Memberdayakan Facebook dan Blog dalam Berbisnis

Sumber:
http://technocrati.com

Dewasa ini, bukan hanya dunia nyata yang menjadi tempat masyarakat dunia berbisnis, dunia maya pun menjadi lahan yang subur. Toko – kini bukan hanya ada di dunia nyata, di dunia maya pun ada. Tengok saja online shop dan website yang kini banyak menjamur,  juga milis jual-beli yang menawarkan aneka produk barang hingga jasa. E-mail pribadi tak luput dari ‘serangan’ promo aneka produk.

Aliyah Baby Shop* adalah toko perlengkapan bayi yang hadir secara fisik di dunia nyata. Namun kini keberadaannya tak lepas dari dunia maya. Awalnya, owner dari Aliyah Babyshop – Muhammad Iqbal menjalankan hampir semua cara beriklan. Ia beriklan di koran, menyebar brosur, merambah iklan radio, dan mencoba beriklan via SMS. Hingga akhirnya kurang lebih setahun kemudian ia menggunakan facebook sebagai tempat beriklan.

Saat ini Aliyah Babyshop mengasuh 10 halaman dan akun facebook. Halamannya yang bernama Aliyah Baby Shop bahkan memiliki lebih dari 17.000 penyuka, lalu Cloth Diapers memiliki penyuka di atas angka 13.000. Sedangkan halaman Menstrual Pad-nya memiliki penyuka sebanyak 9.800-an. Selain itu, Pak Iqbal juga ‘menggandeng’ BB sebagai medianya. Melalui si BB ini, ia memperoleh 1200 member.  Wow, angka-angka yang fantastis untuk ukuran Indonesia!

Penggunaan media online sebagai tempat beriklan tidak pernah dibayangkan efeknya sebelumnya oleh pak Iqbal. Sekarang, penjualannya mencapai 70% dari promosi online ini. Ia bahkan mendapatkan pembeli bukan hanya dari dalam kota Makassar saja, melainkan juga dari daerah-daerah lain di seluruh Indonesia.

Ada kisah unik, seorang bapak yang lagi bertugas di Makassar (dari Surabaya) diminta oleh anaknya untuk membelikan cloth diaper di toko Aliyah Baby Shop. Produk ini sangat besar kemungkinannya ada di Surabaya namun promosi dari Aliyah Baby Shop yang terlebih dulu menjangkaunya dibanding promosi distributor barang tersebut di Surabaya.

Pergerakan pengguna facebook di seluruh dunia sejak tahun 2006 bahkan mengikuti gerak eksponensial. Artinya, pertumbuhan pengguna facebook saat ini amat-sangat pesat. Tidak heran, Indonesia sebagai negara pengguna facebook terbesar kedua di dunia sangat menjanjikan untuk menjadi media beriklan. Menurut checkfacebook.com, Indonesia masih menduduki posisi runner up (setelah Amerika) dalam daftar pengguna Facebook terbanyak, yaitu sebesar 41 juta pengguna[i]. Wow ... bukankah ini jumlah  yang sangat menggiurkan?

Kini pak Iqbal tak lagi ngoyo beriklan secara konvensional. Ia telah memiliki ritme sendiri. Facebook menjadi pilihan penting dari promosi bisnisnya. Ia bahkan membuka peluang bagi siapa saja yang jujur dan mau serius untuk bermitra dengannya.

Selain akun dan halaman Facebook, pak Iqbal juga membuatkan website untuk mendukung usahanya. Sebagai orang yang mengerti dunia IT dan internet, hal ini tidak sulit baginya. Nah, bagaimana bagi yang ingin memanfaatkan internet melalui website ataupun blog untuk mendukung usahanya seperti pak Iqbal ini tetapi masih merasa gagap?

Gampang, kalau belajar sendiri tidak memungkinkan, sekarang ada http://www.astamediagroup.com/whatweprovide/blogging-school. Sekolah blogging  pertama di Indonesia – bahkan pertama di Asia yang didirikan tahun 2009[ii] ini bisa membantu siswanya untuk memberdayakan blog/website-nya seefektif mungkin agar bisa menghasilkan uang. Nah, sembari belajar membuat website/blognya untuk berdaya guna, bisa juga diikuti langkah sukses dari pak Iqbal dalam memberdayakan facebook dalam mendukung bisnisnya.

Makassar, 18 Januari 2012
NB:

Waktu tulisan ini saya buat, penyuka halaman Aliyah Baby Shop menginjak bilangan 17 ribuan. Saat ini (23 Januari 2012) sudah menuju bilangan 19 ribuan. Betul-betul fantastis. Ini menunjukkan promosi bisnis online sangat menjanjikan.

Artikel ini diikutkan Lomba Blog ‘Bisnis Online’ Astamedia Group.



Silakan dibaca juga:





 Aliyah Baby Shop: Jl. A.P.Pettarani Kompl. Bisnis Center III Blok E-7, Makassar HP: 085231465039
[i] Informasi diperoleh dari artikel Wow, Facebook Menatap 1 Miliar Pengguna! yang ditulis oleh Ardhi Suryadhi, 16 Januari 2012
[ii] Informasi diperoleh dari artikel SELAMAT DATANG ASTAMEDIA BLOGGING SCHOOL MAKASSAR ! yang ditulis oleh Amril Taufiq Gobel, 15 Mei 2009.



Share :

17 Komentar di "Memberdayakan Facebook dan Blog dalam Berbisnis"

  1. Keren banget tokonya dilike 17000 orang @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ... gak nyangka kan. Yg lupa sy masukkan di situ, cerita ttg orang yg jemput barang pesanannya di bandara. Transit di Makassar, minta diantarkan barang ke bandara. Keren ... :)

      Delete
    2. keren, dunia maya memang bisa jadi tempat ngiklan yg murah tapi efektif :D

      btw, fb nya apa bu?
      add saya dong :D (suchi ramdani)

      *sy kok ga ngeh tempat nulis komentar di sini tanpa ngebalas di komentar org ya bu ^^a

      Delete
    3. Akhirnya, ketemu juga komen ini hehehe.
      Iya, bagusnya ditulis di kotak paling bawah. Kelihatan kah? Kalo tidak kelihatan, di sini juga tdk apa.

      Sy catat nama FB-nya. Ntar kalo buka FB sy add nah. Sekarang nda buka Fb krn nda bisa konsen balas2 komen dan BW ^__^

      Delete
    4. Betul. Kalo FB, kan biayanya cuma pulsa modem saja ya.

      Delete
  2. huaaawww k'niar paling bisa deh ...
    sukses kontesnya ya :)
    *pengen ikutan juga* hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, paling bisa apa Risa? Itu saya cuma mewawancarai owner-nya saja. Ada tawaran kerjasama tuh, berminat?
      Ayo ikutan ... ^__^

      Delete
  3. cara paling nikmat berbisnis didunia maya bisa dikerjakan dimana saja dan kapan pun kita mau, semoga sukses ya sob dengan kontesnya.
    salam kenal dan ijin follow blog ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Herry.
      Salam kenal juga. ALhamdulillah, terimakasih sekali sudah mau follow blog ini :D

      Delete
  4. keren yah ..kita harus bisa memanfaatkan kemajuan tehnologi untuk berbisnis..selain praktis bisa ol dimana saja tentunya..smoga sukes kontes nya ya mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kemajuan teknologi sekarang memang hebat .. :D

      Delete
  5. Kami dari Prodi Teknik Komputer n Jaringan Teknik Elekto Politeknik rencana akan mengadakan seminar IT Creative Business, yaa seputar "online business", Insya Allah Maret...ada yg minat ikutan.??? AstaMedia n Alyah Baby Shop bersedia ikutan sbg sponsor??hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ... tulisan ini bisa jadi 'perantara' yah? :)
      Semoga sukses seminarnya yah ... Eh, mereka bisa juga dijadikan nara sumber lho ^__^
      Bagaimana Asta Media dan Aliyah Baby Shop?

      Delete
    2. boleh tuh..
      nanti kontak saja ke P Iqbal 081342 636462

      siapa tau ada mahasiswanya yg mau magang atau kerja sambil kuliah di aliyah baby shop.!?
      atau boleh juga bermitra bisnis..

      trims
      (ALIYAH BABY SHOP)

      Delete
    3. Wah, ajakan kerja sama tuh dari Aliyah. Ayo, siapa yg berminat?

      Delete
  6. Pemanfaatan internet sangat luas, salah satunya adalah bisnis online... semangat yah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah semangat. Sukses buat anda yah :)

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^