Mengobrolkan Fiber Optic

Yang saya tulis kali ini adalah kegiatan tanggal 22 Oktober lalu, NGOBRAS (Ngobrol Bareng dan Santai) antara komunitas blogger Anging Mammiri dengan PT. Telkom Indonesia di kafe Upnormal. Mengapa lama baru saya tuliskan di sini, alasannya karena kabar yang saya tunggu-tunggu tak datang juga. Sementara saya sudah kadung berniat menuliskannya.


Yang Tersendat-Sendat dari Satu Ruang di Lantai Dua Kafe Upnormal


Mengapa perlu menunggu kabar? Karena saya kesulitan menuliskan apa yang terjadi selama acara Ngobrol Santai-nya berlangsung jadi saya memutuskan untuk bertanya dan menunggu kabar. Mengapa demikian? Karena sound system ketika itu tidak memadai. Loud speaker dari wireless system yang digunakan tidak bisa mengimbangi luas ruangan yang kami tempati beserta kebisingan yang terjadi di luar ruang pertemuan. Di luar sana ada anak-anak ABG yang bernyanyi-nyanyi dan ketawa-ketiwi dengan kerasnya. Oleh sebab itu, suara yang sampai di tempat duduk saya, di bagian tengah ruangan itu hilang-timbul. Menyebabkan informasi yang saya terima berkisar 30 – 40% saja.

Posisi saya, saat menyaksikan Mas Lanang membawakan presentasinya
Lagi sibuk apa? 😊
Maka, karena sudah kadung berniat ingin menuliskannya, saya mencoba berkonsentrasi pada tulisan yang seadanya dan mencari tambahan referensi ke website lain dan di Youtube. Kenapa saya ingin menuliskannya? Karena informasi yang ada di acara ini sebenarnya penting sekali. Minimal saya bisa ikut menyebarkan berita baik, khususnya pembangunan di Indonesia yang terkait dengan Serat Optik atau Fiber Optic – yang menjadi tema Ngobras kali ini. Jadi, ya sudahlah, saya berusaha saja tuangkan apa yang bisa saya tuliskan.

Fiber Optic, Kecanggihan Sistem Telekomunikasi Kita


Adalah seorang lelaki muda bernama Lanang Prayogo yang membawakan materi dengan topik fiber optic. Ia menjelaskan mengenai sejarah transmisi telekomunikasi di Indonesia. Tahun 1978 memakai satelit. Teknologi ini lama-kelamaan tidak dapat lagi menampung kebutuhan komunikasi rakyat Indonesia. Pada akhir tahub 2013 digunakanlah fiber optic sebagai jaringan akses.

Tersambungnya seluruh wilayah Indonesia berkat proyek SMPCS atau Sulawesi-Maluku-Papua Cable System. Melalui proyek ini, Kawasan Timur Indonesia (KTI) menjadi lebih sejajar dengan Kawasan Barat Indonesia dalam hal infrastruktur telekomunikasi. Pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut SMPCS yang digagas dan dikerjakan PT Telkom tersebut mencakup penggelaran kabel laut hingga kedalaman 3.000 meter, sepanjang 5.444 km dan kabel darat sepanjang 655 km yang menggunakan teknologi Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM). Sementara, total jaringan backbone fiber optik yang membentang dari Sabang hingga Merauke adalah 81.831 km atau dua kali keliling bumi.

Bapak Marnoto – General Manager Witel Makassar

Bapak Nur Yusuf (Senior Manager Customer Care & Marketing)
Fiber optic memiliki keunggulan dibandingkan kabel tembaga, yaitu:
  • Lebih kebal daripada radiasi gelombang elektromagnetik.
  • Aman dari petir.
  • Tidak melewatkan gelombang listrik.
  • Jauh lebih cepat menggunalan fiber optic ketimbang kabel tembaga.
  • Lebih murah.
  • Aman dari pencurian.
Fiber optic baru dirilis tahun 2014. Pada tahun 2016 berhasil meraih peringkat ketiga top speed internet di seluruh dunia. PT. Telkom kini mempunyai produk IndiHome Fiber. Indihome Fiber merupakan layanan Triple Play dari Telkom yang terdiri dari Internet fiber atau high speed internet (internet cepat), interactive TV (UseeTV) dan phone (telepon rumah).  Paketnya hingga yang super cepat 100 Mbps WiFi.

Acara gathering ini berlangsung seru. Beberapa orang yang melontarkan pertanyaan malah jadi curhat, mumpung bertemu dengan provider-nya, kan hehehe. Dua orang petinggi Telkom Makassar yang hadir di acara ini menanggapi dengan bijak keluhan yang terdengar. Kedua petinggi Telkom tersebut adalah Bapak Nur Yusuf (Senior Manager Customer Care & Marketing) yang juga memperkenalkan produk-produk Telkom seperti Indihome dan Smart Home. Selain beliau, Bapak Marnoto – General Manager Witel Makassar juga hadir dan menanggapi pertanyan yang diberikan peserta.

Sumber gambar: https://www.goodnewsfromindonesia.id/
Saya mengapresiasi acara ini, presentasi dari Mas Lanang, kehadiran Pak Nur Yusuf dan Pak Marnoto, beserta kehadiran sejumlah pegawai Telkom di acara Ngobras malam itu. Mohon maaf kepada Bapak-Bapak dan semua kawan dari PT. Telkom, bila tulisan ini terkesan seadanya karena keterbatasan saat itu. 

Makassar, 17 November 2016



Referensi tambahan:
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/02/08/jaringan-fiber-optik-indonesia-sepanjang-2x-keliling-bumi
  • http://www.indihome.co.id/


Share :

14 Komentar di "Mengobrolkan Fiber Optic"

  1. komunitas anging mamiri ini aktif ya mba, seneng bisa ikutan kegiatannya :)

    ReplyDelete
  2. Kapan lagi diadakan seperti ini ya Mbak?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an akan ada lagi kalo dengan Telkom hehehe. Yang jelas, acara Anging Mammiri selalu saja ada. Ini mau acara 10 tahunnya tanggal 25 nanti :)

      Delete
  3. Benar banget ini mbak...saya harap indihome dari kantor telkom indonesia bisa memiliki fasilitas yang lebih memadai lagi dengan kecepatan broadband yang semakin tinggi....infonya sangat bermanfaat ^^. bisa saya jadikan pembahasan saya untuk di blog saya butuh IT saya bantu sharing ya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus Mas, kalo bisa jadi bahan bahasan lagi.
      Terima kasih ya sudah mampir :)

      Delete
  4. Acara yang menarik, ya? Masih tanggal 25 depan, ya?

    ReplyDelete
  5. Sayang aku punya histori yang kurang manis dengan produk ini.
    Tapi karena belum punya opsi lain, mau tak mau, suka tak suka, terperangkap!
    Semoga kritik membangunku bisa diterima.

    ReplyDelete
  6. keren kandaaa... tks byk paparannya , smg in syaa Allah bisa ketemu di event selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, sapa saya ya kalau kita berada/bertemu di event yang sama :)

      Delete
  7. Wahh sayang gak tau soal acara ini. Padahal mau ngasi masukan yg banyak ke org telkomnya aka komplen 😅😅

    ReplyDelete
  8. Ahh seru banget NGOBRAS nya Maak , Aku pernah pke produk ini, cuma ganti lagi deh karena banyak gangguan hehhe

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^