Pentingnya Backlink Berkualitas bagi Sebuah Website

Pentingnya Backlink Berkualitas bagi Sebuah Website - Pada jaman now, sudah banyak pengusaha – baik besar maupun kecil yang menyadari pentingnya keberadaan website sebagai “kantor” mereka di dunia maya. Analoginya, jika perusahaan dianggap lebih terpercaya jika memiliki kantor di dunia nyata maka sebagai gantinya, website-lah kantor mereka di dunia maya.

Sebagaimana blog, begitu banyak hal yang harus diperhatikan dalam keberadaan website. Bagi sebagian pemilik website dan blog, backlink merupakan salah satu hal yang penting untuk menunjang website mereka muncul di halaman pertama mesin pencari.

backlink berkualitas

Sebenarnya, tidak hanya backlink berkualitas saja, sih yang menjadi faktor penting, ada juga hal-hal lainnya yang berpengaruh. Seperti konten yang berkualitas, website yang fast loading (cepat membuka), dan desain yang responsif ketika dibuka pada perangkat mana pun.

Pada kesempatan ini, kita bicarakan soal backlink saja. Untuk ini saja lumayan, bisa jadi satu tulisan. Nah, mengapa backlink berkualitas itu penting?

Sederhananya, jika kita menggunakan backlink yang berasal dari website yang memiliki otoritas dan kualitas yang buruk (spam) maka ini bisa mempengaruhi performa dari website kita.

Analoginya kira-kira kalau kita mendengar testimoni penggunaan barang atau jasa dari seseorang yang sulit dipercaya karena “kualitas” atau track record orang tersebut buruk maka kita pun meragukan testimoninya lalu memilih mencari orang lain yang lebih bisa dipercaya.

Jasa Backlink Berkualitas

Nah, kembali dihubungkan dengan backlink dari otoritas website yang buruk, jika hal ini terjadi terus menerus, maka harapan untuk muncul di halaman pertama mesin pencari hanyalah angan semata. Sebab, sumber backlink yang buruk hanya akan membuat website kita terkena deindex (tidak terindeks) oleh Google.

Well, mau tahu bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas?
Apakah sulit didapat?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam hal ini, seperti:

Menggunakan Jasa Backlink


Berkembangnya ilmu pengetahuan dalam dunia IT, kini sudah tersedia para penyedia jasa backlink berkualitas dan terpercaya, dengan harga yang beragam. Namun, dalam menggunakan jasa backlink, kita harus tahu terlebih dahulu, kualitas dari daftar website yang nantinya akan memberikan backlink ke website kita.

Contextual Backlink


Dalam mencari backlink, ada pemilik dan pengelola website yang sembarang saja menggunakan teknik commenting backlink di website yang mereka temui. Sesukanya saja mereka berkomentar dengan meninggalkan backlink pada postingan blog atau website lain.

Jasa Backlink Terpercaya

Padahal, backlink yang bagus untuk sebuah website adalah contextual backlink. Dimana backlink jenis ini merupakan cara white hat (legal) yang bisa kita lakukan sendiri, ataupun lewat penyedia jasa.

Seperti apa contoh contextual backlink?

Contextual backlink adalah cara seseorang menyisipkan kata kunci dan URL di dalam sebuah artikel yang relevan, dan sesuai dengan topik dari website yang mereka miliki.

Manfaatkan Platform Blogging dengan Authority yang Baik


Di Indonesia, terdapat beberapa platform untuk blogging gratisan. Platform-platform ini memungkinkan kita untuk menulis artikel dan di-publish di sana. Tentunya, kita harus membuat artikel yang menarik, orisinal, dan juga memiliki value untuk pembaca.

Backlink Berkualitas

Nah, dari sinilah kita bisa menyisipkan link website, yaitu pada bagian profil, atau bahkan pada artikel sebagai sumber artikel yang kita buat untuk platform tersebut. Jika tidak menyalahi aturan maka moderator akan mengizinkannya. Dan semakin aktif kita, maka profil dan URL yang ada di bagian profil kita akan mudah terindeks.

Itu dia beberapa cara mendapatkan backlink berkualitas yang bisa kita terapkan untuk menunjang performa rank website yang kita miliki pada pencarian Google. Punya pengalaman sehubungan dengan hal-hal dalam tulisan ini? Share, ya di kolom komentar!

Makassar, 12 Maret 2020

Baca juga:




Share :

33 Komentar di "Pentingnya Backlink Berkualitas bagi Sebuah Website"

  1. beberapa orang mengatakan kalau backlink sudah tidak terlalu memberikan apa2 pada seo, karena indeks google sudah tidak lagi fokus di backlink tapi dari segi konten yang banyak mengandung unsur kata, makanya sekarang yang saya perhatikan rerata konten yang main seo itu punya kosa kata sampai minimal 600 sampai 700 kata, makin banyak makin bagus, tapi itu baru sebatas teori orang2,...maksud saya begini, kalau ada bantuan untuk satu pekerjaan agar pekerjaan itu mudah dan cepat selesainya kenapa tidak di ambil, sama dengan backlink, selama google tidak menjadikan itu sebagai sesuatu yang ilegal yang di buat saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Backlink itu tetap memegang peranan penting untuk seo terutama untuk authority website, cuma memang content tetap harus berkualitas jadi dua duanya bukan faktor yang berdiri sendiri namun keduanya saling melengkapi. Content tanpa backlink tidak akan perform begitu juga sebaliknya, begitu sependek pengetahuan saya dan hasil tanya-tanya sama yang lebih kompeten. :)

      Delete
  2. Apakah dengan berkomentar seperti ini adalah backlink yang baik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya yang berpengaruh adalah konten pada postingan. Pernah nanya ke teman yang sudah jago,kurleb demikian.

      Delete
  3. Wah mba Mugniar, ma kasih yaa.. ini pas banget info yang lagi saya cari. Tentang Backlink berkualitas. Saya bookmark aah.

    ReplyDelete
  4. Ada ya jasa penyedia backlink? Saya baru tahu hal ini lho mbak.
    Tapi tetap harus di lihat juga performa situs pemberi backlink nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, Mbak ... sama-sama harus bisa dipercaya ya

      Delete
  5. Aku baru tau mbak kalo ternyta ada jasa backlink berkualitas. Ini bisa aku bintangin dulu

    ReplyDelete
  6. dulu orang2 rame2 pakai generator biar bisa nyisipkan backlink ke dot edu dan gov, sekarang udah ga ngefek lagi, 1 1 nya memang harus langsung menyisipkan ke website yang benar2 berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillahnya Google berbenah terus ya Bang Sabda. Sekarang benar-benar konten berkualitas yang diusahakan menduduki pencarian terbaik.

      Delete
  7. Iya bener ini Kak Niar.
    Kapan hari aku baca sharing master SEO juga menyarankan pentingnya backlink yg berkualitas, bisa naikkan DA PA kita juga

    ReplyDelete
  8. Wah seriusan ya jasa backlink ada? Kirain kita aja gitu yang masukin lonk kita di mereka dgn buat akun hehe

    ReplyDelete
  9. Sungguh aku juga baru tahu ada penyedia jasa backlink berkualitas.
    Brilian banget idenya ya!
    Mak Niar sudah pernah, pakaikah?

    ReplyDelete
  10. Jaman now emang jasa backlink menjamur, temen2 ku sendiri dunia IM pada bikin, lumayan emang apalagi kalo kerjasama sama Blogger. Cuma beneran harus hati2, jangan sampe backlinknya merusak perfoma blog kita.

    ReplyDelete
  11. Nah ini, aku lagi mau mulai nyari backlink dari web besar semacam goodreads atau kompasiana. Lagi atur jadwal biar bisa nulis di sana-sini

    ReplyDelete
  12. Waaah aku harus banyak baca lagi nih tentang backlink berkualitas soalnya emang pengetahuanku masih terbatas untuk dunia perblogeran. Terima kasih sudah menuliskan artikel ini ya mbak, sangat bermanfaat buat aku yang minim ilmu.

    ReplyDelete
  13. Iyesss setuju banget sih kalo backlink yang berkualitas untuk web itu kudu yang bagus authority nya. Aku juga suka blogwalking di web dengan authority tinggi, ninggalin komentar di sana katanya bikin web kita bagus

    ReplyDelete
  14. Backlink berkualitas penting yaaa utk meningkatkan performa blog. Sementara ini aku masih ngandelin backlink dr blog lain yg kukelola.

    ReplyDelete
  15. Backlink emang penting bangetttt buat kita blognya. Apalagi yang usaha duh banyak backlink banyak cerita ninggiin kepercayaan

    Cuma ya itu backlinknya kudu yang bagus ya mak

    ReplyDelete
  16. Backlink ini yang bikin performa semacam DA jadi naik yaa, kak?
    Ada hubungannya dengan pejwan gak, kak Niar?

    ReplyDelete
  17. Performa blog ditentukan backlink juga yah, jadi memang ada pengaruh pentingnya . Harus nyari backlink yang kuat dan bagus yah.

    ReplyDelete
  18. Backlink kayaknya masih ampuh untuk sekarang soalnya tanpa backlink, blog kayak toko sepi pengunjung. Tapi kadang saya heran, masih ada saja orang yang iseng kasih backlink yang aneh.

    ReplyDelete
  19. Mba kalau aku komen begini pake url juga nitip backlink ga sih? maish belum mudeng dengan dunia backlink dan seo huhuhu

    ReplyDelete
  20. Mba, yang poin terakhir itu maksudnya gimana? Pasang backlink ke blog kita via kompasiana atau kumparan gitu kah misalnya? Belum pernah nyobain kalau kayak gitu.
    Pengin juga nyobain nih.

    ReplyDelete
  21. makasih infonya mbak, nggak paham aku soal backlink tapi katanya kalo blogger kudu paham yaa yg nginian

    ReplyDelete
  22. Makasih infonya Mak. Kudu membangun jaringan ya agar bisa peroleh backlink berkualitas.

    ReplyDelete
  23. Kalau mau backlink free backlink yg diitung google bukan backlink mnurut tool" online, sni mampir

    ReplyDelete
  24. Back link yg tepat menaikkan blog kita d pencarian google ya mba. Klo ada dananya enak bisa pake jasa backlink heheh

    ReplyDelete
  25. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. I love seeing blog that understand the value of providing a quality resource for free. backlink

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^