Saya, Bukan Perempuan Biasa

Sebenarnya saya berencana membuat tulisan berseri mengenai Festival Forum KTI (Kawasan Timur Indonesia) yang saya ikuti tanggal 17 – 18 November lalu. Saya baru membuat 3 tulisan, masih banyak yang belum saya tulis tapi saya interupsi dulu dengan tulisan ini karena ingin menuliskan satu hal penting dulu *catat: PENTING .. uhuk .. J*

Tanggal 29 September lalu saya memenuhi undangan Cakrawala TV (jaringan lokal NET. TV, 57 UHF) untuk shooting program Bukan Perempuan Biasa. Shooting-nya bertempat di cafe sebuah hotel di bilangan Racing Center.

Bunga sedang siap-siap shooting. Pasang clip on dulu.
Saya datang sebelum waktu yang disepakati untuk pengambilan gambar. Para kru sudah lebih dulu hadir di lokasi. Fiko, sang kameraman yang menghubungi saya sudah datang. Myla, sang presenter sudah hadir. Bahkan Pak Iwan Taruna, orang yang berada di posisi puncak Cakrawala TV pun sudah datang. Waah, tepat waktu, ya mereka.

Sembari menunggu persiapan perlengkapan, saya ngobrol dengan Fiko, seorang mahasiswi yang sedang magang, Myla, Pak Iwan, dan Bunga. Bunga (Andi Bunga Tongeng) juga menjadi nara sumber di episode yang sama dengan saya. Bunga ini merupakan seorang pegiat kegiatan sosial di Makassar.

Acara shooting-nya bikin keringatan juga. Mungkin karena AC dalam cafe tidak terlalu dingin (atau malah mati, ya?). Bersamaan dengan itu, waktu pengambilan gambar agak lama karena ada beberapa adegan yang harus diulang. Untungnya sebelum ini, saya sudah pernah talkshow di televisi lain secara live. Coba kalau tidak, pasti sudah gugup luar biasa.

Saya lebih dulu diwawancarai oleh Myla
Saya bukan orang yang nyaman berbicara di depan orang lain. Bahasa saya adalah bahasa tulisan. Saya bisa cerita banyak melalui tulisan tapi tidak secara lisan. Pengalaman talkshow di televisi lain banyak membantu saya menghadapi proses shooting kali ini. Dan saya merasakan, efek lain dari kebiasaan menulis saya adalah, saya lebih lancar berbicara di depan orang lain, termasuk di depan orang banyak. Mungkin karena saya terbiasa menyiapkan konsep di benak, hendak menuliskan apa, begitu pun dalam berbicara, saya jadi terbiasa menyusun konsep di benak sebelum mengatakan sesuatu.
  
Syukurnya pertanyaan yang diberikan tidak sulit, hanya seputar aktivitas menulis saya. Ya iyalah, jelas itu, ya hehehe. Saya hanya perlu sedikit berstrategi, mengenai apa yang perlu saya paparkan dan apa yang tidak.

Setelah menunggu lebih dari sebulan, program Bukan Perempuan Biasa yang menampilkan saya akan tayang di Cakrawala TV hari Sabtu tanggal 28 November ini, pukul 06.00 – 07.00 WITA. Pagi-pagi sekali ya? Iya tuh, soalnya siaran lokal waktunya di jam-jam segitu. Setelah itu masuk program nasionalnya NET. TV. Tahu kan kalau peraturan di negara ini mengharuskan stasiun televisi nasional menggandeng stasiun televisi lokal kalau mau tayang di daerah yang bersangkutan?

Kameraman in action
Perlu saya informasikan bahwa seperti NET. TV saudaranya, Cakrawala TV ini tampil beda. Saya suka sekali tayangan-tayangannya yang menggambarkan kekhasan kota kami, seperti sejarah, budaya, dan hal-hal lainnya yang khas. Ada dialek Makassar dalam beberapa tayangannya, terutama pada maskot jari tangan bernama Aco dan Cece, logat Makassarnya kental sekali. Saya mengapresiasi apapun yang menunjukkan identitas daerah saya secara terang-terangan. Sebab siapa lagi yang mengangkat budaya (termasuk logat) daerah kita kalau bukan kita sendiri?

Sebagai informasi juga, ini dia nih program-program yang tayang di Cakrawala TV (setiap pukul 06.00 – 07.00 WITA):
  • Sang Pelopor: sejarah dari tokoh-tokoh berpengaruh dan memiliki sumbangsih besar untuk kemajuan kota (setiap Senin). Senin kemarin saya menyimak kisah Prof. Achmad Amiruddin, mantan gubernur Sulawesi Selatan yang juga pernah menjadi rektor Universitas Hasanuddin. Wiih, ternyata beliau merupakan sosok yang keren. Beliau disiplin dan sederhana. Anak-anaknya pun diajar sederhana, seperti tidak boleh naik mobil dinas. Jadi anak-anaknya naik kendaraan umum ke sekolah atau jalan kaki.
  • Lingkar Kreatif: infromasi seputar kegiatan kreatif di kota Makassar, ini boleh menghubungi kru Firman (Fiko) di 081934412282 jika memiliki kegiatan kreatif (tayang setiap Selasa)
  • Napak Tilas: mengupas sejarah kota-kota di Sulawesi Selatan dari berbagai sudut pandang (setiap hari Rabu).
  • Sinema Anak Negeri: pemutaran karya sinema dari sineas lokal makassar dan kota lainnya di Sul Sel lalu dibedah dari berbagai sisi (tayang tiap Kamis). Saya beberapa kali menyimak karya anak-anak SMA dan sineas senior di Makassar. Sineas senior contohnya Rusmin Nuryadin, dengan salah satu karyanya, film pendek berjudul Takut Denda.
  • talkshow Bukan Perempuan Biasa: menghadirkan sosok perempuan yang memiliki nilai inspiratif untuk orang lain (tiap Sabtu).
  • Kupas Persitiwa: mengupas isu-isu lokal Sulawesi Selatan yang menarik selama satu pekan dengan narasumber yang kredibel (setiap Ahad).

Oya, apakah kamu sudah mendapatkan channel 57 UHF di televisimu? Kalau belum, coba deh di-browsing ulang. Cari kembali. Kadang-kadang setelah dicari kembali, baru ketemu salurannya. Atau kalau belum ketemu juga, coba diputar-putar arah antenanya. Biar bisa nonton saya *plak, ditimpuk sandal dari segala penjuru bumi.*

Makassar, 24 November 2015




Share :

40 Komentar di "Saya, Bukan Perempuan Biasa"

  1. keren ya, bun. acara-acaranya terkonsep dengan baik, jadi mendidik. aku nonton net tv biasanya dari youtube aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ila. Ooh belum sampe di tempat Ila, ya?
      Kalau siaran lokalnya, beluma ada di Youtube yang sudah tayangnya, padahal keren2 juga

      Delete
  2. Mba Niar kereeeeen....awalnya dr ngeblog lalu ke layar televsi. Smoga bisa terus berbagi mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin .... terima kasih Mbak Kania yang juga keren :)

      Delete
  3. waa, keren banget. semoga bisa selalu bermanfaat mbaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih Mbak Isti yang keren. Aamiin, semoga semua yang kita tulis bisa bermanfaat yaa

      Delete
  4. wah masuk TV mbak, keren. Mbak Niar memang bukan perempuan biasa tapi luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Lidya jugaa, ruarr biasa malah ... makasih Mbaak

      Delete
  5. uwaaa...keren banget mbak,eh aku baru tahu cakrawala TV.
    sukses terus ya mbak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stasiun TV lokal sini, Mbak Han. Baru juga beroperasi karena Net TV baru masuk Makassar juga. Makasih ya Mbak Hanna :)

      Delete
  6. Wah mbak mugniar emang kerennya nggak habis-habis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh Mbak Sofia. Jadi malu saya. Mbak Sofia juga keren ^_^

      Delete
  7. Ibu Mugniar saya dr BKKBN apa saya bisa meminta CP Bu Mugniar? Saya ingin mengundang talkshow di elshinta. Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Claudia. Bisa berikan alamat e-mailnya?
      Atau mungkin bisa e-mail saya di: mugniarmarakarma@gmail.com?
      Soalnya nomor HP saya tidak bisa saya berikan di tempat terbuka :)

      Terima kasih sebelumnya :)

      Delete
  8. Ish kereeen, masuk tivi, cocok deh mbak Niar emang bukan perempuan biasa, karena sangat istimewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weits, Mbak Hidayah juga istimewa, lho .... tulisan2nya unik2, keren2. Makasih ya Mbaak ^^

      Delete
  9. Luar biasa, Mbak Mugniar. Saya sepakat dengan kebiasaan menulis sesuatu lumayan mempengaruhi bagaimana kita bicara di depan umum. Setidaknya karena otak kita terbiasa menyusun kerangka tulisan, seperti itu rupanya kerangka apa yang akan diucapkan tertata.

    Selamat, ya, Mbak untuk cerita inspiratif ini. Patut diteladani siapa saja, khususnya ibu-ibu seperti saya.

    Salam sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Pada diri Mbak terasa juga kan? Yuk terus menulis. Dan sukses juga buat Mbak Kayla :)

      Delete
  10. Jadi celebrity dong Bu... Mantap. Itu 57 UHF Nasional atau lokal saja Bu? saya di Balikpapan bisa gak. Soalnya gak nemu. Cuman Jtv, Bali TV dan Jak TV.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah bukan celebrity, Mas Budi ....
      57 UHF, sepertinya lokal saja, Mas Budi. Etapi dapat Bali TV yah di Balikpapan? Jauh juga jangkauannya.

      Delete
  11. berarti selama ini dugaan saya tidak meleset sedikitpun bahwasanya kak admin memanglah bukan perempuan biasa.
    boleh dong mengenal lebih dekat saya nya...:)

    ReplyDelete
  12. Cieee jadi artis dadakan. Hehehe. Nanti disimpan hasilnya, trus dipost, biar saya bisa lihat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie cie ... :))
      Aish Mbak Anisa kan sering diliput majalah, kan? :)

      Iya yah, bagus juga kalo ada yang disimpan.
      Mudah2an dikasih videonya sama orang tivinya.

      Delete
  13. Wah ane jadi penasaran nih mbak :D
    ohh ya btw ada lowongan gak ya ?? hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lowongan? Waah ndak tahu saya, Mas.
      Kalo ada lowongan, memangnya mau ke Makassar?

      Delete
  14. nah acara seperti ini nih yang kudu dibanyakin di tv2 lokal maupun nasional kita, bukannya malah banyakin sinetron yang ceritanya bully-membully itu

    ReplyDelete
  15. Mugniar bintangmu kian lama kian bersinar...terang dan indah... sukses terus ya Niar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin .. aamiin. Terima kasih Mbak Ade. Sukses juga buat Mbak Ade

      Delete
    2. kayaknya bakal ada artis baru nih heheh

      Delete
  16. pernah suatu waktu ke makasar ampe Janeponto....juga banyak teman dari sana sewaktu kerja di suatu lembaga sosial int...btw moga sukses selalu mbak Mugnia..Anda Bukan Perempuan Biasa..

    ReplyDelete
  17. wah gaya banget tuh .. ada di youtube ga ya ? kalau bisa upload youtube biar saya bisa liat :(

    ReplyDelete
  18. Hi! This is kind of off topic but I need some guidance from an established blog.
    Is it very difficult to set up your own blog? I'm not very techincal but I can figure
    things out pretty quick. I'm thinking about setting up my own but
    I'm not sure where to begin. Do you have any tips or suggestions?
    Appreciate it

    ReplyDelete
  19. Hello, i think that i noticed you visited my website so i came to
    go back the prefer?.I am attempting to find issues to enhance my website!I guess its good
    enough to use a few of your ideas!!

    ReplyDelete
  20. Attractive part of content. I just stumbled upon your weblog and
    in accession capital to assert that I get in fact enjoyed
    account your blog posts. Anyway I will be subscribing to your
    augment and even I fulfillment you get admission to persistently rapidly.

    ReplyDelete
  21. I like it whenever people come together and share thoughts.
    Great site, keep it up!

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^