5 Lowongan Kerja Surabaya Untuk Lulusan SMK

5 Lowongan Kerja Surabaya Untuk Lulusan SMK – Pada era sekarang, biaya hidup kian meningkat hingga membuat banyak masyarakat memilih bekerja sebagai fokus utamanya. Salah seorang kerabat saya seperti itu apalagi dia menyadari, tidak ada yang bisa membiayai kuliahnya jika dia ingin melanjutkan kuliah.

Alasan keuangan adalah salah satu di antara sekian alasan yang membuat banyak siswa lebih memilih mencari pekerjaan daripada melanjutkan pendidikan di jenjang kuliah khususnya untuk siswa yang dulunya bersekolah di SMK (sekolah menengah kejuruan) bagian teknik.


lowongan kerja surabaya

Pelajaran yang langsung berfokus pada 1 bidang dan berkesempatan untuk praktik langsung membuat siswa SMK mempunyai keahlian yang lebih unggul pada sebuah bidang tertentu, semisal dalam bidang teknologi, khususnya Teknik Mesin, Teknik Telekomunikasi, atau Teknik Komputer Jaringan.

Namanya sekolah vokasi kan ya, memang di dalamnya para siswa dilatih untuk memiliki keterampilan kerja tertentu. Itulah sebabnya banyak di antara para lulusan SMK inginnya bekerja dahulu dan mencari uang baru kemudian melanjutkan pendidikan sarjana jika nantinya situasi dan kondisi memang memungkinkan.

Para lulusan SMK bisa merambah beberapa bidang. Jika Anda atau ada kerabat yang lulusan SMK, di bawah ini ada ulasan mengenai lowongan pekerjaan yang bisa dicoba peruntungannya, nih.

1. Aparatur Sipil Negara

Menjadi ASN adalah idaman dari setiap orang. Selain karena gajinya yang sesuai UMK, menjadi ASN juga bisa mendapatkan tunjangan yang berguna di masa tua nanti. Kini, untuk mendaftar sebagai ASN tidak harus berpendidikan sarjana.

Untuk kalian yang lulusan SMK juga bisa kok mendaftar sebagai ASN. Beberapa instansi pemerintahan pusat serta daerah kerap kali membuka lowongan khusus bagi kalian yang berijazah SMK.

Lowongan tersebut antara lain bekerja sebagai sopir tahanan, pengawal tahanan, bidang administrasi umum, imigrasi, pengamat gunung api, dan masih banyak lagi.


lulusan smk

2. Teknisi Pemula

SMK adalah sekolah kejuruan yang mempunyai beragam macam jurusan. Beberapa di antaranya adalah yang berhubungan dengan keteknikan, misalnya saja teknik listrik, teknik otomotif, teknik industri, dan lain sebagainya.

Nah, pekerjaan sebagai teknisi menjadi suatu posisi yang banyak diincar oleh para lulusan SMK karena profesi ini familier bagi mereka. Mereka bisa bekerja sebagai teknisi di bengkel atau workshop. Selain itu, beberapa perusahaan juga membuka lebar untuk lulusan SMK menjadi seorang teknisi pemula.

Hal ini dikarenakan anak lulusan SMK dipastikan sudah pernah magang pada tahap-tahap tertentu. Tidak jarang juga, alumni sekolah vokasi juga dibekali beberapa sertifikat yang menunjukkan mereka berkompeten dan layak dipekerjakan sebagai teknisi perusahaan.

3. Staf Perusahaan

Staff perusahaan termasuk dalam salah satu profesi yang sangat diminati oleh para alumnus SMK. Hal tersebut juga tentunya didukung dengan adanya perusahaan yang merekrut siswa SMK baik yang sudah mempunyai pengalaman maupun yang masih terbilang fresh graduate.

Biasanya untuk lulusan SMK, banyak dibutuhkan pada posisi admin, yang bertugas untuk mengurus administrasi kantor atau perusahaan. Selain itu, biasanya lulusan SMK juga dipekerjakan sesuai dengan bidang yang mereka kuasai, seperti designer, junior programmer, dan masih banyak lagi.

Banyak lowongan kerja Surabaya yang menawarkan pekerjaan untuk bagian staf perusahaan dalam berbagai bidang. Jadi tak perlu takut atau gusar tidak mendapatkan pekerjaan setelah lulus SMK, ya!

4. Pebisnis atau Wirausaha

Peluang pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh seorang lulusan SMK adalah dengan menjadi pebisnis atau wirausaha. Pekerjaan ini cocok bagi yang jiwanya tidak suka terikat dengan sebuah instansi atau perusahaan dan lebih memilih menjadi pemimpin daripada menjadi karyawan.

Menjadi pebisnis atau wirausahawan tentu bukanlah jalan yang mudah. Karena nantinya pasti akan menghadapi berbagai macam rintangan dan kesulitan dalam mengembangkan bisnismu. Tak apa, toh demikianlah adanya kehidupan. Asalkan gigih belajar dan terus berjuang, siapapun bisa sukses, kok.

Namun, ketika sudah berhasil, peluangnya besar untuk mendapatkan pemasukan yang tidak ternilai. Dengan menjadi seorang wirausahawan atau pebisnis, siapapun bisa menjadi lebih bermanfaat karena mampu menciptakan lowongan pekerjaan untuk orang lain.


loker surabaya

5. Pegawai Toko

Pekerjaan yang selanjutnya adalah menjadi seorang pegawai toko. Sama seperti staf perusahaan, biasanya lulusan SMK akan ditempatkan pada bagian administrasi menjadi admin. Nah, untuk toko, tidak jarang keluaran sekolah menengah vokasi ditempatkan pada posisi kasir atau menjadi brand ambassador.

Tentu saja pekerjaan ini cocok untuk kalian yang baru saja lulus, terutama yang berasal dari jurusan Akuntansi ataupun Finansial. Pekerjaan ini banyak diminati, karena biasanya tidak terbatas hanya untuk satu jurusan.

Nah, di sekitar saya banyak kok keluaran SMK yang bisa menjalani kelima profesi di atas dengan baik dan sukses. Kalian punya cerita? Share yuk supaya bisa saling menyemangati mereka yang baru mau mencari lowongan pekerjaan.

Makassar, 18 Agustus 2021



Share :

9 Komentar di "5 Lowongan Kerja Surabaya Untuk Lulusan SMK"

  1. di saat seperti ini memang info loker perlu banget, banyak rekan yang di rumahkan. semoga rekan rekan juga bisa menyesuaikan keahlian di era WFH ini

    ReplyDelete
  2. Ah iya..ASN tahun ini buKlka untyk lulusan SMA sedwrajat ya.. Terima kasih list nya mba..pas banget nih dibaca utk fresh graduate dari SMK.

    ReplyDelete
  3. Biasanya anak-anak lulusan SMK ini sungguh kreatif dan cekatan.
    Temenku dulu kuliah lagi setelah lulus Sekolah Kujuruan ((yang masa sekolahnya lebih lama setahun dari SMA pada umumnya)) dan ini menambah point saat menjalani kuliah lagi di bidang yang ditekuni.

    Lulusan SMK memang berdaya saing dan siap kerja.

    ReplyDelete
  4. Wah, ini sangat membantu sekali utk lulusan SMK apalagi lulusan smk berdaya saing dan siap kerja.

    ReplyDelete
  5. Lumayan banyak ya mba peluang lulusan SMK
    Dan harua aku akui anak2 smk memang punya kemampuan yang ga kalah dari sma umum. Bahkan mereka udah siap kerja dengan keahlian masing masing

    ReplyDelete
  6. Dulu waktu baru lulus SMA ngincer banget lowongan jadi aparatur sipil negara biar membanggakan orangtua

    ReplyDelete
  7. Iya bener mbak. Kadang kalau jaman sekarang tuh anak lebih milih kerja dulu ketimbang lanjut study. Lagi2 soal biaya sih. Tapi apapun itu, 5 pekerjaan itu bisa dipilih anak2 yang gak lanjut

    ReplyDelete
  8. Sekarang ini info lowongan kerja dicari banyak orang ya mbak.
    Semoga yg sedang mencari kerja terbantukan dg info lowongan kerja surabaya ini.

    ReplyDelete
  9. Memang di masa pandemi ini lumayan susah mencari pekerjaan ya dengan adanya informasi lowongan begini sangat membantu job seeker ya mba.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^