Investasi Syariah Terbaik Bebas Riba

Investasi Syariah Terbaik Bebas Riba - Investasi ialah istilah yang kerapkali digunakan untuk hal hal yang berkaitan dengan uang maupun ekonomi atau disebut dengan penanaman modal. Investasi sendiri merupakan kegiatan menyimpan harta benda pada suatu perusahaan maupun badan usaha. Ada yang menggolongkannya ke dalam jenis “konvensional” dan “syariah”.

Jaman now, sudah banyak sekali pasangan milenial yang melek dalam berinvestasi. Saya kerap membaca pengalaman teman-teman blogger yang sudah melakukan investasi, baik secara konvensional maupun syariah. Untuk investasi syariah juga sudah banyak yang mengadakan edukasi.

Nah untuk tujuan dari investasi sendiri agar seseorang mendapatkan keuntungan setelah menanamkan modalnya. Meski demikian tidak sedikit lho, investasi bodong atau abal-abal yang harus Anda waspadai dan hindari.

di mana Investasi Syariah Terbaik gambar dari Pixabay
Untuk investasi syariah sendiri merupakan jenis investasi atau penanaman modal yang berdasarkan kitab suci  al Qur’an juga hadits untuk pengelolaan layanannya. Investasi syariah juga memiliki beberapa keunggulan dan keuntungan bagi penggunanya.

Beberapa keunggulannya seperti, gharar, maisyir, bebas dari riba juga manajemennya secara islami. Akan tetapi, di manakah investasi syariah terbaik itu? Well, berikut ini beberapa tempat yang dapat Anda gunakan untuk berinvestasi secara syariah (sumber: Duwitmu.com):

Pasar Modal Syariah


Ketika Anda bertanya di mana investasi syariah terbaik yang patut kita coba? Jawaban pertama ialah di pasar modal syariah. Pasar modal syariah sendiri merupakan kegiatan pasar modal yang tidak bertentangan dengan syariat yang ada.

Pada umumnya kegiatan ini sama seperti pasar modal lainnya, seperti jual beli efek (saham, sukuk) juga penyertaan modal. Nah yang membedakannya ialah mekanisme transaksi dan produk yang tidak boleh bertentangan dengan prinsip syariah. Meski demikian, tidak semua saham yang dibeli melakukan aktivitas sesuai syariah. Butuh investigasi lebih lanjut.

Deposito Syariah


Tempat kedua untuk berinvestasi yang terbaik ialah deposito syariah. Produk yang satu ini sudah begitu populer dan tidaklah asing. Hampir di setiap bank syariah meluncurkan produk yang satu ini sebagai produk unggulan. Untuk perbedaan deposito syariah dan konvensional sendiri ialah dalam hal pembagian untung.

Jika konvensional menggunakan sistem bunga bank maka syariah menggunakan sistem bagi hasil yang akan menguntungkan bagi kedua belah pihak. Anda dapat memilih berapa lama jangka penyimpanan, waktu yang disediakan biasanya 1, 3, 6 sampai 13 bulan.


di mana Investasi Syariah Terbaik


Saham Syariah


Di mana investasi syariah terbaik selanjutnya? Nah, untuk selanjutnya Anda dapat mencoba berinvestasi pada saham syariah. Untuk saham sendiri merupakan konsep musyrakah atau syirkah yang memiliki penyertaan modal dengan hak bagi hasil usaha itu sendiri.

Sekarang sudah ada pengusaha-pengusaha muda menerapkan sistem ini di dalam usahanya jadi Anda bisa bergabung menjadi mitra mereka tanpa perlu membangun dari nol. Contoh usaha yang menerapkannya adalah Haflah Wedding yang concern pada penyediaan gaun pengantin muslimah bagi mereka yang  low budget.

Saham sendiri merupakan surat bukti bagian modal dari suatu PT yang dapat diperjualbelikan. Perbedaan saham syariah ialah Anda tidak berinvestasi di perusahaan yang menjual atau kegiatannya bertentangan dengan syariah.

Reksa Dana Syariah


Investasi yang satu ini merupakan wadah investasi kolektif yang dikelola oleh manajer investasi. Manajer akan menginvestasikan dana kelolaan tersebut ke efek syariah berupa sukuk, saham syariah, maupun instrumen syariah lainnya.

Anda tidak perlu khawatir karena reksa dana syariah dalam pelaksanaannya diawasi ketat oleh MUI. Hal ini tentunya akan membuat Anda lebih tenang dan tidak merasa waswas ketika berinvestasi di reksa dana syariah. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Asuransi Syariah


Untuk pertanyaan terakhir, di mana investasi syariah terbaik sebaiknya dilakukan ialah asuransi syariah. Beberapa tahun belakangan, asuransi syariah mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Perbedaan asuransi syariah dengan konvensional ialah pemegang asuransi bertindak sebagai pemilik dana sedangkan perusahaan sebagai pengelola dana saja. Hal ini membuat perusahaan asuransi tidak dapat  menggunakan dana tanpa seizin pemilik dana. Keuntungannya pun merupakan bagi hasil, bukan bunga.

di mana Investasi Syariah Terbaik Gambar oleh Michael Krämer dari Pixabay
Demikianlah beberapa tempat di mana investasi syariah terbaik dapat Anda lakukan. Kalau masih ada yang belum tertuang di dalam tulisan ini, silakan beri masukan di kolom komentar. Tetaplah waspada dan berhati hati dalam berinvestasi, ya. Jangan sampai Anda menjadi korban investasi bodong atau abal-abal yang merugikan.

Perusahaan yang kredibel yang menyediakan investasi syariah, kegiatannya diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Dewan Pengawas Syariah adalah ahli syariah yang diangkat oleh Rapat Umum Pemegang Saham atas rekomendasi Majelis Ulama Indonesia.

Untuk apa? Untuk tugas memberikan nasihat dan saran kepada direksi serta mengawasi kegiatan perusahaan agar sesuai dengan prinsip syariah. DPS beranggotakan orang-orang yang kompeten dalam ilmu ekonomi syariah dan beritikad baik. DPS ini berkoordinasi dengan Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN – MUI) jadi Anda tak perlu khawatir mengenai kehalalannya.

Makassar, 9 Oktober 2019



Share :

17 Komentar di "Investasi Syariah Terbaik Bebas Riba"

  1. Aku masih beli reksadana syariah, pengin beli saham tapi masih maju mundur, masih perlu belajar

    ReplyDelete
  2. Sejauh ini aku baru coba nabung di bank syariah kak. Untuk saham dan pasar modal lain masih butuh observasi lebih lanjut

    ReplyDelete
  3. Sepertinya aku tertarik dengan Deposito Syariah nih kak, kalo yang lain belum paham benar

    ReplyDelete
  4. Reksadana syariah buanyaaakkk direkomendasikan banget ya Mak
    Trus banyak juga sekarang investment yg model online
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Infonya benar2 bermanfaat ini, soalnya kadang bingung ya investasi mana yg halal dan sesuai prinsip syariah, banyak jenisnya ternyata hehe

    ReplyDelete
  6. Semua tentang keuangan memang bagusnya yang ada unsur syariahnya ya. Jadi nasabah juga tenang dan nggak merasa rugi.

    ReplyDelete
  7. Belum pernah main saham nih aku pun nampaknya menarik ya. Baru nabung di bank aja sama beli emas hahaha. Nice info kak

    ReplyDelete
  8. saya udah nyobain saham, reksadana, asuransi dan deposito syariah mbak.

    Boleh dong ditambah p2p lending syariah mbak, investing yang lagi booming juga sekarang nih

    ReplyDelete
  9. Investasi syariah lagi aku cari banget nih infonya kak..pengennya yang bener-bener syariah..tapi ya gak pake ribet juga hehehe

    ReplyDelete
  10. semakin banyak sekarang ya investasi syariah jadi menjadi pilihan bagi yang beragama islam untuk berinvestasi. lebih nyaman karena sesuai syariat

    ReplyDelete
  11. Pilihan investasi kyk gini ya mba yang gak bikin khawatir akupun jadi mikir nihau pindah k sini danaku

    ReplyDelete
  12. Parnah coba deposito syariah, tapi sekarang sepertinya lebih aman dan nyaman logam mulia ya mbak

    ReplyDelete
  13. artikel yang sangat bermanfaat sekali kK

    ReplyDelete
  14. masih pengen investasi beli emas dan beli rumah... semoga terkabul

    ReplyDelete
  15. Sejauh ini aku baru belajar tentang asuransi syariah. Terima kasih penjelasannya kak, jadi belajar lagi deh

    ReplyDelete
  16. Membaca penjelasannya jadi membuka wawasan tentang asuransi syariah. semoga selalu amanah untuk perusahaan investasi yg mengggunakan kata syariah ya kak.

    ReplyDelete
  17. iyahMba.bahkan sudah ada grup atau komunitasnya juga, masyarakat tolak riba. saya juga salut ama mereka, alhamdulillah juga bisnisnya lancar

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^