Rindu Kampuz, Seru-Seruan Masa Kini Alumni FT UNHAS

Mungkin tidak terbayangkan bagi banyak orang, ya, seperti apa rasanya, perempuan kuliah di Fakultas Teknik yang didominasi laki-laki?

Kalau dari pengalaman saya, sih ... biasa saja. Asyik-asyik saja. Untuk bersaing meraih IP (indeks prestasi) oke, biasanya tak masalah buat perempuan. Alhamdulillah, saya dulu mulus-mulus saja, tuh bersaing dengan para lelaki. Bisa dapat IPK di atas 3 dan selesai di bawah 5 tahun. Tidak pintar-pintar amat, juga tidak bego-bego amat.

FT UNHAS. Foto diambil tahun 2014
Rasanya bagaimana berada di tengah makhluk-makhluk maskulin? Biasa saja. Nyaman-nyaman saja. Sesekali saya pernah dikerjain di laboratorium tapi tidak menjadi masalah (tepatnya setelah beberapa lama sudah tidak masalah lagi, waktu itu sungguh menyebalkan J).

Saya mau flash back lagi, jauh ke belakang, saat banyak orang yang mengkhawatirkan acara orientasi mahasiswa baru. Pada angkatan saya (1992), namanya OPSPEK. Saking takutnya putri sulungnya kenapa-kenapa, ibu saya sampai menghubungi beberapa orang yang diketahuinya punya putra yang kuliah di FT UNHAS. Maksudnya supaya ada yang bisa menolong saya kalau terjadi sesuatu.

Ketakutan tentang OPSPEK bagi perempuan di FT UNHAS pada masa-masa itu sebenarnya tak beralasan. Tempaan fisik memang luar biasa karena toh nantinya selama kuliah kami memang harus punya stamina yang oke. Namun para lelaki di kampus menghormati segelintir perempuan di antara mereka. Tak pernah ada kejadian senior lelaki yang menyakiti yunior perempuannya. Senior perempuanlah yang boleh menangani yunior perempuan dalam kelompok perempuan. Senior laki-laki terlarang masuk di situ. Baru pada kegiatan bersama senior yang menangani mahasiswa baru juga berbaur.

Demikian pula halnya selama perkuliahan berlangsung. Teman-teman, para senior, dan para yunior lelaki senantiasa menghargai mahasiswi. Sesekali ada juga cowok-cowok yang bertingkah/berulah. Tetapi kalau saya yang mengalami masalah, selalu ada cara untuk mengatasinya. Saya menyelesaikannya sendiri atau saya minta bantuan kawan lain.

Pendeknya, banyak hal yang saya alami di kampus meninggalkan kesan mendalam. Lebih banyak asyiknya, terutama dalam kegiatan kemahasiswaan. Sebagian sudah pernah saya ceritakan di blog ini. Itulah mengapa, setiap saya melewati kampus di kawasan Tamalanrea, selalu saja seperti ada yang beresonansi di dalam diri saya. Apalagi kalau berkesempatan menginjakkan kaki di kampus, terkhusus lagi di area Fakultas Teknik.

Mungkin bukan hanya saya yang merasa beresonansi dengan kampus. Para alumni yang lain pun mengalaminya, beresonansi dengan pengalamannya masing-masing. Nah, buat kalian – kanda, dinda, dan saudara-saudari alumni FT UNHAS, insya Allah pada tanggal 9 – 10 Juni nanti akan ada event Rindu Kampuz. Event ini bukanlah event biasa. Ada harapan-harapan mulia di balik pelaksanaannya.

Harapan apa saja itu? Mari simak apa kata ketiga senior ini (saya kira, kita pun punya harapan yang mirip atau sama):


Sahabat-sahabatku Alumni Teknik Unhas, sudah saatnya kita saling bersinergi serta bergandengan tangan bangkit bersama membangun negeri ini, tepatnya di HBH & REUNI NASIONAL IKA TEKNIK UNHAS 2016 tanggal 9-10 Juli 2016 di makassar, sekaligus menghimbau dan berpesan kepada seluruh alumni IKA TEKNIK UNHAS di seantero negeri ini untuk hadir bersama melepas rindu dan kangen di acara tersebut. Sudah sepantasnya kita memikirkan dan berbuat untuk masyarakat Indonesia Timur agar mampu sejajar dengan saudara-saudara kita di Indonesia bagian barat khususnya dan membangun Indonesia negeri tercinta ini melalui revolusi mental dan pola pikir kita semua. Saya yakin dan percaya semua alumni Antek bisa, kita bisa dan pasti bisa. Ayam jantan lambang kebanggaan kita takkan pernah berkata menyerah dan mundur setapak pun demi harkat dan martabat diri kita "Never Give Up to be Excellent". Salam Alumni
(Haedar A. Karim, Ketua IKA Teknik UNHAS, dikutip dari http://hbh2016.iatel-unhas.com/)

Kami berharap kegiatan ini akan menjadi kegiatan terbesar alumni Teknik Unhas dan dihadiri oleh seluruh alumni Teknik Unhas dimanapun berada dan profesi apapun. Semoga kebersamaan dan silaturahmi serta kekerabatan alumni Teknik Unhas terus terjalin dan membawa banyak manfaat dan karya-karya nyata bagi masyarakat dan negeri kita Republik Indonesia tercinta. Mari satukan langkah, rentangkan cita, alumni Teknik Unhas, kita hadiri dan sukseskan acara ini, karena apapun bentuk acara ini, kesuksesannya adalah kehadiran kita semua! Salam Alumni Teknik Unhas, Keep On Fighting Till The End.
(Unggul Attas, Ketua Umum IATEL UNHAS, dikutip dari http://hbh2016.iatel-unhas.com/)

IKA Teknik UNHAS juga terlibat aktif dalam implementasi UU keinsinyuran di mana sertifikasi kompetensi menjadi penting dalam persaingan SDM pada era MEA ini. Alumni Teknik UNHAS mulai amat berperan di PII (Persatuan Insinyur Indonesia) dan paling produktif merekrut anggota PII baru, semua dikonsolidasi via IKA Teknik UH. Sekiranya pihak birokrat kampus tidak seserakah terkait hegemoni terhadap mahasiswa, maka IKA Teknik sudah amat berperan pula dalam mengembangkan Fakultas Teknik. Sayangnya peran alumni masih disepelekan oleh birokrat kampus. Masih ada yang belum bisa legowo dan masih ada ujub juga riya’ yang kental bila terkait alumni dan mahasiswa. Hubungan dosen - alumni masih sebatas eksploitasi saro mase yang sifatnya searah, belum bolak balik. Dengan HBH diharapkan tercapai target dihadiri 2000-an alumni, berharap dengan kuantitas bisa memberi semangat, semakin banyak yang ber-silaturrahim, semakin mengundang keberkahan Ilahi, dalam suasana Idul Fitri.
(Muh. Marwan R. Hussein, Koordinator Pengarah HBH IKATEKNIK UNHAS, via wawancara inbox Facebook)

FT UNHAS, foto diambil Januari 2016

Well, mudah-mudahan saja agenda berikut ini berhasil memenuhi harapan kita semua:


9 Juli 2016

OPENING All TEKNIK EVENT

KINCLONG PANTAI LOSARI

• Lokasi : pantai Losari Makassar.
• waktu : 06:00 - 07:30 WITA.
Dresscode : merah – hitam.
• Kuliner : gerobak soto ayam, bubur ayam, roti bakar dan menu pantai Losari lainnya.
• Agenda : Teknik Bersih Pantai Losari dengan Kodam VII Wirabuana dan marinir.

Home Zweet Home

• Lokasi : Gelanggang Olahraga Indoor Telkom Makassar.
• waktu : 08:00 WITA - till the end.
Dresscode : hitam.
• Kuliner : kuliner Bugis Makassar (silahkan request item kuliner ke panitia).
• Agenda : futsal game antar angkatan, domino competition antar angkatan, kompetisi nyanyi antar angkatan, kompetisi band/musik antar angkatan, PARTAI EKSIBISI antara IKATEK old star versus tim IATEL old star, senior berbagi.

GREEN KAMPUS TEKNIK GOWA

• Lokasi : kampus FT Gowa.
• waktu : 17:00 WITA - sebelum maghrib.
Dresscode : hitam.
• Agenda : penanaman pohon buah dan tanaman lainnya.
• Transportasi : pribadi dan atau bis dari panitia.

10 Juli 2016

TEKNIK UNHAS untuk MAKASSAR

• Lokasi : depan RUJAB gubernur ke lapangan Karebosi.
• waktu : 06:00 - 09:00 WITA.
• Dresscode : merah.
• Kuliner : gerobak ANTEK.
• Agenda : jalan santai, senam pagi, welcome speech by Danny Pomanto.

RINDU KAMPUZ

• Lokasi : kampus Teknik Tamalanrea UNHAS
• waktu : 10:00 - 15:00 WITA
• Dresscode : merah hitam
• Kuliner : Kuliner Bugis Makassar (silahkan request item kuliner ke panitia)
• Agenda : NAPAK TILAZ, live music band, tudang sipulung, games, donor darah

GALA DINNER TEKNIK & CLOSING CEREMONY

• Lokasi : Sky swimming pool Hotel Clarion Makassar.
• waktu : 19:00 WITA - till the end.
• Dresscode : Putih.
• Kuliner : by hotel Clarion Makassar.
• Agenda : final lomba nyanyi, penerimaan hadiah lomba, dinner, penutupan oleh ketua IKA TEKNIK UNHAS.

Seru, kaan? Nah, yang mau ikut serta, silakan daftar di sini. Dan kerinduan kalian akan terobati J.



Share :

14 Komentar di "Rindu Kampuz, Seru-Seruan Masa Kini Alumni FT UNHAS"

  1. Semoga dengan Reuni Nasional bisa membangun sinergi antar Alumni Teknik dan cinta almamater tetap bergema dihati

    ReplyDelete
  2. Jadi anak teknik itu emang seru banget. Membaca postingan ini, jadi ingat masa2 awal masuk kampus Teknik, ada rasa was was yang kemudian malah balik jadi beruntung. Anak Teknik, para senior mayoritas (laki2) justru selalu melindungi dan menghargai anak teknik minoritas (cewek). Duh, bangga deh jadi anak teknik. :) Sukses utk eventnya, ya! Salam dan hormat teknik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam hormat. Terima kasih, ya sudah mampir.

      Delete
  3. Reuni selalu menyenangkan ya mba. 92 udah kuliah ya mba? Berarti seangkatan sama kakak sepupuku neh.

    ReplyDelete
  4. weihhh Mbak ternyata dari teknik tho..

    ReplyDelete
  5. sama ka, saya juga teknik meski teknik informatika lebh agak banyakan cewenya daripada teknik lainnya hehe.. tapi ya gitu temen saya banyakan cowo alhamdulillah jadi temennya suami juga jadi yaa enak deh kalo ada acara reunian suami tetep bisa nyambung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Informatika termasuk yang diminati banyak perempuan, ya Vin. Sama kayak Elektro. Setelah saya, makin lama makin banyak cewek Teknik.

      Delete
  6. Walaupun cuma 3 semester di sana rasanya kangen juga sama serunya lingkungan kampus :D

    ReplyDelete
  7. Semoga acaranya Sukses
    Dan bisa memberikan manfaat bukan hanya untuk alumni tetapi juga untuk masyarakat sekitar

    Salam saya Niar

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^