12 Tips Belanja Untung di Tanggal Tua

Dengan godaan aneka toko di dunia nyata dan dunia maya (online shop), ditambah lagi promo segala brand di media sosial, merupakan ujian berat buat ibu-ibu, apalagi yang doyan belanja. Kalau tanggal masih muda, sih no problem. Tapi kalau sudah masuk tanggal tua? Huhu, bisa menangis bombai, deh kalau ada barang yang ingin dibeli tapi keuangan sudah menipis.


Tapiii, buat mereka yang cerdas, pastinya tidak akan nangis bombai. Boleh, deh dipraktikkan proses belanja online yang pernah saya lakukan. Saya pernah belanja online pas Harbolnas (Hari Belanja Online Nasinal) pada bulan Desember lalu. Senangnya, dapat barang bagus diskon yang benar-benar diskon. Bukan diskon abal-abal (dicetak tebal, maksudnya mau diperjelas karena ada juga diskon abal-abal yang bikin geregetan. Ngakunya diskon tapi ternyata harganya sama saja dengan harga barang normal, huh). Waktu itu saya beli jaket, kaos kaki, dan smart watch buat si sulung (kisah lengkapnya bisa dibaca di sini).

Barang-barang itu tiba satu per satu, tiga hari setelah dipesan dan dibayar. Satu per satu, karena dikirim oleh penyedia barangnya. Tidak semua barang disediakan sendiri oleh pihak online shop-nya, dalam hal ini Matahari Mall dot Com  - di mana saya memesan barang-barang itu. Namun demikian, semuanya bebas ongkos kirim. Semua barang yang saya terima, sesuai dengan ekspektasi saya. Rasanya, seperti mendapatkan keberuntungan, deh.

Matahari Mall, menggratiskan ongkos kirim tidak hanya ke kota saya atau ke beberapa kota saja di seluruh Indonesia, tetapi juga ke lebih dari 100 kota, lho. Kalau kalian mau coba, silakan cek daftar kotanya di website Matahari Mall (klik gambar di bawah). Karena layanan ini, konon Matahari Mall pernah mendapatkan pesanan air putih kemasan dari Papua. Tahu, kan, harga barang di Papua mahal. Dengan layanan ongkos kirim gratis, pembelinya pasti mendapatkan untung besar ketika menjual air kemasannya.

Ini "belanja untung" juga. 80%, lho diskonnya :)


Nah, untuk lebih mantapnya, silakan dibaca-baca dulu tips dari saya berikut ini agar belanja tanggal tua Anda lebih menguntungkan:
  1. Belanja online saja daripada harus ke mal atau ke pasar yang mana Anda harus mengeluarkan uang transportasi atau harus naik kendaraan. Sayang, kan, lebih baik bensin di kendaraan dipergunakan untuk jalan-jalan akhir pekan bersama keluarga atau untuk yang lainnya.
  2. Gunakan fasilitas internet gratis di public space atau paket internet murah dari gadget Anda. Atau cari cafe yang harga makanan dan minumannya murah. Pastikan biaya internet Anda gratis atau sangat murah.
  3. Pilih online shop atau market place yang menyediakan jasa kirim atau jasa antar gratis. Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah Matahari Mall. Kalau memilih Matahari Mall, kebetulan sekali saat ini sedang ada promo Belanja Untung di Tanggal Tua untuk macam-macam kategori.
  4. Kalau sudah membuka website-nya, cari barang kebutuhan Anda. Cari yang ada tanda diskonnya, bila perlu.
  5. Bila memilih barang diskon, cek dengan seksama apakah potongan harga memang membuat harga barang murah atau tidak.
  6. Saat memilih-milih barang, pastikan barang yang akan dibeli memang merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Jangan sampai keinginan menguasai Anda padahal sebenarnya Anda tidak membutuhkan barang tersebut.
  7. Perhatikan “Promo Bank” dan “Promo Partner” yang tersedia. Siapa tahu saja bank atau operator telepon seluler yang Anda gunakan sedang menawarkan diskon besar-besaran. Lumayan, kan?
  8. Bila ini kali pertama Anda melihat-lihat website Matahari Mall, jangan lupa daftar News Letter-nya supaya bisa dapat voucher diskon. Lumayan, lho.
  9. Ingat untuk mengecek daftar kota yang masuk layanan antar gratis barang. Ingat juga untuk mengecek metode pembayaran yang paling mudah bagi Anda.
  10. Pilih metode pembayaran yang paling mudah untuk Anda.
  11. Simpan bukti transaksi dan deskripsi produk di website, siapa tahu saja dibutuhkan untuk klaim bila mana barang yang tiba tidak sesuai dengan yang Anda pesan.
  12. Pastikan untuk log out dari akun Anda dan mematikan komputer setelah transaksi. Jangan sampai ada malware yang mengambil alih kendali komputer dan melakukan transaksi.
Belanja untung tanggal tua
Naah, kalau sudah belanja online, sekarang tinggal duduk manis menunggu di rumah, barang-barangnya akan tiba di depan pintu rumah Anda dengan selamat.

Makassar, 18 Mei 2016




Share :

16 Komentar di "12 Tips Belanja Untung di Tanggal Tua"

  1. di mataharimall juga ada TTS (Tanggal Tua Surprise) ada di minggu ketiga tiap bulannya :) jadi lumayan bisa menghemat hehe

    ReplyDelete
  2. Wahhh tipsnya boleh dipraktekkan bun. Aku nih yang sering nangis bombay pas tanggal tua. huhuhuuu

    ReplyDelete
  3. Saya tipikal pembeli online shop addict. Apa aja saya beli dari onlen. baik buku, baju bahkan sampe lotion dan lipbalm beli di online. dan memang saya selalu ngincer free ongkirnya dulu sebelum memutuskan mau beli apa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik ya kalo belanja bisa sambil duduk manis di rumah :)

      Delete
  4. Belanja itu antara kebutuhan dan keinginan. Kalau itu merupakan kebutuhan pastinya kita akan untung dengan penawaran dari matahari mall tersebut.

    ReplyDelete
  5. Untuk yg belanja on Line .. Saya masih perlu banyak belajar juga (secara public figure aja yg menjadi ikon dagang on Line masih ragu pake produknya)...

    Sekaligus memanfaatkan fasilitas publik gratis seperti wifi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, iya, sih ... kayaknya seperti itu, Bang :)

      Delete
  6. Saya ini tinggal dekat hutan, Balikpapan tp pinggiran. Suka belanja ol maksudnya biar gak sering2 ke kota karena memang susah. Sayangnya tiap kali kiriman datang, kebanyakan pada gak tau daerahnya, jadi ujung2nya mesti ke kota juga karena mau gak mau alamat yg dipakai alamat yg di kota :D

    ReplyDelete
  7. Memang asyik belanja online karena bisa milih produk dari rumah, cuma pengalaman saya ada barang yang ketika tiba dirumah berbeda dengan yang digambar toko online tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, Mang. Ada juga teman2 yang seperti itu pengalamannya :(

      Delete
  8. Mantap banget tipsnya, memang betul banget kita harus pinter-pinter ngatur strategi biar gak kehabisan uang di tanggal tua, hihihi

    ReplyDelete
  9. Wuihh..komplitnya tawwa tips ta' Kak :))

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^