Afyad, Si Pembuat Keterkejutan

Hari-hari bersama Afyad adalah hari-hari penuh keterkejutan. Begitu kata Mama. Halah, istilah apa itu ya. Maksudnya, Mama mau bilang bahwa, hari-hari bersama si bungsu ini bukan sekadar kejutan. Lebih menyerupai hari-hari yang membuat Mama terkejut. Hmm, apa kedua kata ini kelihatannya sama, ya?

Mama mau menggambarkannya berbeda. Begini penjelasannya. Kalau suatu hari tiba-tiba dapat tulisan penuh kata-kata cinta dari Athifah, itu namanya kejutan. Nah, kalau sedang yakin situasi aman terkendali lalu setelah mengetikkan beberapa kalimat di notebook kesayangan, Mama berjalan keluar kamar, ke arah ruang makan dan mendapati 5 buah gelas kaca berlengan sudah terisi penuh air di atas meja makan, kelima-limanya. Ditambah satu botol plastik ukuran 1,5 liter air juga sudah terisi penuh, dengan lantai di sekitar tempat berdiri Afyad basah ... nah ... itu namanya terkejut. Akibatnya tentu saja, setelah itu Mama harus membereskan semuanya.


5 gelas berisi air
Itu tidak seberapa, sih. Yang belum lama ini dilakukan si bungsu adalah mematahkan bagian dari motherboard laptop tua milik papanya. Sebenarnya Papa juga yang memberi contoh. Sehari sebelumnya Papa memperbaiki laptop itu dengan membukanya, untuk memeriksa bagian-bagiannya. Sedalam apa air yang ditumpahkan Athifah ke atas laptop itu memasuki bagian dalam laptop. Seperti biasa, Afyad merekamnya dalam memorinya lalu mencoba melakukan hal yang sama ketika kami semua lengah. Alhasil laptop yang tadinya mempunyai harapan hidup, kini tak memiliki harapan hidup sama sekali. Padahal laptop itu sudah diberikan kepada Kakak Affiq, untuk dipakainya bereksperimen. Yah, apa boleh buat.

Afyad pernah membuat Tante Leha – adik Papa, terkejut. Usai menikmati teh di dalam mug-nya, Tante Leha mendapati dua butir batu berada di dasar mug-nya. Hoho, siapa lagi pelakunya kalau bukan Afyad. Dialah satu-satunya anak kecil di dalam rumah yang suka memasukkan barang-barang ke dalam tempat yang tak semestinya. Dia pernah memasukkan dedaunan yang tumbuh di pekarangan samping ketika baik Papa dan Mama (keduanya pernah menjadi korban) sedang memasak sayur. Mungkin Afyad mengiranya sama-sama sayur sehingga ia memasukkan dedaunan itu ke dalam panci tempat Papa dan Mama memasak sayur.

Termos air panas yang diambil Afyad
Apa lagi ya? Banyak. Oya, dia sudah pernah bereksperimen dengan deterjen bubuk, kecap, pasta gigi, sampo, susu bubuk, dan lain-lain. Yang termasuk dalam gebrakan terbarunya adalah, dia mengambil sendiri termos air panas yang terletak di atas lemari yang posisinya sedikit lebih tinggi daripada dirinya, membawa termos itu sendiri (hiiii ngeri membayangkannya), lalu menuangkan isinya ke dalam baskom berisi air. Dengan maksud memakai air hangat di dalam baskom itu untuk mandi! Aaaak, dua kali Ato’ (kakek)-nya mendapati hal ini. Untungnya termos air itu isinya tidak penuh dan tidak tumpah ke badannya. Duh, Afyad ... Afyad. Mungkin perlu termos air panas itu diletakkan di atas lemari yang jauh lebih tinggi daripada tinggi badanmu, ya?






Share :

31 Komentar di "Afyad, Si Pembuat Keterkejutan"

  1. Hahhahahaha...berapa tahun sih usianya? Calon pintar kayak ibunya deh

    ReplyDelete
  2. Hahahha.... ujian sabar ya mbak sepanjang masa ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ujian kesabaran, Mbak Muna
      Eh, mudah2an sudah bisa main ke blognya. Kemarin gak bisa

      Delete
  3. Sebenarnya itu berarti Afyad anak yang cerdas itu Mbak..

    ReplyDelete
  4. Afyad penuh ide dan selalu siap mengeksekusi idenya ya mbak... Semoga sikap ini jadi sumber kreatifitasnya hingga dewasa nanti. Cuma yahhh perlu diawasi terus ya mbak, kalau-kalau bisa membahayakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ... iya Mbak .... masih perlu pengawasan melekat :)

      Delete
  5. Lucuuunyaaa afyadd hihihihi
    Eksplore terus pengetahuannya
    Buat mama terkejut selalu
    Heheh,,hehehe,, hehe

    ReplyDelete
  6. Calon Peneliti itu bu... Semua semua dibuat eksperimen aja. Kali aja jadi resep yang enak. hehehe....

    ReplyDelete
  7. hehe, gpp mama beresin semuanya, yang penting anak mau bereksperimen :D *dijitak mama*

    ReplyDelete
  8. kreatif banget berarti si bungsu mbak,,,

    ReplyDelete
  9. Masya Alloh. Itu cirinya anak pinter dan cerdas ^^
    Hebat Afyadd meski bikin "kejutan" setiap saat, hehehehe...

    ReplyDelete
  10. Afyad calon anak cerdas
    benih-benihnya udh keliatan...
    salam kenal yaa dik Afyad dari kakak Muty' di Gorontalo - Solo :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kakak Muthy. Kalo ke Gorontalo. mampir di Makassar, bawakan oleh2 kue kering kerawang yaa *plak*
      :D

      Delete
  11. Mamanya terkejut dan waswas, saya yang baca malah ngakak, maaf ya mbaaak, hahaha
    Abisnya Afyadd kreatif banget, moga kelak jadi inovator :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk tdk apa2 Mbak Hidayah. Mamanya juga ketawa-ketawa setelah kejadian itu semua

      Delete
  12. semoga Afyad menjadi anak yang bisa banggain kedua orang tuanya :)

    ReplyDelete
  13. harus siaga terus donk ini mah.....

    ReplyDelete
  14. Kedengarannya akan sama suka bereksperimennya dengan Salfa...
    Masih usia 13 bulan, sudah pintar bereksperimen dengan kosmetik...

    Afyad, kpan-kapan kita kopdar yah... :)

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^