Dahsyatnya Pucuk Coolinary Festival di Makassar

Dahsyatnya Pucuk Coolinary Festival di Makassar – Saya masih saja terheran-heran jika melewati jalan-jalan kota ini. Banyak sekali warung kopi, kafe, dan restoran bertebaran tetapi banyak juga yang ramai. Mulanya saya pikir, akan banyak di antara usaha itu yang mati namun salah, jauh lebih banyak yang bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

Mengenai apa alasannya, kesimpulan sementara saya akan fenomena ini adalah bahwa warga kota ini kebanyakan memang suka makan dan nongkrong di warung kopi, kafe, dan restoran. Maka tepatlah jika Pucuk Coolinary Festival dilangsungkan di Makassar pada 2 – 3 November kemarin.


Pengakuan Makassar sebagai “Kota Wisata Kuliner” oleh Kementerian Pariwisata pada tahun 2016 menjadi landasan kuat dipilihnya Makassar sebagai kota ke-4 tempat dilaksanakannya festival kuliner terbesar di Indonesia, setelah Yogyakarta, Medan, dan Palembang.



Apa Itu Pucuk Coolinary Festival


Pucuk Coolinary Festival (PCF) adalah festival kuliner terbesar yang diadakan oleh Tek Pucuk Harum. Alasan menyebutnya sebagai yang terbesar adalah karena tenant yang menjadi pesertanya lebih dari 100. Luar biasanya, Teh Pucuk Harum tak memungut biaya pendaftaran kepada para pemilik tenant dan hasil penjualan sepenuhnya kembali kepada tenant.

Teh Pucuk Harum diambil dari pucuk teh pilihan (pucuk paling atas) yang diseduh dengan baik dan halal untuk dikonsumsi. Minuman yang diproduksi oleh PT. Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011.


Alasan Epic untuk ke Pucuk Coolinary Festival


Datang ke PCF berasa epic karena telah membantu hajat hidup para pelaku UMKM kota ini. Begitu bukan? Eh atau saya yang terlalu merasa such an  epic lady. 😏

Apa yang dilakukan oleh Teh Pucuk Harum ini sangat membantu geliat pertumbuhan ekonomi di Makassar. Capaian pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan sebesar 7,07% pada tahun 2018 (di atas rata-rata nasional 5,31) sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bapak Kadis Perindustrian dan UMKM Sulawesi Selatan [1] pada acara pembukaan bisa terlampaui lagi di tahun ini.

Menyimak pembukaan dari tenda yang disediakan.

Keistimewaan Pucuk Coolinary Festival


Pada 31 Oktober di Hotel The Rinra saat media gathering, Debora Christiany – Assistant Brand Manager Teh Pucuk Harum mengatakan bahwa lebih dari 100 UMKM itu dikurasi selama sebulan oleh tim festival kuliner ini.

Maka percaya saja kesemua tenant bukan kaleng-kaleng, apalagi ada syarat kalau mereka harus punya outlet di kota ini. Di lapangan parkir Mal Phinisi Point (Mal Pipo), kesemua tenant tersebut dibagi ke dalam 3 zona: zona gurih, zona pedas, dan zona manis. Sungguh tak mudah memilih yang mana yang akan dicicipi demi melihat jejeran tenant yang berbaris rapi.

PCF Makassar
Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Makassar Evi Apriliaty, SE, MM

Saat saya sambangi bersama teman-teman bloger pada pagi 2 November, di panggung utama berlangsung hiburan berupa tarian adat yang dilanjutkan dengan sambutan dari National Sales & Promotion Head PT. Mayora Indah Tbk., Henry David Kalangie.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Makassar, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Perindustrian dan UMKM Sulawesi Selatan, H. Ahmadi, SE. MM dan Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Makassar Evi Apriliaty, SE, MM pun hadir guna mendukung terlaksananya acara ini. Selain keduanya, hadir pula Daeng Ical – mantan wakil walikota periode lalu.

Kepala Dinas Perindustrian dan UMKM Sulawesi Selatan,
H. Ahmadi, SE. MM

Sebagian besar tenant sudah terisi. Mumpung belum jam makan siang, saya bersama teman-teman blogger Makassar ngadem dulu di tenda Media yang sejuk karena berpendingin ruangan. Di dalam tenda ada Mbak Debora Christiany – Assistant Brand Manager Teh Pucuk Harum yang masih berkenan menjawab pertanyaan dari para bloger dan jurnalis.

Mbak Deby menjawab pertanyaan saya mengenai sesi Happy Hour di PCF. Setiap hari ada 2 kali Happy Hour, di mana pada saat itu para pengunjung bisa mendapatkan voucher potongan harga sebesar Rp. 10.000 dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pak Henry Kalangie (paling kiri), Daeng Ical (kedua dari kanan).

Mbak Deby menjelaskan mengapa Makassar dipilih, seperti yang juga sudah saya paparkan di atas mengenai “Kota Wisata Kuliner”, tentunya juga karena memang Makassar sudah terkenal dengan kelezatan kulinernya.

Di PCF, para penikmat live music bisa menikmati hidangan sembari menyimak pertunjukan di panggung utama. Ada Spicy King Noodle Contest juga bagi pemburu lomba makan. Bagi yang nyalinya gede menghadapi makanan pedas, inilah kesempatannya unjuk kekuatan perut dan lidah 😅. Jangan khawatir, Teh Pucuk Harum menjadi minuman pendamping ketika berlomba.

Mbak Devy (kiri).

Alasan Datang ke Pucuk Coolinary Festival


Yang jelas, yang patut diketahui adalah alasan mengapa harus datang ke festival kuliner ini dan jika kelak dilaksanakan lagi, mengapa kalian harus datang. Alasan yang paling keren tentunya adalah jika kalian pendukung UMKM, tunjukkan dukungan kalian pada acara ini.

Alasan kedua adalah karena di tempat ini kalian bisa belanja hemat. Boleh dibilang tenant tak menaikkan harga jual produk mereka karena tak ada “pajak”yang harus disetorkan kepada pihak Teh Pucuk Harum. Jika di gerai mereka harga yang ditawarkan Rp. 15.000 misalnya maka di PCF ini segitu juga harganya.

Salah satu dari 2 motor, hadiah undian untuk pengunjung.

Alasan ketiga adalah karena di PCF Makassar ini semua pengunjung dan semua tenant diundi dan pemenangnya mendapatkan hadiah. Ada 2 unit motor Yamaha NMAX untuk pengunjung dan ada uang senilai 15 juta rupiah bagi masing-masing 3 tenant terfavorit, pada zona: Gurih, Pedas, dan Manis.

Saat membayar, penjaga tenant memberikan struk sebagai tanda bukti pembayaran. Struknya ditukarkan dengan kupon, berupa kupon untuk tenant dan untuk si pengunjung sendiri. Di saat Happy Hour itu juga dibagikan 10.000 porsi/bungkus otak-otak yang ditukarkan dengan botol bekas Teh Pucuk Harum.

Otak-otak ditukar dengan botol bekas Teh Pucuk Harum.
Penjaga booth menuliskan struk. Nanti struk ditukar kupon.
Tempat penukaran kupon dan vote UKM favorit.

Menariknya, kita sekalian membantu mengumpulkan sampah plastik yang nantinya akan didaur ulang dan usaha kita “dibayar” dengan otak-otak. Lumayan, kan. Dari rumah saya membawa 6 botol bekas, ikut antre bersama para pengunjung lain. Saya memasukkan botol-botol itu ke dalam kontainer yang disediakan. Petugas mencatat dan memberikan kupon pengambilan otak-otak.

***

Setelah berpeluh-lelah mengelilingi booth demi booth lain, saya pun menjatuhkan pilihan pada Siomay dari Batagor 21 di Zona Gurih, Roti Maros dari Zazil Bakery di Zona Manis, dan Tahu Crispy dari Tahu Crispy Maharani serta Ayam Skak dari Chicken Skak di Zona Pedas.

PCF hari ke-2 malam hari. Foto: Teh Pucuk Harum.

Siomaynya saya makan di lokasi, ditemani Teh Pucuk Harum Less Sugar yang segar. Sebagai mamak yang baik, Roti Maros, Tahu Crispy, Ayam Skak, dan sejumlah Teh Pucuk Harum saya bawa pulang untuk oleh-oleh bagi seisi rumah. “Enak, Ma. Rotinya enak, tahunya enak, ayamnya juga enak,” ujar mereka. Minumannya tak usah ditanya lagi, mereka menikmati Teh Pucuk Harum.

tenant favorit mendapatkan hadiah. Foto: Teh Pucuk Harum. 
Andmesh. Foto: Teh Pucuk Harum.



Makassar, 4 November 2019

 



[1] Selain mengenai pertumbuhan ekonomi, Pak Ahmadi juga menyampaikan mengenai angka IPM Sulawesi Selatan pada tahun 2018 yang mencapai angka 70,90. Secara nasional capaian ini berada di peringkat 14, status level tinggi. Nilai gene ratio menurun sebesar 0,399, ini menunjukkan ketimpangan ekonomi berada pada kategori rendah. Dalam artian bahwa tingkat pendapatan ekonomi menengah juga meningkat, bukan hanya ekonomi atas. Nah, UMKM, lah yang mengambil peran penting di sini.



Share :

49 Komentar di "Dahsyatnya Pucuk Coolinary Festival di Makassar"

  1. Kebayang makan panas2 pedas minumnya teh pucuk dingin, endeuus:)

    ReplyDelete
  2. SERUUU BANGEETTT nih, Teh Pucuk Harum mampir ke Makassar!!
    Surabaya malah belum pernah ada.
    Sekitar setahun lalu, aku ikutan press briefing-nya Pucuk Coolinary Festival di Malang, Jatim. The real culinary festival ini mahhh :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya, acaranya di Malang ya, Mbak Nurul ... Pas event-nya, Mbak Nurul ndak datang?

      Delete
  3. Saluuttt. Baru kali ini ada acara food fest yang peduli sama sampah. Terharu aku tu, haha. Suka ngeri euy lihat tumpukan sampah di food fest gini. Semoga bikin acara di Solo juga nih Teh Pucuk. Mana kerennya lagi zona makanan pun dibagi ya. Manis, pedas, gurih. Biasanya mah dicampur aja udah, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan ada yang mendaur ulang botol bekas Teh Pucuk Harum, Mbak. Mantap.

      Delete
  4. Paling suka datang ke festival kuliner gini kak, sekaligus bingung mau cicipin menu yang mana hihihi, lucu ya ada zona gurih, manis dll, dan mereka peduli sampah banget..keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha asli bingung. Sekian menit kuhabiskan untuk putar-putar dan menimbang-nimbang hendak beli apa 😁

      Delete
  5. saya bakal betah di zona gurih, nih. kalau ajak mama pasti berlama2 di zona pedas. kalau anak2 sudah pasti ada di zona manis dan gak mau lekas pulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya, pokoknya bakalan betah lama-lama sampe uang habis 😅

      Delete
  6. Ikut bahagia juga ya kalau kita membeli makanan yang dihasilkan oleh UKM. Bagus banget nih Pucuk Coolinary Festival mengajak para pemilik UKM untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Kapan ya ada festival seperti ini di Semarang, pengin juga euuyy ngerasain jajan asyik aneka kuliner yang enak enaaakkk

    ReplyDelete
  7. Rame banget pesertanya mpe 100. Aku kalau datang kesitu bakal gak saraoan dulu. Biar bisa cobaain banyak kuliner, wkwkwk. Maruk yaa? Susah menepis godaan makanan mak.

    ReplyDelete
  8. Wah, ada bagi-bagi otak-otak makassar yang enak banget pastinya...Kalau ada festival kuliner gini pasti betah ya mba...keliling terus buat jajan hehehe

    ReplyDelete
  9. Senangnya bisa kulineran di Pucuk Coolinary Festival, bersih juga areanya, makanananya banyaaakk, asik juga karna sambil dihibur lagu-lagu keren

    ReplyDelete
  10. ada happy hour nih yang bisa dapetin voucher potongan harga sebesar Rp. 10.000 seruuuu ih.

    ReplyDelete
  11. Ternyata warga Makassar emang suka kulineran ya. Makanya event kayak gini jadi sukses berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuuu bangettt!
      Puas2in deh kulineran kalo ada Pucuk Coolinary Festival macem giniii
      asik asiiikk
      --bukanbocahbiasa(dot)com--

      Delete
  12. Waaaw...pesta kulineran ini ya mba judulnya. Di Jogja pernah juga bbrp bulan lalu, tapi aku telat info. Padahal klo bisa di event..pasti aku betah di zona pedas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuhh... kayaknya cuma Semarang yang dilewatin begitu aja ya. Sedih akutu kalau kayak gini. Padahal pengin juga merasakan sedapnya aneka masakan dari festival kuliner yang satu ini.

      Delete
  13. Roadshow ternyata ya kak.. pesta bnget ini bisa kulineran sepuasnya kmrn pas d Jakarta akapun datang

    ReplyDelete
  14. Minuman teh kegemaran kebanaykaan masyarakat Indonesia ya mbak. Keren ini acara pucuk coolonary festival diadakan di berbagai daerah

    ReplyDelete
  15. wah, aku menanti nanti ada festival kuliner pucuk harum di Solo. Asyik banget deh kalau bisa dibagi jadi zona yang berbeda, kita bisa langsung menuju ke zona yang kita suka

    ReplyDelete
  16. Apapun makanannya minumnya teh pucuk... Yang pecinta teh ini suamiq.. Coba ada acara ini di tangsel seneng pasti dia..

    ReplyDelete
  17. Waah giliran Makassar ya sekarang ada Festival Kuliner Teh Pucuk Harum. Kotaku udah kebagian di bulan-bulan sebelumnya mba, memang seru banget eventnya. Betah aku nggak pengen pulang, maunya makan terus. Haha.

    ReplyDelete
  18. Keren banget acaranya mbak, pasti meriah banget ini.. Apalagi yang buat aku salut adalah festival ini perduli dengan sampah

    Btw, aku juga suka banget sama Teh Pucuk karena buat aku manisnya pas banget

    ReplyDelete
  19. Wahhh ada PCF jg di Makassar.
    Sering bgt liat info event ini, pgn bgt sekali2 dtg pgn coba2in makanan2nya disana.

    ReplyDelete
  20. Acara ini selalu seru ya mba. Banyak kuliner yang bisa dinikmati juga pasti

    ReplyDelete
  21. Wah Teh Pucuk Harum ini favoritnya kakak saya, nih. Acaranya seru dan keren banget ya karena mendukung UMKM untuk lebih maju. Dan itu mau dooong Yamaha NMax heheheh.

    ReplyDelete
  22. Wah acara festivak kulinernya "bergizi" banget nih!
    Konsepnya keren!
    Mendukung UMKM, edukasi sampah plastik, menyantap kuliner favorit dan hadiah.
    Mantul!

    Ditunggu di Balikpapan ya :)

    ReplyDelete
  23. Gak bisa bayangin kalo aku di situ kalapnya bakal kayak apa mbak hihi.

    ReplyDelete
  24. Saya tuh paling semangat banget kalau ada festival kayak gini, mbak. Suka datengin bareng anak-anak hahaha semacam wisata murah meriah. Semoga bisa hadir di Solo, seingatku terakhir sih diadakan di Yogyakarta.

    ReplyDelete
  25. Saya penasaran sama pemenang doorprize Yamaha NMAX. Siapa ya? Pasti senang sekali. Seandainya ada waktu, pengen rasanya seharian pantengin undian NMAX di sana. Hahaha

    ReplyDelete
  26. Surga banget rasanya...makanan enak berjejer gitu tinggal pilih mau yang mana. Waaah seru banget. Udah gitu eventnya ramah lingkungan pula, karena bisa tuka botol plastik kosong dengan otak2. asyiikk

    ReplyDelete
  27. Bisa nikmatin semua Jenis kulineran ya mba keren acaranya mau lagi ini klo Ada d Jakarta kmrn jugs seru smp bingung mau makan apa saking bnyak☺️☺️

    ReplyDelete
  28. Wuih, makanannya beragam. Mau makan apapun minumnya teh Pucuk selalu endes ya :)

    ReplyDelete
  29. Seru banget acaranya ini mba. Bisa kulineran sepuasnya dong mba. Ku belum pernah ikutan soalnya

    ReplyDelete
  30. Acaranya luar biasa meriah benget yah mbak, ditunggu banget nih acara di Jakarta semoga pecah seperti di Makassar

    ReplyDelete
  31. Dinantikan di berbagai kota ini ya event pucuk cooliary festival, beruntung banget bisa singgah di kotanya mbak Niar

    ReplyDelete
  32. Langsung lapar baca artikel ini. Seru banget nih acaranya. Ada 100 tenant pula. Bisa puas nih milih makanan. Bukan main ya event kuliner ini. Sukses besar.

    ReplyDelete
  33. festival pucuk coolinary di Makassar ini beneran dahsyat ya mba.

    ReplyDelete
  34. Event Pucuk Coolinary Festival bisa buat kulineran aneka makanan di berbagai booth yg tersedia di PCF ini. Apalagi pilihan kulinernya beragam. Mantull best dah

    ReplyDelete
  35. Seru ih bisa nikmatin kulineran kayak gini... Surga bangeet ya

    ReplyDelete
  36. Oh iya saya baca flyer pengumumannya kalau Teh pucuk akan mengadakan coolinary Festival di Makassar. Sayang di kota saya belum ada Kak.

    ReplyDelete
  37. Waduh.. itu hari kedua rame bangeet. Kalau ada acara kulineran gini suka bangeet. Menanti kehadiran pucuk kuliner festival di Jakarta lagi nih.

    ReplyDelete
  38. Pucuk Coolinary Festival memang selalu seru. Pilihan kuliner beragam dan mantap jiwa rasanya. Bertabur hadiahnya dan yang paling ketje peduli akan sampahnya. Semoga makin banyak kota yang bisa dikunjungi sehingga makin banyak yang bisa menikmati

    ReplyDelete
  39. Event-event yang peduli dengan kuliner khas gini aku paling suka dan ternyata kelebihannya lagi Pucuk Coolinary Festival prepare banget dengan kebersihan

    ReplyDelete
  40. Daku masih belum move on dari Pucuk Coolinary di Yogya. Kurang puas karena nggak bisa nyicipi semua makanan yang ada di boothnya. Senang ya ada event Pucuk ini di berbagai kota, termasuk Makassar.

    ReplyDelete
  41. Eventnya teh pucuk ya ...moga diadain di jkt temanyab kuliner makasar, sy taunya kuliner makasar cuma coto makasar heheh

    ReplyDelete
  42. saya terkesan acara pembukaannya membawa unsur budaya Makassar dengan tarian 4 etnisnya.. bangganya saya jadi anak Makassar..

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^