Jalan-Jalan ke Griya Lahfy

Sesekali, ketika melihat Mbak Niken menyukai status saya atau kawan-kawan blogger di Beranda ataupun grup-grup yang sama-sama kami ikuti di Facebook, muncul tanya di benak saya, “Apa kabar Mbak Niken ya? Apa kesibukannya sekarang?”

Sudah lama Mbak Niken tidak ngeblog. Tadinya ia blogger, sama seperti saya. Saya mengaguminya sebagai ibu yang sabar dan lembut terhadap ke-5 anaknya. Mbak Niken dulu menggunakan inisial nama anak-anaknya sebagai akun Facebook: Bunda Lahfy.

Lalu Mbak Niken menyatakan hendak meliburkan diri dari aktivitas media sosial tetapi tetap ngeblog. Kemudian, aktivitas ngeblognya malah terhenti sama sekali dan tak ada kabar lagi darinya hingga kemudian Mbak Niken muncul lagi di Facebook, menggunakan nama Griya Lahfy yang aktif sebagai online shop, ada website-nya pula! Hm, rupanya sekarang Mbak Niken sudah punya “rumah baru”.

Well,  inilah hasil “jalan-jalan” saya ke GriyaLahfy:


Header-nya eye catching, warna khas perempuan. Ada 5 page yang bisa ditelusuri


Saya perhatikan gambar-gambar pakaian yang dijual di Griya Lahfy. Bagus-bagus. Penasaran juga mengintip website-nya. Cantik. Warnanya khas, perpaduan warna-warna lembut. Disukai oleh perempuan. Eye catching. Untuk loading-nya pun tak memerlukan waktu lama.


Mata saya dengan cepat tertuju kepada foto-foto produk yang dipajang di sana. Ada aneka pakaian perempuan mulai dari hijab, gamis, blus-rok, dan mukena. Selain itu ada pakaian muslim (ah) anak-anak. Sekilas mata, modelnya bagus-bagus. Model masa kini yang syar’i, menutup aurat dengan baik. Dan yang tak kalah pentingnya: harganya tidak mahal!

Sepertinya fotonya kecil-kecil tetapi kalau disorot menggunakan mouse, terlihat pembesaran sekian kali sehingga gambar terlihat lebih jelas. Untuk mengetahui lebih detailnya, tinggal klik tombol DETAIL, maka muncullah deskripsi lebih rincinya, misalnya:

Nama Barang : Dress Blazer Mawar Hitam
Material/Bahan : gamis bahan jersey, blazer bahan monaco
Ukuran Tersedia : LD 100cm, P 135cm
Deskripsi Produk : No busui, gamis tangan kutung


Deskripsi yang seperti ini bisa lebih menyempurnakan bayangan pembeli jarak jauh. Deskripsi ukuran juga tersedia, calon pembeli sudah bisa membayangkan bajunya akan muat atau tidak. Saya dulu pernah dapat hadiah dari sebuah online shop. Karena tak ada deskripsi ukuran, waktu barangnya datang saya kaget karena ukurannya ternyata kebesaran. Alhasil baju itu harus dikecilkan. Belakangan, online shopnya malah mendapatkan saran dari saya (hasil wawancara pemesan via telepon) untuk mencantumkan deskripsi ukuran pakaian yang dijualnya. Nah sekalian saya mau usul, besok-besok Griya Lahfy bisa mewawancarai pelanggannya via telepon mengenai kepuasan membeli di Griya Lahfy dan keluhannya kalau ada.

Deskripsi tentang bahan juga membuat calon pembeli bisa membayangkan bagaimana pakaian itu “jatuhnya” di badan. Deskripsi produk bertuliskan “no busui” atau “retsleiting depan” dapat membantu calon pembeli yang sedang menyusui untuk memutuskan hendak membeli pakaian tersebut atau tidak.


Salah satu poin penting dari sebuah online shop adalah kemudahan dalam pemesanan produk. Griya Lahfy aktif dikelola oleh dua admin. Salah satunya Mbak Niken, yang satunya Noorma – seorang blogger juga, ibu dari seorang putri bernama Noofa. Pin BB dan nomor yang bisa dihubungi untuk WA ataupun SMS tertera di page Kontak Kami dan Cara Pemesanan. Selain itu, bisa pula melalui page Formulir Pemesanan di website GriyaLahfy. Terlihat di sini bahwa Griya Lahfy amat memperhatikan hal ini.

Kategori Produk
Gambar bisa di-zoom in sebelum mengintip detailnya
Namun saya tidak menemukan informasi mengenai kemudahan transaksi transfer. Apakah bank yang digunakan Griya Lahfy bisa diakses dengan mudah dari seluruh pelosok Indonesia? Apakah ada satu atau lebih dari satu rekening bank yang berbeda yang digunakan? Tentunya ini sangat pula membantu dalam kelancaran proses jual-beli.


Kepercayaan pembeli yang kelak akan menjadi pelanggan juga menjadi hal yang dipentingkan oleh Griya Lahfy. Ini terlihat dari adanya deretan nomor resi pembeli (pada page Resi-Resi) dan pada page Testimoni di website Griya Lahfy. Selain itu, admin akan membalas pesan-pesan (calon) pembeli yang masuk ke gadget mereka dengan ramah. Tentunya ini menyenangkan bagi pengirim pesan.

Testimoni, meningkatkan kepercayaan
Page Testimoni menunjukkan Griya Lahfy sudah mendapatkan cukup banyak kepercayaan. Pembeli puas dengan produk yang dibelinya. Ini tentunya menjadi nilai plus bagi Griya Lahfy.


Kategori produk sudah memadai calon pembeli untuk mencari produk yang sesuai. Adanya kolom “search” bisa lebih membantu menemukan sesuatu. Saya kemudian mencoba mengetikkan kata “jilbab”. Muncullah banyak item produk yang mengandung kata “jilbab” dalam penamaannya. Sayangnya saya tak melihat produk yang dinamai dengan kata “hijab” padahal sepintas lalu dalam segi model tak ada bedanya. Saran saya, sebaiknya untuk pencarian kata “jilbab” di-set juga agar produk yang mengandung kata “hijab” muncul pada hasil pencarian. Begitu pun sebaliknya. Sebab bisa jadi, barang yang diinginkan pencari saat mengetikkan kata “jilbab” sebenarnya ada pada produk yang menggunakan kata “hijab”. Jangan sampai calon pembeli hengkang karena tak menemukan model/warna yang diinginkannya padahal sebenarnya ada di "kata kunci" yang satunya.

Paket-paket yang hendak dikirim
Selain itu, bila kelak memungkinkan, perlu ditampilkan barang-barang yang merupakan kategori produk terlaris, selain “produk terbaru”.

Oya, review dari kawan-kawan blogger (bisa dipilih yang dianggap terbaik saja) supaya dicantumkan juga link-nya di website Griya Lahfy supaya calon pembeli bisa lebih mendapatkan gambaran jelas tentang website ini.

Sukses terus ya Griya Lahfy, Mbak Niken, Noorma. Semoga apa yang saya tuliskan ini bisa menjadi positive feed back bagi kemajuan usaha kalian J

Makassar, 27 Desember 2014





Gambar-gambar berasal dari www.griyalahfy.com


Share :

33 Komentar di "Jalan-Jalan ke Griya Lahfy"

  1. Wah keren reviewnya. Saya sudah liat liat isi dalam websitenya. Cukup lengkap. Sekali sekali boleh juga nih saya order produknya
    Sampai ke Pontianak juga kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Pak Asep. Ayo Pak, order buat istrinya :))

      Delete
  2. webnya memang memudahkan para pembeli :)

    ReplyDelete
  3. Semoga online shopnya mbak Niken lancar jaya ya mbak... Kita juga jadi gampang kalau mau belanja-belanja kalau track recordnya bagus ^^.
    AYoooo belanja.. :)

    ReplyDelete
  4. Aku juga kehilangan Mbak Niken. Ternyata blio pemilik Griya Lahfy ya, Mak. Main ke webnya, ah.

    ReplyDelete
  5. Iya lama ga nongol tahu-tahu bawa produk keren, cuma agak ragu soalnya ukuran allsize, lha Fenny imut2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Griya Lahfy, ada deskripsi ukurannya Mbak. Jadi bisa ngukur sebelum pesan :)

      Delete
  6. Ikutan dong kalo jalan-jalan y mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ke Griya Lahfy bisa sendiri koq Mas, dekat ini :))

      Delete
  7. Terima kasih ya mbak Niar, saran saya tampung utk kemajuam GL, terima kasih juga utk doanya,, makasih sudah ikutan giveaway di blog saya ya mak.. ;) terdaftar

    ReplyDelete
  8. Bagus reviewnya Niar..seperti biasa, detil dan lengkap. Khas tulisanmu. Suka bacanya.

    ReplyDelete
  9. Jadi inget lagi sama bunda Lahfy yang lama nggak kelihatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang Mbak Niken banyakan jadi silent reader, Mak :))

      Delete
  10. keren reviewnya ... gue malah gak sadar kalo gak ada kolom search-nya .. hehehe Sukses GA-nya, Bu! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew, saya ndak bilang kalo ndak ada kolom SEARCHnya, kaka ... sy ngusulin supaya dibuat alternatif pencarian :))

      Delete
  11. bajunya emang keren2 di griya lahfy mak, aku loh mupeng banget sebenarnya :) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mak ... apalagi kalo hadiah (hadiah GA misalnya) hihi *dasar ya pecinta gratisan*

      Delete
  12. Sukses GAnya ya kak. Btw, kalau nanti punya website olshop, mau ah di review sama kak niar :)

    ReplyDelete
  13. cantik sekali mbak web nya... semoga menang mbak GA nya :))

    ReplyDelete
  14. Lengkap nian mak, calon juara deh kayaknya...sukses ya GA nya...

    ReplyDelete
  15. Lengkap banget ini, Mbak, penting bagi saya yang belum pernah beli secara online. Makasih banyak yaaa.
    Semoga sukses.

    ReplyDelete
  16. Kamu tidak akan mengerti betapa istimewanya arti air mata sebelum kamu benar-benar membiarkannya keluar dari pelupuk matamu dan meleleh di pipimu . .

    ReplyDelete
  17. Assalamu'alaikum, mbak Niar...
    Lamaa saya nggak main kemari ^_^
    Hijaunya masih khas.

    Terima kasih reviewnya, mbak. Tulisan mbak Niar memang selalu sip deh...
    Masukan buat Griya Lahfy amat diterima. Terima kasih utk ini.
    Mengenai bank yang bisa digunakan untuk transaksi, sudah kami cantumkan di bagian Kontak Kami dan Cara Pemesanan point ke 4. Tapi mungkin perlu diperjelas lagi ya.

    Sukses selalu buat mbak Niar.

    Wassalamualaikum

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^