Belajar Tentang Yang Mencair dan Membeku

Judul : Apa Pendapatmu? Mengapa Es Mencair?
Penulis   : Jim Pipe
Penerbit : Erlangga
Tahun terbit : 2003
(cetakan pertama edisi bahasa Indonesia, Januari)
Ukuran  : 28 cm x 19,5 cm
Tebal     : 24 halaman
No seri     : 01-46-006-0


Menariknya membuka-buka buku cerita anak-anak yang mengajarkan sebuah pengetahuan adalah, walau orang dewasa, kita mendapatkan pengetahuan baru yang selama ini tak diketahui, atau pernah kita ketahui di masa yang lampau.

Buku “Apa Pendapatmu? Mengapa Es Mencair?” ini sekilas terlihat sepele pembahasannya. Kenyataan bahwa es mudah mencair sudah menjadi ketentuan Tuhan yang semua orang mengetahuinya. Tapi tahukah kita penjelasan logis dan ilmiahnya? Hm, bisa saja kita tergagap saat seorang anak tiba-tiba datang dan bertanya kepada kita: “Mengapa es mencair?”



Penyajian yang menarik, melalui komik full color, kertas yang bagus, dan ukuran yang besar menjadikan buku ini amat menawan mata.

Steve, Amy, Zack, dan Jo melakukan berbagai eksperimen berkaitan dengan air yang membeku. Suatu ketika mereka membekukan sekotak plastik besar air. Saat membeku, ternyata es yang terbentuk lebih tinggi daripada tinggi kotak plastik itu. Mengapa demikian?

Buku ini memberikan jawaban yang mudah dicerna: Ketika membeku, air menyebar karena perlu tempat yang lebih luas. Inilah yang membuat es lebih ringan dari air walaupun jumlahnya sama. Akibatnya es mengapung. Dalam cuaca yang sangat dingin, pipa air bisa meledak karena air perlu tempat yang lebih luas ketika membeku (halaman 9).

Sayangnya, buku ini sudah tidak ada lagi di pasaran. Buku pengetahuan yang seperti ini perlu terus diadakan karena anak-anak kita selalu membutuhkannya. Pelajaran di sekolah sering kali hanya berupa hafalan yang hilang setelah ujian tetapi bila disajikan dalam bentuk cerita, akan lebih mudah dicerna dan melekat dalam ingatan anak-anak.

Makassar, 11 Juli 2014


Tulisan ini diikutkan Indiva Readers Challenge


Share :

1 Komentar di "Belajar Tentang Yang Mencair dan Membeku"

  1. Sinopsis yang bagus dan ringkas, tentu penulisnya hebat neh..

    Salam blogwalking dari Pulau Dollar

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^