School of Influencer: Jadi Influencer yang Menginspirasi dalam Public Speaking

Alhamdulillah, saya dan beberapa teman blogger lolos. Kami terpilih menjadi bagian dari 50-an orang yang disaring dari lebih 1000 orang yang hadir pada ajang School of Influencer pada tanggal 29 Oktober lalu untuk hadir pada Training of Trainer School of Influencer (yang di-support oleh Siberkreasi) pada tanggal 7 November lalu. Oya, kalau belum ngeh apa itu School of Influencer, silakan baca cerita lengkap kegiatan sebelumnya pada tulisan berjudul School of Influencer: Menjadi Influencer Positif.


Pada acara  Training of Trainer School of Influencer yang berlangsung di Hotel Lariz, Kepala Sub Direktorat Pemberdayaan Kapasitas TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dari Dinas Kominfo Bapak  Hari Hartono berkesempatan menyampaikan beberapa hal mendasar, mengenai alasan diadakannya kegiatan ini.

Gerakan Nasional Literasi Digital untuk Masyarakat Indonesia


Menurutnya dunia digital dewasa ini banyak dinodai konten negatif. Hal tersebut bisa dilawan dengan membangun literasi digital di Makassar. Gerakan Nasional Literasi Digital – Siberkreasi pada tahun 2017 telah dicanangkan bersama oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Sekretaris Negara, Kementerian Pendidikan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan banyak komunitas.

Gerakan nasional tersebut menyasar pemberian pengetahuan literasi digital kepada masyarakat dengan berbagai metode sehingga masyarakat makin bijak dan bertanggung jawab. Tujuan Siberkreasi adalah meningkatkan kemampuan digital, mewujudkan masyarakat madani yang berdaya saing. Ketersediaan akses informasi yang memadai sangatlah penting dalam hal ini. 

Dengan program literasi digital maka setiap orang akan menjadi cerdas dan kritis sehingga bisa memilah dan memahami mana yang positif dan negatif. Siberkreasi – Gerakan Nasional Literasi Digital dengan 92 rekanan diharapkan mampu menjadi wadah untuk mengedukasi masyarakat Indonesia agar bijak bermedia sosial.


Kurasi ke Netizen Fair, dalam melalui tahapan demi tahapan dalam kegiatan School of Influencer diharapkan membentuk the next influencer yang dapat memberi pengaruh positif.

Materi PUBLIC SPEAKING Oleh MC Ammho (Soni Mongan)


Mc Ammho punya banyak pengalaman tampil di stasiun televisi, di antaranya Extravaganza Trans TV, Bioskop Indonesia Trans TV, Embun Sepanjang Hari Shine TV, U Channel, Life Channel, dan Gang Senggol Show MNCTV. Karirnya dalam dunia penyiaran dimulai tahun 2004. Pernah menjadi penyiar Radio Suara Victory Makassar dan sekarang masih menjadi penyiar di RRI Pro 4. Sementara debutnya di YouTube dimulai sejak aktif dalam Cameo Project.

Menurut MC Ammho, tantangan jika diminta berbicara di depan orang lain bagi banyak orang adalah: “berani tapi waktu berdiri di depan orang menjadi gugup”. Soal public speaking juga tergantung budaya masing-masing. Karena keragaman budaya di Indonesia, setiap daerah punya ciri khas masing-masing. Nah, ini yang suka bikin saya bingung karena di banyak acara di Makassar MC-nya berlogat Jakarta. Padahal apa salahnya ya berlogat Makassar di kampung sendiri?


Public Speaking adalah bentuk komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang suatu hal/topik di hadapan banyak orang. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi, mengubah opini, mengajar, mendidik, memberikan penjelasan, serta memberikan informasi kepada masyarakat tertentu pada suatu tempat tertentu [YS Gunadi – Himpunan Istilah Komunikasi].

Elemen-elemen penting Public Speaking yang perlu diketahui adalah
  • Pembicara.
  • Pendengar.
  • Pesan.
  • Media.
  • Umpan balik.
  • Gangguan.
  • Situasi.
Ada banyak hal yang bisa terjadi dalam satu proses Public Speaking. Pembicara adalah kunci utamanya. Dia harus menyampaikan pesan yang mudah dimengerti pendengarnya. Dia harus membuat audiens/pendengarnya mampu melibatkan pemikiran dan perasaannya.

Memperagakan perbedaan  intonasi dalam
menawarkan/meminta orang untuk minum.

MC Ammho memberi contoh Barrack Obama, sebagai sosok public speaker yang mampu mengolah kata dengan baik sehingga apa yang disampaikannya mampu menguasai bawah sadar para pendengarnya, mampu memengaruhi pola pikir mereka, dan memengaruhi mereka untuk mengiyakan apa yang dikatakannya.

Tips Public Speaking


MC Ammho juga melakukan hal serupa itu di awal presentasinya, ketika membawakan cerita karangannya mengenai Pasar Terong dan terompet yang berhasil memukau hadirin. “Anda memberikan sesuatu yang ketika orang lain mendengar, mereka akan terbawa,” ucap MC Ammho, menegaskan peran pembicara. Dia juga memberikan contoh bagaimana ucapan-ucapan yang bisa memengaruhi emosi orang lain.

Setiap orang punya “warna” dan cara berbicaranya sendiri. Hadirin diingatkan untuk tidak menjadi seperti MC Ammho. Selain itu Public Speaking juga memiliki sifat selalu berubah sesuai aspek atau situasi. Jadi, gaya kita berbicara juga tergantung dengan siapa kita berbicara. Cara berbicara di depan teman-teman sendiri sudah tentu berbeda jika berbicara dengan para pejabat.

Be Inspiring Person


“Seorang influencer harus menginspirasi orang lain lewat perkataan Anda, tingkah laku Anda. Anda akan punya banyak orang yang mengikuti Anda. Akan banyak orang yang melihat Anda sebagai seorang influencer. Ketika Anda ada dua orang berbeda menyampaikan pesan yang sama, tentu Anda lebih mendengar orang yang menyampaikan dengan skill yang berbeda,” MC Ammho menegaskan mengenai pentingnya memiliki pengetahuan Public Speaking yang baik.


Kenali dengan siapa kita berbicara. Bisa dengan mengimbangi logat dari lawan bicara kita. Jangan sampai hanya karena tidak suka dengan seseorang, pembicaraan jadi terputus.

Bukan NATO


Seorang influencer harus menjadi inspiring speaker yang penuh dengan skill, pengetahuan, dan pengalaman. Jangan hanya banyak omong tidak berbuat atau tak mampu menjelaskan. Inspiring speaker itu berbicara selayaknya seorang bintang.

Percaya Diri


Kepercayaan diri penting bagi seorang influencer namun bukan kepercayaan diri yang berlebihan. Kepercayaan diri yang dimaksud oleh MC Ammho adalah kepercayaan diri yang apa adanya. Kepercayaan diri yang berlebihan justru membuat diri kita tidak kontekstual.

Tunjukkan sikap tubuh percaya diri

MC Ammho mengingatkan untuk tidak malu mengungkapkan talenta kita. Mengingat kebanyakan orang Indonesia malu mengungkapkannya. Misalnya kalau memperkenalkan dirinya suka menggunakan kata “kebetulan”. Misalnya, “kebetulan saya seorang MC”, “kebetulan suara saya bagus”.

No, jangan pernah tutupi talentamu.
Jangan pernah tutupi skill-mu
karena kepercayaan diri itu
berbicara apa adanya!” tegas MC Ammho.


Perhatikan Cara Menyampaikannya


Semua orang pasti punya skill atau kemampuan yang menonjol dalam dirinya. Harus percaya diri pada apa yang kita miliki. Bukan mengenai apa yang kita sampaikan tetapi CARA dan SIAPA yang menyampaikannya.

MC Ammho menyampaikan tips untuk bisa menginspirasi orang lain sebagai berikut: harus informatif, pastikan kita memiliki data yang spesifik, gunakan bahasa yang mudah dimengerti audiens. Sesekali gunakan kata yang provokatif yang informatif tapi tidak menyinggung SARA.

MC Ammho di Cameo Project

Sampaikan dari Hati


Catatan penting di bagian ini: “menggunakan data ketika berbicara bisa menghipnotis lawan bicara kita”. Meskipun pembicara sebenarnya tidak smart, bicara angka bisa membantu pembicara kelihatan smart. Selain data, “bawa hati” ketika berbicara sehingga bisa menyentuh hati pendengar. Oya, satu lagi, boleh menghafal tapi lebih terlihat menyenangkan jika terlihat tulus dan ahli dalam menyampaikan materi.

Gunakan tutur kata yang membawa kedamaian. Perhatikan juga intonasinya, menaik, mendatar, atau menurun. Pergunakan bahasa yang dikuasai dengan fasih, bukan yang hanya dimengerti. Perbaiki logat daerah ketika berbicara secara nasional. Tetapi jangan juga melupakan logat daerah. Jangan sampai “melupakan” logat jika terpilih ke Jakarta – ini sangat ditekankan oleh MC Ammho.

Berbicara Seperti Seorang Bintang

Pentingnya Body Language dan Suara


Inspiring speaker juga mampu berbicara secara persuasif. Merangkullah dan tidak menggurui. MC Ammho menyatakan dirinya sedang sharing pengalaman, tidak bermaksud menggurui. Tips berikutnya adalah gunakan body language.  Bahasa tubuh membantu menjelaskan atau mengklarifikasi arti dan menambah minat audiens serta menurunkan ketegangan. Ada orang yang butuh bergerak-gerak untuk menghilangkan ketegangan. Namun ketika menyampaikan data dan salam, jangan bergerak-gerak.

Masih ada lagi tips penting dari MC Ammho: jangan terlalu cepat berbicara, kontrol volume – hasilkan suara yang bulat, bedakan berbicara dengan power dan berteriak. Ingatlah cara menyampaikan sesuatu itu menggambarkan maksud kita. Fokus pada audiens dengan menatap mata mereka. Untuk menghilangkan rasa grogi berhadapan dengan dosen misalnya, menurut MC Ammho adalah dengan menatap matanya.  

Sikap tubuh sebelum memulai membawa materi akan dilihat oleh audiens sebagai pertanda apakah kita siap atau tidak. Perlihatkan sikap tubuh yang menunjukkan rasa percaya diri. Perhatikan cara berdiri. Bahu jangan bungkuk, awali dengan senyuman dan jabat tangan.

Praktik.

Bawakan secara entertaining. Bicara untuk menginspirasi, bukan mengintimidasi. Selingi pembicaraan dengan nyanyian, jokes, pantun, dan lain-lain – sesuaikan dengan kebutuhan audiens. Ingat: harus mengontrol tawa.

Kuasai Acara


Di samping semua tips di atas, pembicara harus mampu menguasai acara sebab “dia yang punya panggung”. Jangan lupa untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya termasuk risiko yang mungkin timbul. Harus berkonsentrasi dan mampu beradaptasi dengan situasi dan siap berimprovisasi. Terakhir, jangan pernah menghancurkan karakter audiens dengan mempermalukannya.

Contoh sikap tubuh yang tak percaya diri.

Ingat Asal-usul!


Sepanjang membawakan materi, MC Ammho mempraktikkan semua yang diberikannya. Di samping itu beberapa dari kami berkesempatan praktik di depan dan langsung dikoreksi oleh MC Ammho. Satu hal yang ditekankan berkali-kali olehnya adalah “jangan melupakan asal-usul”! Sungguh pengalaman yang menarik dan bermanfaat. Terima kasih MC Ammho.



Makassar, 25 Desember 2018



Share :

23 Komentar di "School of Influencer: Jadi Influencer yang Menginspirasi dalam Public Speaking"

  1. Penting banget nih berbagai tips menarik dari mc Ammho bs menambah rasa percaya diri dan jg bagaimana cara berbicara yang baik di dpn umum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, langsung dari orang memang terbiasa melakukan public speaking.

      Delete
  2. Informasinya bagus dan lengkap, jaman sekarang memang perlu banget kita belajar tentang publik speaking, soalnya aku sendiri masih suka gemeteran kalo bicara didepan org banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, kalo buat saya pengen belajar terus soalnya tetap berdebar2 setiap mau bicara depan orang banyak hehehe

      Delete
  3. Terima kasih sharingnya Mbk, percaya diri itu emang penting ya. Juga kemampuan akan dapat sesuai jam terbangnya.

    ReplyDelete
  4. Maaakk! Ini artikelnya mantab jiwa banget. Really inspiring. Btw, kenapa Mak Niar ngga ikutan Deklarasi Netizen MPR RI sih? AKu udah mupeng bgt ketemu dirimu
    Kindly visit my blog https://bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Nuruul, saya gak bisa pergi jadi biar adik2 blogger saja yang pergi. Iya sama, pengen juga ketemu dirimuuh.

      Delete
  5. ibuku juga selalu mengingatkan kami anak anaknya lho jangan lupa asal usul dan injak bayangan sendiri. Nice info kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pesan yang teringat terus ya Mbak. Memang harus begitu.

      Delete
  6. Keren mbak. Aku penasaran hmmmm atau aku emang kudet ya gak tau apa ini jg ada di Jkt?
    Dengan belajar kyk gini jd lbh meningkatkan lg bgmn caranya spy jd influencer yg baik ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terlaksananya di kota, Mbak. Kalo di Jakarta Netizen Fair yang tanggal 24 - 25 November kemarin.Waktu itu banyak juga sharing dari ahlinya.

      Delete
  7. Kak Niar,how lucky you are...belajar kaya gini. Aku pengen juga, nambah ilmu. Di Jakarta ada juga kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya klo di Jakartanya yang pas tanggal 24-25, Mbak Sally. Bulan November kemarin.

      Delete
  8. Jadi pengalaman seru banget ini apalagi bisa belajar langsung dari ahlinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, Mbak Suzan. Saya juga pengen belajar dari Mbak Suzan biar pede ngevlog :)

      Delete
  9. Alhamdulillah di Makassar diadakan acara yg sangat bermanfaat dan edukatif seperti ini.. bisa menjadi panduan buat para influencer agar lebih bijak dalam menyebarkan informasi kepada para followers, viewers, ataupun pembacanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Prima. Alhamdulillah skali dapat kesempatan ini.

      Delete
  10. wah bener ini, ketika belajar public speaking, speaker harus mempelajri tiap elemen. Proses komunikasi face to face memang banyak gangguan, yang akan membuat komunikan tidak menerima pesan dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Face to face saja bisa banyak gangguan makanya harus dipelajari, apalagi yang tidak face to face yaa

      Delete
  11. Belajar ngomong depan umum itu perlu latihan ya, kalau udah sering sudah terbiasa. Gugup dapat diminimalisir

    ReplyDelete
  12. Wah menarik banget ya ketika berbicara tentan public speaking dan how to speak up di depan public. Terima kasih artikelnya informatif. Saya jadi terbantu belajar sedikit sedikit nih Mbak :)

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^