3 Alasan Mengapa Harus Menggunakan Tiket.com

Saya pernah terlibat dalam kasus “salah pesan tiket pesawat” (kisahnya bisa dibaca di tulisan berjudul Sosialisasi Peduli Sahabat: Ujian Atas Kesungguhan dan Keyakinan). Rasanya maluuu luar biasa. Musababnya adalah karena aneka rasa tegang, menjelang kegiatan Sosialisasi Peduli Sahabat sehingga tiket untuk nara sumber kami yang dipesan ternyata tepat pada hari dia membawakan materi. Padahal seharusnya kami memesan tiket sehari sebelum acara berlangsung.


Mas Sinyo Egie (founder Peduli Sahabat) – sang nara sumber, baru sadar tiket yang dipegangnya untuk sehari setelahnya ketika dia tiba di bandar udara Adisucipto, Yogyakarta. Syukurnya, dia tak marah. Err, menahan diri untuk tidak marah kepada kami, mungkin itu yang tepat. Dia bersedia mengurus penggantian tiket dan membayar uang selisihnya menggunakan uang pribadinya terlebih dulu.

Mengingat kejadian itu, saya jadi sangat berhati-hati sewaktu memesankan tiket balik untuknya. Saya memesan tiket melalui aplikasi Tiket.com ketika sedang sibuk melakukan sebuah pekerjaan freelance di sebuah tempat. Soalnya saat itu memang sedang sibuk dengan sebuah pekerjaan. Maka makin tegang rasanya karena saya harus berkonsentrasi pada pekerjaan itu dan harus memesan tiket balik pembicara dari Makassar ke Jakarta. Tapi ketegangan saya tidak beralasan ternyata. Dan juga tidak berpengaruh pada proses pemesanan di Tiket.com karena 3 alasan berikut:

1. Mudahnya memesan tiket pesawat di Tiket.com (secara online).

Mudah sekali prosesi memesan tiket melalui aplikasi Tiket.com di HP. Apalagi bagi pengguna KlikPay BCA seperti saya karena Tiket.com sudah masuk ke dalam daftar e-Commerce di dalam aplikasi KlikPay BCA. Sudah included.

Secara perlahan, saya mengikuti langkah pemesanan tiket. Maklum, ini pertama kalinya saya memesan tiket, secara online pula. Tinggal klik beberapa kali saja, “dipadukan” dengan penggunaan token, proses pemesanan tiket berlangsung cepat. Sebelumnya tak pernah sekali pun saya memesan tiket bahkan secara offline. Kasihan, ya. 😀 Soalnya selalu ada yang memesankan tiket untuk saya di waktu-waktu yang lalu. Oleh sebab itu, untuk apa saya memesan kalau ada orang lain yang bisa memesankannya untuk saya. 😊

Usai memesan tiket, saya tak menemukan keterangan di aplikasi yang menyatakan detail pemesanan (termasuk tanda bukti transaksi). Hadeuh ... masih gaptek. Tapi ada e-mail dari Tiket.com yang menyatakan pemesanan sukses dilakukan, masuk ke inbox e-mail saya. Langsung saya periksa tanggal pemesanan tiket tapi saya tak menemukan tanda bukti transaksinya. Fiyuh, mungkin ketegangan sudah menutup sebagian otak dan mata saya. Harusnya ada, tidak mungkin tak ada.

E-mail yang menjelaskan langkah-lagkah pembayaran tiket dengan KlikBCA,
dibuat secara personal (khusus untuk saya).

2. Customer service Tiket.com yang helpful.

Segera saya ambil langkah mudah: menghubungi customer service (CS) via telepon. Saya tidak mau kejadian salah pesan tiket terulang kembali sementara bukti transaksi belum saya lihat nyata. Panggilan telepon dijawab oleh seorang perempuan. Dia menjelaskan apa-apa yang harus saya lakukan dan menerangkan tentang detail pesanan saya. Katanya, sih, e-mail tentang waktu keberangkatan dan bukti transaksinya sudah dikirimkan. Sementara saya merasa belum menerima detailnya. Boleh jadi memang saya yang tidak teliti karena CS yang meladeni saya itu mengatakan akan mengirimkan ulang detail pemesanan tiket yang saya maksud. Benar saja, tak lama kemudian masuk lagi e-mail dari Tiket.com. Setelah saya teliti lagi, ternyata memang sudah ada bukti transaksi dengan keterangan detailnya berupa file yang disisipkan. Di inbox e-mail saya sekarang terdapat dua tanda bukti transaksi yang dikirim dalam bentuk attachment.

Oya, saya juga sempat meminta kepada CS untuk mengajari saya langkah-langkah pembayaran melakukan aplikasi KlikBCA sebelum melakukan proses pembayaran. Tuntunan segera dikirimkan ke e-mail saya, berupa tutorial yang mudah diikuti. Senangnya! Kemudahan proses memesan tiket pesawat di Tiket.com ternyata sangat didukung oleh pelayanan yang diberikan oleh CS yang siap siaga membantu, baik melalui voice call maupun melalui e-mail seperti yang saya alami (bisa juga melalui website, lho). Boleh cermati, deh e-mail-e-mail yang saya lampirkan di sini, sebagai bukti pengalaman yang saya ceritakan ini. 

3. Tix

Tix adalah penghargaan dari Tiket.com bagi para member-nya, baik berupa Tix Point dapat langsung digunakan sebagai potongan harga atau bahkan transaksi gratis untuk reservasi hotel di Tiket.com untuk Basic Member dan potongan harga atau bahkan transaksi gratis untuk reservasi Hotel, tiket pesawat, tiket kereta api dan sewa mobil untuk Elite Member.

Tix Point adalah point yang akan member peroleh bila bertransaksi di Tiket.com. Tix Point dapat ditukar dengan berbagai macam produk ataupun merchant yang ada di program TIX. Cukup transaksi di Tiket.com, maka secara otomatis member akan mendapatkan Tiket Point sampai dengan 7% dari nilai transaksi. Nah, berkat pemesanan tiket yang pernah saya lakukan, saya sudah mendapatkan Tix Point sebesar 319 (bisa dilihat di gambar paling atas, yang dilingkari warna merah di paling atas). Jadi ceritanya, saya bisa menukarkan dengan yang saya inginkan jika point tercukupi.

E-mail yang diterima usai pemesanan tiket pesawat.
Agung Sugiarto (nama asli nara sumber kami, yang dipesankan pesawat). Bukti
transaksi terkirim 2 kali (sudut kiri bawah)

Kembali ke cerita tentang pemesanan tiket pesawat. Saking takutnya salah pesan, walau sudah melihat langsung tanda buktinya, tetap saja saya memeriksa lagi apakah ada kesalahan. Seorang kawan saya minta lagi untuk mengecek biar yakin. Saya jadi paranoid! Syukurlah, tanggal dan jam keberangkatan Mas Sinyo Egie – nara sumber kegiatan Sosialisasi Peduli Sahabat memang sudah benar. Terbukti dari pesan-pesan yang bersangkutan di grup Peduli Sahabat Makassar yang berangkat dan tiba pada waktunya. Fiyuh, benar-benar pelajaran penting supaya saya selalu berusaha teliti dalam setiap kesempatan.


Makassar, 29 April 2017

Tulisan ini diikutkan Blogging Competition #TiketNgeblog




Share :

18 Komentar di "3 Alasan Mengapa Harus Menggunakan Tiket.com"

  1. Tiket.com memang sangat membantu... Aku sering naik kereta, kalau beli tiketnya ke stasiun ngantrinya lama. semenjak adanya Tiket.com tidak perlu ngantri lagi.

    ReplyDelete
  2. wahh... sabar juga ya narasumbernya. coba kalo dia kesal lalu membatalkan kedatangannya. sekarang asyik ya ada semacam tiket.com jadi lebih mudah ngurus tiket

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untungnya begitu Mbak. Aih ndak kebayang saya kalau beliau kesal dan membatalkan kedatangannya sementara jadwal sudah disusun di sini dan sudah banyak yang tahu akan ada road show :(

      Delete
  3. Makaasih sharingnyaaa mbaaak. Saya belumm pernah pesen tiket di tiket.com ternyata banyak penawaran menarik yaak. Ada tix point jugaaa. Waah harus dicobaa nih. .

    ReplyDelete
  4. Wah... untungnya main ke blognya kak niar. Ada lomba tiket.com ya kak. Hehe ikutan ah... saya sering pake tiket.com sekalian share pengalaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus sekali tuh dituliskan dan diikutkan lomba ini, Nu. Ayo segera mi :)

      Delete
  5. Saya masih kampungan kalo beli tiket secara online gitu Bu. Takut tanggalnya gak cocok lah atau notifikasinya hilang jadi gak bisa chek in di Bandara dll. Tapi sekarang jamannya emang serba online, jadi jadi mindset yg gak jelas kayak yg saya pikirkan emang harus dirubah. Betul gak Bu? Btw, semoga menang ya lombanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagusnya belajar pelan-pelan, Bu. Karena sekarang mudah sekali. Cari saja yang terpercaya. Kebetulan saya memang pernah bertemu dengan penditi Tiket.com dan istrinya, Bu. Nah, yang begini ini biasanya CS-nya sangat support, ditelepon saja untuk menanyakan, seperti saya. Saya menelepon untuk bertanya dan mereka sangat membantu.

      Delete
  6. Belum pernah sih saya beli tiket di ticker.com kapan kapan boleh juga saya coba.

    ReplyDelete
  7. joss banget ini,aku juga ikutan,,semoga beruntung ya kak..blogwalking nih,,kunjung balik ya kak..suwun

    ReplyDelete
  8. Enak ya mbak kalau pakai aplikasi tiket dot com, nggak ribet dan fast respon
    3 alasan tadi kayaknya memang cocok deh

    ReplyDelete
  9. memang tiket dot com ini juaraaaa banget ya mbaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  10. Iya nih, Saya juga baru-baru ini beli tiket buat mudik di tiket.com. Mudah dan ga ribet deh seperti kata mba.

    ReplyDelete
  11. Sepertinya sangat mudah ya, klo pesan tiket di tiket dot com. Aku belum pernah sih bela beli tiket sendiri, biasanya temen yang nolongin beli. Salam kenal mbak

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^