Tido & Friends Hiburan yang Pas untuk Anak Indonesia

Tido & Friends Hiburan yang Pas untuk Anak Indonesia - Saya merindukan lagu anak-anak yang memang cocok untuk anak-anak. Saat ini sepertinya hampir tak ada lagi penyanyi cilik yang khusus menyanyikan lagu anak-anak. Saya merindukan lagu anak-anak yang sederhana. Yang bisa melegenda seperti Burung Kakatua, Cicak di Dinding, dan Lihat Kebunku. Juga lagu yang menceritakan keindahan alam seperti lagu Bunga Nusa Indah. Saya merindukan lagu anak-anak yang mudah dicerna anak-anak. Yang memperkaya kosa kata mereka akan hal-hal baik yang sepadan dengan usia mereka.


Tak dinyana, kerinduan saya menemukan penawarnya. Melalui giveaway yang diselenggarakan oleh Arinta Setia Sari di blognya – kawan blogger yang tinggal di Yogyakarta, saya menemukan lagu-lagu beserta animasi berupa video yang sudah di-upload di channel Tidofriends Lands. Saya tertarik membaca penuturan Arinta. Dari tulisannya saya jadi tahu, selain lagu-lagu dalam bentuk video animasi, Gobaksodor Interactive yang memproduksi Tido & Friends ini juga memproduksi game Android, mini komik edukasi, dan colouring sheet. Wow, lengkap. Biasanya, kan produk seperti ini diproduksinya satu macam saja, game-nya saja. Namun tidak demikian dengan Gobaksodor Interactive. Digital startup ini menawarkan pilihan selain game.

Giveaway-nya Arinta menarik dan mudah. Hanya mengomentari Tido & Friends di kotak komentar di bawah postingan blognya. Hadiahnya adalah 5 DVD animasi Tido & Friends. Lumayan. Saya tidak mau ketinggalan, dong. Saya ikut dan ternyata menjadi salah satu pemenang yang mendapatkan hadiah DVD animasi Tido & Friends.

Video animasi lagu Mobil Listrik

Athifah dan Afyad senang sekali ada tontonan baru. Athifah bahkan hafal nama teman-teman Tido padahal keseluruhan tokoh dalam animasi ini ada 7 tokoh. Nah, tokoh-tokoh yang ada di video lagu-animasi 2D dan 3D Tido & Friends ini adalah salah satu keunikan Tido & Friends. Tiap tokoh punya karakter yang khas. Berikut nama-namanya:
  1. Tido, komodo yang rajin dan baik hati.
  2. Simoo, sapi yang ceria, suka bertanya dan suka makan pisang.
  3. Fogi, katak yang suka berenang dan suka makan wortel.
  4. Pingki, naga yang cantik, bijaksana, dan suka baca buku.
  5. Bibu, buaya hijau, suka olah raga dan suka makan telur.
  6. Quin, pinguin yang lucu, suka menggambar dan suka menari.
  7. Panpan, gajah yang kuat, suka main bola, dan suka menolong.

Belajar 4 Sehat 5 Sempurna bersama Tido
Di dalam DVD ada ada 8 lagu. Semua temanya khas anak-anak. Sederhana, riang, dan terkait dengan keseharian, seperti lagu Jujur Itu Hebat, Bernyanyi Bersama, Indahnya Pagi, Makan, dan Hari Libur. Ada pula yang bertema teknologi, agar anak-anak mengenal produk teknologi canggih seperti lagu berjudul Mobil Listrik.

Coba simak sepenggal syair lagu Hari Libur:
Bergembira, kita main bersama.Senangnya main di hari libur.
Menyenangkan, ringan, keseharian, dan khas anak-anak, kan?

Video animasi Indahnya Pagi

Afyad – bungsu saya, betah bermain game Androidnya. Judulnya Tido di Negeri Huruf. Cara bermainnya, dengan menggerak-gerakkan jari di atas layar sentuh. Mulai dari huruf A sampai Z harus “disundul”. Melalui game ini, di samping belajar huruf dari A- Z, diharapkan anak-anak mampu mengasah daya imajinasi, merangsang rasa ingin tahu, dan meltih fungsi motoriknya.

Game-nya menarik, hanya saja saya menyarankan kepada pembuatnya supaya nanti dibuatkan juga versi huruf kecilnya karena di kelas satu sekolah dasar, anak-anak mulai belajar membaca dan menulis menggunakan huruf  kecil. Game Android Tido di Negeri Huruf ini bisa dimainkan secara offline juga, dahulu bisa diunduh di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gobaksodor.tidodinegerihuruf (tapi sekarang sudah tak ada). Oya, kalau anak-anak lebih suka main game di laptop/desktop, game Tido di Negeri Huruf ini ada versi laptop/desktopnya, lho. Dahulu bisa diunduh di: http://goo.gl/GGiXkJ (sekarang sudah tak ada).

Tido dan kawan-kawannya
Produk-produk Tido & Friends adalah hasil karya dari Gobaksodor Interactive. Gobaksodor Interactive adalah digital startup yang didirikan oleh Iki Mazadi pada awal tahun 2012 di Yogyakarta. Pada pertengahan tahun 2012, beberapa orang bergabung hingga kini, keseluruhannya ada 6 orang yang bergabung dalam tim Gobaksodor Interactive.

Dari hasil bincang-bincang saya dengan Iki Mazadi via inbox Facebook, saya mengetahui kalau founder Gobaksodor Interactive ini memang punya visi ideal dalam turut serta mencerdaskan anak-anak Indonesia. Berikut penuturannya:

Komik mengenalkan gaya gravitasi pada anak, bisa dilihat di
fan page Facebook Tido&Friends
“Produknya tidak semua untuk anak-anak, Bunda. Yang khusus anak-anak ini memang produk idealis saya. Video animasi yang udah di Youtube ada beberapa – di channel Tidofriends. Ebook interactive dan games edukasi ada beberapa di Playstore Android. Kalau lagu anak ada sekitar 40-an yang sudah kami bikin, masih lagu saja. Sedang yang sudah dibuat dengan animasi 2D dan 3D baru sekitar delapan. Produk Gobaksodor Interactive lainnya ada Borobudur 3D, masih dalam pengerjaan. Itu nanti berupa aplikasi 3D dan virtual reality, jadi akan seperti Borobudur (aslinya).”

Tido& Friends saya proyeksikan menjadi media penyampai nilai-nilai (value) kebaikan dan pengetahuan yang diharapkan bisa membentuk karakter anak-anak yang akan menjadi pewaris masa depan, Bund,” lanjut penulis buku Android App Inventor; Membuat Aplikasi Android Tanpa Kode Program ini lagi.

Komik mengenalkan kincir angin pada anak, bisa dilihat di
fan page Facebook Tido&Friends
Selain game dan animasi 2D dan 3D-nya, colouring sheet Tido & Friends dan komik mininya pun keren. Komik-komik mini Tido & Friends mengandung nilai-nilai dan/atau pengetahuan yang perlu diketahui anak-anak. Anda bisa mengajak anak-anak membaca dan memperoleh colouring sheet dan komiknya di fan page Facebook Tido&Friends.

Sejak membaca tulisan Arinta tentang Tido & Friends, walau belum menyaksikannya sendiri, saya sudah terpesona dengan karya-karya dari Gobaksodor Interactive. Dan saya makin terpesona setelah melihat langsung game, mini komik, colouring sheet, fan page Tido&Friends, dan website Gobaksodor Interactive. Saking terpesonanya, sampai-sampai saya berkhayal Tido & Friends kelak bisa jadi film kartun yang tayang di televisi-televisi nasional. Menjangkau semua anak sampai ke pelosok-pelosok pedalaman hingga mereka yang bermukim di perbatasan dengan negara lain. Bersama Tido & Friends, anak-anak Indonesia bisa belajar berbagai hal mulai dari pengetahuan umum sehari-hari hingga teknologi canggih dengan cara yang mudah. Bisa saja, kan?


Makassar, 28 Januari 2016

Update 17 Mei 2022:
External links yang tadinya di tautkan di blog ini saya ganti  🙏


Share :

15 Komentar di "Tido & Friends Hiburan yang Pas untuk Anak Indonesia"

  1. kartun dan games Tido ini cocok buat anak2 indonesia ya mbak, penuh edukatif meski dikemas permainan

    ReplyDelete
  2. Lengkap reviewnya Mak Mugniar. Kece abies.
    Klo aku paling suka lagu Indahnya Pagi. Gak tahu kenapa. Asyik aja. Entar klo aku dah punya anak tak kenalin ama lagu Tido & Friends deh :)

    Komiknya juga lucu. Semoga bisa menginspirasi anak negeri yg lain untuk kreatif dan inovatif :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mash kalah lengkap dengan review Arin, koq :)

      Aamiin. Semoga, yaa

      Delete
  3. Tido and Friend..., aah jadi rindu ponakan dirumah '_'
    jadi kebawa suasana gembira liatin vidionya Tido..

    Salam buat dd Afyad yaa bunda :-)

    ReplyDelete
  4. Waaa, baru tahu ttg Tido. Anak2 pasti suka kalo liat macam ginian

    ReplyDelete
  5. makasih infonya mba Niar, mau liat2 juga ah lagu Tido n Friends di youtube

    ReplyDelete
  6. Asyik ya mbak. Cocok tuk anak2.

    ReplyDelete
  7. mungkin bisa jadi solusi untuk menghindarkan ancaman sinetron

    ReplyDelete
  8. ow Mak Mugniar to yang dapat kemaren, dari reviewnya menarik. Saya nggak sempet baca tulisannya mbak Arinta itu. Baru baca yang ini :D
    Khusus untuk movie/game anak biasanya saya nyari-nyari review dulu, malas banget kalau asal puter aja.

    ReplyDelete
  9. Asma juga suka. Kebetulan kemarin dapat dari Gobaksodor juga :D

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^