Cara Menggunakan dan Merawat Bor Bosch untuk Keperluan Rumahtangga

Pekerjaan yang saya hindari di rumah adalah mengerjakan pekerjaan pertukangan seperti membuat lubang di dinding untuk mempermudah pemasangan furniture atau sejenisnya yang kesemuanya mengandalkan alat bernama bor. Alat yang satu ini memiliki fungsi yang bisa melubangi benda kerja atau sebuah media, baik itu kayu, kaca maupun tembok. Biasanya yang menggunakannya adalah pekerja bangunan untuk menunjang kebutuhan mereka. Namun tidak dipungkiri, di dalam lingkup rumahtangga, kita kadang-kadang membutuhkan alat tersebut. Misalnya untuk memasang kipas angin di dinding, memasang paku di dinding, dan untuk melubangi pintu. Yang terakhir ini, pernah dilakukan di rumah, ketika si sulung masih sangat kecil dan terkunci sendiri di dalam kamar. Untungnya pak suami memiliki bor listrik yang digunakan melubangi daun pintu. Tidak sulit mendapatkannya di pasaran. Pilihan mereknya banyak, salah satunya adalah bor Bosch.


Saya kira banyak yang mengenal Bosch. Saya saja ngeh dengan merek yang satu ini. Pernah beberapa kali tertangkap oleh mata saya tulisan BOSCH, lalu masuk ke dalam memori karena eye catching. Kata pak suami, merek ini memang termasuk yang terbaik. Bor Bosch memang tawarkan banyak sekali nilai lebih dibandingkan dengan yang lainnya, di antaranya adalah:
  1. Jaminan kualitas. Mesin bor dibekali dengan bahan yang berkualitas makanya bisa tahan lama. Sangat cocok untuk Anda yang mempertimbangkan kualitas dalam memilih produk.
  2. Bor terdiri atas dalam 2 pilihan yang lengkap. Ada seri bor duduk maupun tangan. Tinggal memilihnya sesuai kebutuhan.
  3. Bor dari brand ini mudah digunakan, cara kerjanya atau pakainya tergolong cukup mudah, sehingga memungkinkan Anda melubangi benda kerja secara cepat di rumah.
Mungkin sesekali ibu-ibu perlu menggunakan bor listrik, ya. Boleh-boleh saja, dengan catatan perhatikan keselamatan ketika menggunakannya. Misalnya, usahakan mata Anda terlindungi dari percikan serpihan saat menggunakannya. Selain itu, jangan langsung mengebor dengan kecepatan tinggi – mulailah dari kecepatan terendah yang dinaikkan secara perlahan (ini tips dari pak suami). Selain keselamatan saat menggunakannya, harus pula diperhatikan perawatannya agar bisa tahan lama.

Pegang bornya dengan kedua tangan

Berikut ini ada beberapa tips dalam merawat bor listrik, yaitu:

  1. Bersihkan segera setelah digunakan. Kenapa? Karena setelah dipakai biasanya mata bor akan penuh dengan serpihan dari benda kerja yang dilubangi tersebut. Misalnya serbuk kayu dan yang lainnya. Agar tahan lebih lama, maka lakukan perawatan. Caranya mudah, koq. Yaitu dengan cara membersihkan bagian mata bor tersebut. Cukup dilap saja menggunakan kain kering, tak perlu menggunakan lap basah.
  2. Simpan dengan tepat. Proses penyimpanan dan tempat menyimpannya amat sangat mempengaruhi kondisi mesin bor. Nah, bagi Anda yang punya anak kecil, pastikan tempat penyimpanannya aman dan bebas dari jangkauan buah hati. Simpanlah mesin tersebut di dalam sebuah lemari khusus yang terkunci rapat bersama perkakas lain yang sejenis agar mudah mencarinya.
  3. Pakai mesin bor sesuai dengan kebutuhan. Proses pemakaian juga harus dilihat, ada kalanya menggunakan mata bor yang tidak sesuai dengan fungsi, misalnya saja ingin melubangi sebuah tembok, namun yang dipakai adalah mata bor untuk pelubang kayu, hal ini akan membuatnya jadi mudah tumpul dan juga rusak, jadi pastikan selalu memakai secara tepat.
  4. Setelah digunakan, lepaskanlah mata bor dengan benar. Kemudian simpan di tempat berbeda, hal ini juga sering kali dilupakan oleh banyak orang, di mana mereka hanya sebatas memasang tanpa mau mencopotnya kembali. Jangan sembrono karena akan berdampak pada pemasangan mata bor yang lainnya kemudian. Mata bor yang tidak segera dibuka, kelak bisa sulit dibuka ketika hendak menggantinya dengan yang lain.
  5. Jika ada masalah dengan bor Anda, jangan asal memperbaikinya sendiri.  Serahkan kepada ahlinya untuk menghindari terjadinya kerusakan yang lebih parah.
Setidaknya itulah langkah sederhana dalam perawatan mesin bor Bosch (dari berbagai sumber) agar bor tidak mudah rusak dan bisa dipakai untuk waktu yang lama untuk keperluan rumahtangga Anda. Jangan lupa, beli produk yang asli di situs belanja online terpercaya, ya.


Makassar, 14 Januari 2018

Keterangan: 
Kedua gambar berasal dari www.bukalapak.com



Share :

4 Komentar di "Cara Menggunakan dan Merawat Bor Bosch untuk Keperluan Rumahtangga"

  1. Bosch mah jaminan mutu ya.. tapi tetep kudu memperhatikan perawatannya biar awetnya lebih lama lagi..

    ReplyDelete
  2. kalau liat bor inget suamiku yang hobby dengan pekerjaan tangan :). Bor Elektrik seperti ini memang handy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih, di rumah suaminya suka bikin-bikin rak, ya Mbak Indah?

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^