Ngobrol Santai di Radio Telstar

Ali Malaka 26. Itu alamat yang harus saya datangi untuk pengambilan hadiah kuis yang diselenggarakan Radio Telstar (Terminalsuara Lestari, 102,7 FM) pada Jumat 24 Juli lalu. Saya mendapat rezeki dari sebuah kuis yang disponsori oleh XL di akun Twitter Radio Telstar menjelang penghujung Ramadhan.

Tak sulit menemukan alamat Radio Telstar. Ali Malaka adalah nama jalan yang cukup familiar bagi saya. Mencari di mana tepatnya posisi Radio Telstar pun tak sulit. Nomor rumah di jalan Ali Malaka beraturan dan pada atap gedung Radio Telstar ada antena pemancar menjulang.


Radio yang sudah beroperasi selama 45 tahun ini membangkitkan kenangan masa lalu ketika saya masih ABG. Radio Telstar adalah salah satu stasiun radio yang paling sering saya dengar dulu. Yang paling saya ingat adalah acara “Masalah Kita” yang dibawakan oleh penyiar bernama Kak Sam. Maklum, zaman dulu jenis-jenis hiburan masih sedikit, tidak seperti zaman sekarang. Pada zaman itu hanya ada 1 stasiun televisi milik pemerintah: TVRI, stasiun-stasiun radio swasta di gelombang AM dan SW, dan beberapa gedung bioskop.

Pintu berkaca gelap itu tak terkunci. Saya mengira akan mendapati seseorang di ruangan depan – ruangan yang kelihatannya digunakan untuk menerima tamu. Tapi perkiraan saya salah. Di ruangan itu hanya ada satu set sofa yang semuanya diletakkan sejajar, sebuah meja, dua buah kursi, dan sebuah lemari arsip. Tak ada orang.

“Permisi,” saya melongokkan kepala ke ruangan sebelah dalam sembari mengangguk pelan dan tersenyum.

Seorang perempuan muda menghampiri. Saya menyebutkan keperluan saya. Perempuan muda – Yunika Wardani, salah seorang penyiar Radio Telstar itu menebak nama saya, “Ibu Mugniar?”

Yunika memberikan selembar formulir yang harus saya isi. Rupanya pegawai front office-nya sedang cuti, jadi Yunika yang bertindak sebagai front officer di pagi itu. Yunika meminta foto kopi KTP. Aih, saya lupa membawanya. Saya hanya membawa KTP. Untungnya suami yang mengantar saya mau membantu memfotokopikannya.

Berfoto bersama Bang Ized Raya dan Yunika Wardani (atas)

Bang Ized Raya – Creative Director Radio Telstar yang juga salah satu penyiar tiba-tiba muncul dari ruang dalam. Bang Ized ini penyiar tetap program Pagi Indah (Senin – Sabtu pukul 6 – 9 pagi, hari Minggu hanya 1 jam). Yunika – penyiar pada program Indoku Indomu (segmen anak muda, di hari Senin – Jum’at pukul 8 – 10.30 malam) meminta Bang Ized memotret saya di depan banner Radio Telstar, sebagai bukti gambar penerima hadiah kuis #SpreadTheLove. Setelah itu kami berbincang-bincang seputar Radio Telstar, kegiatan ngeblog, dan media sosial.

Radio Telstar kini membidik segmen keluarga. Acaranya variatif. Acara Masalah Kita formatnya interaktif dengan audiens, berlangsung hampir setiap hari pada pukul 10 – 11 pagi, dengan tema-tema berbeda. Pada hari Senin ada tema Ibu dan Anak dengan nara sumber Dr. Ratna Juwita dari Rumah Cendekia. Hari Selasa ada tema Kesehatan dengan Dr. Qidri sebagai nara sumber. Pada hari Rabu temanya Layanan Publik. Untuk tema ini tidak ada nara sumber tetap. Hari Kamis temanya adalah Kesehatan Alternatif dengan Bung Lutfi sebagai nara sumber. Dan hari Jum’at topiknya Masalah Hukum dengan Ibu Titi sebagai nara sumber.

Tembang Kenangan – acara yang sudah ada sejak zaman saya ABG ternyata masih ada. Acara ini berlangsung pada jam 6 – 8 malam setiap hari, kecuali hari Sabtu. Juga masih ada Kidung Malam pada pukul 10.30 – 12.00 malam. Kalau zaman dulu ada curhat-curhat galau di Kidung Malam, saat ini tidak ada lagi. Acaranya murni mengetengahkan lagu-lagu pengantar tidur. Selain itu ada program khas di Radio Telstar: Klinik Rumah Tangga Bahagia di hari Senin pukul 10.30 – 12.00 malam.

Ah, kunjungan ke Radio Telstar ini berkesan. Saya menemukan hal-hal baru sekaligus bernostalgia di sini. Adalah hal yang luar biasa kalau radio ini masih bertahan sejauh ini. Mudah-mudahan saja bisa bertahan selamanya, tak kalah dengan media-media alternatif lain. Dan, mudah-mudahan bisa terus menyelenggarakan kuis supaya saya bisa ikut lagi ... dan menang lagi ... *eh J*.

Makassar, 28 Juli 2015

Website Radio Telstar: www.telstarfm.com/
Radio online: www.radioonline.co.id/telstar-makassar/
Listen online: http://tunein.com/radio/Telstar-FM-Makassar-1027-s162386/
Facebook: https://id-id.facebook.com/telstarfm
Twitter: https://twitter.com/radiotelstar



Share :

11 Komentar di "Ngobrol Santai di Radio Telstar"

  1. Saya suka acara "Kidung Malam".

    ReplyDelete
  2. Selamat, bun. Menang kuis, hehe

    ReplyDelete
  3. selamat ya mbak..smoga saya ketularan menang kuis kayak mbak mugniar :)

    ReplyDelete
  4. kalo kak abby suka kidung malam.. kalo saya suka ditraktir hahahaha... entah kenapa saya tdk pernah berhasil kalo quiz2 radio.. (kenapa yaaa? hahahaha... )

    ReplyDelete
  5. Selamat ya mba :) sama2 penggemar lagi nostalgia

    ReplyDelete
  6. Kayaknya ... karena Vita juga berprofesi sebagai penyiar radio wwkwkwk

    ReplyDelete
  7. Aiih asiknyaa, telstar deket pantai losari kan maak. Aih ada ised jg di poto lama bgt ga katemuu

    ReplyDelete
  8. klo mengingat masa lalu sy jg pencinta radio telstar, acara paling sering sy ikuti saus telstar (serius santai) yang dipandu kak sam sama temennya lupa, ada bekas tapi mulus dipandu opa (suami darmawati ferial) ama kak jamal , fanscall dll. paling suka itu di masalah kita dipandu kak sam dan ibu amanda yang semuanya almarhum :(

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^