5 Pertimbangan Memilih Hosting Indonesia Murah Berkualitas

Di kalangan blogger, memilih hosting Indonesia sesekali menjadi bahan perbincangan. Mengapa? Karena ada banyak alasan yang membuat orang merasa perlu menyewa hosting, tidak lagi menumpang gratis pada Blogspot atau Wordpress. Salah satu alasan yang membuat blogger merasa perlu menyewa hosting adalah karena semakin lama semakin banyak ragam visual yang hendak ditampilkan, seperti gambar dan video maka agar lebih leluasa, dirasa perlu punya tanah sendiri di ranah maya. Ya, dengan menyewa hosting itu ibaratnya kita sudah punya tanah sendiri.



Alasan lainnya adalah dengan menyewa hosting, bebas mengelola blog yang awalnya berplatform WordPress. Segala script bisa ditambahkan dengan lebih leluasa, mulai dari yang terkait kata kunci ramah SEO (Search Engine Optimization) hingga beragam hal teknis lainnya. Dengan demikian, rumah maya atau blog bisa didesain sesuka hati. Ini yang tak dimiliki mereka yang masih hosting di tempat gratis. Yakali, pasti bedalah fasilitas yang sudah investasi besar dengan yang tidak. Macam punya apartemen elite dengan beragam fasilitas modern dibandingkan dengan tinggal rumah kontrakan dalam gang sempit, begitulah kira-kira.

Kalau saya tanya-tanya kepada beberapa teman blogger, ada yang sewa hosting karena alasan seperti di atas. Ada pula yang karena mengelola beberapa website makanya dirinya merasa butuh sewa hosting yang unlimited. Kalau zaman dulu, dipakai untuk link building juga. Yang alasan terakhir ini, hosting-nya akhirnya terpakai terus bisa jadi karena punya beberapa bisnis yang membutuhkan website khusus atau disewakan lagi kepada teman-teman lain yang butuh hosting. Semacam berbagi ruang di seantero apartemen, begitu.

Kalau kata seorang teman saya, sih, sesuaikan dengan kebutuhan saja. Kebutuhannya apa, ya putuskan memilih hosting yang bagaimana. Pertimbangkan pula untuk maintain hosting-nya. Jadi memang, ya kudu belajar baik-baik teknis yang terkait blog/website, domain, hosting. Harus cari tahu banyak-banyak biar yakin dengan pilihan yang diambil. Seterusnya, kalau sudah tahu kebutuhan dan bagaimana maintaining-nya, tidak boleh malas mengelola blog atau website. Segala akun media sosial pun harus dikerahkan untuk mendukung web or blog kita, juga perlu tahu SEO, kalau perlu SEM (Search Engine Marketing) dan pemasaran di media sosial agar tidak setengah-setengah. Hari gini, jangan berharap dengan yang benar-benar gratis atau harga murah, kan. Uang yang dikeluarkan bukan itu yang utama, melainkan upaya yang sungguh-sungguh.

Bicara tentang harga murah, saya mencoba menelusuri sebuah rekomendasi web hosting Indonesia: Hostinger. Lihat-lihat sekilas di website-nya, harga yang ditawarkan oleh perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2004 dan memiliki lebih dari 29 juta klien yang tersebar di seluruh dunia ini memang murah dengan adanya diskon yang ditawarkan saat ini.


Karena merasa tertarik, saya mencoba menelusurinya lebih lanjut dan menemukan 5 pertimbangan mengapa web hosting ini pantas diperhitungkan:

1. Jenis layanan dan harga paket yang ditawarkan


Jenis layanan Hostinger adalah:
  1. Web Hosting Unlimited dan Domain Gratis. Yang ditawarkan adalah hosting murah untuk membuat website dengan disk space dan bandwidth unlimited serta tim support berdedikasi. Yang menarik dari layanan ini adalah: sedang ada diskon untuk Web Hosting Single (sebesar 54%), Web Hosting Premium (57%), dan Web Hosting Bisnis (62%). Bagi pengguna yang memilih layanan web hosting Premium atau Bisnis, berhak mendapatkan website builder dan nama domain GRATIS.
    Paket Single
    Paket Premium
    Paket Bisnis
  2. VPS (Virtual Private Server) murah. Yang ditawarkan adalah cloud VPS hosting terbaik di Indonesia sebagai server virtual murah dengan keandalan dan performa tercepat. Ada 6 paket yang ditawarkan dengan harga berkisar dari seratus ribuan rupiah hingga lima ratus ribuan rupiah per bulannya.
  3. Domain murah. Hostinger menawarkan pilihan-pilihan domain dengan harga yang murah per tahunnya, yaitu: domain .xyz (Rp. 13.212), domain .com (Rp. 119.972), domain .net (Rp. 133.317), dan domain .org (Rp. 160.007). Sebelumnya, baca baik-baik tips memilih domain yang disarankan di website Hostinger. Oya, setelah memilih nama domain dan membelinya, langkah penting berikutnya adalah perpanjangan domain, nah Hostinger juga menawarkan biaya perpanjangan domain yang murah. For your information, Hostinger adalah pendaftar domain terakreditasi yang terdaftar di komunitas ICANN dan layanannya telah tersebar ke 40 negara. Oya, ICANN adalah lembaga resmi yang mengelola dan meregulasi pendaftaran domain internet dari seluruh dunia.
  4. Website builder. Yang ditawarkan adalah membuat website gratis dalam 5 menit dengan hosting murah. Cocok buat orang awam karena tidak perlu memiliki pengetahuan tentang coding. Teknologi yang digunakan dilengkapi user interface dan kompatibilitas mobile terbaik. Selain itu Hostinger menawarkan template gratis yang didesain secara profesional oleh web designer dan sepenuhnya dioptimasi secara SEO, dilengkapi versi mobile yang responsif, plus trend terbaru untuk menyesuaikan semua kebutuhan pengguna. Tahu dong, sekarang zamannya membuka internet via gadget? Tampilan yang responsif memang sebuah kebutuhan jaman now, yang ditawarkan Hostinger.

Aneka template yang ditawarkan Hostinger
Website ramah SEO

Di samping itu, yang tak kalah pentingnya adalah kecepatan aksesnya. Bahasa teknisnya adalah uptime server-nya. Nah, uptime server Hostinger ini 99,99%, mendekati 100%. Selain itu, provider ini menjamin tidak ada down time. Wow, 100% uptime dan 0% downtime adalah performa terbaik dari kecepatan akses server!

2. Pelayanan, terkait customer service dan dan technical support


Saya paham betul, pentingnya layanan yang baik dalam dunia ini. Dari yang saya ketahui, untuk mereka yang bisa belajar sendiri, pemberitahuan melalui email sudah memadai untuk membuat dan mengelola website di Hostinger. Nah, bagaimana dengan yang gaptek? Pastilah akan bolak-balik menghubungi customer service (CS) untuk menanyakan hal teknis.


Nah, kalau kata teman saya, layanan CS-nya 24 jam! Cepat pula responnya. Bahkan selama 7 hari sepanjang tahun! Saya mencoba mencari tahu dengan mengirimkan pertanyaan langsung di website-nya. Saat itu tidak langsung dijawab, saya harus menunggu beberapa jam kemudian. Namun begitu pertanyaan saya dijawab via email, seketika saya dan orang Hostinger-nya saling berbalas email. Intinya, tuntunan detail bagi mereka yang membutuhkan mudah diperoleh. Apalagi kalau sudah menjadi user maka tim customer support Hostinger yang memahami website builder, infrastruktur cloud, dan area cpanel akan segera membalas pertanyaan si user via fitur live chat lalu masalah pun secepatnya teratasi.

3. Coba gratis 30 hari


Orang Indonesia suka gratisan, yes? Mungkin karena asumsi itulah maka Hostinger menyediakan kesempatan “coba gratis selama 30 hari”! Hostinger menjamin programnya 100% bebas risiko dan melindungi penggunanya. User dapat membatalkan layanan yang dicobanya kapan pun dalam jangka waktu 30 hari itu. Jika misalnya memilih membatalkan, uang yang sudah dibayarkan langsung dikembalikan.

Pencapaian Hostinger

4. Beragamnya metode pembayaran yang ditawarkan


Di jaman now, kemudahan dalam melakukan pembayaran juga menjadi pertimbangan dalam bertransaksi. Tak heran jika market place bermunculan, pun aneka layanan online yang juga menyediakan transaksi via online. Nah, Hostinger juga menawarkan aneka metode pembayaran. Mulai dari transfer bank via ATM hingga melalui PayPal, Doku Wallet, dan Bitcoin. Hal ini sangat menguntungkan manusia masa kini.

Beragam metode pembayaran.

5. Program Afiliasi Indonesia


Hostinger mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadi bagian dari Program Afiliasi Indonesia dengan memasang kode tertentu di website atau blog. Jika ada transaksi yang masuk dari link referensi, si pemasang mendapatkan komisi. Komisinya sebesar 100% jika pengunjung situs melakukan pembelian layanan web hosting berbagi pakai dan komisi sebesar 50% apabila membeli layanan VPS.

Saya melihat program ini lebih dari sekadar afiliasi. Seperti juga jaminan coba gratis selama 30 hari, dengan risiko Hostinger akan mengembalikan uang jika pengguna tak puas, program ini juga mencerminkan kualitas yang hendak diusung. Saya kira Hostinger telah memperhitungkan sebaik-baiknya sehingga berani menjual hosting murah lalu memberikan komisi hingga 100% kepada mereka yang berhasil menggerakkan orang untuk bertransaksi di provider ini.

Program Afiliasi Indonesia

Well, selain kelima pertimbangan di atas, cobalah cari endorsment atau review dari mereka yang sudah menggunakan Hostinger. Mudah koq didapatkan di dunia maya. Mau yang berbahasa Inggris juga banyak. Kalau perlu cari tahu juga siapa-siapa dalam lingkaran pertemanan kita yang sudah menggunakannya. Baca juga baik-baik apa saja yang dijelaskan di website-nya. Bertanya langsung kalau ada yang kurang dimengerti. Dan yang terpenting, pilih paket sesuai kebutuhan agar tak menyesal belakangan.

Makassar, 2 Maret 2018




Share :

40 Komentar di "5 Pertimbangan Memilih Hosting Indonesia Murah Berkualitas"

  1. Karena saya baru belajar menulis dan ngeblog. Saya dulu ga tau bedanya domain dan hosting. Sekarang allhamdulillah jadi tau. Karena saya pakai blogspot jadi belinya cuma domain aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa, Mbak, saya juga belajarnya pelan-pelan. Dari yang awalnya tidah tahu sama sekali, sekarang sudah ngerti sedikit-sedikit. Masih harus belajar banyak karena makin banyak yang tidak saya ketahui dari dunia blogging yang harus terus dipelajari :)

      Delete
  2. saya beli hosting sebulan yang lalu mbak, masih buta soal hosting, jangankan mengelolanya yang saya masih bingung, mau milih aja saya kesulitan. Tapi akhirnya saya beli hosting di tempat yang belum tenar karena admin nya temen sendiri,

    Kalau hostinger ini udah terkenal sih, saya bolak balik lihat iklannya dan katanya memang bagus,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiknya kalau ada teman, bisa menjelaskan dengan sabar ya, Bang.

      Delete
  3. Wah 13 ribu perbulan sudah dapat 10 gb. Menggiurkan banget nih

    ReplyDelete
  4. wiih, harga web hostingnya murmer banget ya Mbak. Saya baru tahu hosting hostinger ini.

    Recomended ini bagi yang mau beli hosting ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murmer, Mbak Ririe. Mbak Rie mau beli hosting? :)

      Delete
  5. Tulisan ini sangat mencerahkan ttg hosting. Makasih sharingx ya....

    ReplyDelete
  6. wah mantap keteranganya, mksh sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir ya Mbak Tira

      Delete
  7. Wah iya murmur uy. Bisa bulanan dan tahunan kali ya. Makasih sharingnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir ya Mbak Han

      Delete
  8. Aku masih nyaman sama hosting di wp daripada hosting luar gitu mbak. Soalnya repot urus sama admin2 hosting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyaman kalau sudah terbiasa, ya Koh. Sudah tidak repot lagi.

      Delete
  9. Udah lama kepikiran buat beli hosting supaya lebih leluasa, tapi sejauh ini masih belum nemu yang benar-benar cocok di hati dan kantong hehe wah ternyata Hostinger lagi ada diskon domain, boleh nih ya cek cek dulu, siapa tau cocok >,<

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu apa itu hostinger. Makasih sharingnya mbak. Bermanfaat nih buat aku yang lagi belajar ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir ya Mbak Faridah :)

      Delete
  11. Mbaa, dulu aku pakai wordpres yang mau aku pasnag hosting juga. Tapi eh belum nemu yang pas. Untungnya ini ada pilihannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip, bisa jadi bahan pertimbangan memilih hosting, kan Mbak ? :)

      Delete
  12. Murah meriah eui paket hemat hostingnya

    ReplyDelete
  13. Memilih hosting memang tidak mudah, salah pilih bukannya untung malah buntung. Terima Kasih atas informasinya...

    ReplyDelete
  14. Saya masih buta soal hosting, baru juga beli domain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan-pelan saja dipahami, Kak, hehe

      Delete
  15. Anak sulungku ngelola blog dan hostingnya juga beli sendiri. Emaknya nih yang gaptek baru beli domain aja, nggak mau pusing ngurus hosting, hihiii

    ReplyDelete
  16. saya belum pernah sich pakai hosting, ngak ngerti soalnya

    ReplyDelete
  17. Aku tertarik sama web hostingg singlenya, harganya murah sepertinya mbak..

    ReplyDelete
  18. Saya masih newbie jadi blm paham tentang hosting. Ngeblog pake blogspot jdi cuma beli domain aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Butuh pemahaman secara pelan-pelan, sih kalo saya bilang hehe. Kalo memutuskan beli hosting ya, bisa ke sini lagi :)

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^