6 Momen yang Tepat ke Pantai Losari

Banyak orang yang tahu Pantai Losari itu ikon kota Makassar. Tak lengkap berwisata ke Makassar jika tak mendatangi pantai yang konon merupakan salah satu tempat menyaksikan sun set terindah di dunia ini.

Pantai Losari Mugniar

Letak Pantai Losari yang berada di sisi barat kota Makassar memang pas untuk menyaksikan matahari terbenam. Jangankan warga pendatang, warga asli kota ini saja tak bosan-bosannya menyaksikan matahari terbenam di Pantai Losari.

Saya pun tak pernah jemu mendatangi Pantai Losari. Kadang-kadang saya membawa serta anak-anak. Biasanya di sana, kami berjalan kaki menyusuri pantai kira-kira sepanjang satu kilo meter. Kalau bukan dari arah utara ke selatan, bisa sebaliknya – dari arah selatan ke utara sembari mengamati laut dan aktivitas yang tengah berlangsung di bibir pantai.

Pantai Losari Mugniar
Pantai Losari Mugniar


Jika saat tiba di pantai sudah masuk waktu shalat, kami ke Masjid Amirul Mukminin terlebih dulu. Setelah itu baru bergerak ke arah utara. Jika tiba di pantai belum masuk waktu shalat, kami menyusuri Pantai Losari dari arah utara menuju selatan. Tujuannya adalah agar ketika tiba waktu menunaikan shalat wajib, kami sudah berada di dekat masjid yang dijuluki “masjid terapung” itu.

Setiap ke Pantai Losari, selalu saja ada orang-orang yang juga mengunjunginya. Entah itu pagi, siang, sore, ataupun malam hari. Pantai ini daya tariknya sedemikian kuatnya sampai-sampai tak pernah benar-benar sepi. Bagaimana tidak, tak perlu membayar untuk bisa masuk ke area Pantai Losari. Kecuali jika membawa kendaraan, Anda cukup bayar ongkos parkir saja.

Pantai Losari Mugniar
Pantai Losari Mugniar


Nah, buat Anda yang bukan warga Makassar, saya ingin menceritakan kapan saja saat yang tepat ke Pantai Losari supaya liburan ke Makassar lebih seru dan sesuai harapan ketika berkunjung ke pantai ini.

Pantai Losari Mugniar
Masjid Raya 99 Kubah di seberang Pantai Losari
Video Pantai Losari di siang hari ketika mendung

Hm, let’s see kapan saat yang tepat ke Pantai Losari …

1. Pagi hari.

Jika Anda penyuka olahraga dan ingin berolahraga di Pantai Losari, tentunya pagi hari adalah waktu yang tepat. Yaitu ketika sinar matahari masih bersahabat. Pun suhu kota ini belum memanas. Tahu sendiri, kan kalau Makassar itu kota yang panas, Kawan?

Pantai Losari Mugniar
Pantai Losari Mugniar


2. Car free day.

Hari Sabtu dan Ahad pagi di Pantai Losari adalah saatnya car free day (CFD). Ada jalur-jalur yang ditutup sehingga kendaraan tak boleh parkir terlalu dekat dari area Pantai Losari. Kalau saat week days cenderung tak begitu banyak orang berolahraga di sini maka saat week end, pengunjung pantai berjubel. Saya pernah merasakan suasana seperti sedang berada di Pasar Senggol saja pada suatu hari CFD.

Di Pasar Senggol itu kan kalau pengunjungnya sedang banyak-banyaknya, kita sampai sulit berjalan saking sesaknya. Salah sedikit bisa bersenggolan dengan orang lain. Nah, pada saat CFD ini, bukan hanya manusia yang banyak tumpah-ruah di Pantai Losari, para pedagang pun banyak jadi Anda bisa sekalian shopping.

Pantai Losari Mugniar
Masjid Amirul Mukminin

3. Siang hari.

Nekad ya ke Pantai Losari siang-siang? Nekad bercengkrama dengan sinar ultraviolet dan ketajaman teriknya cahaya matahari! By the way, saya pernah melakukannya, lho. Dua atau tiga kali. Pernah saat matahari tengah terik-teriknya. Pernah saat awan kelabu tengah menggantungi langit.

Buat saya sih oke-oke saja asal tak tiap hari haha. Lumayan kalau mau hunting foto karena kurang pengunjung. Awalnya sih saya pikir pantai pasti tak dikunjungi orang di antara jam 12 – jam 15 siang namun rupanya saya salah. Ada saja orang-orang yang berkunjung pada jam segitu dan mereka dengan cueknya foto-foto di berbagai spot di sana.

Pantai Losari Mugniar
Bisa naik perahu bebek ini mengitari Selat Makassar
di sekitar Pantai Losari


Jadi, kalau Anda penikmat sepi plus bisa mengabaikan teriknya sinar matahari, bolehlah dijajal berkunjung ke Pantai Losari di siang hari. Bisa dijamin lebih bisa dikontrol kemunculan orang asing di dalam foto Anda. Pastikan saja Anda tak lupa memakai sun block dengan SPF 30!

4. Sore – malam hari

Nah, ini pilihan waktu yang paling adem untuk berkunjung ke pantai. Pada sore hari, sudah banyak penjual makanan seperti pisang epe’ (pisang bakar khas Makassar) yang buka. Asyiknya, Anda bisa menikmati sun set dianjutkan menikmati cahaya gemintang sembari mengunyah hidangan pilihan bersama orang terkasih.

Pantai Losari Mugniar
Pantai Losari Mugniar
Salah satu hotel di seberang Pantai Losari

Usai menikmati tenggelamnya matahari, jika mau menunaikan shalat maghrib, bisa ke Masjid Amirul Mukminin atau ke Masjid Anshar. Masjid Anshar  yang terletak di bagian ujung selatan kawasan pusat belanja Somba Opu ini merupakan salah satu masjid tertua di Makassar, lho. Usianya sudah 190-an tahun. Oya, bagi jamaah perempuan, di dalam dua masjid ini tersedia mukena dan tempat wudhu tersendiri bagi perempuan.

5. Saat hujan

Bagi manusia perindu hujan, Anda bisa menikmati suasana hujan yang berbeda di Pantai Losari. Tentunya kalau cuaca cerah, warna langit berbeda dengan ketika hujan. Sensasinya pun berbeda. Pastikan saja untuk tidak menantang petir dan jangan sampai basah kuyup, ya.

Pantai Losari Mugniar

Pantai Losari Mugniar


6. Saat suatu event berlangsung

Ada yang berbeda dengan Panti Losari ketika ada event berlangsung. Salah satu perbedaannya adalah suasana yang jauh lebih meriah dan gemerlap, tentu saja. Ketika sebuah event berlangsung selama 3 – 5 hari berturut-turut dengan schedule yang berbeda-beda, tak cukup rasanya jika hanya satu hari saja mengunjungi Pantai Losari.

Pantai Losari Mugniar
Ornamen penanda Festival F8

Ketika Festival F8 berlangsung misalnya, saya merasa geregetan sendiri karena tak sempat mengeksplorasi semua suguhan atraksi dan aktivitas di sana. F8 adalah istilah untuk tema-tema: Food, Fashion, Fine art, Fiction writer, Folk, Flora, Fushion jazz, dan Film. Untuk mengekplorasi area F8 di Pantai Losari sampai puas butuh waktu berhari-hari.

Saat ini, sering sekali diselenggarakan event di Pantai Losari. Aneka brand dan BUMN juga sering mengadakan acara di sana. Kalau Anda penyuka kemeriahan, bisa mengecek dulu kapan ada keramaian di Pantai Losari jika ingin berkunjung.

F8 di Pantai Losari Mugniar
Marching band saat F8 tahun 2016
F8 di Pantai Losari Mugniar
Putra bungsu saya bermain ular di area Festiva F8
tahun 2018

Oya, bisa juga mempertimbangkan event yang diselenggarakan di Fort Rotterdam. Fort Rotterdam kan salah satu ikon kota Makassar juga. Tempat wisata sejarah menarik ini letaknya sekira 2 kilo meter dari anjungan Pantai Losari dan sering menjadi tempat berlangsungnya kegiatan menarik.

Makassar International Writers Festival (MIWF), Festival Jazz, dan Pesta Komunitas Makassar adalah beberapa kegiatan yang tahun lalu diselenggarakan selama beberapa hari di sini. Jika ingin berlibur ke Makassar, bisa menghadiri event di benteng ini baru setelah itu jalan-jalan ke Pantai Losari.

Pegipegi cari hotel di Makassar
Cus, booking tiket pesawat ke Makassar
Pegipegi cari hotel di Makassar
Hayuk booking hotel di Makassar
Pegipegi cari hotel di Makassar
Ada banyak pilihan hotel di dekat Pantai Losari

Nah, kalau sudah mencari tahu kapan saat yang tepat ke Pantai Losari, cari tahulah kapan saat yang tepat untuk booking tiket pesawat dan booking hotel. Di zaman yang serba canggih saat ini, gampang saja. Anda bisa melakukannya melalui aplikasi Pegipegi.

Kalau memang niat, ada koq caranya untuk mendapatkan promo hotel ataupun hotel murah di sekitar Pantai Losari. Aplikasi Pegipegi ini user friendly. Kalau baru mau install, jangan lupa untuk daftar (klik register) dan pastikan Anda login setiap menggunakannya. Kalau ingin pesan hotel di dekat Pantai Losari, buka aplikasi, masuk ke menu Hotel.

Pegipegi cari hotel di Makassar
Oya, untuk maskapai bisa pilih dengan filter yang tersedia
Apakah mau yang termurah atau berangkat paling awal,
atau bagaimana
Pegipegi cari hotel di Makassar
Ada banyak pilihan hotel di dekat Pantai Losari
Pegipegi cari hotel di Makassar
Masih ada kesempatan untuk promo hotel di bulan
Maret melalui Pegipegi

Selanjutnya, di bawah “Pesan Kamar Hotel”, tuliskan tujuan (lokasi/nama hotel) dengan “Pantai Losari”. Pegipegi akan mencarikan semua hotel terdekat dari Pantai Losari hingga yang berjarak sekira 1 kilo meter. Satu kilo masih dekat kan, ya. Masih bisa jalan kaki dari hotel ke area pantai atau bisa juga pesan ojek online. Di makassar mah gampang. Cari transportasi sama mudahnya dengan cari hotel yang sesuai dengan keinginan.

Oya, mau booking hotel murah pun ada lho. Bahkan ada yang harganya masih dalam kisaran seratus ribuan rupiah per harinya.Tidak percaya? Wew, buktikan sendirilah. Coba saja rencanakan perjalanan Anda sejak sekarang dan cek di Pegipegi, belum terlambat untuk mendapatkan promo dan diskon di bulan Maret.

Makassar, 18 Maret 2019



Share :

32 Komentar di "6 Momen yang Tepat ke Pantai Losari"

  1. Berarti pantai losari tetap asyik dikunjungi kapan pun, dong? Kalau malam tutup, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai Losari tidak pernah tutup buat pengunjung

      Delete
  2. Cantiknya pantai losariiii. Dan masjid raya 99 kubah yang terletak di sebrang bikin semakin manarik pemandangan ya mbaaaaak.. Semoga suatu saat bisa mampir ke patai losari aaaahhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Moga bisa liburan ke Pantai Losari ya Mbak.

      Delete
  3. MasyaAllah indah sekali pantainya dan masjidnya. Kapan yah bisa travelling ke makassar? Paling jauh baru Bali nih mak. Kudu explore keindahan indonesia pake pegi-pegi yah biar mudah dan aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, kalo di Makassar asyik, mau seharian juga bisa main di pantai. :D

      Delete
  4. Kepengen banget rasanya menikmati pagi di Pantai Losari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Ipeh, kita ketemuan di Pantai Losari :)

      Delete
  5. Saya suka pantai, tapi nggak suka kalau kaki kotor berpasir gitu, senengnya sama pantai seperti ancol atau pantai Losari ini yang bersih, jadi pengunjung juga nyaman dan betah main berlama - lama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah cocoknya main di Pantai Losari, Mak :)

      Delete
  6. Cantik ya pantainya... Teman saya waktu kuliah di jogja dulu banyak yg dari celebes, sayangnya belum pernah main kesana. Jadi kangen Coto Makassar dan pisang ijonya. Btw makan pisang epe pasti terasa enak sekali juga ya di pantai losari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, asyik banget makan pisang epe' sembari memandangi laut, Mak :)

      Delete
  7. Pantainya very well-maintained banget ya mbaa.. btw kalau berenang ada tempat khusus? Bagus untuk snorkeling dan diving juga kaaah mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo snorkeling bukan dari sini, Mbak Indah. Harus ke pulau-pulau kecil dulu. Menyeberang dulu ke sananya.
      Untuk berenang, ke pantai lain yang letaknya tidak jauh dari Pantai Losari. Ada Pantai Tanjung Bayang dan Pantai Akarena.

      Delete
  8. Saya paling seneng KE pantai itu pagi hari..masih seger..Dan sepi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling adem suasanya saat itu, Mbak Kania :)

      Delete
  9. Cantiknyaaa... Jadi keinget pada novelnya Tere Liye, Sun Set Bersama Rose. Ternyata emang keren beneran yah pemandangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pantai ... masya Allah, pasti ada sisi indahnya, Mak :)

      Delete
  10. Losari makin cantik ya kak, jadi kangen banget, kemarin dua ponakan nikah tapi ibuku yang berangkat. Dulu waktu SD sering makan pisang epek di pinggir pantai hihihi..sekarang dah ngga boleh jualan kaki lima ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada penjual kaki lima, Mbak Dew tapi lebih tertatalah sekarang :)

      Delete
  11. Duh kak.. jadi inget bbrp tahun lalu..ke Makassar... jalan kaki dri Lantamal ke Losari hahaha mana lagi keliyengan baru turun dr kapal. Sekarang cakep banget yak Losari semoga bisa kesana lagi

    ReplyDelete
  12. Klo saya milih pagi mba...masih bersih udaranya. Jadi seger banget pas dihirup .Btw, pantainya cakep banget yaa... Ada masjid yang warna-warni pula di sebrang pantainya

    ReplyDelete
  13. Wah...kagum aku ka Niar.
    Meskipun ada pasar senggolnya, tapi tetap rapih dan bersih.
    Kesadaran akan kebersihan lingkungan ini penting sekali.

    ReplyDelete
  14. Wahh tempatnya nyaman sekali ya mba.. emang keman2 skrng udah mudah dan nyaman pake pegipegi

    ReplyDelete
  15. Mba Niar, aku udah sering banget lihat temanku pasang foto dengan background tulisan Losari itu. Tapi aku koq belum sampai sana yaaa... Semoga ada rejeki usia dan perkenan Allah ya mba aku menyambangi Makassar dan bisa melihat Pantai Losari yang cantik ini. Apalagi itu masjid terapungnya, pengiiiiinnn banget bisa ke sana.

    ReplyDelete
  16. Niar, pantai Losari semakin cakep aja ya. Jadi kangen tempat ini. Waktu favoritku di sini adalah saat menjelang senja. Memotret sunset. Yang tak lama kemudian akan terdengar adzan maghrib. Syahdu banget. Sampai bisa keluar air mata 😁

    ReplyDelete
  17. Kapan ya bisa ke Pantai Losari. Ini sih wishlist liburanku mbak. Udah aku tulis di blog juga tentang keinginan ke pantai ini. Semoga ku bisa beneran kesini bareng keluarga...

    ReplyDelete
  18. Pantai lossari ini jadi ikonnya kota makassar ya. Setiap teman yang ke makassar, pasti berfoto di tulisan lossari.

    ReplyDelete
  19. Pantai Losari ga pernah tidur! Dikunjungi kapan pun tetep indah ya. Tapi kayaknya aku lebih suka suasana pantai losari di malam hari.

    ReplyDelete
  20. Aduh jadi rinduuu ke Makassar dan Pantai Losari. Terakhir ke sana itu pas kita staycation di Zen Room kayaknya Kak.

    Siangnya pas checkout saya ke sana. Cuma karena baru banget bubar acara Festival F8, jadi masih berantakan dan kotor sekali Kak. Banyak orang beres² juga jadi ndak leluasa. Semoga suatu waktu bisa menjejakkan kaki ke sana lagi🧡

    ReplyDelete
  21. Menarik banget soal masjidnya lho, mbak.
    nggak kebayang senangnya sholat di masjid yang di depannya langsung laut. angin kerasa banget pastinya dan langsung bersyukur mendapat kenikmatan begini.

    ReplyDelete
  22. Banyak banget spot-spot menarik yang tak bisa dilewatkan di Pantai Losari ini ya mba?

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^