Serba-serbi Menyangkut Daftar Peralatan Medis yang Perlu Diketahui

Seiring dengan perkembangan modernisasi sekarang ini, perkembangan dunia ilmu medis juga mengalami kemajuan dan semakin baik dari tahun ke tahun. Semua bisa dibuktikan dengan begitu banyaknya daftar peralatan medis   yang berada di rumah sakit dengan fitur terbaru serta tampilan yang sangat canggih hingga modern. Dengan demikian,kebutuhan tiap orang di dalam penanganan medis pun juga menjadi lebih baik.

Setiap rumah sakit memang harus mempunyai peralatan medis dengan fitur yang lengkap untuk membantu proses medis dan menyembuhkan penyakit yang diderita oleh pasien. Pada prinsipnya, dalam dunia kesehatan tentunya tidaklah mungkin melakukan penyelamatan jiwa tanpa menggunakan alat medis ini.

Bahkan, secara perorangan, banyak pula yang memiliki beberapa peralatan medis untuk memantau penyakit yang dideritanya. Seperti apakah itu? Contohnya adalah alat pengukur tekanan darah. Kalau rutin mengecek tekanan darah kan menjadi lebih waspada terhadap asupan makanan. Ibu saya memutuskan membeli yang digital. Dengan demikian, ayah dan ibu saya bisa rutin mengecek tekanan darah sendiri tanpa perlu ke rumah sakit atau dokter praktik.

Alat tes gula darah. Sumber gambar:
https://www.bukalapak.com/p/industrial/peralatan-medis-laboratori
Contoh lainnya adalah nebulizer dan alat tes gula darah. Ibu mertua saya mempunyai nebulizer. Digunakan sebagai pertolongan pertama ketika asma datang. Dengan demikian, tidak perlu selalu ke rumah sakit. Bayangkan kalau tiba-tiba di malam hari atau di pagi buta, asma menyerang, sulit untuk segera ke rumah sakit.

Sedangkan alat tes gula darah, adik saya dan suaminya memutuskan membelinya dua tahun lalu. Bukan hanya mengetes gula darah, alat yang mereka miliki juga bisa mengetes kadar asam urat dan kolesterol. Mereka rutin menggunakannya sehingga tidak perlu selalu ke rumah sakit. Baik alat pengukur tekanan darah maupun nebulizer, dan alat tes gula darah, banyak dimiliki oleh orang awam. Ketiga barang itu bisa dibeli di toko yang menjual alat kesehatan atau melalui online shop.

Ada begitu banyak manfaat dan fungsi dari alat kesehatan sebagai pembantu setiap orang terlebih yang sedang mengalami perawatan medis. Walaupun beberapa diantaranya mempunyai harga yang tinggi, namun fitur dan peran yang sebanding dengan harga yang dimiliki dapat membantu mendiagnosa atau menangani berbagai penyakit.

Berikut berbagai macam manfaat daftar peralatan medis, antara lain:
  • Membantu mengambil tindakan untuk mengobati penyakit. Ada berbagai macam jenis penyakit yang harus mengalami penanganan yang cepat dan sepenuhnya penanganan tersebut dibantu oleh alat-alat ini, beberapa jenis penyakit ini seperti penyakit jantung yang seringnya menggunakan alat seperti defibllator,
  • Akurat dalam melakukan diagnosis. Berbagai macam perlengkapan medis memang mempunyai tingkat akurasi serta kecepatan yang baik untuk mendiagnosa sebuah penyakit tertentu. Dengan demikian, peran peralatan medis ini juga berguna untuk kecepatan dan keakuratan diagnosis penyakit,
  • Memaksimalkan pengobatan untuk penyakit khusus. Bagi berbagai macam jenis penyakit berat, biasanya memerlukan perawatan dan pengobatan khusus bisa segera diketahui dengan cepat dengan menggunakan peralatan medis yang mempunyai fitur khusus. Sehingga proses pengobatan pasien akan lebih maksimal,
  • Membantu menentukan jenis pengobatan yang harus dilalui pasien. Perlengkapan medis memang tidak hanya untuk pengobatan pasien tersebut melainkan, ada beberapa alat yang digunakan untuk mempermudah tenaga medis dalam menentukan pengobatan yang tepat bagi pasien.

Penting mengetahui peralatan kesehatan, sebelum melakukan pembelian alat medis. Karena begitu vital nya alat-alat ini, tentu saja pembelian harus dilakukan dengan sangat cermat. Jika kita membeli secara online, ada berbagai macam tips yang dapat diikuti.
  • Pertama, teliti sebelum melakukan pembelian. Ada beberapa pihak yang sekarang ini menjual alat kesehatan menggunakan media sosial, umumnya mereka menggunakan media sosial ini untuk mengiklankan produk mereka. sebelum tertarik melakukan pembelian, usahakan meneliti situs yang mereka gunakan untuk berjualan.
  • Kedua, lebih berhati-hati. Biasanya orang lebih sering melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Oleh sebab itu, ingatlah bila kartu kredit yang kita miliki itu bersifat statis yang artinya ia mempunyai nomor yang tidak akan berubah. Hal ini harus diperhatikan. Jika informasi kartu kredit kita bocor, ditakutkan informasi yang terkandung di dalamnya akan digunakan oleh pihak yang kurang bertanggung jawab. Oleh sebab itu saat transaksi dengan menggunakan kartu kredit, pastikan laman situs merupakan tempat belanja yang aman.

Terakhir, selalu perhatikan testimonial. Biasanya jika sudah melihat daftar trend peralatan medis dengan harga yang murah, orang-orang akan gegabah dalam mengambil keputusan tanpa melihat testimonial pengguna brand terkait. Testimoninya, tentu saja merupakan kesaksian yang diberikan oleh para pelanggan yang telah melakukan pembelian di situs tersebut. Setiap online shop biasanya memiliki kolom testimonial untuk pelanggan. Nah, kita dapat melihat kolom tersebut dan melihat banyak testimonial negatif atau positif.


Makassar, 11 Oktober 2016


Share :

10 Komentar di "Serba-serbi Menyangkut Daftar Peralatan Medis yang Perlu Diketahui"

  1. Saya setiap 6 bulan sekali cek kolesterol dan asam urat ke Apotik menggunakan alat tersebut diatas mbak, memang perlu sekali alat itu untuk mengontrol kesehatan kita ya. Mungkin harus dipertimbangkan untuk membeli karena bisa digunakan untuk seluruh keluarga dan sifatnya rutin, jadi kalau mau hitung secara global jatuhnya lebih murah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending beli starter kitnya bu....hanya sekitar 250 hingga 300an drpd bolak balik ke apotik dan lebih murah

      Delete
  2. Mba Niar, aku kayaknya harus menyediakan daftar peralatan medis nih di rumah. Biar jaga2 ya mba. Makaish infonya mbaa

    ReplyDelete
  3. Kadang suka ragu sih sama alat-alat tensi, cek gula darah, kolesterol, asam urat... soalnya suka beda banget :) akhirnya kalau hasilnya bagus percaya tapi kalau hasilnya tidak diharap jadi deg-degan hehe

    ReplyDelete
  4. Aku baru nyediain beberapa nih

    ReplyDelete
  5. aku punyanya tensi sama suhu tubuh yang dikuping
    walau mahal tapi investasi baik itu

    ReplyDelete
  6. Mama Mertua saya juga selalu sedia alat - alat cek kesehatan sederhana di rumahnya, ada tensi, alat cek gula darah (jadi nggak harus ke dokter dulu mau cek tensi #hematwaktu #hemattenaga) :)

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^