XL Future Leaders, Satu Solusi untuk SDM Indonesia Berkualitas

Rasa penasaran mendorong saya untuk mendaftarkan diri pada undangan makan siang XL FL (XL Future Leaders) bareng blogger Anging Mammiri di rumah makan Apong pada 15 April 2016.


Sudah beberapa tahun terakhir ini saya membaca istilah XL Future Leaders. Sekilas saya memahaminya sebagai sebuah program pengembangan kualitas SDM dari XL untuk mahasiswa.

Berhubung anak sulung saya sudah remaja, saya makin tertarik untuk mencari tahu tentang program ini, siapa tahu saja bisa berguna buat si sulung nanti. Makan siangnya berlangsung di RM Apong. Tak cukup sampai di situ, saya juga mendatangi acara roadshow-nya yang berlangsung di Graha Pena pada keesokan harinya. Daan inilah hasil pengamatan saya.

Ternyata  XL FL itu merupakan program CSR (Corporate Social Responsibility) dari XL yang bukan hanya untuk mahasiswa, lho. Di tahun ke-5 ini, ada 5 program XL FL yang diselenggarakan, yaitu:

Makan siang blogger AM bersama XL FL 

Global Thinking

Merupakan program pelatihan terpadu bagi mahasiswa tingkat 2 - 3, berfokus pada 3 area kompetensi. Mereka yang terpilih akan menjalani workshop online,  offline, dan mendapatkan materi pelatihan lainnya selama 2 tahun penuh. Saat ini sedang berlangsung proses pendaftaran untuk program ini, ditutup pada 30 Juni 2016. Untuk pendaftaran dan penjelasan lebih lengkapnya, silakan klik join.xlfutureleaders.com.

E-Learn

Nah ini yang asyik. Mamak-mamak kayak saya bisa ikutan kursus-kursus singkat secara online di sini. Pengembangan soft skill yang diberikan kepada mereka yang menjalani program Global Thinking juga bisa kita serap secara gratis di website xlfutureleaders.com. kita bahkan bisa ikut mengusulkan bahan yang menarik untuk dikursuskan, nanti akan dipertimbangkan oleh penyelenggara. Kalau yang mengusulkan banyak bisa jadi usulan kita diterima.

Scholarship

Pemberian beasiswa selama setahun pendidikan serta pendidikan pengembangan diri bagi mahasiswa kurang mampu di tahun terakhir. Akan diberikan kepada 100 orang. Yang berminat, silakan daftar dan simak penjelasan lebih lengkapnya di join.xlfutureleaders.com, pendaftaran ditutup pada 30 Juni 2016.

Digital Leaders Competition

Kompetisi ide bagi mahasiswa (terbuka untuk semua strata) untuk berkompetisi bagi kemajuan kota-kota di Indonesia dan menjadikan kota-kota tersebut menjadi "smart city". Yang berminat, silakan daftar dan simak penjelasan lebih lengkapnya di join.xlfutureleaders.com, pendaftaran ditutup pada 30 Juni 2016. Mahasiswa Indonesia akan bersaing dengan para mahasiswa dalam lingkup Asia Tenggara dalam menghasilkan ide yang bermanfaat yang diharapkan mampu memecahkan masalah perkotaan seperti perbaikan birokrasi atau pelayanan masyarakat. Hadiahnya besar, lho, hingga 100 juta rupiah!

High School

Program yang khusus diadakan untuk para pelajar SMU kelas 2 dan 3 dalam bentuk workshop singkat. Seperti pelatihan teknik berbicara di depan umum.

Sumber gambar: xlfutureleaders.com8

Secara umum, XL FL membangun dan mengembangkan sikap kepemimpinan yang efektif melalui 3 kompetensi:
  1. Komunikasi yang efektif, baik lisan maupun tulisan dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  2. Mengasah jiwa entrepreneurship yang inovatif.
  3. Tanggap dan mampu mengelola perubahan.
Pada roadshow yang dominan dihadiri oleh mahasiswa - saya saja yang mamak-mamak kayaknya hehehe, banyak di-share soal gambaran materi softskill yang diberikan pada program XL FL, motivasi, dan inspirasi dari peserta dan mentor XL FL . Mas Leo, salah seorang mentor misalnya menceritakan mengenai pengalamannya yang mampu menggerakkan kegiatan sosial yang kemudian menjadi viral hingga berdampak signifikan dengan modal NOL.

XL FL  memang dirancang khusus penuh pertimbangan agar peserta dapat mengembangkan kemampuannya semaksimal mungkin, membangun jejaring, dan tampil lebih percaya diri sebagai pemimpin Indonesia masa depan.

Menarik, ya. XL Future Leaders bisa menjadi salah satu solusi untuk pembangunan sumber daya manusia Indonesia berkualitas. Semoga tetap eksis di tahun-tahun mendatang.

Makassar, 26 April 2016




Share :

14 Komentar di "XL Future Leaders, Satu Solusi untuk SDM Indonesia Berkualitas"

  1. mas adakah persyaratan untuk mengikuti Xl future leader ini?

    ReplyDelete
  2. wah menarik banget.. kalau mahasiswa kelas karyawan kayak saya ada beasiswanya nggak yaa *haha nggak tau diri ya mbak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tidak salah ada juga buat yang mau S2, urk S1 yang sdg tahunnterakhir. UTK mahasiswa yg karyawan? Waah blm tahu Laili, coba deh ditanya2 di kontak yg ada pada websitenya :)

      Delete
  3. semoga acaranya bisa sampai ke tasik ya mba.. karena acaranya bagus buat kepemimpinan terutama bagi mahasiswa/i yang masih labil ya mba. Terima kasih informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Sebelum nyampe Tasik, ikut dulu e learninhnya :)

      Delete
    2. gimana cara ikut e-learningnya ?

      Delete
    3. Langsung tengok di website-nya, Puy ....

      Delete
  4. Salam kenal mbak! :-)
    Wah, bermanfaat sekali ya event-nya. Sampit apa bisa diadakan kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Coba diusulkan ke penyelenggaranya. Tapi kalau untuk beasiswa, saya kira di semua daerah bisa koq.

      Delete
  5. XL memang paling bisa dalam melakukan terobosan dan inovasi. sekarang, ada yang namanya XL future leaders ya.. hmm, seperti tingkat sdm akan semakin emningkat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantuan untuk pengembangan SDM Indonesia

      Delete
  6. Waktu jaman saya sekolah dulu XL Future Leaders ini sudah ada belum ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum, Tut. Baru 5 angkatan ini. Tapi kalo mau ikut lombanya boleh, lho :)

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^