Berbagi Hal Positif tentang Blogging di PPG SM-3T UNM

Diminta menjadi nara sumber untuk berbagi mengenai blogging adalah hal yang menyenangkan bagi saya. Karenanya, saya bisa memperkenalkan blogging yang sarat manfaat kepada khalayak. Tanggal 23 Mei lalu, saya mendapat undangan dari Program Pengembangan Profesi Guru (P3G) Universitas Negeri Makassar (UNM) untuk berbagi di kegiataan keasramaan Program Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan bagi Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (biasa disingkat dengan PPG SM-3T).

Faridah Ohan, sahabat sejak kuliah yang menjadi pembina pada program PPG SM-3T tiba di lokasi – Asrama Rusunawa UNM – Kampus FIP Tidung saat saya hendak shalat Isya di masjid yang berada di samping asrama. Sebelumnya, ia yang menghubungi saya, menyampaikan tentang undangan ini. Saya dipanel dengan Wendy Miller, seorang penulis asal Australia yang fasih berbahasa Indonesia. Harapan Ida, para mahasiswanya lebih termotivasi lagi untuk menulis. Setiap tahunnya, program ini meminta para mahasiswa untuk menulis dan membukukan pengalaman mereka selama setahun sebelumnya mengajar di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal di negeri ini. Program yang inspiratif, ya.

Saat saya kembali ke asrama, Wendy Miller sudah tiba. Diskusi pun segera dimulai. Yang hadir banyak sekali. Kata Ida, penghuni asrama ini ada dua ratus orang. Wow. Tadinya saya pikir akan berbagi di hadapan sekira 10 – 50 orang saja.

Sebagian peserta
Wendy Miller tampil lebih dulu. Saya kenal Wendy Miller sejak sejak tahun 2012. Eh, bukan kenal, sih ... “tahu” saja, tepatnya. Karena sejak tahun 2012, dua anak saya yang terkecil punya agenda khusus di MIWF, yaitu: menghadiri Kids Corner. Dan Wendy Miller adalah pengisi setia Kids Corner, sejak MIWF pertama (tahun 2011). Wendy, merupakan alasan bagi putri saya – Athifah untuk menyaksikan Kids Corner.

Wendy menggunakan bahasa Indonesia dalam menyampaikan sharing-nya. Ia mengisahkan awal perkenalannya dengan Makassar, yaitu ketika tahun 1997 – 2001, ia mengerjakan project Ausaid di Makassar. Wah, pantasan, bahasa Indonesianya bagus sekali. Selanjutnya, Wendy menceritakan hal-hal seputar buku dan kebiasaan membaca di Australia.

Di Melbourne, tempat tinggal Wendy, ada buku-buku dari beragam bahasa, seperti bahasa Vietnam, Italia, Indonesia, dan Arab. Di Australia, harga buku agak mahal karena banyak yang terbit di Amerika Serikat dan Inggris. Karena itu pulalah, Wendy yang suka membaca buku sejak kecil menjadi senang ke perpustakaan untuk membaca buku. Di sana, di tiap kabupaten perpustakaannya beroperasi dengan baik. Kalau buku-buku di perpustakaan di wilayahnya sudah puas dilahapnya, Wendy pun ke perpustakaan di wilayah lain.

Perpustakaan-perpustakaan di Australia sering menyelenggarakan event. Event-nya gratis, untuk anak-anak pun ada. Salah satu kegiatannya adalah, anak-anak bisa belajar menulis cerpen. Di perpustakaan tingkat provinsi diselenggarakan Kids Book Festival. Pada event itu diselenggarakan aneka kegiatan seperti menulis, mendongeng, membaca, dan melukis untuk anak-anak. Tujuannya adalah untuk mendorong minat baca anak agar anak tidak takut ke perpustakaan.  Keren, ya.

Buku yang recommended untuk anak muda. Resensinya simak di sini
Hal-hal tersebut mungkin pernah diselenggarakan oleh perpustakaan di negara ini namun ada hal yang berbeda. Saya kira yang ini tidak ada di Indonesia: perpustakaan di sana menyediakan minuman seperti air putih, kopi, coklat, area main musik, dan internet GRATIS. Orang-orang yang sudah berumur 50 tahun ke atas bisa didampingi dalam menggunakan internet, seperti memanfaatkan e-mail dan membuka e-book.

Usai Wendy, tibalah giliran saya. Saya sharing pengalaman ngeblog beserta contoh-contoh tulisan dan kisah-kisah di balik tulisan itu. Untuk menggugah peserta, saya pikir saya perlu mengemukakan alasan orang ngeblog dan apa saja manfaat yang saya dapatkan dari ngeblog. Saya membagikan 15 manfaat yang saya rasakan:
  1. Menjadi “prasasti” sejarah pribadi.
  2. Menjadi semakin terampil menulis.
  3. Menjadi semakin kreatif karena ide semakin mudah datangnya.
  4. Mendapatkan banyak kawan baru.
  5. Mengikuti banyak kegiatan menarik (pelatihan , seminar, pameran, dan lain-lain, dengan gratis).
  6. Memperoleh tambahan wawasan.
  7. Sarana pengembangan diri karena dapat memahami kehidupan dengan lebih baik.
  8. Membantu orang lain secara materi (melalui tulisan).
  9. Memotivasi orang lain.
  10. Memberikan wawasan baru kepada orang lain.
  11. Menyampaikan kritik dengan cara berbeda.
  12. Menyumbangkan ide baru untuk blogger lain.
  13. Membuka mata dunia tentang daerah kita.
  14. Pintu rezeki.
  15. Menyebarluaskan (gagasan) kebaikan (berita baik, wawasan, informasi, motivasi) dan lain-lain.
Satu hal lagi yang saya sampaikan adalah, “Bahkan kita bisa belajar dari “hal-hal kecil” yang dituliskan oleh orang lain dalam blognya.” Hal-hal yang kita anggap kecil, bisa saja merupakan pelajaran berharga buat orang lain. Begitu pun hal-hal kecil dari orang lain, bagi kita bisa menjadi pelajaran berharga. Saya sering menemui hal seperti ini, hal-hal kecil dari keseharian orang lain yang membuat saya belajar banyak hal.


Sebelumnya, saya menyampaikan mengenai guru yang ngeblog dalam pandangan saya. Semoga saja para peserta mempunyai gambaran sendiri mengenai manfaat ngeblog buat guru. Saya pribadi, mempunyai penghargaan lebih kepada guru-guru yang aktif menulis karena itu berarti mereka senantiasa update wawasan dan senang berbagi. Mudah-mudahan, dengan demikian mereka juga suka mengintrospeksi diri.

Terakhir, ada hal yang saya pegang selaku seorang muslimah, yaitu sebuah hadits: “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya.” [HR Muslim]

Karena kebaikan bisa ditunjukkan melalui tulisan. Adalah hal yang membahagiakan ketika mendapatkan pemberitahuan dari orang-orang bahwa mereka menemukan hal baru/manfaat dari tulisan kita. Dan kebaikan itu, insya Allah suatu hari akan kembali kepada kita.

Makassar, 4 Juni 2016


Terima kasih Ida, terima kasih teman-teman peserta sharing saat itu telah menyimak dan berkenan mendengarkan saya berbagi hal-hal positif dari blogging. Semoga kita semua semakin semangat menulis, ya. 


Share :

29 Komentar di "Berbagi Hal Positif tentang Blogging di PPG SM-3T UNM"

  1. 15 poin itu betul banget Mak. Lebih kepada apa yang kita tulis berguna untuk orang lain dan jadi sarana meditasi diri,. bukan sekedar mendapat materi semata ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Winda. Pendeknya, blog itu banyak manfaatnya ya :)

      Delete
  2. Bagi saya manfaat ngeblog yg paling terasa adalah wawasan yg terus bertambah hehe

    lam kenal :)

    ReplyDelete
  3. terima kasih mbak niar..inspiratif :)

    ReplyDelete
  4. Makasih, bu. Telah hadir untuk berbagi ilmu dan pengalaman kpd kami, peserta PPG SM-3T UNM. Menginspirasi. Goo job...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah menyimak, ya Satriadi. Mudah2an bermanfaat untuk kita semua :)

      Delete
  5. Amin allahumma aminnm...
    Artikelnya brmanfaat sekali mbak.

    ReplyDelete
  6. Semakin menginspirasi saja ini bloggernya Makassar. Hhhmmm... Kapan ya saa bisa seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm ... siapa?
      Ini kegiatan sharing biasam koq, Arif :)

      Delete
  7. Dulu pertama kenal ngeblog ya cuma buat sharing aja, sekarang Alhamdulillah ada pemasukan,,
    setelah membaca postingan diatas ane jadi terinspirasi dan kayaknya lagi moodbooster mode on nih :D Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, bisa jadi salah satu pintu rezeki ka, ya? :)

      Delete
  8. Wuih...serunya tawwa kak Niar. Jadi narasumber :))
    Kapan ya..bisa dengar langsung kak Niar bawa materi :))

    ReplyDelete
  9. Masya Allah keren banget deh Mbk. Alhamdulillah 15 poin itu berusaha aku laksanakan.

    ReplyDelete
  10. Setuju banget, apapun jurusan nya tapi menulis itu penting

    ReplyDelete
  11. Coba di perpustskaan2 di Indonesia jg rutin mengadakan kegiatan2 semacam itu ya...... kalaupun adapun biasanya hanya ada di kota2 besar saja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kota saya, sudah terhitung kota besar, kegiatannya tidak sebanyak itu, Mbak. Asyik kalo sering ya :)

      Delete
  12. Iya, mbak. Guru yang aktif menulis itu menarik. Alhamdulillah saya berprofesi sbg guru dan juga suka ngeblog. :)

    ReplyDelete
  13. Luar biasa mbak Mugniar, semangat berbagi dan NgeBlog. Inspiratif banget :) salam dari Bojonegoro, Jawa Timur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir ya, Mas Didik. Insya Allah, berbagi menyenangkan dan positif :)

      Delete
    2. Terima kasih sudah mampir ya, Mas Didik. Insya Allah, berbagi menyenangkan dan positif :)

      Delete
  14. Wah, keren sharing semacam ini sangat bermanfaat. Saya masih berusaha juga tuk rasakan manfaat ngeblog nih dan konsisten 😄

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah...berkat PPG SM3T UNM saya bisa bertemu langsung dgn kk niar seorang IRT sekaligus blogger terkenal dan kk wendy miller seorg penulis(australia)..yang dengan senang hati berbagi pengalaman tentang menulis...yang sangat menginspirasi bagi banyak pihak..terutama kami peserta PPG SM3T UNM ANGKATAN IV..

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^