Drama Ojek Online: Tak Dengar Ucapan Terima Kasih,Ya?

Biasanya kalau berterima kasih sama driver OJOL (ojek online), akan direspon begini, "Sama-sama." Atau: "Iya." Atau sekadar melepas senyum sembari menoleh kepada penumpangnya.

Tapi driver yang ini diam saja. Pun ketika anak-anak mengucapkan terima kasih.

Si bungsu langsung berkomentar, "Ndak dengal, ya?" (for your information, si bungsu ini masih cadel).

Afyad mengulangi lagi ucapannya, "Telima kasih, Om."

Tetap saja si om diam. Bahkan menoleh sedikit dan mengangguk pun tak dia lakukan. Ucapan terima kasih dari anak-anak tak menggugahnya sama sekali padahal biasanya orang dewasa akan merespon ucapan terima kasih yang tulus dari seorang anak dengan baik.

Mama tahu pak sopir mendengar koq karena dalam perjalanan ketika sudah mendekati rumah dia mengonfirmasi arah dan pendengarannya bekerja dengan baik. Buktinya dia tak pernah menoleh sekali pun ketika mama menjelaskan arah.

Pun dia tak pernah mengulangi pertanyaannya dan itu pertanda dia mengerti penjelasan mama. It means he heard what I said, toh?

Ah, kondisi orang beda-beda. Kemampuannya dalam menanggapi ucapan terima kasih juga berbeda. Atau mungkin dia lagi lelah meski cuaca di luar mendung-bersahabat dan dia berada di dalam mobil ber-AC.

Memang tak semua orang merespon seperti yang kita harapkan. Yang penting sudah berterima kasih kita, ya.

Kejadian ini membuat Mama bersyukur. Bersyukur bahwa bungsunya yang speech delay memperlihatkan satu perkembangan lagi, yaitu mampu merespon reaksi orang lain. Berarti dia sudah tahu bahwa sebaiknya ucapan terima kasih itu ditanggapi dengan baik. Dan bahwa Afyad memang sudah mengerti harus mengucapkan terima kasih.

Memang, selama ini kalau naik kendaraan OJOL, dia mengucapkan “terima kasih” ketika hendak turun dan biasanya dia tak berhenti mengucapkannya sebelum ditanggapi oleh driver. Tanggapan baik selalu dia terima, kecuali pada hari ini.

Satu pelajaran lagi, jangan berekspektasi apapun ketika mengucapkan sesuatu untuk orang lain. Yang penting kita sudah melakukan hal baik atau sudah mengucapkan hal baik yang merupakan bagian kita. Bukan begitu? 💚

Makassar, 14 November 2019



Share :

7 Komentar di "Drama Ojek Online: Tak Dengar Ucapan Terima Kasih,Ya?"

  1. Perkembangan ya baik ya Mbak, jika anak sudah dapat mengerti arti dari respon seseorang kepada dirinya.

    ReplyDelete
  2. Kita memang harus mengajarka anak untuk berterimakasih dan bersyukur atas segalanya sedini mungkin ya Mbak.

    ReplyDelete
  3. Memang kondisi orang berbeda-beda ya Mbak, kita tidak bisa memaksakannya.

    ReplyDelete
  4. Berterimakasih itu memang sangat penting ya Mbak, untuk sekedar memberikan penghargaan kepada seseorang.

    ReplyDelete
  5. Kita memang perlu memberikan pemahaman yang baik kepada anak ya Mbak.

    ReplyDelete
  6. Perkembangan ya bagus ya Mbak, semoga semakin pintar lagi kedepannya.

    ReplyDelete
  7. diajak belajar memaklumi saja mbak, jarang-jarang ada anak yang fasih mengucapkan terimakasih

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^