Kenali Jenis Sablon Kaos untuk Hasil yang Memuaskan

Di mana-mana yang namanya kaos sama saja, ya. Yang membedakannya “hanyalah” gambar atau kata-kata atau aksesoris pada kaos. Melihat peluang ini, tak heran kalau usaha sablon kaos masih saja menjadi pilihan. Pelanggannya selalu saja ada. Adik saya yang tinggal di Sorowako misalnya, pernah menjadi pelanggan usaha sabon kaos. Dia membuat desain baju kaos sebagai souvenir khas Sorowako tetapi menyablonnya pada pemilik usaha sablon kaos di Makassar.

Baik pelanggan, maupun calon pemilik usaha sablon kaos, perlu mengenal beberapa jenis sablon selain memilih bahan kaos yang berkualitas tentunya. Kita perlu dong mengenal macam-macam cara penyablonan yang sesuai dengan jenis kaos agar hasilnya memuaskan dan sesuai keinginan. Terdapat berbagai macam teknik penyablonan manual untuk toko sablon kaos kita dengan bahan dasar berbasis air dan minyak yang bisa dipilih.

sablon kaos manual

Berikut ini adalah keterangan dari berbagai sumber yang di-kepoi mengenai beberapa jenis sablon kaos yang biasa dipakai. Yuk, disimak:

Sablon Kaos Plastisol

Sablon plastisol berbasis minyak. Karakter sablon plastisol sangat terasa di unsur karet dan ketebalannya. Menggunakan plastisol untuk kaos polos akan membuatnya tahan lama dan awet, ini juga merupakan kelebihan plastisol. Gambar yang dihasilkan jenis sablon ini tampak sangat tajam dan detail pada kaos polos.

sablon kaos manual
Sumber: https://blog.porinto.com


Sablon Kaos High Density

Jenis sablon high density menghasilkan gambar dengan efek 3D pada kaos polos. Selain itu, kita juga bisa merasakan tekstur karet yang kuat dan tentunya efek timbul ketika menyentuh permukaan kaosnya. Prosesnya mencakup dua langkah yakni Straight Up Gloss (SUG) atau tinta transparan, lalu dilanjutkan dengan pewarnaan menggunakan cat plastisol.

Sablon Kaos Rubber

Seperti sablon jenis plastisol dan rubber, sablon rubber atau karet juga memberikan efek timbul dan lentur pada kaos polos. Akan tetapi, efeknya tidak terlalu terlihat seperti pada keduanya. Jenis sablon ini juga yang paling banyak dipakai untuk berbagai usaha kaos polos sablon mulai dari yang murah hingga yang berkualitas. Kelebihannya ada pada fleksibilitas baik untuk warna gelap maupun terang serta teksturnya yang lembut.

sablon kaos manual
Sumber foto: https://blog.porinto.com

Sablon Kaos Superwhite

Bila ingin kaos polos tetap terasa ringan, sablon superwhite bisa menjadi pilihan. Bahan dasarnya yang berbasis air membuat sablonan menyerap hingga ke serat kain kaos polos sehingga terasa elastis. Selain itu, motif sablon kaos superwhite tidak terasa seperti sablonan dengan bahan minyak. Kelebihan lainnya, sablonan tidak berefek apabila disetrika.

Sablon Kaos Discharge

Selain superwhite, ada juga jenis sablon discharge atau yang juga dikenal dengan istilah ‘cabut warna’ yang menggunakan basis air. Sablon ini bekerja dengan membakar lalu mengganti warna kaos polos sebelumnya. Bedanya dengan superwhite, sablon discharge menambahkan obat sekitar 6-8% dan proses cetak akhirnya dilakukan saat gambar sablonan masih basah.

Sablon Kaos Pigmen

Sablon yang satu ini mirip dengan sablon superwhite, namun hasil sablonannya lebih terasa kaku pada kaos polos. Sablon pigmen juga menyisakan kerak yang menempel pada serat kain kaos meskipun telah dicuci berkali-kali. Jenis sablon ini sudah tak banyak digunakan para pengusaha kaos saat ini karena telah tergantikan jenis superwhite.

Sablon Kaos Glow In The Dark

Biasa disingkat GTD, pada dasarnya jenis sablon ini menghasilkan efek motif yang menyala di tempat gelap. Cahayanya berasal dari fosfor yang dipakai dalam bentuk padat. Biasanya cahayanya menyala kurang dari 3 menit. Jenis sablon kaos polos GTD biasanya dikombinasikan dengan sablon plastisol atau sablon karet.


Sumber gambar: sablon.web.id

Sablon Kaos Flocking

Jenis sablon terakhir yang bisa kita pilih untuk kaos polos adalah flocking atau sablon kaos beludru. Ya, ini karena kaos yang disablon dengan flocking akan memiliki permukaan seperti beludru lembut yang materialnya berupa serbuk. Prosesnya berlangsung ketika kaos akan dipress dengan cara motif flocking ditempel, didinginkan, lalu dicabut.

Banyak juga, ya. Sekian kepo-kepoan kita mengenai beberapa jenis sablon manual untuk kaos polos. Pengetahuan ini perlu juga dimiliki sebagai pelanggan ya supaya tidak mudah dikerjai oleh pengusaha sablon kaos yang tidak amanah dan bisa memilih jenis sablon yang tepat.

Makassar, 13 Maret 2019





Share :

18 Komentar di "Kenali Jenis Sablon Kaos untuk Hasil yang Memuaskan"

  1. Wah banyak juga ya jenis sablon yang ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masih banyak lagi sih sebenarnya. Tidak semuanya ada di sini

      Delete
  2. Ini nih yang biasanya dilakukan Sablon Kaos Superwhite

    ReplyDelete
  3. Wah ini nih yang bagus Sablon Kaos Glow In The Dark. Bisa menyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, benar. Saya punya satu baju yang bisa menyala dalam gelap

      Delete
  4. Sebelum melakukan sablon kaos memang harus mengenali jenis-jenisnya dahulu ya

    ReplyDelete
  5. Kalau aku suka yang ini nih Sablon Kaos Glow In The Dark. Bisa menyala wkwkw

    ReplyDelete
  6. Wah bermanfaat sekali nih artikelnya. Terima kasih informasinya sangat membantu

    ReplyDelete
  7. ini toh sebutan2nya. Saya pun menyadari kalau sablonan emang beda2 tapi tidak cara menyebut dan mengklasifikasikannya

    ReplyDelete
  8. Cocok banget buat yg pengin buat inisial dikaosnya ya kak. Pengin bikin juga kaos tamasyaku.com ah..

    ReplyDelete
  9. Jadi walaupun pengen sablon kaos harus tau jenis kaos apa yang bisa disablon ya ..oke2

    ReplyDelete
  10. Baru tahu lho mbak, kalau ternyata jenis sablon nih banyak banget ya. Kalau diliat dari kasat mata mmg keliatan beda, tapi ngga tau kalau sebanyak itu bedanya..

    Oh iya, ngga dijelasin ya mbak cara2 merawat masing2 kaos berdasarkan jenisnya biar awet terus kaosnya

    ReplyDelete
  11. Aku pribadi kurang suka dengan baju/kaos yang bersablon, Mba. Karena beneran deh, kalau nggak bagus kualitasnya, sering bikin keki. Lama kelamaan pudar atau malah ngeletek. Terus kalau jemur bajunya dibalik, pas kering eh jadi lengket dan nempel ke sisi satunya :(.

    Baca tulisan Kak Niar jadi tau jenis² sablon. Jadi besok-besok paling nggal bida lebih paham kalau mau beli baku bersablon, harus pilih yang bener-bener bagus ya.

    ReplyDelete
  12. Jadi tahu nih kak. macam2 jenis sablon...penting ya buat yang pengen bikin kaos custom utk sendiri atau seragaman ama temen2...

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^