Belajar Handal SEO dan SEM di Google Gapura Digital Makassar

Lagi-lagi, meski acuh tak acuh pada SEO (Search Engine Optimization), karena kebutuhan maka saya mengikuti Kelas Handal Digital pada Google Gapura Digital pada tanggal 28 April lalu. Ada 2 materi pada kelas ini, kedua-duanya dibawakan oleh dua orang yang sudah dikenal cukup senior di Makassar: Om Jhodhy pada materi SEO & SEM (Search Engine Marketing) Lanjutan dan Pak Zul pada materi Membangun Merek Lewat Video.

Website dibaca oleh dua pihak: manusia dan robot. Kita membuat artikel yang bisa dibaca oleh keduanya. Yang mana keduanya punya preferensi tertentu mengenai yang bagus/disukai dan yang tidak. Oya, kalau blog Anda masih belum punya domain sendiri (misalnya yang ujungnya dot blogspot dot com), beli domain dulu. Cek domain yang dipilih terlebih dulu, apakah namanya sudah ada yang pakai atau belum. Optimasi SEO ini hanya untuk blog dengan domain sendiri. 


SEO


Menaikkan konten bagus dengan sengaja bisa dilakukan dengan SEO selama 2 bulan, secara organik (alami) bisa dilakukan selama 3 bulan. Nah, bagaimana kerja SEO? Secara praktik, Om Jhodhy membagikan kiatnya: buatlah satu monster article yang bagus, berisi keyword tentunya. Pada artikel monster yang terdiri atas sekira 600 kata itu ada 2 – 3 gambar dan 5 keyword. Lalu lakukan back link ke monster article tersebut.

Back link yang dimaksud bisa berasal dari media sosial, Kumparan, Kompasiana yang menyebut ke link artikel monster. Nah, untuk 1 artikel monster buatlah 20 dummy. Dari 1 dummy, buat 20 dummy lagi. Wuih, kebayang kerja kerasnya, yah.

Saya menyela Om Jhody di sini, dengan menanyakan  seberapa realistisnya seseorang memenangkan lomba SEO. “Resources-nya gila-gilaan,” jawab Om Jhodhy. Om Jhodhy sendiri tidak pernah mengikuti lomba blog SEO tetapi dari yang diketahuinya, orang menyiapkan resources besar untuk itu. Pantas saja hadiahnya luar biasa. Jadi, dalam suatu lomba, seseorang bisa menyiapkan PBN (Private Blog Network) atau jaringan blog pribadi yang dia punyai, bisa terdiri atas 50 blog dengan IP address berbeda-beda. Ya, kan, Google kan tidak suka kalau ketahuan kamu pakai 50 blog dari IP address yang sama dan mengerjai SEO dengan cara itu. Om Jhodhy bilang, orang yang cerdas bisa membuat IP address-nya berasal dari luar negeri. Ah, sudahlah, mendengarkan hal ini, mendingan saya konsentrasi saja pada lomba yang mementingkan konten positif, deh. Saya belajar SEO bukan supaya jago tapi supaya tidak bego-bego amat dan bisa menerapkannya pokok-pokoknya di dalam blog ini sekemampuan saya.


Lalu saya menanyakan bagaimana dengan me-link-kan kembali antar artikel dalam sebuah blog, misalnya nih di dalam tulisan lama dibuat link ke tulisan baru. “Kalau dalam bisnis, bukan soal baru atau lama tetapi mana yang menguntungkan yang bisa naik lagi,” jawab Om Jhody. I see, dalam dunia blogging pun bisa begitu, ada artikel yang bisa sewaktu-waktu muncul yang bisa dioptimasi.

Oya, untuk mengatur strategi SEO, buat dulu konsepnya menggunakan Excel.
“Semua yang gratis ditukar dengan waktu. Kalau tidak punya waktu, tukar dengan uang,” Om Jhodhy menegaskan.

Setuju, Om. Hari gini mau gratisan yang benar-benar gratis? Tinggal sim salabimHammaE, berbicara saja butuh waktu, makan butuh waktu, masa untuk kemajuan diri sendiri mau yang betul-betul gratis?😳

SEM


Nah, kalau duitmu berlebih ya sudah, pakai SEM. Tapi pakai SEM kudu tepat juga, bukan asal-asalan. Kata kunci yang tepat bisa diatur saat buat iklan. Bisa lakukan bidding (bayar lebih mahal). Aturlah kata kunci jadi misalkan orang mengetikkan kata “jual” yang muncul iklan kita yang tertulis “beli”.


Kalau mainnya bagus, meskipun jualannya di dalam lorong, akan muncul di kotak pencarian sebagai “suggestion”, seperti dagangan kawan Om Jhodhy – bubuk minuman. Sasaran pasarnya Indonesia bagian timur. Kalau baru mengetikkan sedikit kata kunci, usaha bubuk minuman itu muncul di suggestion.

Tidak bisa kita abaikan proses pembelian jaman now, di mana orang mencari ulasan via internet. Entah itu ulasan di blog, situs brand yang bersangkutan, media sosial, dan sebagainya. Dari data yang diperoleh Google, disebutkan bahwa:
  • 91% pengguna smartphone menggunakan informasi dari smartphone saat sedang melakukan sesuatu.
  • 82% pengguna ponsel pintar menggunakan ponsel untuk menentukan keputusan pembelian saat sedang berada di toko.
  • 69% wisatawan menggunakan ponsel untuk mencari ide wisata saat bepergian atau menunggu bus atau kereta.
Nah, makanya perlu bagi pemilik usaha untuk memperhatikan SEO dan SEM-nya. Iklan yang dibuat dapat muncul bersama hasil penelusuran di situs partner Search Google – situs di Search Network yang bekerja sama dengan Google untuk menampilkan iklan. Kita seperti “dihantui” iklan saat berselancar, kan? Kalau berani buka-buka market place hijab maka ke mana pun matamu berlabuh ada iklan hijab di situ.


Keuntungan lainnya menggunakan Google Adwords (SEM) ini adalah kita dapat mengukur profitabilitas. Maka jangan salah menentukan sasaran: tujuan pemasaran, siapa yang ingin dijangkau, seperti apa kesuksesan yang ingin dicapai, dan tindakan apa yang diinginkan ada di website kita. Selanjutnya, fokuslah pada metrik yang sesuai dengan sasaran kita.

Nah, kalau masih mikir-mikir, bagi yang hendak berbisnis, Om Jhodhy memberikan bocoran data dari AC Nielsen mengenai bisnis yang akan melejit di tahun 2020, yaitu: leisure, pendidikan, kesehatan, dan F&B. Pilih yang ada di list ini, biar nantinya penggunaan tools-nya mantap. Bagusnya menguji ide bisnis di Google Trends dan lihat potensinya dari trend yang direkam oleh Google.

Menggunakan Google Adwords, cukup dengan login dengan akun Google kita. Pilih zona waktu dan mata uang dengan hati-hati karena tidak dapat diubah lagi setelah ditetapkan. Siapkan penagihan, apakah prabayar, pasca bayar, rekening bank, kartu kredit atau debit. Salah satu contoh kartu yang bisa dipergunakan adalah Kartu Jenius.

Jangan lupa gunakan Keyword Planner untuk mendapatkan ide. Penargetannya tepat, misalnya untuk yang berlokasi hanya di Indonesia atau pengguna Bahasa Indonesia, dan penyesuaian bid untuk meningkatkan penempatan desktop dan seluler (contoh kasus toko musik). Harap diingat, penargetan terjadi pada tingkat KAMPANYE untuk hal-hal seperti geografi, bahasa, serta penyesuaian bid spesifik per perangkat dan lokasi. Pikirkan kata-kata yang dicari calon pembeli di kotak pencarian.

Cari tahu apa yang market mau lalu cari tahu pasarnya. Tonton di You Tube cara beriklan. Riset keyword adalah pekerjaan yang tidak bisa didelegasikan, harus dipahami sendiri. Mencari keyword dengan memakai apa saja yang bisa digunakan. Kumpulkan semua yang bersesuaian lalu eliminasi hingga tersisa yang benar-benar cocok. Memilih kata kunci bukan dengan cara memilih yang dirasa tepat. Sekali lagi, kumpulkan semua yang sekiranya cocok, nanti dieliminasi satu per satu. Bisa saja dari ribuan menjadi tinggal 20.

Perhatikan pula hal-hal berikut ini:
  • Setiap pengiklan bersaing untuk mendapatkan posisi SETIAP kali penelusuran terjadi.
  • Rumus peringkat iklan.
  • Kita tidak harus selalu membayar CPC (cost per click) maks untuk sebuah klik.
  • Semakin tinggi SKOR KUALITAS maka semakin sedikit biaya yang perlu dikeluarkan.
  • Gunakan ekstensi iklan yang relevan guna memenangkan lelang.

Adapun ekstensi iklan, yaitu:
  • Ekstensi sosial (tingkat kampanye), contohnya jika pada iklan ditampilkan berapa follower akun Google Plus kita.
  • Ekstensi lokasi (tingkat kampanye), contohnya jika menampikan alamat usaha pada iklan.
  • Ekstensi sitelink (tingkat kampanye dan grup iklan). Contohnya apabila dalam iklan memunculkan paragraf tersendiri yang berisi link-link yang bersesuaian (bisa sampai 4 link) yang bisa saja mengarah ke 4 laman berbeda dalam website kita, misalnya Online Resevations, Special Offers, Locations, dan Rewards.
Jadi, ya … kalau mau nyemplung di dunia bisnis jaman now, memang tak lengkap kalau tak belajar cara-cara marketing di internet, salah duanya seperti SEO dan SEM ini. Memang ada yang bisa didelegasikan namun ada yang perlu dipahami sendiri – atau tak bisa didelegasikan, seperti kata Om Jhodhy. Belajar, terus, seperti sejatinya manusia yang seharusnya tak boleh berhenti belajar dalam mengarungi kehidupan.

Makassar, 21 Mei 2018


Baca juga catatan-catatan saya yang lainnya dari kelas-kelas Gapura Digital:


Share :

8 Komentar di "Belajar Handal SEO dan SEM di Google Gapura Digital Makassar"

  1. Ilmu baru. Langsung save deh. :D

    ReplyDelete
  2. Asyik tuh kalau ikutan kelasnya. :D Andai di sini juga ada, ya?

    ReplyDelete
  3. PBN, mudah diucapkan tapi berat dikerjakan butuh pengorbanan waktu/ uang he....

    ReplyDelete
  4. Mantap aetikelnya ibu, ,amat bermanfaat buat blogger. .

    ReplyDelete
  5. terimakasih, komplet nih pembahasannya tentang seo.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^