Resep Bakmi Goreng Pedas Spesial yang Lezat

Bakmi goreng merupakan salah satu jenis makanan rumahan yang dibuat sebagai menu alternatif jika bosan makan nasi. Sajian bakmi goreng ini bisa kita buat spesial dengan menambahkan aneka bahan pelengkap yang lezat. Salah satu referensi yang bisa dirujuk terkait resep masakan bakmi adalah selerasa.com.

Well, mengapa orang menyukai bakmi goreng? Tentu saja karena cara membuatnya yang memang praktis, serta bahan-bahan yang digunakannya sederhana akan memudahkan kita ketika mengolahnya. Tapi sebelumnya saya mau cerita soal penamaan BAKMI yang oleh sebagian orang dianggap kata BAK pada MI ini berarti mengandung babi.

Aji Chen Bromokusumo, beliau adalah seorang budayawan dan Sekertaris Umum Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia (ASPERTINA) menjelaskan asal usul kata bakmi. Berikut saya kutipkan perkataannya sebagaimana dilansir dari kompas.com:

Nah, Kokoh Aji Chen Bromokusumo ini mengatakan bahwa kata “mi”, berasal dari pinyin (ejaan bunyi) mian, yang dibaca myen. “Bakmi” sesungguhnya merupakan sebutan untuk sajian mi dengan daging, oleh karena itu disebut bakmi.

Bakmi goreng pedas
Sumber asli gambar dari selerasa.com.

Sementara “bak” adalah dialek Hokkian dengan pinyin rou yang artinya ”daging”. Aji juga menyebutkan bahwa istilah kata “bak berarti babi” adalah kekeliruan yang sudah mengendap di pikiran sebagian masyarakat kita.

Nah, sampai sini sudah percaya ya kalau resep bakmi[1] yang mau saya ceritakan berikut ini tentu saja tak mengandung babi? 😊

Nah, kembali ke pembahasan tentang BAKMI, kali ini saya mau share resep dan cara membuat bakmi goreng pedas spesial bagi pembaca blog ini yang penyuka kuliner mi goreng yang buka mi instan. Check this out, ya:

Bahan utama yang dibutuhkan

  • Mie secukupnya
  • 150 gram ayam tanpa tulang
  • 150 gram kol
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 butir telur
  • 3 sdm minyak goreng
  • 10 buah bakso sapi
  • 1 batang daun bawang
  • Bawang goreng secukupnya
  • 100 gram wortel

Note: ayam bisa diganti daging cincang atau potongan daging yang diiris tipis-tipis, atau kornet ya sementara bakso sapi bisa diganti dengan bakso ikan.

Bumbu bakmi goreng:

  • 6 buah cabe merah keriting
  • 4 buah cabe rawit merah
  • 1/2 sdt kaldu
  • 1/2 sdt merica
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt garam

Bahan untuk pelengkap:

Kerupuk udang secukupnya

Cara menyiapkan bahan-bahan bakmi goreng:

  1. Pertama-tama langkah yang harus dilakukan yaitu menyiapkan bahan-bahan. Silakan ambil ayam (atau daging/kornet) yang telah Anda sediakan. Kemudian cucilah di bawah air mengalir hingga bersih. Setelah itu, tiriskan sebentar lalu Anda bisa memotong-motong ayam membentuk dadu. Jika sudah, sisihkan terlebih dahulu.
  2. Langkah berikutnya silakan cuci kol, lalu potong kasar dengan ukuran sesuai selera.
  3. Kemudian kocok telur. Lalu iris serong wortel dan daun bawang yang sebelumnya sudah Anda cuci. Belahlah bakso sapi menjadi dua bagian.
  4. Setelah itu, seduh mi yang telah disediakan sebentar saja.
  5. Selanjutnya haluskan semua bumbu bakmi goreng seperti yang sudah disebutkan di atas.


Bakmi goreng pedas


Cara membuat bakmi goreng pedas:

  1. Setelah semua bahan-bahan siap, Anda bisa langsung mengolah bakmi gorengnya. Ambillah wajan yang ukurannya pas. Lalu tuangkan minyak goreng untuk menumis. Panaskan minyak goreng sampai meletup-letup.  Perhatikan ya, kalau sudah panas, masukkan bumbu halusnya. Aduk merata dan tumis hingga bumbu matang dan harum.
  2. Jika sudah seperti itu, silakan masukan telur yang sudah dikocok lepas tadi. Aduk-aduk telur hingga berbutir.
  3. Selanjutnya boleh dimasukkan bahan-bahan lainnya seperti bakso sapi dan daging ayam. Aduk-aduk hingga merata dan berubah warna menjadi kecoklatan.
  4. Masukkan air ke dalam wajan. Aduk hingga merata dan masak hingga airnya mendidih.
  5. Setelah itu, ambil potongan kol dan wortel yang sudah disiapkan tadi. Lalu masukkan ke dalam wajan dan masak hingga setengah matang.
  6. Lalu tuangkan mi beserta daun bawang. Aduk merata hingga semua bahan tercampur.
  7. Masukkan bumbu-bumbu seperti kecap ikan, minyak wijen dan kecap manis. Aduk-aduk kembali hingga semua bumbu tercampur merata dengan bahan-bahan lainnya.
  8. Jika semua bahan-bahan sudah matang, Anda bisa mengangkat dan menyajikan bakmi goreng pada tempat saji yang sebelumnya sudah Anda sediakan.


Bakmi goreng spesial yang pedas dan lezat sudah selesai dibuat. Rasanya yang gurih dan pedas tentunya akan memanjakan lidah. Bagi para pecinta pedas, silakan tambahkan cabai sesuai selera, ya. Pastikan rasanya seperti makan bakmi mewah jika sudah memasak sendiri bakmi lezat seperti dalam resep ini.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan aneka bahan lainnya  agar bakmi lebih spesial seperti misalkan aneka sayuran, sosis, sea food dan lain sebagainya sesuai dengan selera Anda. Itulah resep bakmi goreng spesial pedas yang lezat dan mantap. Selamat mencoba di rumah. 😊

Makassar, 13 Mei 2020







[1] Dalam KBBI, mi  adalah bahan makanan dari tepung terigu, bentuknya seperti tali, biasanya dimasak dengan cara digoreng atau direbus, diberi daging, udang, sayuran, bumbu, dan sebagainya. Bakmi merupakan bagian dari tesaurus. Bagi yang awam dengan istilah tesaurus - tesaurus itu sebuah buku sinonim (dua kata atau lebih yang memiliki arti yang sama). Tesaurus sering termasuk karya terkait yang memiliki hal yang hampir sama (Wikipedia).



Share :

15 Komentar di "Resep Bakmi Goreng Pedas Spesial yang Lezat "

  1. Jadi pengen coba nanti cobain resepnya bakmi goreng pedas spesial yang lezat

    ReplyDelete
  2. menggugah selera. baca resep makanan jam segini menggoda iman ya, btw saya ngga pernah loh makan bakmi seumur-umur sedih amat yaa hahaha sukanya yang instan aja
    hehe oke deh nanti coba masak. thankyou sharingnya...

    ReplyDelete
  3. Bakmi 😍. Saya termasuk penyuka makanan yang satu ini. Cuma selalu aja, kalau beli kok rasanya lebih enak ya daripada bikin sendiri...hihi..
    Makasih resepnya mba, kayaknya musti praktekin yang ini deh.

    ReplyDelete
  4. Resep makanan yang menarik dan menggugah selera. Saya ga terlalu senang pedas, tapi kalau sedikit pedas merica dan rempah2 justru mantap

    ReplyDelete
  5. Wah bakmi goreng ini favorit saya apalagi kalau taburan bawang gorengnya banyak. Rasanya semakin mantap. Saya paling suka menikmati bakmi goreng saat saat malam hari. Oya, makasih mbak atas resepnya, nanti saya mau coba juga. .

    ReplyDelete
  6. waaa udah lama banget aku nggak makan bakmie goreng kaya gini nih, jadi pengen beli juga deh hihihi, kayanya enak nih hehe

    ReplyDelete
  7. bahan-bahannya lumayan mudah didapat ya mba dna cara buatnya juga lumayan mudah kayaknya buat saya yang pemula memasak heheeh, bisa dicobain buat menu buka nanti deh

    ReplyDelete
  8. Aduh lg puasa jd ngiler.. heheh. Baru tau asal katanya bakmi. Makasih infonya mb

    ReplyDelete
  9. AKu ngiler banget liat bakmi gorengnya ka. Jadi mau bikin juga deh. Terima kasih untuk resepnya ya ka

    ReplyDelete
  10. Waah saya baru tahu kalo penamaan Bakmi dianggap kata BAK pada MI ini berarti mengandung babi.

    Tapi Alhamdulillah sejak awal makan bakmi belum pernah yg ada kandungan babinya.

    Dan semoga itu hanya penamaan saja sih

    ReplyDelete
  11. mba, baca nya aja jadi ngiler ini 🤤🤤🤤

    mie emang 'ga ada tandingannya yah, mau diolah apapun

    ijin simpan resepnya mbaa :)

    ReplyDelete
  12. Hai Mbak, ketemu lagi. Semoga dengan silaturahmi ke Bakmi akan terus memperat pertemanan ngeblog kita ya. Hmmm ini mah mie sehat ya, nggak pake micin kayaknya hehehehehh

    ReplyDelete
  13. Suamiku seneng banget makan bakmi goreng. Akupun manut saja. Hehehe. Namun ibuku yang sudah ga tahan makan pedas, mungkin karena faktor usia kali ya. Tulisannya bikin kepengen jajan bakmi , mbak. Hehehe

    ReplyDelete
  14. Betul itu na... saya tahunya kalau bakmi itu adalah singkatan dari babi dan mi. Astagfirullah lamakumi keliru

    ReplyDelete
  15. Wih enak bgt ini, tp aku ga bisa makan pedas, paling aku miss dengan cabainya, hehehe, bakmi emang susah utk ditolak

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^