Tips Belanja Asyik di Toko Swalayan

Walau keberatan dengan pengidentikan oleh sebagian orang terhadap perempuan dengan kata “suka belanja” namun saya tidak menafikan kalau kata “belanja” saja memang tidak jauh-jauh dari perempuan.
Pekerjaan berbelanja sehari-harinya dalam sebuah rumah tangga biasanya memang merupakan urusan ibu rumah tangga. Mulai dari urusan mengatur apa-apa saja yang harus dibeli sesuai kebutuhan dengan mengesampingkan kepentingan, hingga berpikir belanja mana yang harus hemat dan belanja mana yang “tidak apa-apa” bila tidak hemat.

Iya, toh. Kan ndak mungkin juga kalau harus berhemat di semua lini kehidupan. Dalam urusan kesehatan, kalau mau menghemat – yang dihemat adalah kesehatan dengan gaya hidup sehat tetapi tidak boleh menghemat pengeluaran yang urgent dalam hal kesehatan. Kalau ada anggota keluarga yang sakit misalnya, mau tidak mau tetap harus keluar uang untuk melakukan hal yang terbaik. Atau paling tidak, mempersiapkan diri dengan membayar asuransi terlebih dulu.

Contoh promo JSM Alfamart
Nah, ngomong-ngomong tentang tempat belanja, walau suka berbelanja di warung, pedagang keliling, dan pasar tradisional, saya tak menampik pasar modern alias super market alias toko swalayan. Kenapa? Karena sesekali memang ada barang yang harus dibeli di sana.

Nah, ketika keadaan membuat kita pergi berbelanja di toko swalayan, perhatikan hal-hal berikut ini. Jadikan sebagai tips belanja asyik:

1. Perhatikan promo yang sedang berlangsung.

Manfaatkan promo-promo yang diselenggarakan oleh toko swalayan. Contohnya adalah promo JSM Alfamart. Promo JSM Alfamart ini adalah jenis promo di website milik Alfamart. Selain itu ada pula bentuk promo di aplikasi gadget, spanduk, dan flyer. Flyer biasanya diletakkan di dekat pintu masuk toko swalayan atau di dekat kasir. Barang-barang yang sedang promo, biasanya harganya memang benar-benar murah. Oya, teliti juga tanggal pemberlakuan promo lho, ya. Jangan sampai tanggalnya sudah lewat tapi flyer-nya masih diletakkan di dalam toko. Saya pernah hampir terkecoh karena lupa memperhatikan tanggal masa promo.

2. Perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Perhatikan dengan sekasama syarat dan ketentuan yang berlaku bagi barang-barang yang sedang promo. Dulu, saya pernah terjebak dengan promo tanpa memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Duh, konyol sekali rasanya. Ternyata dalam hal berbelanja, butuh ketelitian tingkat tinggi juga. Syarat dan ketentuan biasanya mencakup pemberitahuan mengenai kondisi yang membolehkan membeli barang tertentu dengan harga murah. Jarang-jarang, tuh barang murah yang tidak diatur dengan “syarat dan ketentuan” ini.

3. Bila bawa anak, negosiasi terlebih dulu.

Ini sih pengalaman pribadi saya. Kalau bawa anak, biasanya dafar belanjaan bertambah panjang daripada yang dibawa dari rumah kalau tak pandai-pandai menyiasatinya. Anak-anak suka tergiur dengan barang-barang ngejreng untuk anak yang terpajang di toko swalayan. Jangankan di toko swalayan, belanja di warung saja butuh negosiasi dengan anak. Sebaiknya berunding dulu dari rumah, apa yang boleh dibeli anak dan apa yang tak boleh ia lakukan selama pergi berbelanja dengan kita. Ini yang saya lakukan kepada anak-anak bila mereka ingin ikut saya pergi berbelanja.

4. Cek harga dengan teliti.

Kadang kala, harga yang tertera di label harga pada rak pajangan/etalase berbeda dengan yang tersimpan dalam data base toko swalayan. Saya pernah dibuat kecele, nih gara-gara tidak teliti. Sudah senang saja dapat barang murah, eh nyatanya harga yang di mesin kasir sudah berubah ke harga normal. Ternyata pegawai di toko-toko swalayan, walaupun tokonya kecil, tidak selalu teliti mengganti harga.

5. Buat daftar belanjaan dari rumah.

Jangan lupa membuat daftar belanja dari rumah. Kalau tak punya daftar belanja, biasanya pengeluaran akan membengkak dari yang dibayangkan sebelumnya.

6. Dahulukan kebutuhan.

Dahulukan kebutuhan, bukan mendahulukan kepentingan. Bedakan antara kebutuhan dan kepentingan, ya teman. Kebutuhan adalah hal yang memang kita butuhkan. Kepentingan adalah hal yang kita pikir dibutuhkan padahal kita hanya “lapar mata” saja melihatnya. Misalnya nih, ada promo bedak murah langsung membeli padahal di rumah masih ada bedak. Ada promo pasta gigi berhadiah sikat gigi, langsung sambar saja padahal di rumah masih ada stok pasta gigi dan sikat giginya.

***

Misalkan mendapat informasi dari promo JSM Alfamart, nih ya. Carilah informasi mengenai barang yang memang sedang kita butuhkan. Abaikan saja godaan dari promo barang-barang lain yang sedang menebar pesona. Pasang “kaca mata kuda”.

Jadii, begitu, deh. Berbelanja selalu membutuhkan tips tersendiri supaya tak membuat kita mengalami lebih besar pasak daripada tiang. Selamat menerapkan tips belanja asyik. :)

Makassar, 25 Agustus 2016



Share :

8 Komentar di "Tips Belanja Asyik di Toko Swalayan"

  1. Paling cepet kalau ada promo-promo aja. Hehe

    ReplyDelete
  2. betul sekali kak ndak mungkin juga kalau harus berhemat di semua lini kehidupan aahahahahhahahaha ..

    ReplyDelete
  3. Wah, sekali-sekali belanja di warung tetangga juga bund, biar nglarisi tetangga sendiri, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ke warung tetangga hampir tiap hari :)

      Delete
  4. kadang suka khilaf kalau lihat banyak promo ini itu, jd bikin list dr rmh, biar aman ya mbk niar .:)

    ReplyDelete
  5. Mantab dah tipsnya sangat bermanfaat, kalau belanja yang penting jangan kelewatan borongnya
    OBAT BATUK ANAK HERBAL

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^