengan cara menitipkan di toko/kios terdekat.

Selain itu Teman Kreasi Cilacap juga memberdayakan masyarakat yang terlibat dalam proses produksi Jajanan Mamake sebagai tenaga kerja serta membuka peluang masyarakat untuk menjadi reseller.

Di samping itu TK Cilacap mengadakan beberapa pelatihan yang bertujuan meningkatkan hard skill dan soft skill para pelaku UMKM di Cilacap, seperti pelatihan digital marketing dan workshop Pengemasan Sambal Awet Tanpa Pengawet.


Kiprah Teman Kreasi Cilacap


Gerakan sosial juga didorong oleh Teman-Teman Kreasi dari daerah-daerah lain. Sebut saja Teman Kreasi Tangerang, dengan Kopi dan Topi Bambu. Teman Kreasi Mojokerto dengan Eco Printing yang memberikan tuntunan serta peningkatan kapasitas UMKM-UMKM sekitar. Teman Kreasi Pekalongan dengan Pasar Sayoor Online, dan Teman Kreasi Kota Tangerang dengan Kopi Nineteen.

Pasar Sayoor dan Kopi Nineteen bahkan menyisihkan hasil penjualan dari usahanya demi memberikan bantuan berupa sembilan bahan pokok (sembako) bagi warga yang terdampak pandemi.

Hingga kini, Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang menyokong keberlangsungan > 500 UMKM yang berasal dari berbagai kota di Indonesia sekaligus membuka peluang digitalisasi bagi mereka.

Makassar, 26 Agustus 2021



Share :

21 Komentar di "Teman Kreasi Indonesia: Gerakan Sosial yang Menuai Penghargaan"

  1. Salut sama smartphone program kayak gini membantu finansial masyarakat saat terdampak pandemi, apalagi mudah banget sekarang

    ReplyDelete
  2. Mantab jiwa banget!
    Selalu bangga dgn terobosan ala Smartfren
    bisa memberdayakan dan memberikan solusi utk pengembangan masyaarakat lokal ya
    keren!

    ReplyDelete
  3. keren banget ya, inovasi Smartfren yang mengajak banyak pihak juga untuk bsia berbagi, meringankan beban di masa pandemi ini, pantas banget atas semua penghargaan yang dicapai

    ReplyDelete
  4. Program Teman Kreasi Indonesia by Smartfren ini banyak memiliki tujuan baik untuk para pelaku usaha UMKM ya, Mbak. Aku juga suka minum wedang jahe yang jahenya sudah dalam bentuk bubuk gitu.

    ReplyDelete
  5. Wah keren ini. Pelaku UMKM jadi tambah semangat menjalankan usahanya ya... Semoga perekonomian Indonesia maju pesat

    ReplyDelete
  6. wiihh, kereen. Teman Kreasi sudah sampe Gowa malah ya Bun.
    semoga semakin banyak UMKM yang menjadi bagian dari Teman Kreasi ini juga ya :)

    ReplyDelete
  7. Wuih keren nih ada yang namanya Taman Kreasi Indonesia. Dan ini ada di banyak daerah ya. Bikin orang-orang, terutama generasi muda, jadi lebih kreatif. Salut buat Smartfren. Semoga semakin banyak nih hal positif yang kayak begini.

    ReplyDelete
  8. Wah senang sekali ada provider seaktif Smartfren untuk berbagi, membantu menjadi solusi di masa pandemi..keren :D

    ReplyDelete
  9. Ada banyak sekali inovasi dari UMKM dan alhamdulillah merasa sangat terbantu bersama inovasi dari Smarfren.
    Yang kebayang adalah banya mansyarakat semakin mengenal dan dekat dengan produk anak bangsa yang memiliki kualitas gak kalah dengan pesaingnya.

    ReplyDelete
  10. Teman Kreasi Indonesia, namanya bagus. Memberdayakan UMKN melalui jaringan komunitas Smartfren. Semoga makin banyak perusahaan yang memiliki inovasi seperti ini biar ekonomi kita meningkat

    ReplyDelete
  11. Keren banget nih program CSR-nya Smartfren memberdayakan UMKM setempat agar bisa survive dan berkembang. Duh, kok jadi kangen sarabba yaa.. Inget sarabba, langsung inget kampung halaman

    ReplyDelete
  12. Teman Kreasi Indonesia sudah terbukti bisa membantu para UMKM untuk bisa maju dengan bantuan digital. Program CSR dari smartfren ini semoga terus bisa dikembangkan dan merata ke seluruh daerah untuk memulihkan ekonomi msayrakat juga

    ReplyDelete
  13. Mantap inovasi CSR dari Smartfren, pastinya bantu banget untk para UMKM di tengah pandemi begini. Btw kak, yang TEMAN kreasi dari Gowa itu produknya apa?

    ReplyDelete
  14. Smartfren keren banget sih. Dengan kolaborasi bersama Taman Kreasi bikin UMKM jadi tambah mudah utk mencapai Digitalisasi nih.

    ReplyDelete
  15. Sukses untuk smartfren semoga terus memberikan yang terbaik ya untuk penggunanya. Ditambah dengan Teman Kreasi ini makin keren dan menerbarkan ke bermanfaatan

    ReplyDelete
  16. smartfren kereeen, Teman Kreasi juga keren, semoga semakin banyak UMKM yang terbantu dengan kolaborasi mereka ya mbak :)

    ReplyDelete
  17. Program yang bagus banget nih. Bisa memunculkan jiwa kreatif dan inovatif apapun kondisinya. Siip

    ReplyDelete
  18. Seneng bacanya kalo banyak yg memberikan perhatian sama UMKM, semoga demgan program ini UMKM bisa semakin maju

    ReplyDelete
  19. Baru tau soal teman Kreasi ini ternyata ad di Makassar. Kalau misal mau daftar jadi member teman kreasi supaya dapat pembinaan umkm bisa gak kak?

    ReplyDelete
  20. Huhuhu sayangnya belum ada yaa di daerah Lombok. Semoga ke depannya bakal ada Teman Kreasi Lombok, penasaran dengan produk unggulannya. Apa ya kira-kira yang terpilih~

    ReplyDelete
  21. Teman Kreasi Indonesia ini ternyata banyak ya cabangnya, ada Tangerang, Cilacap, Mojokerto, Pekalongan juga. Bagus sih ini programnya, apalagi ada dukungan juga dari Smarfren untuk menyokong keberlangsungan lebih dari 500 UMKM.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^